Ingin bepergian di musim hujan? Tak perlu khawatir, hujan bukanlah kendala untuk pergi berlibur. Meskipun begitu, banyak persiapan ekstra yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Simaklah tujuh tips liburan saat musim hujan di bawah ini agar kegiatan travelingmu berjalan tanpa hambatan!

1. Perhatikan Cuaca dan Kondisi di Destinasi Liburan

Tips Liburan Musim Hujan

Sumber: Pexels


Sebelum pergi traveling, kamu wajib memantau perkiraan cuaca di destinasi yang ingin dikunjungi. Bukan hanya soal hujan saja ya yang harus diperhatikan. Perhatikan juga potensi ombak jika kamu berniat pergi ke pantai, atau status gunung jika kamu ingin melakukan pendakian.

Apalagi akhir-akhir ini, banyak pantai yang terjadi ombak pasang karena angin yang kuat. Belum lagi kasus longsor dan meletusnya gunung api di beberapa daerah. Jangan malas browsing untuk mencari informasi! Keselamatan adalah hal yang utama.

2. Pilih Lokasi Liburan yang Sesuai

Tips Liburan Musim Hujan

Sumber: Pexels


Destinasi liburan di musim hujan yang paling aman adalah wisata indoor. Dijamin kegiatan liburan kamu tidak akan terganggu dan pastinya nyaman. Wisata indoor yang bisa kamu datangi misalnya museum, taman bermain indoor, galeri, tempat belanja, atau wisata kuliner. Kamu juga bisa sekadar keliling kota untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang seru.

Baca Juga :   12 Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan (Luar Negeri)

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa liburan di lokasi outdoor, ya. Kamu tetap bisa mengunjungi perkebunan atau wisata alam lainnya karena saat musim hujan pemandangannya akan serba hijau dan indah. Sayang sekali jika dilewatkan, bukan? Namun, harus ekstra hati-hati, ya!

3. Perlengkapan Wajib saat Pergi Liburan di Musim Hujan

Tips Liburan Musim Hujan

Sumber: Pexels


Jika pergi liburan di musim hujan, kamu wajib membawa peralatan ekstra untuk mendukung kegiatan liburanmu. Benda penting yang wajib dibawa saat traveling di musim hujan misalnya payung, jas hujan, plastik, sandal jepit, dan bungkus ponsel anti air. Benda-benda tersebut sangat penting untuk melindungimu dari air hujan.

Tips liburan supaya tidak kedinginan saat musim hujan adalah kamu memakai baju yang nyaman dan hangat. Gunakanlah sepatu yang tahan air dan tidak ribet saat digunakan. Bawa juga jaket dan pakaian ganti untuk berjaga-jaga.

Baca Juga :   7 Alasan Kenapa Harus Liburan ke Filipina Tahun Ini!

4. Tips Liburan Asik: Jaga Kondisi Tubuh

Tips Liburan Musim Hujan Sumber Pixabay 1

Sumber Pixabay


Saat musim hujan, biasanya daya tahan tubuh akan menurun karena perubahan suhu yang tidak menentu. Untuk itu, kita wajib menjaga kesehatan tubuh kita, terutama sebelum melakukan traveling. Usahakan untuk makan tepat waktu, tidak berolahraga berlebihan, minum vitamin C, makan makanan yang bergizi, dan jangan jajan sembarangan. Tak mau kan sakit selama traveling?

Hindari juga melakukan aktivitas yang bisa membuat kondisi tubuh menurun, seperti kehujanan atau terlalu lama beraktivitas di wahana air. Perbanyak juga minum air putih agar selalu fit.

5. Pilih Kuliner yang Hangat

Tips Liburan Musim Hujan

Sumber: Pexels


Ketika liburan di musim hujan, sebaiknya jangan memilih tempat makan yang menyajikan camilan dingin seperti es dan ice cream. Carilah kuliner sehat yang menghangatkan badan. Misalnya, kamu bisa menikmati minuman hangat seperti wedang ronde dan minuman jahe. Cari juga kuliner berkuah yang bisa menjadi santapan lezat saat traveling, seperti soto dan sop.

Baca Juga :   Ini Cara Batalkan dan Refund Tiket Pesawat

6. Bawalah Obat-obatan

Tips Liburan Musim Hujan

Sumber: Pexels


Tips liburan di musim hujan selanjutnya adalah membawa persiapan obat-obatan. Kamu bisa membawa obat flu, jamu masuk angin, minyak kayu putih, atau obat P3K lainnya. Bawa juga vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Pertimbangkan juga asuransi perjalanan untuk menghindari risiko dan biaya tak terduga. Apalagi jika kamu pergi liburan bersama orangtua.

7. Siapkan Dana Ekstra dan Uang Cash

Tips Liburan Musim Hujan

Sumber: Pexels


Tips liburan di musim hujan ini sangat penting mengingat cuaca yang tidak menentu. Pasti ada saja dana ekstra yang harus dikeluarkan. Misalnya, destinasi yang biasanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua jadi harus diubah menjadi kendaraan roda empat. Mau tak mau harus menyewa mobil bukan?

Untuk itu, jangan sampai membawa uang pas-pasan! Tak mau kan kerepotan mencari ATM saat hujan turun?

Itulah tujuh tips liburan saat musim hujan yang harus kamu ketahui. Jangan takut liburan di musim hujan, yuk segera pesan tiket pesawat ke destinasi impianmu di Pergi.com. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!