Sebelum jalan-jalan di luar negeri, mending liburan di dalam negeri dulu yuk. Indonesia punya banyak destinasi yang luar biasa indahnya, salah satunya adalah tempat wisata di Medan. Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini tidak hanya menawarkan keanaekaragaman budaya yang unik, tapi juga menyimpan pesona alam yang begitu mengagumkan.

Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu objek wisata di Medan terbaru mana saja yang paling hits dan populer untuk dikunjungi di tahun 2019, inilah daftarnya!

1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja, Wisata Baru Incaran Milenial

View this post on Instagram

Exposed!

A post shared by @ oktavionna on

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja adalah destinasi hits baru yang kini menjadi incaran milenial karena keindahannya. Tempatnya juga begitu instagramable. Kawasan bukit kapur ini mirip dengan danau dan memiliki tanah berwarna putih yang sangat unik. Di tengah-tengahnya, terdapat kolam air panas berwarna biru kehijauan. Wajib deh pokoknya mengunjungi lokasi wisata alam terbaru di Medan ini.

2. Aek Sijorni, Air Terjun Berundak yang Instagramable

Aek Sijorni juga wisata alam baru di Medan yang hits di kalangan anak muda. Air terjun ini berada di Desa Aek Libung. Diberi nama Aek Sijorni karena airnya begitu bersih dan berwarna biru kehijau-hijauan. Wisata Medan ini terdiri dari dua air terjun kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur. Ditambah lagi, di sekitarnya terdapat deretan pohon kelapa yang membuatnya semakin cantik dan instagramable!

3. Pesona Wisata Danau Toba, Kebanggaan Sumatera Utara

View this post on Instagram

Danau toba

A post shared by KIAT (@setiadidarmawan) on

Danau Toba wajib ada dalam daftar tempat wisata alam terbaru di Medan yang paling hits dan populer. Siapa yang bisa menolak pesonanya? Danau vulkanis terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini memiliki panorama alam yang luar biasa. Suasananya yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air jernih yang membiru, serta pegunungan hijau yang memanjakan mata tak akan membuatmu menyesal datang ke sini.

4. Pulau Samosir, Surga Wisata di Tengah Danau Toba

Pulau Samosir adalah pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba. Tak hanya indah, pulau cantik ini juga menyimpan kekayaan Suku Batak, mulai dari kain tradisional, baju adat, hingga aksesori khas Batak. Di pulau ini juga terdapat perkampungan adat Huta Siallagan. Keunikan Pulau Samosir lainnya adalah adanya danau di tengah danau bernama Danau Sidihoni dan Aek Natonang. Wajib hukumnya mengunjungi Pulau Samosir saat wisata di Medan.

5. Geosite Sipinsur, Spot Cantik untuk Melihat Danau Toba

Tempat wisata Geosite Sipinsur masih berada di kawasan Danau Toba. Terletak di ketinggian 2.123 mdpl, kamu bisa melihat pemandangan yang begitu dari cantik dari atas. Panorama Danau Toba, bukit, dan hutan, bisa kamu nikmati dengan damai dari Sipinsur. Uniknya, kawasan ini dikelilingi hutan pinus yang membuatnya kian cantik dan syahdu.

6. Menara Pandang Tele, Spot Terbaik Menikmati Danau Toba

Saat jalan-jalan ke Danau Toba, kamu juga wajib mengunjungi Menara Pandang Tele. Menara ini terdiri dari tiga tingkat yang menyajikan pemandangan dan jarak pandang yang berbeda. Wisata alam Medan ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba. Dari atas, kamu juga bisa melihat pemandangan rumah penduduk, barisan pegunungan yang menjulang, hingga panorama Gunung Pusuk Bushit yang melegenda.

7. Wisata Alam Air Terjun Sipiso-Piso Tongging

Buat kamu yang berjiwa petualangan, wajib mengunjungi Air Terjun Sipiso-Piso. Wisata hits dan populer di Medan ini akan memanjakan matamu dengan pemandangan air terjun setinggi 120 m yang dikelilingi perbuktian dan pepohonan yang asri dan menyejukkan. Keindahannya semakin bertambah dengan pemandangan Danau Toba dan lembah hijau yang luar biasa indahnya.

8. Panas Dingin di Wisata Air Terjun Dua Warna Medan

Selain Air Terjun Sipiso-Piso, wisata Medan juga punya destinasi bernama Air Terjun Dua Warna. Dinamakan demikian karena air terjunnya memiliki dua warna, yaitu putih keabu-abuan atau hijau dengan hawa hangat dan biru dengan hawa dingin. Warna tersebut dihasilkan oleh kandungan fosfor dan belerang. Air terjun setinggi 75 m ini dikelilingi dengan bebatuan yang membuatnya semakin eksotis.

9. Menanti Matahari Pagi di Puncak Gunung Sibayak

View this post on Instagram

Gunung Sibayak, Sumatra August 2019 Elevation ~2212 m . During our first couple days in Sumatra we had the chance to climb Gunung Sibayak, a geothermically active stratovolcano in northern Sumatra overlooking the town of Berastagi. It is one of Indonesia’s most accessible volcanos, so even with a cold I was able to wheeze my way up it. Our homestay host, Smiley, guided us up the mountain and gave us an incredible local perspective. The views, company, and sheer power of nature was jaw dropping and made for an amazing experience. . . . . . #volcano #gunungsibayak #berastagi #northsumatra #sumatra #indonesia #hiking #trekking #nature #mountain #smiley #homestay #explore #adventure #wildnature #earth #earth_pix #bagus #geothermal #volcanoes #safariari

A post shared by Ari (@safari_ari9) on

Gunung Sibayak di wilayah Karo adalah tempat wisata Medan yang cocok untuk kamu yang suka naik gunung. Gunung Sibayak tidak terlalu sulit di daki. Biasanya para pendaki akan menginap di puncak saat akhir pekan. Di puncaknya terdapat kawah landai yang berukuran sekitar 200 x 200 m. Pemandangan dari puncak gunung ini juga sangatlah indah, terutama saat sunrise dan sunset. Ditambah lagi ada Air Terjun Dua Warna dekat gunung ini.

10. Menikmati Pasir Putih dan Laut Biru di Pantai Pandan

View this post on Instagram

Nikmati jalani jangan sesali

A post shared by AudiCatalanoTarigan (@audi_tarigan) on

Mau wisata ke Pantai selama di Medan? Kunjungi saja Pantai Pandan Tapteng, salah satu destinasi wisata paling populer dan hits di Medan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan pantai biru yang begitu indah. Butiran pasirnya begitu halus sehingga sangat nyaman jalan-jalan di pantai ini. Di sekitarnya juga banyak penjual seafood lezat yang dimasak dengan gaya khas daerah Sibolga.

11. Danau Lau Kawar yang Eksotis dan Mistis

Bukan hanya Danau Toba, Sumatera Utara juga punya danau lain di Medan yang tak kalah indah dan populer, yaitu Danau Lau Kawar. Terletak di bawah kaki Gunung Sinabung, Danau Lau Kawar punya pemandangan yang begitu cantik karena dikelilingi pegunungan dan pepohonan hijau yang asri. Konon danau ini punya banyak misteri yang menyisakan tanda tanya. Danau ini juga menjadi salah satu tempat camping favorit di Medan.

12. Mengintip Kehidupan Orang Utan di Bukit Lawang, Medan

View this post on Instagram

Bukit Lawang, Medan

A post shared by Niklas Spindler (@niklas.spindler) on

Bukit Lawang adalah salah satu destinasi wisata di Medan yang paling populer. Bukit Lawang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan merupakan daerah konservasi orang utan. Jadi, di sini kamu bisa mencoba aktivitas tidak biasa, yaitu bertemu langsung dengan orang utan dan memberi mereka makan. Untuk bertemu dengan mereka, kamu harus trekking dulu ke dalam hutan. Meski lelah, bisa jadi pengalaman tak terlupakan selama liburan di Medan.

13. Tangkahan, Wisata di Langkat yang Memikat

Tangkahan diberi julukan “The Real Hidden Paradise” karena tidak banyak yang mengetahui wisata unik di wilayah Langkat ini. Padahal, Tangkahan memiliki suasana hutan serta alam yang masih terjaga sehingga sangat cocok dikunjungi untuk istirahat dari rutinitas. Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Tangkahan misalnya memandikan gajah liar dan menungganginya sambil menjelajahi hutan. Sungai di sini masih jernih dan terjaga kebersihannya, bikin betah!

Itulah 13 wisata alam terbaik di Medan yang wajib kamu kunjungi. Tidak hanya populer, rekomendasi destinasi di atas juga dijamin hits dan instagramable! Segera pesan tiket pesawat ke Medan dengan harga spesial di Pergi.com. Jalan-jalan jadi hemat dan banyak promonya. Pergi yuk!

Pesan Tiket ke Medan

Panduan Lainnya :  Yuk Berburu Foto Insta-Worthy di Amazing Art World 3D Bandung