Bisa melihat dan menikmati keindahan bunga sakura di Korea Selatan adalah impian semua orang. Daya tarik bunga ini memang tak pernah habis, bahkan peminatnya semakin banyak. Tak mau kan melewatkan kesempatan melihat musim sakura di Korea tahun ini? Cuss pesan tiket ke Korea secepatnya, karena prediksi jadwal musim sakura di Korea 2019 sudah keluar, lho!

Kapan waktu terbaik melihat bunga sakura di Korea? Di mana tempat terbaik melihat bunga sakura di Korea? Pertanyaan ini akan dijawab secara tuntas oleh Pergi.com. Mari kita simak bersama-sama!

Tempat dan Waktu Terbaik Menikmati Musim Sakura di Korea 2019

1. Jeju Cherry Blossom Festival, Seogwipo (23 Maret-30 Maret)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram hello_jein dan mazect


Datanglah ke Pulau Jeju jika ingin melihat musim sakura paling indah di Korea. Di pulau yang jauh dari kebisingan kota ini, kamu bisa melihat King Cherry Tree Blossoms di seluruh penjuru pulau. Pohon sakura jenis ini merupakan spesies sakura langka yang paling unik.

Bunga sakuranya hanya mekar penuh selama 2-3 hari saja, jadi pastikan kamu datang di waktu yang tepat. Waktu terbaik melihat sakura di Jeju Island adalah pada tanggal 23 Maret (mekar penuh).

Meskipun kamu bisa melihat pohon sakura di sudut mana pun di seluruh pulau, destinasi utama untuk menikmati sakura di Pulau Jeju berada di pusat kota Seogwipo dan Jeju Sports Complex. Spot favorit untuk melihat sakura di Pulau Jeju adalah Noksan-ro. Di sepanjang jalan kamu bisa melihat pohon sakura berjejer rapi ditemani bunga kanola kuning yang cantik.

Jadi, jangan khawatir jika kamu tak sengaja melewatkan momen mekar penuh sakura di Pulau Jeju. Kamu masih bisa berfoto di hamparan bunga kanola kuning dengan latar langit biru. Super cantik! Sempatkan juga untuk mencicipi street food Pulau Jeju yang terkenal enak.

Alamat: Jeonnong-ro, Jeju-si, Jeju-do
Cara ke Pulau Jeju: dari Jeju International Airport, naik Airport Limousine Bus (route 600) menuju Seogwipo. Perjalanan sekitar sejam dengan biaya 5.000 won sekali jalan

2. Busan: Namcheon-dong Road (26 Maret-2 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram daunxxi dan ryeong_woo


Namcheon-dong Road adalah salah satu tempat terbaik di Busan untuk melihat musim sakura di Korea 2019. Jalan ini juga dikenal dengan nama Cherry Blossom Road. Sepanjang jalan, pohon sakura seakan membuat terowongan berwarna pink cantik. Kamu akan mendapatkan foto yang Instagramable jika bisa berfoto di tengah jalan. Namun, harus hati-hati ya, pastikan kondisi jalan sedang sepi.

Konon, pohon sakura di Jalan Namcheon-dong berumur lebih dari 30 tahun. Lokasinya dekat dengan Gwanganli Beach dan berada di depan Samik Beach Town Apartment Complex. Selain jalan ini, ada tempat terbaik lainnya untuk menikmati sakura di Busan, yaitu Hwangnyeongsan Ring Road, Dalmaji-gil Road di Haeundae, Oncheonchon Stream Park, dan Igidae Park.

Alamat: Namcheon-dongSuyeong-gu, Busan, South Korea
Cara ke Namcheon-dong Road: dari Geumnyeonsangan Subway Station (exit 5), sekitar 10 menit berjalan kaki atau bisa naik taksi

3. Gwangju Bamboo Forest (29 Maret-5 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram hotgwangju dan cumicoomi


Ingin melihat pemandangan yang berbeda saat menikmati musim sakura di Korea? Kunjungilah Juknokwon Bamboo Forest. Hutan yang berada di Gwangju ini akan menghadirkan nuansa pink sakura ditemani dengan batang pohon bambu yang rimbun. Suasananya tenang dan rindang, cocok untuk kamu yang ingin istirahat dari keramaian.

Kunjungi juga Chonnam National University yang memiliki kolam dikelilingi oleh pohon sakura dan tanaman lainnya. Tepat di seberang kolam, ada spot yang nyaman untuk tempat piknik di bawah pohon sakura. Di Gwangju juga ada tempat terbaik menikmati musim sakura yang patut dikunjungi, seperti Gwangju Park dan Chosun University.

Alamat: 119 Jungnogwon-ro, Damyang-eup, Damyang, Jeollanam-do, South Korea
Cara ke Gwangju Bamboo Forest: beberapa jam dari Seoul dengan kereta KTX, gunakan Korea Rail Pass sebagai alat pembayaran

Panduan Lainnya :  5 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Paling Menarik

4. Changwon City: Jinhae Gunhangje Festival (Sekitar 30 Maret-9 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram jasonparcjunghee dan wander_zzz


Jinhae Gunhangje Festival adalah salah satu festival terbesar di Korea Selatan. Jinhae sendiri adalah tempat bersejarah yang memiliki lebih dari 300.000 pohon sakura! Kebayang enggak tuh seberapa banyak pohon sakura di Jinhae? Jinhae pun dianggap sebagai salah satu tempat dengan jumlah pohon sakura terbanyak di dunia.

Meskipun kota ini tergolong sepi, saat musim semi Jinhae akan dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Rekomendasi tempat terbaik melihat musim sakura di Jinhae adalah Yeojwacheon Stream dan Stasiun Gyeonghwa. Selain menikmati indahnya bunga sakura, kamu juga bisa sekalian mencicipi Cherry Blossom Cake yang hanya dijual saat musim semi.

Selama Jinhae Gunhangje Festival berlangsung, akan ada parade yang diadakan oleh Jinhae Military Marching Band. Selain marching band, juga ada berbagai pertunjukan seni dan budaya di Jinhae. Pedagang kaki lima pun akan bertebaran selama festival.

Alamat: 9 Tongsin-dong, Jinhae, Gyeongsangnam-do, South Korea
Cara ke Jinhae:
1. Dari Seoul menuju Jinhae membutuhkan waktu 4-5 jam menggunakan bus. Naiklah Intercity bus dari Seoul menuju Jinhae dengan biaya sekitar 20.900 won (normal bus) hingga 30.700 won (premium bus). Pesan sejak awal karena tiket cepat habis.
2. Naik bus dari Seobu Terminal di Busan. Perjalanan Busan-Jinhae sekitar 45 menit hingga 1 jam. Biaya naik bus sekitar 5.100 won sekali jalan

5. Seoul: Yeongdeungpo Yeouido Spring Flower Festival (6 April-13 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram maga_li_ dan cytlucinda324


Pulau kecil Yeouido yang terletak di Sungai Han, Seoul, adalah salah satu tempat paling populer untuk melihat musim sakura di Korea 2019. Setiap musim semi, akan diadakan Yeongdeungpo Yeouido Spring Flower Festival atau Festival Bunga Musim Semi Yeouido. Festival di Yeouido ini amat diminati wisatawan karena pesona bunga sakuranya yang sangat indah.

Terdapat lebih dari 1.600 pohon sakura yang tersebar di sini. Kebayang kan betapa bagusnya pemandangan di Yeouido? Sempatkanlah untuk berjalan-jalan santai menikmati bunga sakura di Yeouiseo-ro Street. Nikmati juga berbagai street food khas Korea yang dijual pedagang kaki lima. Saat malam, pemandangan akan menjadi lebih indah lagi karena dihiasi banyak lampu.

Menikmati musim bunga sakura Korea di Yeouido dijamin tidak akan membuatmu kecewa. Bawalah tikar atau kain lebar untuk piknik bersama orang-orang yang kamu cintai di bawah pohon sakura. Sempatkan juga melihat pertunjukan dan acara yang digelar di festival ini.

Alamat: Tongsin-dong, Jinhae-gu, Changwon-si, Gyeongsangnam-do
Cara ke Yeouido: naik Seoul Subway di line 5 menuju Yeouinaru Station (Exit 1), line 9 menuju National Assembly Station (Exit 6), atau menuju Yeouido Station (Exit 5 atau 9). Harga rata-rata 1.350 won (orang dewasa) dan 450 won untuk anak-anak

6. Seoul: Seokchon Lake Cherry Blossom Festival (6 April-13 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram august_tammy dan cs2191


Di Seoul, ada daerah bernama Seokchon yang juga merupakan tempat terbaik menikmati musim sakura di Korea 2019. Seokchon Lake Cherry Blossom Festival atau Festival Bunga Sakura Danau Seokchon adalah festival yang paling dinanti-nanti saat musim semi. Pemandangan ratusan pohon sakura yang mengelilingi danau akan membuat kamu takjub. Bunga sakura di sini berwarna pink pucat yang sangat memikat.

Selain menikmati bunga sakura di Korea, kamu juga bisa mengikuti kontes menggambar dan melukis wajah atau sekadar melihat pameran dan pertunjukan yang diadakan di samping danau. Setelah puas melihat bunga sakura, sempatkanlah mengunjungi Taman Bermain Lotte World yang berada di tengah-tengah danau.

Uniknya, taman bermain ini memiliki bentuk seperti istana sehingga membuat kawasan ini sangat Instagramable! Kamu bisa mencoba berbagai permainan seru dan menantang. Sangat cocok jika membawa anak-anak bermain ke sini. Sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan promo menarik.

Panduan Lainnya :  3 Destinasi Wisata Instagrammable Ini Cocok Buat Weekend Getaway

Taman Danau Seokchon
Alamat: 148, Jamsil-ro, Songpa-gu, Seoul
Cara ke Taman Danau Seokchon: Naik Seoul Subway di line 2 menuju Jamsil Station (Exit 2 atau 10). Harga rata-rata 1.350 untuk orang dewasa dan 450 won untuk anak-anak

Taman Bermain Lotte World
Alamat: 240 Olympic-ro, Jamsil-dong, Songpa-gu, Seoul, South Korea
Cara ke Taman Bermain Lotte World: naik Seoul Subway di line 2 atau 8 menuju Jamsil Station (Exit 4). Harga rata-rata 1.350 untuk orang dewasa dan 450 won untuk anak-anak

7. Seoul: Namsan Park (6 April-13 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Twitter iamdamalia dan Instagram plain.ailsa


Namsan Park atau Taman Namsan adalah taman terbesar di Seoul dan merupakan lokasi populer untuk menikmati musim sakura di Korea. Taman di atas bukit ini selalu dipenuhi hamparan pohon sakura cantik saat musim semi. Pohon sakura tersebut berjejer di sepanjang jalan menuju atas bukit sehingga membuat tempat ini sangat populer di kalangan pasangan muda.

Selain melihat bunga sakura, Namsan Park juga rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan. Kamu akan dengan mudah bertemu dengan bajing atau hewan liar setempat saat melewati jalur pejalan kaki di Namsan Tower.

Wisata di Seoul yang terletak di Gunung Namsan ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Korea. Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, misalnya Palgakjeong (paviliun berbentuk segi delapan), N Seoul Tower, Aquarium Maritime, air mancur, dan Perpustakaan Namsan.

Di Namsan Park juga terdapat kereta gantung Namsan, Alun-Alun Baekbeom, dan patung-patung tokoh terkenal dalam sejarah Korea. Kunjungi juga tempat wisata gratis di Korea untuk menghemat biaya liburan.

Alamat: 231, Samil-daero, Jung-gu, Seoul
Cara ke Namsan Park:
1. Turun di Stasiun Myeongdong (Exit 3) dan jalan ke Selatan Toegye-ro 18-gil Street. Sampai di Pacific Hotel, belok kiri ke Toegye-ro 20-gil Street. Jika sudah melihat Ministop, belok kanan ke jalan Toegye-ro 20-na-gil menuju stasiun cable car (3 menit menuju puncak)
2. Naik bis kuning dari Stasiun Chungmuro atau Stasiun Dongguk University

8. Seoul: Gyeongbokgung Palace (6 April-13 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram anjaawild dan fleur_duri


Ada satu tempat populer lagi di Seoul untuk melihat musim sakura di Korea 2019, yaitu Istana Gyeongbokgung. Istana Gyeongbok adalah istana yang terletak di sebelah utara kota Seoul. Istana ini termasuk dari lima istana besar yang dibangun oleh Dinasti Joseon.

Sakura di Istana Gyeongbokgung sangatlah ikonik karena berlatarkan bangunan istana yang begitu megah. Kamu bisa menyewa hanbok atau pakaian tradisional Korea untuk berfoto di sini. Dijamin Instagram material banget! Harga sewa hanbok di Korea mulai dari 10.000 won hingga 30.000 won, tergantung jenis hanbok dan lama waktu menyewa.

Untungnya lagi, pengunjung yang datang dengan mengenakan hanbok tak akan dikenakan biaya masuk ke Gyeongbokgung Palace. Lumayan banget bisa hemat 3.000 won. Selain itu, kamu juga bisa menikmati bunga sakura di istana lainnya seperti Changdeokgung Palace, Deoksugung Palace, Unhyeongung Palace, dan Changgyeonggung Palace. Harga tiket terusan untuk mengunjungi lima istana tersebut (termasuk Gyeongbokgung) adalah 10.000 won.

Alamat: 161 Sajik-ro, Sejongno, Jongno-gu, Seoul, South Korea
Cara ke Istana Gyeongbokgung:
1. Naik Subway menuju Gyeongbokgung Station di line 3 (Exit 5) atau Anguk Station di line 3 (Exit 1)
2. Naik bus nomor 1020, 7025, 109, 171, 172, 601, atau 606 lalu turun di halte bus Gyeongbokgung Palace

9. Incheon: Incheon Grand Park dan Jayu Park (9 April-15 April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019 Incheon Grand Park dan Jayu Park

Sumber: Instagram heo_kwanghei dan ruming_s


Setelah destinasi sakura di Seoul, kini kita beralih pada destinasi sakura di Incheon. Incheon tidak hanya memiliki bandara terbesar di Korea, namun juga punya tempat terbaik melihat sakura. Destinasi ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu saat mengunjungi Korea.

Panduan Lainnya :  Liburan Natal di 5 Destinasi Asia Tenggara

Spot melihat sakura di Incheon yang bisa kamu datangi misalnya Incheon Grand Park, sebuah taman kota yang dikelilingi oleh Gunung Gwanmosan dan Gunung Sangasan. Taman ini bisa jadi tempat pelarian dan tempat menenangkan diri jika kamu suka nuansa alam yang asri, ditemani kilau pink bunga sakura. Di sini, banyak warga kota yang piknik, bersepeda, atau sekadar berjalan santai.

Selain Incheon Grand Park, ada juga Jayu Park. Taman yang dulu dikenal dengan nama Manguk Park/Seo Park ini menyuguhkan pemandangan spektakuler di mana ada gunung, laut, dan pelabuhan. Lokasinya dekat dengan Songwol-dong Fairy Tale Village dan memiliki patung ikonik Jenderal Douglas MacArthur. Jayu Park juga dekat dengan Chinatown, sekitar 10-15 menit jalan kaki.

Incheon Grand Park
Alamat: 산180 Jangsu-dong, Namdong-gu, Incheon, Korea Selatan
Cara ke Incheon Grand Park: naik Seoul Subway menuju Incheon Grand Park Station (Incheon Subway Line 2)

Jayu Park
Alamat: 25 Jayugongwonnam-ro, Bukseong-dong 3(sam)-ga, Jung-gu, Incheon, South Korea
Cara ke Jayu Park: naik Seoul Subway menuju Incheon Station line 1 (Exit 1)

10. Nami Island (Awal April-Pertengahan April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram rjmean dan weloveairport


Siapa sih yang bisa menolak pesona pulau kecil berbentuk setengah bulan yang berada di Chuncheon ini? Nami Island telah lama menarik banyak wisatawan datang, terutama setelah menjadi lokasi film drama Korea terkenal Winter Sonata. Pengunjung yang paling banyak datang ke sini adalah pasangan kekasih serta keluarga.

Saat musim semi, bunga sakura akan bermekaran dengan indahnya, kebanyakan berwarna pink serta putih. Meski pulau ini cukup kecil, kamu bisa menikmati banyak spot menarik yang sangat Instagramable. Makanan di sini juga terkenal enak, yang paling populer adalah ayam BBQ khas Nami Island.

Jangan lupa berfoto di depan Water Stages Swimming Pool di mana ada pohon sakura berjejer rapi. Sepanjang jalan, kamu akan dimanja dengan nuansa pink yang bikin suasana hati menjadi ceria. Selain mengunjungi Nami Island, ada beberapa tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi di area Gapyeong, yaitu Jara Island, Petite France, dan Garden of The Morning Calm.

Alamat: 1 Namisum-gil, Namsan-myeon, Chuncheon, Gangwon-do, South Korea
Cara ke Nami Island:
1. Naik tour bus yang berangkat dari Insa-dong (Dekat West Gate Tapgol Park), Namdaemun (Sungnyumen Square Bus Stop, di depan Nongdaemun Market), dan Myeongdong (di belakang Shinsegae Department Store). Tersedia pukul 09.30 AM
2. Turun di Gapyeong Station kemudian naik taksi atau Bus Wisata Khusus (Shuttle Bus) ke Gapyeong Wharf (pelabuhan untuk menyebrang ke Nami Island)

11. Gyeongju Cherry Blossom Festival dan Gyeongju Cherry Blossom Marathon (Awal April)

Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Sumber: Instagram totoolike dan farmtotable.official


Lomba lari maraton sambil menikmati musim sakura di Korea? Wow, tentunya ini akan menjadi pengalaman menarik selama liburan di Korea. Sepanjang jalur maraton, kamu bisa sekalian mengagumi indahnya bunga sakura. Tak apa jika kalah maraton karena terlena dengan indahnya Bomunho Lake, yang penting hati senang.

Gyeongju Cherry Blossom Marathon tahun ini diadakan pada 6 April 2019 pukul 8 pagi. Ada dua jenis maraton yang bisa kamu pilih, yaitu half course dan full course. Biaya pendaftaran untuk jarak 5 km sekitar 20.000 won, sedangkan jarak 10 km biayanya 30.000 won.

Cara ke Gyeongju: Naik Gyeongju Express atau Intercity Bus Terminal. Kemudian, jalan ke Bus Terminal Adjacent Bus Stop. Naik bus no. 100 atau 150 dan turun di depan Bomun Maeun-tang Bus Stop. Jalan kira-kira 8 menit ke Bodeok-dong Citizen’s Center.

Promo Tiket ke Korea

Itulah tempat dan waktu terbaik untuk menikmati musim sakura di Korea 2019. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update tips dan panduan traveling. Tinggalkan komentar jika kamu punya pertanyaan, pengalaman, maupun pendapat soal liburan ke Korea. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Korea di Pergi.com, ya. Cari, Pesan, Pergi Traveling!