Sebentar lagi umat muslim akan segera menjalani puasa Ramadan. Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti harus bermalas-malasan dan menghentikan seluruh aktivitas. Justru saat puasa, kegiatan kecil bisa lebih bermakna untuk dilakukan. Misalnya makan bersama atau liburan bersama keluarga di bulan Ramadan.

Ajaklah orangtua dan keluargamu berlibur ke tempat wisata keluarga terbaik saat Ramadan untuk menikmati quality time. Supaya tak bosan, cobalah berlibur ke luar negeri untuk merasakan suasana Ramadan di negara lain. Dijamin lebih seru karena menyajikan pengalaman yang berbeda!

1. Asiknya Melancong ke Malaysia di Bulan Ramadan

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram mrsmarkiza


Saat Ramadan, wisatawan muslim biasanya akan mencari tempat wisata keluarga terbaik yang memiliki banyak wisata makanan halal. Untuk itu, Malaysia adalah destinasi Ramadan yang tepat. Yang istimewa dari liburan puasa dan lebaran di Malaysia adalah banyaknya bazar makanan yang menggugah selera.

Ramadan di Malaysia diwarnai dengan banyaknya penjual makanan aneka rupa, mulai dari hidangan khas Asia hingga Timur Tengah. Apalagi selama bulan puasa banyak hotel, restoran, dan tempat makan di Malaysia yang mengadakan tradisi buffet Ramadan. Kamu bisa makan sepuasnya!

Suasana di Malaysia juga sangat nyaman untuk berpuasa, meriah sekaligus religius. Seluruh penjuru kota akan diwarnai dengan nuansa Ramadan, mulai dari pusat perbelanjaan, sekolah, hingga jalan raya. Malaysia berpuasa 13 sampai 14 jam, sama seperti negara kita. Jadi, tak perlu khawatir menyesuaikan dengan jam perut kamu. Jangan lupa kunjungi berbagai tempat wisata keluarga terbaik di Malaysia untuk menyempurnakan liburanmu.

Promo Tiket ke Malaysia

2. Serunya Liburan Ramadan di Singapura

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram xinke.219


Hmapir sama seperti Malaysia, muslim Singapura akan berpuasa selama 12 hingga 13 jam. Selama bulan puasa, cuaca di Singapura akan cukup panas dan lembap. Jadi, hindari aktivitas liburan yang terlalu melelahkan supaya puasamu tak terganggu.

Bulan puasa di Singapura juga dipenuhi dengan festival makanan dan aneka produk yang buka hingga malam. Masjid-masjid di Singapura akan membagikan makanan kepada para wisatawan, baik muslim maupun non-muslim. Lumayan untuk menghemat uang makan sekaligus berkenalan dengan banyak orang baru.

Restoran di Singapura juga akan menyuguhkan menu spesial puasa berupa buffet yang menarik. Untuk yang tidak berpuasa, jangan khawatir. Tempat makan di Singapura tetap buka saat pagi dan siang hari selama bulan Ramadan.

Promo Tiket ke Singapura

3. Wisata Religi di Brunei Darussalam

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram little.klicks


Ada banyak festival makanan yang menunggumu di Brunei Darussalam saat bulan puasa. Tradisi bazar makanan memang melekat di kalangan umat muslim karena momen berpuasa sangatlah spesial. Semua orang akan berkumpul bersama orang-orang terkasih untuk menikmati hidangan buka puasa yang enak. Tak heran jika banyak sekali bazar makanan dadakan selama puasa.

Panduan Lainnya :  10 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak & Legendaris 2019

Festival makanan di Brunei Darussalam buka hingga malam. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan istimewa, mulai dari masakan lokal hingga makanan barat. Setiap masjid di Brunei juga akan membagikan makanan berbuka puasa untuk dikonsumsi bersama-sama. Siapa saja boleh datang untuk menikmatinya, seru banget kan!

Waktu berpuasa di Brunei Darussalam 2019 berlangsung selama 13 jam. Cuaca akan sedikit panas dengan hujan yang sesekali turun. Berkunjunglah ke masjid Brunei Darussalam yang terkenal indah, seperti Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dan Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah. Selain itu, masih banyak tempat wisata favorit di Brunei yang bisa kamu kunjungi.

Promo Tiket ke Brunei

4. Ramadan di Thailand Ternyata Seru!

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram sarah_jbll


Siapa bilang tempat wisata keluarga terbaik saat Ramadan hanya ada di negara mayoritas muslim saja? Liburan Ramadan di Thailand juga ekstra seru, lho. Pattani dan Bangkok adalah destinasi Ramadan yang tepat untuk dikunjungi. Di sana banyak festival makanan spesial yang menyajikan makanan lokal yang lezat.

Makanan halal di Thailand biasanya berada di dekat masjid atau faslitas ibadah lainnya. Waktu puasa di Thailand sekitar 14 jam di tahun 2019. Bawalah payung karena bulan puasa tahun ini Thailand sedang musim hujan. Saat pulang, jangan lupa beli oleh-oleh khas Bangkok untuk orang tercinta, ya!

Promo Tiket ke Thailand

5. Wisata Ramadan yang Indah di Istanbul, Turki

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram k__zee


Pemandangan kota Istanbul, Turki, selalu menarik minat wisatawan mancanegara. Apalagi di Bulan Ramadan, suasana Turki akan semakin meriah karena banyak festival makanan enak yang menjual hidangan buka puasa. Negara dengan mayoritas muslim ini juga sangat romantis dan syahdu. Panorama senjanya bisa bikin kamu tersihir takjub.

Festival makanan dan hiburan selama bulan puasa adalah salah satu alasan untukmu liburan ke Turki. Setiap tempat makan akan menyajikan menu khusus Ramadan yang menggoyang lidah. Harap diingat, lama puasa di Turki jauh lebih lama dibanding di Indonesia, yaitu 17 jam. Tapi worth it banget, kok.

Sama seperti di Indonesia, orang-orang akan membunyikan drum keliling kota untuk membangunkan warga sahur. Suasana puasa juga sangat kental di kota ini karena setiap tempat akan didekorasi khas Ramadan. Menjelang Magrib, jalanan akan sangat ramai karena banyak orang keluar rumah untuk mencari hidangan berbuka. Jadi, jangan mepet-mepet ya ketika memesan makanan di Istanbul.

Panduan Lainnya :  12 Tempat Wisata Alam Tersembunyi Lombok Terbaru 2019

Promo Tiket ke Turki

6. Pengalaman Puasa yang Menarik di Maroko

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram joyjah


Tempat wisata keluarga terbaik di bulan puasa ini tak boleh kamu lewatkan. Sama seperti Malayisa, masyarakat Maroko juga akan menggelar berbagai festival selama bulan puasa. Kamu bisa mencicipi berbagai kuliner khas Maroko hingga menikmati berbagai lomba tadarusan yang diadakan di negara ini.

Warga Maroko akan berpuasa selama 16 jam dengan kondisi cuaca yang cukup panas tahun 2019 ini. Jadi, jangan lupa minum yang cukup saat berbuka puasa di Maroko.

Uniknya liburan di Maroko selama puasa adalah saatnya berbuka puasa akan ditandai dengan suara meriam. Setiap masjid akan membagikan hidangan berbuka yang bisa dinikmati siapa saja. Jangan lewatkan berbagai hadiah gratis dari doorprize yang diadakan oleh pusat perbelanjaan. Ramadan di Maroko dijamin seru apalagi jika bersama keluarga.

Promo Tiket ke Maroko

7. Cape Town, Pusat Religi di Afrika Selatan

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram tariqnabina


Ingin merasakan puasa yang tak terlalu lama? Ajaklah keluargamu untuk berlibur di Afrika Selatan, khususnya di Cape Town. Di sini, kamu hanya perlu berpuasa selama 11-12 jam saja. Cape Town adalah pusat wisata religi di Afrika Selatan. Kota ini menyuguhkan pemandangan luar biasa keren dengan berbagai latar belakang sejarah yang menarik.

Selama Ramadan, cuaca di Afrika Selatan akan sedikit dingin, terutama saat malam hari. Di Cape Town, kamu akan banyak menemukan kuliner halal untuk berbuka puasa. Setiap mal juga memiliki tempat ibadah yang memadai. Sementara untuk masjid besar, lebih banyak ditemukan di Bo-Kaap. Nikmati hidangan gratis untuk berbuka selama berada di tempat wisata keluarga terbaik Ramadan ini.

Promo Tiket ke Afrika

8. Pengalaman Puasa di Maldives yang Mengesankan

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram ismailpulikkodan


Maldives adalah kepulauan yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Suasana Ramadan di sini sangat meriah dan ramai. Banyak parade budaya masyarakat lokal yang bisa kamu nikmati selama bulan puasa. Pengalaman puasa di sini dijamin asik, apalagi banyak pantai indah yang menarik hati.

Selama Ramadan, Maldives akan sering hujan dan berawan, meskipun saat siang hari bisa saja cerah. Waktu puasa di sini sekitar 12 hingga 13 jam. Wisatawan akan dilayani dengan baik selama Ramadan di Maldives. Hotel serta restoran akan menyajikan makanan spesial Ramadan dengan nuansa rumahan.

Panduan Lainnya :  Cara Mengurus Paspor Beda Domisili, Ini Syaratnya!

Promo Tiket ke Maldives

9. Kazakhstan, Kota Modern yang Islami

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram eva_roupcova


Muslim di Kazakhstan akan berpuasa selama 17 jam di bulan suci Ramadan. Cuaza di Kazakhstan akan cukup panas, jadi sediakan pakaian berbahan tipis namun menutupi kulit supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Restoran yang menjual makanan halal semakin banyak selama bulan puasa.

Di sini, kamu bisa merasakan suasana puasa yang terbilang unik. Meski termasuk kota modern, Kazakhstan memiliki banyak bangunan tradisional dengan nuansa Islami. Harus ke sini kalau mau liburan bersama keluarga.

Promo Tiket ke Kazakhstan

10. Liburan Puasa di Jepang, Bagaimana Rasanya?

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram turjepangmurah


Terkenal dengan festival bunga sakura, Jepang juga bisa jadi tujuan wisata religi bersama keluarga. Liburan saat Ramadan di Jepang akan dihiasi dengan festival makanan halal di pusat-pusat kota. Meski muslim merupakan kaum minoritas di Jepang, warga lokal sangat ramah lho terhadap muslim.

Liburan puasa di Jepang bisa jadi pengalaman yang menarik. Setiap masjid akan ramai dikunjungi oleh umat muslim. Kamu bisa menambah kenalan selama di sana. Mendengarkan kajian saat di Jepang juga bisa membuka wawasan baru untukmu.

Promo Tiket ke Jepang

11. Puasa Super Singkat di Australia

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram goldcoastmosque


Puasa di Australia cukup singkat, yakni sekitar 11 hingga 12 jam. Dengan cuaca sejuk dan cerah sepanjang bulan, kamu bisa merasakan suasana puasa yang menyenangkan di tempat wisata Ramadan ini. Sama seperti Jepang, warga Australia juga menghargai Ramadan. Tak heran jika banyak restoran halal Australia dan cafe yang bisa kamu temui.

Beberapa festival makanan dan budaya akan digelar di Australia selama bulan Ramadan. Contohnya di Lakemba, Sidney, tempat muslim terbanyak di Australia.

Promo Tiket ke Australia

12. Liburan ke Riyadh, Arab Saudi Sambil Umrah

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram abdulsalamalamri


Riyadh atau Mekkah adalah tempat wisata keluarga terbaik untuk bulan Ramadan. Destinasi religi ini bisa kamu datangi sambil melakukan ibadah, misalnya mengambil paket umrah. Puasa di tanah suci tentu akan menghadirkan suasana yang tak terlupakan. Bersama keluarga, kamu bisa semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

Promo Tiket ke Riyadh

Itulah tempat wisata keluarga terbaik saat Ramadan yang wajib kamu datangi. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat untuk liburan puasa di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!