Sering bepergian dengan pesawat? Jika iya, pasti pernah mengalami kelebihan bagasi alias over baggage. Duh, kalau sudah begini pasti sebalnya tak karuan. Selain harus membayar biaya kelebihan bagasi, waktu mengantri di loket check-in pun menjadi lebih lama.

Sebenarnya hal ini sudah bisa kok diprediksi, apalagi jika kamu membawa lebih banyak barang saat pulang ke rumah. Jika kebetulan kamu akan terbang dengan Maskapai Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air atau Nam Air), ketahui lebih dulu yuk seputar kebijakan bagasi lengkap di bawah ini.

Aturan Bagasi Sriwijaya Air & Nam Air

biaya-kelebihan-pesawat-sriwijaya-air-group

Sumber: yukjalan.info


1. Ketentuan Bagasi Kabin

Setiap penumpang Maskapai Sriwijaya Air Group akan mendapatkan bagasi gratis yang bisa diletakkan di kabin seberat 7 kg. Syaratnya, barang yang dibawa harus bisa dimasukkan dalam kabin atas maupun diletakkan di bawah kaki penumpang. Ukurannya juga tak boleh lebih dari 56 cm x 33 cm x 23 cm (width x height x wide).

Untuk alasan keamanan dan keselamatan, Sriwijaya Air Group juga membatasi jumlah liquids, aerosols, dan gels (LAGs) yang bisa dibawa ke kabin dalam penerbangan internasional. Barang-barang yang termasuk kategori LAGs adalah minuman, krim, spray, gel, pasta gigi, parfum, dan lain-lain. Jumlahnya per item dibatasi maksimal 100 ml or 100 mg.

Baca Juga :   Aturan dan Harga Tiket untuk Lansia (Maskapai Indonesia)

Semua barang LAGs tersebut harus muat dalam plastik transparan yang bisa ditutup. Setiap penumpang hanya boleh membawa tak lebih dari 1 liter LAGs dengan ukuran 20 cm x 20 cm. Barang yang bisa dibawa contohnya obat, makanan bayi, dan kosmetik.

2. Ketentuan Bagasi Terdaftar

Untuk bagasi terdaftar, setiap penumpang harus mendaftarkan barang bawaannya maksimal 1 jam sebelum jadwal pemberangkatan (penerbangan domestik). Namun untuk penerbangan internasional, bagasi terdaftar harus sudah didaftarkan 2 jam sebelum berangkat.

Sebelumnya, maskapai Sriwijaya Group memberikan bagasi gratis seberat 20 kg untuk kelas ekonomi, 30 kg untuk kelas eksekutif, dan 15 kg untuk pesawat ATR.

Namun ada kebijakan baru, mulai efektif 1 Maret 2019, bagasi gratis terdaftar tersebut akan berkurang nominalnya. Kini Sriwijaya Group memberikan bagasi gratis seberat 15 kg untuk kelas ekonomi, 25 kg untuk kelas eksekutif, dan 10 kg untuk pesawat ATR. Ini berlaku untuk penerbangan domestik dan internasional. Untuk penumpang yang membawa stik golf, papan selancar, dan air zam-zam, akan diberikan bagasi gratis tambahan seberat 5 kg/penumpang.

Biaya Bagasi Sriwijaya & Nam Air

Jika ada dua atau lebih penumpang terbang bersama ke tujuan yang sama dengan penerbangan yang sama, maka jatah bagasi gratis bisa digabungkan. Namun, si penumpang dan rombongan harus datang bersama-sama membawa semua tas yang akan dimuat di bagasi. Jumlah total bagasi yang dihitung adalah total bawaan keseluruhan, meskipun salah satu penumpang bawaannya kelebihan berat (dari jatah bagasi gratis per orang).

Baca Juga :   Pertama Kali Naik Pesawat? Ini Panduan Lengkapnya!

Misalnya, A dan B terbang bersama di rute domestik dan masing-masing mendapatkan jatah bagasi gratis seberat 15 kg. Jika berat bagasi A 13 kg dan berat bagasi B hanya 15 kg, mereka tak perlu membayar tarif kelebihan bagasi karena total bawaan hanya 28 kg. Sementara total bagasi gabungan yang dibolehkan adalah 30 kg.

Jika kombinasi bawaan melebihi total berat yang diperbolehkan, maka akan ada biaya tambahan yang besarnya bervariasi. Tarif ini berbeda-beda tergantung rute keberangkatan dan destinasi.

Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya & Nam Air

Biaya kelebihan bagasi rata-rata Sriwijaya Air Group berkisar Rp22.000/kg. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat di tabel bawah.

Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya Air

Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya Air


Bisa dilihat dalam tabel di atas, tarif kelebihan bagasi Sriwijaya Air Group berkisar antara Rp7.000 hingga Rp81.000. Tarif tersebut disesuaikan dengan rute dan jarak yang ditempuh. Semakin jauh jaraknya, semakin mahal pula biayanya.

Misalnya harga kelebihan bagasi yang paling murah adalah untuk rute Jakarta-Lampung, yakni Rp7.000 per kg. Untuk rute penerbangan Jambi-Medan, Gorontalo-Makassar, dan Jakarta-Surabaya, harganya adalah Rp10.000 per kg. Untuk rute Ambon-Ternate dan Batam-Natuna, biaya kelebihannya adalah Rp15.000/kg. Harga yang paling mahal adalah untuk rute Jakarta-Jayapura dan sebaliknya, yakni Rp81.000 per kg.

Baca Juga :   Dapatkan Hak Kamu Saat Pesawat Delay

Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya Air

Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya Air


Biaya kelebihan bagasi untuk rute penerbangan Jakarta-Tanjung Pandan cukup murah, yakni Rp12.000 per kg. Untuk rute Jakarta-Surabaya, harga bagasi per kg-nya adalah Rp21.000. Sementara untuk rute Makassar ke wilayah Indonesia harga kelebihan bagasinya variatif, mulai dari Rp7.000 hingga Rp51.000 per kilonya.

Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya Air

Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya Air


Dari penerbangan Padang-Jakarta, harga kelebihan bagasi Sriwijaya Group adalah Rp15.000/kg. Untuk penerbangan Pangkal Pinang-Palembang, biayanya Rp10.000/kg. Untuk rute asal Pontianak, harganya bervariasi dari Rp20.000-Rp93.000. Sementara untuk wilayah Surabaya ke rute domestik, biayanya bervariasi dari Rp7.000-Rp64.000.

Tidak ada batasan maksimum untuk bagasi berlebih, namun setiap tas/koli/packing-nya tidak boleh melebihi 32 kg.

Harga Bagasi Extra Sriwijaya & Nam Air

Saat ini, Sriwijaya Group belum menyediakan layanan pembelian bagasi ekstra (pre-paid baggage) secara online maupun melalui travel agent. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung menelepon call center Sriwijaya di nomor 021-29279777 / 0804-1 777777.

Merasa informasi biaya kelebihan bagasi maskapai Sriwijaya di atas bermanfaat? Yuk share dan subscribe blog Pergi.com supaya kamu tak perlu bingung lagi mencari tips dan inspirasi liburan. Buktikan kalau kamu adalah Teman Pergi paling asik!

Terbang Bersama Sriwijaya