Meski hujan adalah berkah, traveling saat musim hujan terkadang dihindari oleh sebagian orang. Selain karena faktor kenyamanan, cuaca yang tak mendukung juga bisa mengancam keselamatan. Beberapa destinasi wisata juga jadi sulit untuk dikunjungi.

Eits, tapi bukan berarti liburan saat musim hujan jadi tidak seru, ya. Masih banyak lho tempat wisata yang menarik dikunjungi. Malah, ada banyak tempat yang terlihat lebih indah dan hijau saat musim hujan. Sayang banget kan kalau kamu hanya bermalas-malasan di rumah. Yuk, kunjungi enam destinasi wisata musim hujan terbaik di bawah ini!

1. Menghangatkan Badan di Pemandian Air Panas

Sumber Instagram jenny.hxhnx (Pemandian Air Panas Banyuwedang Bali)-min

Sumber: Instagram jenny.hxhnx (Pemandian Air Panas Banyu Wedang, Bali)


Buat kamu yang biasanya melepas penat dan segala keresahan dengan mengunjungi pantai, ada baiknya mengganti tujuan wisata kamu menjadi pemandian air panas. Soalnya saat musim hujan, ombak di pantai cukup tinggi sehingga bisa berbahaya. Coba deh bayangkan berendam di air hangat saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Pasti asik banget, kan?

Tempat wisata musim hujan yang bisa kamu kunjungi misalnya pemandian air panas Ciater (Bandung), Baturaden (Jawa Tengah), Tirta Husada (Pacitan), Banyu Wedang (Bali), dan Cangar (Malang). Pas banget untuk kamu yang butuh alasan berlibur bersama keluarga dan orangtua!

2. Museum Hopping Bersama Orang Tercinta

Sumber Instagram villamurahbatumalang (Museum Angkut)

Sumber: Instagram villamurahbatumalang (Museum Angkut)


Siapa bilang jalan-jalan ke museum membosankan? Selain bisa belajar sejarah dan memperoleh banyak ilmu pengetahuan, museum zaman sekarang juga punya banyak spot kece untuk foto, lho. Cocok banget dikunjungi sebagai destinasi wisata musim hujan.

Mengunjungi museum juga tidak repot karena dijamin setiap kota memiliki museum yang khas. Ditambah lagi, tiket masuk museum sangat terjangkau, bahkan ada yang gratis! Membawa keluarga dan anak-anak berlibur saat musim hujan pun jadi lebih mudah dan hemat.

Beberapa rekomendasi museum yang bisa kamu kunjungi misalnya Museum Gajah (Jakarta), Museum Benteng Vredeburg (Yogyakarta), Museum Sepuluh November (Surabaya), Museum Kepresidenan Balai Kirti (Bogor), Museum Angkut (Batu Malang), Museum Kata Andrea Hirata (Belitung), Museum Geologi (Bandung), dan masih banyak yang lainnya.

3. Taman Bermain Indoor, Dijamin Seru!

Sumber Instagram transstudiobandung.photo-min

Sumber: Instagram transstudiobandung.photo


Sering kali liburan anak sekolah jatuh pada musim hujan. Jangan buat liburannya mengecewakan cuma karena takut basah, kunjungi saja taman bermain dalam ruangan. Di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Trans Studio Bandung. Selain lokasinya dekat dengan Jakarta, pilihan permainan di tempat ini juga cukup beragam dan seru.

Pilihan taman hiburan indoor di luar negeri jauh lebih banyak. Di antaranya Ferrari World Indoor Theme Park (Abu Dhabi), Lotte World Indoor Theme Park (Seoul, Korea), dan The Adventuredome Indoor Theme Park at Circus Circus (Las Vegas, Nevada).

4. Berburu Foto Keren di Perkebunan

Sumber Instagram septariaandany (Puncak Cisarua Bogor)-min

Sumber: Instagram septariaandany (Punca, Bogor)


Wisata musim hujan ini memang tidak menjamin tubuhmu tetap kering, tapi sangat layak untuk dikunjungi. Kenapa? Karena musim hujan adalah waktu terbaik untuk mengunjungi perkebunan. Kebun bunga, teh, atau sayur sedang segar-segarnya dan sedang hijau-hijaunya. Pasti sangat seru untuk berburu foto keren.

Selain itu, kamu juga bisa memetik sayuran atau buah segar dari perkebunan. Sangat menyenangkan jika dilakukan bersama dengan keluarga. Apalagi jika kamu bisa berinteraksi dengan petani, dijamin pengetahuan kamu soal tanaman akan bertambah. Setelah lelah menjelajah perkebunan, bisa langsung istirahat di penginapan yang disediakan, deh.

Perkebunan yang patut dikunjungi saat musim hujan misalnya kebun teh di Puncak, salah satu wisata Bogor. Daun-daun teh di sana akan terlihat lebih hijau dan segar saat musim hujan. Selain itu, kabut yang menyelimuti area perkebunan juga akan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Cuma harus hati-hati, karena tanah akan lebih licin dan becek. Pastikan pakai baju hangat saat ke sini.

5. Menikmati Hijaunya Persawahan di Ubud, Bali

Ubud Bali Sumber Instagram tariktravels-min

Sumber: Instagram tariktravels


Sama halnya dengan perkebunan, persawahan juga akan semakin subur dan hijau saat musim hujan. Salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Ubud, Bali.

Di sini kamu bisa menyegarkan pikiran sambil menikmati pemandangan sawah Ubud yang begitu indah. Di pagi hari, kabut tipis dan sisa hujan akan membuat pikiranmu tenang. Kunjungi juga beberapa spot wisata lain di Ubud seperti Pura Taman Saraswati, terasering Tegalalang, Botanic Garden Ubud, atau sekadar nongkrong cantik di cafe. Jangan lupa selalu bawa payung dan jaket selama berlibur di Bali, ya.

6. Hunting Makanan Enak Alias Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Sumber Instagram kulinersby-min

Sumber: Instagram kulinersby


Ini dia aktivitas liburan yang paling mudah dilakukan saat musim hujan. Apalagi kini banyak banget tempat makan yang menawarkan pemandangan dan desain yang keren. Kamu bisa menentukan sendiri destinasi tempat makan yang ingin dikunjungi beserta anggarannya. Usahakan pilih tempat makan dalam ruangan agar wisata kuliner kamu tetap nyaman.

Itulah enam destinasi wisata musim hujan yang harus kamu kunjungi. Yuk segera pesan tiket pesawat ke destinasi impianmu di Pergi.com. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!