Setelah mengantongi tiket pesawat menuju destinasi wisata impian, kamu juga harus memikirkan hal lain agar liburan tetap hemat. Salah satunya adalah urusan bagasi. Setiap maskapai penerbangan di Indonesia memiliki aturan bagasi masing-masing yang harus kamu ketahui.

Dengan mengetahui ketentuan bagasi, kamu bisa mengantisipasi agar tidak kelebihan bagasi. Membayar kelebihan bagasi tentu akan membuat mood liburan sedikit berantakan bukan?

diskont tiket sriwijaya air

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini Pergi.com merangkum informasi lengkap ketentuan bagasi dari berbagai maskapai di Indonesia.

over bagasi

Hampir semua maskapai Indonesia memberikan jatah bagasi kepada para penumpangnya. Berat bagasinya pun beragam 15 kg – 30 kg. Berikut ini informasi lengkap ketentuan bagasi maskapai Indonesia sebagai referensi kamu.

Ketentuan Bagasi Garuda Indonesia

Maskapai bintang lima sekelas Garuda Indonesia memiliki ketentuan bagasi yang berbeda-beda bagi setiap kelas. Berikut ini aturan bagasi bagi penumpang Garuda Indonesia.

Ketentuan Bagasi Garuda Penerbangan Domestik

  • Bagasi seberat 40 kg gratis untuk penumpang dewasa dan anak-anak first class; bagasi 20 kg untuk bayi kelas first class
  • Bagasi seberat 30 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas bisnis; bagasi 10 kg untuk bayi kelas bisnis
  • 20 kg pertama gratis untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas ekonomi; bagasi 10 kg untuk bayi kelas ekonomi
  • Bagasi kabin gratis seberat 7 kg per penumpang dengan batas maksimum panjang 56 cm, lebar 36 cm atau tebal 23 cm, namun jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 115 cm atau berat 7 kg. Terdapat pengecualian untuk Economy Class CRJ dan ATR, yaitu dengan batas maksimum: panjang 41 cm, lebar 34 cm atau tebal 17 cm. Namun jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 92 cm atau berat 7 kg. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Ketentuan Bagasi Garuda Penerbangan Internasional

  • Seberat 50 kg gratis untuk penumpang dewasa dan anak-anak first class; bagasi 20 kg untuk bayi kelas first class
  • Seberat 40 kg pertama gratis untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas bisnis; bagasi 10 kg untuk bayi kelas bisnis
  • Gratis seberat 30 kg untuk penumpang dewasa dan anak-anak kelas ekonomi; bagasi 10 kg untuk bayi kelas ekonomi
  • Bagasi kabin gratis seberat 7 kg per penumpang dengan batas maksimum panjang 56 cm, lebar 36 cm atau tebal 23 cm. Namun jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 115 cm atau berat 7 kg. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Baca Juga : Aturan Bagasi Garuda dan Biaya Kelebihannya

Bagasi tambahan anggota Garuda Miles
– Silver Card : maks 5 kg
– Gold Card/EC Plus Card : maks 15 kg
– Platinum Card/GIC Card : maks 20 kg

Ketentuan Bagasi Lion Air

Maskapai yang satu ini merupakan salah satu maskapai favorit di Indonesia. Lion Air memiliki ketentuan bagasi dan terbagi atas penerbangan domestik dan internasional.

Ketentuan Bagasi Lion Penerbangan Domestik

  • Seberat 30 kg bagasi gratis kelas bisnis dan 20 kg kelas ekonomi
  • Penumpang kelas bisnis maupun ekonomi diperbolehkan membawa bagasi kabin seberat 7 kg dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Ketentuan Bagasi Lion Penerbangan Internasional

  • 20 kg gratis untuk semua penumpang
  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Untuk setiap kelebihan bagasi Lion Air akan mengenakan charge extra dengan nominal yang bervariasi dan disesuaikan dengan rute penerbangan yang diambil. Biaya kelebihan bagasi Lion Air bervariasi mulai dari Rp 7.500 – Rp 75.000 per kilogramnya.

diskont tiket sriwijaya air

Baca Selengkapnya : Ketentuan & Biaya Kelebihan Bagasi Lion Air

Ketentuan Bagasi AirAsia

Maskapai berbiaya rendah asal Malaysia ini juga menjadi salah satu maskapai favorit untuk liburan karena menawarkan tiket pesawat murah. Berikut informasi ketentuan bagasi maskapai AirAsia.

Aturan Bagasi AirAsia Penerbangan Domestik

  • Penumpang hanya diizinkan membawa 1 (satu) buah tas kabin berukuran 56 x 36 x 23 cm (termasuk dengan gagang dan roda tas), yang dapat disertai dengan 1 (satu) buah tas kabin berukuran kecil seperti tas laptop atau tas tangan dengan ukuran 40 x 30 x 10 cm, dengan total berat keduanya tidak lebih dari 7 kg.
  • Beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin
  • 15 kg Bagasi gratis untuk semua penumpang

Aturan Bagasi AirAsia Penerbangan Internasional

  • Penumpang diizinkan membawa 1 (satu) buah tas kabin berukuran 56 x 36 x 23 cm (sudah termasuk dengan gagang dan roda tas), yang dapat disertai dengan 1 (satu) buah tas kabin berukuran kecil seperti tas laptop atau tas tangan dengan ukuran 40 x 30 x 10 cm, dengan total berat keduanya tidak lebih dari 7 kg.
  • Beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin
  • Tidak tersedia bagasi check-in gratis dari AirAsia. Penumpang harus membeli bagasi sesuai tarif yang berlaku

Khusus untuk kelebihan bagasi, AirAsia mengenakan extra charge sebesar Rp 117.000 per kilogram untuk penerbangan domestik dan Rp 155.000 per kilogram untuk penerbangan internasional.

Aturan & Ketentuan Bagasi Citilink

Maskapai Citilink merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia juga memiliki peraturan bagasi tersendiri untuk penumpang. Berikut aturan bagasi Citilink untuk penerbangan domestik yang perlu diketahui.

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.
  • Bagasi gratis seberat 20 kg untuk semua penumpang

Aturan dan Ketentuan Bagasi Sriwijaya Air

Sriwijaya Air merupakan salah satu maskapai besar di Indonesia yang menghubungkan berbagai daerah di Indonesia. Maskapai ini bukan termasuk maskapai berbiaya rendah, meski terkadang harga tiketnya hampir sama dengan maskapai berbiaya rendah lainnya. Namun Sriwijaya Air memberi pelayanan lebih kepada penumpangnya dengan memberi bagasi gratis dan makan/minum gratis selama penerbangan. Untuk aturan bagasi Sriwijaya Air adalah sebagai berikut:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang dengan dimensi 56 cm x 33 cm x 23. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.
  • Gratis seberat 20 kg pertama untuk semua penumpang, kecuali untuk rute Jakarta – Tanjungpinang – Jakarta bagasi gratis seberat 15 kg

Ketahui Selengkapnya : Ketentuan Bagasi & Biaya Kelebihan Bagasi Sriwijaya Air

Ketentuan Bagasi Batik Air

Maskapai yang menjadi bagian dari Lion Group ini merupakan maskapai full service juga memiliki peraturan bagasi tersendiri. Berikut peraturan bagasi Batik Air untuk penerbangan domestik:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas
  • 30 kg Gratis untuk penumpang kelas bisnis dan 20 kg untuk penumpang kelas ekonomi

Baca Selengkapnya : Ketentuan & Biaya Kelebihan Bagasi Lion Group

Aturan & Ketentuan Bagasi NAM Air

Maskapai NAM Air merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air yang masuk ke dalam kategori maskapai berbiaya rendah. Untuk aturan bagasi NAM Air adalah sebagai berikut:

  • Bagasi kabin seberat 7 kg untuk semua penumpang dengan dimensi 56 cm x 33 cm x 23. Tas beroda (koper) boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.
  • Bagasi seberat 20 kg untuk semua penumpang, gratis.

Ketahui Juga : Lebih Lengkap, Ketentuan & Biaya Kelebihan Bagasi Nam Air

 

Tinggalkan Pendapatmu