Pamor Bali sebagai tempat tujuan wisata bisa dikatakan memang belum terkalahkan sampai saat ini. Tiap tahunnya tercatat jutaan turis datang ke pulau tersebut Padahal di Indonesia masih banyak tempat cantik lainnya yang bisa dijelajahi.

Karenya atas dasar ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata mencanangkan 10 Bali Baru yang akan menjadi prioritas pengembangan bagi pemerintah. Penetapan 10 destinasi wisata prioritas ini merupakan inisiasi Presiden Joko Widodo yang tertuang pada surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 perihal arahan Presiden Republik Indonesia mengenai pariwisata dan arahan presiden pada sidang kabinet 4 Januari 2016 yang menetapkan 10 Bali Baru:

1. Danau Toba

Sumber: Instagram @tl__travels

Danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik ini terletak di Provinsi Sumatera Utara dan merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau ini memiliki panorama yang indah dan Pulau Samosir di tengahnya.

2. Tanjung Kelayang

Terletak di Belitung, Tanjung Kelayang terkenal akan pantainya yang indah, berpasir putih dan memiliki batu-batu besar yang mempesona. Tak kalah indah dari pantai-pantai yang ada di Bali, Tanjung Kelayang memiliki pantai dengan air yang jernih berwarna biru kristal yang memanjakan mata.

3. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung merupakan pantai indah yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya berada di Desa Tanjung Jaya, Kabupaten Pandeglang, Banten. Disini kamu bisa menemukan pantai indah yang masih asri dengan hamparan pasir putih dan pohon-pohon indah yang tumbuh di pinggir pantainya.

4. Kepulauan Seribu

Sumber: Instagram @mathilda_theresia

Terletak di wilayah utara Jakarta, Kepulauan Seribu menyimpan banyak pulau-pulau kecil nan cantik. Sebut saja Pulau Pramuka dan Pulau Tidung yang selalu ramai pengunjung. Disini kamu bisa bisa menemukan banyak pulau cantik yang masih asri, pantai-pantai dengan air jernih serta pemandangan bawah laut yang memukau.

5. Borobudur

Tak perlu diragukan lagi, Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata terkeren yang ada di Indonesia. Masuk ke dalam jajaran 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur menawarkan wisata sejarah yang memukau. Candi yang masih berdiri tegak hingga kini ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta.

6. Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS)

Sumber: Instagram @dinatatat

Terletak di Jawa Timur, kawasan Bromo Tengger Semeru ini terletak di 4 Kabupaten, yaitu Malang Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Gunung Bromo merupakan satu dari banyak destinasi wisata menarik di kawasan ini.

7. Mandalika

Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mandalika akan dikembangkan menjadi lokasi wisata MICE seperti Nusa Dua Bali. Keindahan alam yang didominasi pantai-pantai indah membuat Mandalika sangat menarik untuk dikunjungi.

8. Labuan Bajo

Sumber: Instagram @trip_man_

Destinasi wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari berbagai pantai dengan panorama bawah laut yang memikat hingga Taman Nasional Komodo. Labuan Bajo menyimpan banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

9. Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki banyak pantai-pantai indah berpasir putih dengan keindahan bawah laut yang sangat indah. Banyak wisatawan datang ke Wakatobi untuk diving maupun snorkelling untuk melihat keindahan alam Wakatobi yang sangat memukau.

10. Morotai

Sumber: Instagram @hey_dheee

Pulau yang terletak di Maluku Utara ini mendapat julukan ‘mutiara di bibir Pasifik’ karena lokasinya yang berada di Samudera Pasifik. Pulau indah ini memiliki banyak pantai menarik, berpasir putih, berombak tenang yang cocok bagi kamu yang suka bermain air. Selain itu airnya yang jernih berwarna biru sekaligus menambah keindahan pulau ini. Pemandangan bawah laut Morotai juga sangat indah lho!

Nah, sekarang kamu sudah tahu nih 10 Bali Baru yang sedang menjadi prioritas pemerintah. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satu diantaranya? Jika belum, yuk persiapkan dari sekarang tiket pesawat menuju 10 Bali Baru!