Setiap orang pasti ingin mendapatkan penerbangan yang aman saat bepergian. Supaya semakin nyaman, jangan lupa siapkan barang bawaan sebaik mungkin. Baca pula peraturan dan ketentuan maskapai agar liburanmu berjalan dengan mulus.

Untuk menambah pengetahuanmu, kali ini Pergi.com akan membahas mengenai kebijakan biaya bagasi AirAsia secara lengkap dan mendalam. Dijamin bermanfaat! Yuk scroll sampai habis.

Kebijakan Bagasi AirAsia Terbaru

Kebijakan Bagasi Gratis AirAsia

Kebijakan Bagasi Gratis AirAsia


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memesan tiket pesawat. Salah satunya adalah jatah bagasi yang diberikan oleh maskapai. Inilah informasi terbaru mengenai jatah bagasi kabin dan bagasi terdaftar AirAsia.

1. Kebijakan Bagasi Kabin AirAsia

Sama dengan ketentuan bagasi maskapai lainnya, penumpang AirAsia boleh membawa 7 kg bagasi ke dalam kabin. Bagasi tersebut berupa 1 tas/koper ukuran kabin yang dimensinya tidak melebihi panjang 56 cm x lebar 36 cm x tinggi 23 cm.

Penumpang juga dibolehkan membawa 1 tas tangan/tas laptop/ransel/tas kecil lainnya dengan ukuran tidak lebih dari 40 cm x 30 cm x 10 cm. Tas kecil tersebut hanya boleh diletakkan di bawah kursi. Harap diingat, beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin. Maka dari itu, semua bawaanmu sebaiknya disatukan dalam sebuah tas, ya.

Jatah bagasi kabin 7 kg tersebut hanya untuk penumpang dewasa dan anak-anak. Bayi yang umurnya kurang dari 2 tahun tidak akan mendapatkan bagasi kabin. Namun, bayi boleh membawa kereta bayi jika sebelumnya telah didaftarkan pada maskapai. Sedangkan untuk tempat duduk bayi, harus didaftarkan dan akan dimasukkan dalam jatah bagasi terdaftar yang telah dibeli.

2. Kebijakan Bagasi Terdaftar AirAsia

Pada saat membayar tiket pesawat AirAsia, umumnya biaya tiket sudah termasuk departure tax atau airport tax. Pastikan kamu sudah datang 2-3 jam sebelum jadwal keberangkatan karena konter check-in akan ditutup 60 menit sebelum berangkat.

Sebagai informasi, AirAsia tidak memberikan jatah bagasi check-in secara gratis. Bagasi gratis hanya diberikan untuk penumpang domestik, yaitu seberat 15 kg. Apabila melebihi 15 kg, penumpang harus membayar biaya kelebihan bagasi. Biaya kelebihan bagasi terbaru akan dibahas secara mendalam pada sub bab berikutnya.

Untuk alasan kesehatan dan keselamatan, pihak AirAsia tidak akan menerima benda tunggal dengan berat melebihi 32 kg. Ukurannya juga tidak boleh lebih dari panjang 119 cm x lebar 119 cm x tinggi 81 cm. Batas berat ini tidak berlaku untuk alat bantu gerak, termasuk kereta bayi.

3. Peraturan Pengangkutan LAGs AirAsia

Penumpang yang terbang dengan AirAsia di rute internasional harus mematuhi peraturan mengenai pengangkutan cairan, aerosol, dan gel (LAGs). Berikut rinciannya:

  • Barang LAG seperti krim, parfum, minuman, semprotan, gel, dan pasta gigi harus berada dalam wadah (botol) dengan ukuran maksimal 100 ml.
  • Semua wadah LAG harus muat dalam tas plastik transparan.
  • Penumpang hanya boleh membawa satu plastik transparan yang dapat ditutup kembali dengan volume tidak lebih dari 1 liter dan besarnya tidak lebih dari 20 cm x 20 cm.
  • Obat-obatan, makanan diet khusus, dan makanan bayi boleh dibawa ke dalam bagasi kabin asal dalam jumlah yang wajar. Namun, sebelumnya kamu harus menginformasikan barang-barang tersebut. Petugas bisa saja melakukan pemeriksaan keamanan lebih lanjut terhadapnya. LAGs yang tidak memenuhi persyaratan akan dibuang.
Panduan Lainnya :  7 Fakta Sayonara Tax Jepang yang Perlu Diketahui!

4. Peraturan Pengangkutan Barang Duty-Free

Barang duty-free yang dibeli penumpang dalam bandara tidak akan dihitung ke dalam jatah bagasi kabin dengan syarat tidak melebihi jatah duty-free negara tujuan. Barang harus dimasukkan ke Security Tamper-Evident Bag dalam keadaan tersegel disertai bukti pembelian. Semua pembelian yang lain termasuk hadiah dari gerai duty-free, akan dimasukkan ke dalam jatah bagasi kabin.

Peraturan mengenai pengangkutan barang duty-free bervariasi tergantung pada peraturan operator bandara di masing-masing negara. Jika timbul keraguan, segera tanyakan pada pegawai gerai duty-free yang bertugas, ya.

Biaya Kelebihan Bagasi AirAsia Rute Domestik

Pemesanan bagasi untuk penerbangan AirAsia dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu dipesan bersamaan dengan tiket, dipesan setelah memesan tiket, dan di konter check-in bandara. Kamu dapat membuat pra-pesan melalui akun Anggota BIG AirAsia atau pada saat melakukan check-in web dengan harga normal.

1. Biaya Pra-pesan Bagasi AirAsia yang Dibeli Bersama Tiket

Biaya bagasi terdaftar AirAsia yang paling murah adalah yang dibeli bersamaan dengan tiket pesawat. Lihat rinciannya pada tabel di bawah ini.

Biaya Pemesanan Bagasi AirAsia Saat Pemesanan Tiket

Biaya Pra-pesan Bagasi Saat Pemesanan Tiket (Domestik)


Biaya bagasi AirAsia rute domestik terdiri dari 5 paket, yakni dalam berat 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, dan 40 kg. Harga disesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Namun karena merupakan penerbangan domestik, berat bagasi 15 kg tidak akan dikenakan biaya.

Penerbangan Medan-Yogyakarta, Jakarta-Bali, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Bali-Bandung, dan Yogyakarta-Medan, biaya bagasi terbaru memiliki tarif yang sama. Berat 20 kg biayanya Rp88.000, 25 kg biayanya Rp105.600, 30 kg biayanya Rp176.000, dan untuk 40 kg biayanya Rp308.000.

Sementara untuk penerbangan yang lebih dekat, seperti rute Bali-Solo dan Surabaya-Bali, tarifnya jauh lebih murah. Bagasi 20 kg seharga Rp80.000, bagasi 25 kg Rp96.000, bagasi 30 kg Rp160.100, dan bagasi 40 kg Rp280.000.

Panduan Lainnya :  Nama di Tiket Pesawat Beda dengan KTP, Apa Sanksinya?

2. Biaya Pra-pesan Bagasi AirAsia Setelah Pesan Tiket Pesawat

Jika kamu memesan bagasi setelah tiket pesawat dipesan, harganya jauh lebih mahal. Inilah rinciannya!

Biaya Pra-pesan Bagasi AirAsia Setelah Pemesanan Tiket

Biaya Pra-pesan Bagasi Setelah Pemesanan Tiket (Domestik)


Yap, selisih biaya pemesanan bagasi AirAsia sebelum dan setelah booking tiket cukup lumayan. Untuk itu, sebaiknya kamu memesan bagasi bersamaan dengan tiket pesawat.

Rute Bali-Bandung, Jakarta-Bali, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Medan-Yogyakarta, dan Yogyakarta-Bali memiliki tarif yang sama. Apabila penumpang membawa 15 kg bagasi, tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Bila membawa 20 kg bagasi, biayanya Rp101.200. Sedangkan biaya untuk 25 kg Rp121.440, 30 kg Rp202.400, dan 40 kg Rp354.200.

Biaya lebih murah dikenakan untuk penerbangan Bali-Solo dan Surabaya-Bali. Biaya untuk 20 kg adalah Rp92.000, 25 kg Rp110.400, 30 kg Rp184.000, dan 40 kg Rp322.000.

3. Kebijakan Biaya Bagasi di Konter Check-in

Hmm, bagaimana jadinya jika kita lupa memesan bagasi? Tenang saja, kamu tetap bisa mendaftarkan bagasi kamu secara gratis di konter check-in. Namun sayangnya, bagasi yang bisa dibawa hanya sampai 15 kg saja. Apabila lebih dari itu, kamu bisa menanyakannya langsung pada petugas di konter, ya.

Biaya Kelebihan Bagasi AirAsia Rute Internasional

AirAsia tidak menyediakan bagasi gratis untuk penerbangan internasional. Penumpang yang ingin membawa bagasi harus memesan bagasi via web atau membeli bagasi di konter check-in.

1. Biaya Pra-pesan Bagasi AirAsia yang Dibeli Bersama Tiket

Kamu bisa memesan bagasi bersamaan dengan tiket pesawat dalam paket 20 kg, 25 kg, 30 kg, dan 40 kg untuk penerbangan internasional. Biaya pesan bagasi tersebut dibayar sesuai mata uang negara asal penerbangan. Supaya lebih jelas, lihat rinciannya dalam tabel di bawah ini, yuk!

Biaya Pra-pesan Bagasi AirAsia Saat Pemesanan Tiket (Internasional)

Biaya Pra-pesan Bagasi Saat Pemesanan Tiket (Internasional)


Rute penerbangan dari Jakarta-Johor Bahru, Jakarta-Singapura, Jakarta-Bengaluru, Jakarta-Bangkok, dan Jakarta-Penang, memiliki harga yang sama. Untuk berat bagasi 20 kg, 25 kg, 30 kg, dan 40 kg berturut-turut adalah Rp210.000, Rp220.500, Rp420.000, dan Rp609.000. Harga ini juga sama dengan penerbangan Padang-Kuala Lumpur, Silangit-Kuching, Bali-Kuala Lumpur, dan Makassar-Kuala Lumpur.

Biaya bagasi penerbangan dari Singapura ke wilayah Indonesia, dibayarkan dalam mata uang SGD. Untuk rute Singapura-Bandung, tarif pesan bagasi 20 kg adalah SGD 23.1. Bagasi 25 kg harganya SGD 29.4, bagasi 30 kg harganya SGD 46.2, dan bagasi 40 kg harganya SGD 69.3.

Panduan Lainnya :  Cara Check-in Online Maskapai Indonesia

2. Biaya Pra-pesan Bagasi AirAsia Setelah Memesan Tiket

Harga pesan bagasi setelah tiket pesawat telah dipesan jauh lebih mahal dibandingkan memesan berbarengan dengan tiket sejak awal. Kamu bisa melihat rinciannya di bawah ini.

Biaya Pra-pesan Bagasi Airasia Setelah Pemesanan Tiket (Internasional)

Biaya Pra-pesan Bagasi Setelah Pemesanan Tiket (Internasional)


Penerbangan dari Jakarta ke beberapa tujuan luar negeri seperti Johor Bahru, Singapura, Bengaluru, Bangkok, dan Penang, memiliki harga yang sama. Bagasi 20 kg biayanya Rp241.500, bagasi 25 kg biayanya Rp252.000, bagasi 30 kg biayanya Rp483.000, 40 kg biayanya Rp703.500.

3. Kebijakan Biaya Bagasi di Konter Check-in

Biaya Membeli Bagasi AirAsia di Konter Bandara (Internasional)

Biaya Membeli Bagasi di Konter Bandara (Internasional)


Tak perlu khawatir, AirAsia menyediakan pembelian bagasi di konter check-in untuk rute internasional, namun dibatasi hanya sampai 15 kg. Biayanya disesuaikan dengan jarak penerbangan. Namun, rata-rata biaya bagasi penerbangan dari Indonesia ke luar negeri adalah Rp400.000. Sementara untuk rute Singapura-Bandung dan Singapura-Semarang, biayanya SGD 60.

Biaya Pra-pesan Bagasi AirAsia untuk Alat Olahraga

Maskapai AirAsia membedakan harga bagasi biasa dengan peralatan olahraga. Segera pesan pra-pesan bagasi AirAsia terbaru untuk mendapatkan penawaran terbaik.

1. Biaya Bagasi Alat Olahraga Domestik

Biaya Bagasi Alat Olahraga AirAsia (Domestik)

Biaya Bagasi Alat Olahraga (Domestik)


Alat olahraga memiliki rincian biaya tersendiri. Bagasi bisa dipesan dalam lima paket, yaitu 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, dan 40 kg. Untuk penerbangan domestik, bagasi alat olahraga memiliki harga yang sama. Alat olahraga seberat 15 kg biayanya Rp135.000, 20 kg Rp150.000, 25 kg Rp180.000, 30 kg Rp240.000, dan 40 kg Rp390.000.

Jika lupa memesan bagasi untuk alat olahraga, kamu bisa membelinya di bandara namun dengan harga yang cukup mahal. Biayanya adalah Rp300.000 dan dibatasi hanya sampai 15 kg saja.

2. Biaya Bagasi Alat Olahraga Internasional

Biaya Bagasi Alat Olahraga AirAsia (Internasional)

Biaya Bagasi Alat Olahraga (Internasional)


Biaya bagasi terbaru AirAsia untuk alat olahraga rute internasional memiliki harga yang berbeda-beda. Sebagai contoh, penerbangan dari Jakarta ke Johor Bahru, Singapura, dan Bengaluru, bagasi seberat 20 kg dikenakan biaya Rp273.000. Bagasi yang paling mahal adalah untuk peralatan olahraga seberat 40 kg, yaitu Rp777.000.

Untuk penerbangan dari domestik Indonesia, penumpang boleh membeli bagasi alat olahraga di konter bandara. Namun, dibatasi hanya sampai 15 kg saja dengan harga Rp440.000. Jika berangkat dari Singapura, biayanya adalah SGD 70. Sementara penerbangan dari Labuan Malaysia, biayanya adalah MYR 20.

Lebih baik memesan bagasi sejak awal bukan? Lebih murah! Apabila ingin mengecek harga pemesanan bagasi AirAsia untuk rute lain secara lengkap, kamu bisa langsung mengeceknya di halaman tarif AirAsia.

Merasa informasi Tarif bagasi AirAsia di atas bermanfaat? Yuk share dan subscribe blog Pergi.com supaya kamu tak perlu bingung lagi mencari tips dan inspirasi liburan. Buktikan kalau kamu adalah Teman Pergi paling asik!