Ketinggalan pesawat merupakan mimpi buruk yang bisa menimpa siapa saja. Ada banyak hal yang menyebabkan hal ini, bisa karena kesalahan sendiri seperti berlama-lama datang ke bandara hingga kejadian tak terduga seperti kecelakaan yang membuat arus kendaraan menuju bandara menjadi macet.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika terlanjur ketinggalan pesawat? Panik pasti iya, namun jangan berlebihan. Berikut empat solusi ketinggalan pesawat yang bisa kamu lakukan.

1. Bersikap Tenang dan Menjernihkan Pikiran

Solusi Ketinggalan Pesawat Sumber Pixabay

Sumber: Pixabay


Tidak ada yang mau mengalami insiden ketinggalan pesawat. Apalagi jika sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari atau ada acara mendesak yang harus dihadiri di kota tujuan. Rasa panik, sedih, dan bingung pasti menerpa. Namun, ketinggalan pesawat bukan akhir dari segalanya. Yang penting, sebisa mungkin kamu harus bersikap tenang agar bisa berpikir dengan baik apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Panduan Lainnya :  Salah Gender di Tiket Pesawat, Harus Bagaimana?

Panik yang berlebihan bisa saja membuatmu melakukan hal yang jauh lebih ceroboh lagi. Atau bahkan, bisa mengundang orang jahat untuk memanfaatkan situasimu.

2. Cek Tiket Pesawat yang Kamu Beli

Solusi Ketinggalan Pesawat Sumber Pexels

Sumber: Pexels


Jika kamu membeli tiket pesawat dengan harga normal dari maskapai, masih ada kemungkinan tiket pesawat masih bisa berlaku sesuai kebijakan dan ketentuan masing-masing maskapai. Entah itu dioper ke penerbangan selanjutnya dengan biaya tertentu atau bisa di-refund dengan potongan tertentu.

Yang harus diperhatikan, tiket yang dibeli dengan promo atau diskon biasanya tidak bisa di-refund alias hangus. Namun, itu semua tergantung kebijakan maskapai.

3. Hubungi Call Center Maskapai Terkait

Solusi Ketinggalan Pesawat Sumber Pixabay 2

Sumber: Pixabay


Langkah selanjutnya adalah menghubungi call center maskapai yang tadinya akan kamu gunakan jasa penerbangannya. Tanyakan apakah tiket kamu masih bisa dioper ke penerbangan berikutnya. Jika tidak bisa dioper ke penerbangan selanjutnya, tanyakan bagaimana cara me-refund atau membatalkan tiket pesawat.

Panduan Lainnya :  GiveAway: Voucher Liburan Valentine 500 Ribu!

Customer service maskapai akan memberi panduan mengenai tindakan selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan tiket dan terbang di hari yang sama. Solusi ketinggalan pesawat ini wajib kamu lakukan.

4. Jika Tiket Hangus, Gunakan Agen Travel Online

Beli Tiket Pesawat di Pergi.com

Beli Tiket Pesawat di Pergi.com


Jika ternyata customer service maskapai menyatakan tiket kamu hangus dan tidak bisa dioper ke penerbangan selanjutnya atau di-refund, satu-satunya cara agar bisa terbang di hari yang sama adalah dengan membeli tiket baru. Daripada rencana liburan gagal total atau kamu tidak bisa menghadiri acara penting di kota tujuan, ini adalah solusi ketinggalan pesawat yang terbaik.

Untuk menghemat waktu, kamu bisa membeli tiket pesawat lewat travel online, seperti Pergi.com yang bisa diakses melalui smartphone. Kamu bisa membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai dan membeli yang termurah dengan proses yang cepat.

Panduan Lainnya :  120 Istilah Penerbangan, Wajib Tahu Sebelum Naik Pesawat!

Insiden ketinggalan pesawat sebenarnya bisa dihindari jika kamu tiba di bandara lebih awal. Oleh karena itu, perhatikan informasi yang tertera di tiket, termasuk jam keberangkatan dan batas waktu check-in dari maskapai.

Itulah empat solusi ketinggalan pesawat yang harus kamu lakukan. Yuk share, subscribe, dan komen di blog Pergi.com jika kamu pernah mengalami kejadian tak menyenangkan ini. Jangan lupa pesan tiket pesawat di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!