Tempat wisata Malaysia terfavorit memiliki banyak kemiripan dengan negara kita, mulai dari kuliner, tradisi, hingga kebudayaannya. Meski punya banyak kesamaan, negara Malaysia tetap menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan orang Indonesia.

Jika ditilik dari biaya, liburan ke Malaysia memang terjangkau layaknya sedang liburan di Indonesia. Bahkan, biayanya jauh lebih murah dibandingkan wisata ke Indonesia Timur, lho! Bahasanya juga hampir sama sehingga wisatawan Indonesia tidak perlu khawatir kendala bahasa saat sedang liburan di sini. Kali ini Pergi.com akan memberikan rekomendasi tempat wisata Malaysia terfavorit untuk panduan travelingmu. Layak banget untuk dikunjungi, deh!

1. Menara Kembar Petronas

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram h4ppytravel


Ya, salah satu ikon Malaysia ini wajib banget dikunjungi. Apalagi jika kamu baru pertama kali liburan ke Malaysia. Faktanya, Menara Kembar Petronas pernah menyanding gelar sebagai menara tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004, lho! Namun, gelar tersebut kini sudah direbut oleh Burj Khalifa di Dubai.

Daya tarik tempat wisata Malaysia terfavorit adalah jembatan udara yang menghubungkan 2 menara, yakni di lantai 41 dan 42. Kamu bisa menuju ke destinasi wisata Malaysia setinggi 170 meter ini menggunakan bus, kereta api, atau menyewa kendaraan.

Jika ingin melihat keindahan gemerlap lampu yang menghiasi bangunan setinggi 88 lantai ini, datanglah pada malam hari. Di sekitar bangunan juga ada taman hijau serta air mancur yang bisa bikin fotomu semakin keren. Petronas Tower merupakan salah satu destinasi terfavorit merayakan tahun baru di Asia Tenggara.

Untuk naik ke menara ini, wisatawan harus membeli tiket seharga RM80 untuk dewasa dan RM33 untuk anak-anak (harga bisa berubah). Dari ketinggian, kamu bisa menikmati pemandangan Kuala Lumpur yang megah. Tempat ini dibuka pukul 9 pagi, tapi sudah banyak yang mengantre sejak pukul 6 pagi karena kuota tiketnya terbatas. Maklum, tempat wisata ini memang sangat populer di kalangan wisatawan.

2. Kuil Kek Lok Si

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram taramilktea


Tempat wisata Malaysia terfavorit ini dikenal juga sebagai Kuil Kebahagiaan Agung atau Temple of Supreme Bliss. Daya tarik utama Kuil Kek Lok Si adalah bangunan pagoda yang terdiri dari 7 lantai. Kuil ini disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Desainnya sangat indah, perpaduan antara budaya Cina, Burma, dan Thailand.

Harga tiket masuk kuil yang di dalamnya terdapat 10.000 patung Buddha dari pualam dan perunggu ini sekitar RM2. Tempat wisata populer di Penang ini juga memiliki patung perunggu Dewi Kwan Im setinggi 30,2 meter. Untuk menuju ke tempat ibadah ini, kamu bisa naik taksi atau bis.

3. Langkawi Cable Car

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram margarethoe


Jalan-jalan ke Malaysia belum lengkap kalau belum mencoba naik kereta gantung ke puncak gunung tertinggi kedua di Langkawi. Dengan ketinggian 709 meter di atas laut, kamu akan melintasi hutan tropis dan air terjun yang indah. Saat cuaca cerah, wisatawan bahkan bisa melihat Indonesia di arah barat daya dan Thailand di arah utara. Perjalanan sepanjang 2,2 km akan ditempuh selama 20 menit.

Saat awal perjalanan ke tempat wisata Malaysia terfavorit ini, mungkin kamu akan merasa perut bergejolak karena ketinggian kereta gantung ini. Namun setelah terbiasa, perjalanan akan terasa menyenangkan karena pemandangan yang disajikan begitu memesona.

Tips liburan ke sini adalah menggunakan baju dan alas kaki yang nyaman karena perjalanan menuju jembatan gantung cukup jauh. Jam buka Langkawi Cable Car bervariasi. Untuk hari Senin, Selasa, dan Kamis buka pukul 10; Rabu buka pukul 12; dan Jumat-Minggu buka pukul 9.30. Namun, jam operasional tersebut tergantung kondisi cuaca. Apabila ada angin kencang, biasanya layanan akan dihentikan.

Panduan Lainnya :  16 Tips Liburan Saat Puasa yang Sering Dilupakan Traveler

Jaraknya sekitar 30 menit dari pusat Kota Kuah dan 15 menit dari Bandara Internasional Langkawi dengan taksi maupun kendaraan pribadi. Biaya tiketnya bervariasi tergantung jenis gondola yang kamu naiki, namun berkisar antara RM30 sampai RM550 untuk menyewa VIP gondola.

4. Batu Caves (Gua Batu)

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram dhelpinesee


Tempat wisata Malaysia terfavorit ini sebenarnya merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Karena itulah, pengunjungnya wajib memakai pakaian yang sopan. Apabila memakai pakaian yang terbuka, wisatawan tetap bisa masuk dengan menyewa kain yang disewakan.

Batu Caves adalah gua batu kapur yang terdiri dari 3 gua utama dan beberapa gua kecil. Ikon di Selangor ini memiliki patung Dewa Murugan setinggi 42, 7 meter berlapis emas yang sangat ikonik. Untuk masuk ke goa, kamu harus menaiki 272 anak tangga yang cukup curam namun instagramable karena dicat warna-warni.

Saat naik, kamu akan menemui banyak monyet liar berkeliaran. Berhati-hatilah karena monyet liar terkadang suka mengambil bawaan pengunjung. Meskipun begitu, tempat ini sangat layak dikunjungi. Bawalah air minum yang cukup karena perjalanan naik tangga ke atas akan cukup melelahkan.

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram nyamukingphotoworks


Setiap tahunnya, Batu Caves selalu dijadikan sebagai tempat Festival Thaipusam. Perayaan ini merupakan salah satu festival Hindu yang diselenggarakan di Malaysia selain Deepavali. Untuk tahun 2019, Festival Thaipusam akan dirayakan pada tanggal 21 Januari. Dengan kata lain, kamu masih punya waktu untuk memesan tiket ke Malaysia!

Di perayaan ini, kamu bisa melihat ritual ekstrem di mana orang-orang mengaitkan batang besi dan kait logam ke kulit badan mereka. Bahkan, ada yang menancapkan batang besi tipis menembus kedua pipi sebagai simbol tombak yang diberikan Dewi Parwati kepada Dewa Murugan. Hiii, serem kan!

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka penebusan dosa terhadap Dewa Murugan. Umumnya yang melakukan pertunjukan tersebut sedang dalam keadaan trance alias kerasukan roh halus. Jadi, mereka tidak merasa kesakitan.

Letak Batu Caves sekitar 13 km dari Kota Kuala Lumpur. Untuk mencapai tempat ini, bisa menggunakan kereta, bus, maupun taksi. Batu Caves buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga 9 malam.

5. Pulau Redang

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram knox_ong


Apabila kamu punya hobi menyelam, berwisata ke Pulau Redang merupakan pilihan tepat. Selain punya banyak spot bagus untuk menyelam, laut di sekitar pulau ini juga sangat jernih dilengkapi berbagai biota laut yang cantik. Meskipun biaya liburan di sini cukup menguras kantong, kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Penginapan di tempat wisata Malaysia terfavorit ini memang cukup mahal karena hampir semua resort di Pulau Redang memiliki fasilitas snorkeling dan diving. Jika ingin mengambil foto bawah laut yang indah, kamu bahkan bisa menyewa kamera dalam air ke tempat penginapan. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik kapal laut dari Tanjung Merang, perjalanan memakan waktu selama 40 menit.

Panduan Lainnya :  7 Destinasi Kids Friendly di Kota Batu Malang

6. The Habitat Penang Hill

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram penangfoodie


Tempat wisata Malaysia terfavorit ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang asik. Kamu bisa memperkenalkan alam dan hutan pada anak dengan cara yang menyenangkan. The Habitat Penang Hill adalah tempat wisata edukatif di mana pengunjung bisa melihat hutan, keindahan ragam flora, dan pemandangan laut yang mengagumkan.

Saat di sini, kamu bisa menaiki wahana The Canopy Walk untuk merasakan sensasi berjalan di ketinggian melintasi hutan. Wahana ini dibuat dari bahan ramah lingkungan yang tidak merusak tanaman dan flora di sekitarnya, lho. Kamu juga bisa menaiki wahana lain seperti Butterfly Bank, The Red Garden, dan Fragrance Garden.

Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung dapat naik kereta gantung dari kaki Bukit Penang. Tiket masuk The Habitat Hill sekitar RM30 sampai RM50 dan buka sejak pukul 9 pagi sampai pukul 7 malam.

Pesan Tiket ke Malaysia

7. Genting Highland

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram ironim_31


Di Genting Highland, kamu bisa menemukan berbagai macam wisata yang menarik. Mulai dari penginapan, restoran dengan pilihan kuliner lokal dan internasional, kasino, taman bermain, wisata alam, hingga wisata belanja. Enggak perlu jauh-jauh ke Las Vegas deh, karena tempat ini juga tak kalah glamor dan menghibur.

Lokasinya sekitar 51 km dari pusat Kota Kuala Lumpur. Untuk mencapai tempat wisata Malaysia terfavorit ini, kamu bisa menggunakan transportasi Express Bus dengan tiket sekali jalan. Apabila menyewa kendaraan, kamu bisa berhenti di Awana dan melanjutkan perjalanan ke puncak dengan kereta gantung.

Genting Highland dijuluki kota hiburan atau The City of Entertainment karena pilihan wisatanya sangat banyak. Tips liburan ke Genting Highland supaya makin asik adalah membawa uang yang cukup. Jangan sampai sudah jauh-jauh ke sini, tidak bisa menikmati dan mengunjungi semua fasilitas yang ada.

8. Penang National Park

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram juliatrvl


Penang National park merupakan rumah bagi berbagai macam jenis flora dan fauna khas daerah tropis. Luas tempat wisata Malaysia terfavorit ini sekitar 1.213 hektar dan menjadi tempat penangkaran penyu di Pantai Kerachut dan Pantai Kampi.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Penang National Park antara lain tur wisata untuk melihat lebih dekat kawasan wisata alam yang berada di Teluk Bahang. Kamu juga bisa melihat 410 jenis flora yang ada di sekitar taman nasional, melihat sekitar 143 spesies satwa, dan berkemah. Taman nasional ini buka pukul 8 hingga jam 5 sore.

Apabila beruntung, kamu bisa melihat migrasi burung langka pada bulan September-April. Di sini juga terdapat hutan bakau dan danau alami yang begitu indah. Tempat ini merupakan salah satu wisata gratis di Malaysia, asalkan sudah mendaftarkan diri kepada pengelola. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik bis Rapid Penang nomor U101 atau U501 atau menyewa kendaraan melewati Teluk Bahang.

9. Gunung Mulu National Park

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram areyouokfai


Mulu Caves National Park adalah salah satu jaringan gua terpanjang di dunia. Di sini terdapat ruang bawah tanah terpanjang di dunia, yaitu Sarawak Chamber yang sangat luas. Wisata alam ini cukup terkenal di Malaysia. Untuk menuju Gunung Mulu National Park, kamu harus menggunakan pesawat. Setelah itu, barulah disambung dengan menyewa kendaraan. Bisa juga menggunakan kapal ekspres dari Kuala Baram (3 jam).

Panduan Lainnya :  View Cantik Wisata Bukit Jomblo Tulungagung Bikin Sejuk Mata

Gunung Mulu National Park memiliki 2 gua yang memiliki bentukan berbeda. Di Deer Cave, kamu bisa melihat sarang kelelawar menggantung sepanjang 2 km di atas langit gua. Pemandangan yang unik dan tak biasa bukan? Sementara di Cave of The Winds, kamu akan disajikan keindahan stalaktit dan stalagmit yang menggantung di langit-langit gua.

Di antara 2 gua tersebut, terdapat aliran sungai di mana wisatawan bisa menyewa perahu mesin untuk menyusurinya. Wisata Malaysia ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

10. Legoland Malaysia

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram lhora_nab


Destinasi wisata ini adalah surga bagi anak-anak. Taman bermain paling populer di Malaysia ini memiliki 2 wahana yang bisa dipilih pengunjung, yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park. Jika ingin mengunjungi keduanya sekaligus, kamu bisa membeli tiket terusan seharga RM289 (dewasa) dan RM240 (anak-anak) untuk 2 hari. Sedangkan jika hanya ingin liburan sehari, biayanya RM239 (dewasa) dan RM190 (anak-anak).

Legoland Malaysia memiliki keunikan di mana bangunannya didesain mirip dengan tumpukan lego. Fasilitas tempat wisata Malaysia terfavorit ini lengkap dengan permainan yang seru. Legoland buka mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik pesawat melalui Bandara Senai atau Changi Singapura, kemudian disambung dengan kendaraan lain. Apabila berangkat dari Kuala Lumpur, kamu bisa menyewa kendaraan, jaraknya sekitar 4 jam.

11. Menara Kuala Lumpur

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram activeholidaytour


Selain Menara Kembar Petronas, Menara Kuala Lumpur juga salah satu bangunan tertinggi di Malaysia. Dari puncak menara tertinggi ke-6 di dunia ini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Kuala Lumpur secara jelas. Sebagai ikon Ibu Kota Malaysia, tempat ini wajib dikunjungi. Di sini kamu bisa mengambil foto ikonik, yaitu berpose di atas lantai kaca bening yang menantang.

Lantai puncak menara ini bisa berputar sampai 360 derajat, lho. Tempat wisata Malaysia terfavorit ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik taksi, bus, kereta, maupun naik kendaraan pribadi. Lokasinya cukup strategis, kok!

Sebaiknya, kunjungi ikon wisata ini pada malam hari untuk melihat pemandangan lampu kota yang gemerlap. Di puncak menara, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Malaysia yang mewah di Restoran Berputar Seri Angkasa dan Atmosphere 360.

12. Gurney Drive

Wisata Malaysia Terfavorit

Sumber: Instagram elly_webb


Kalau Penang disebut sebagai ibu kota kuliner Malaysia, maka Gurney Drive merupakan pusat semua masakan terbaik di Penang. Di sini kamu bisa merasakan warna dan suasana Penang yang hidup dan bersemangat. Dalam bahasa Melayu, Gurney Drive dikenal sebagai ‘Persiaran Gurney’. Lokasinya memang di tepi laut yang menawarkan berbagai makanan kaki lima dengan rasa yang menarik.

Kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Malaysia di sini, mulai dari Bak Kuk Teh (sup iga dan daging babi berempah), Penang Laksa, Oh Chien (dadar tiram goreng), dan nasi lemak yang terkenal. Buka mulai pukul 6 sore sampai tengah malam, wisata kuliner Malaysia ini menawarkan berbagai pilihan menu halal dan nonhalal yang menggoda. Jaraknya sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Penang dan 15 menit dari terminal feri.

Pesan Tiket ke Malaysia

Itulah 12 tempat wisata Malaysia terfavorit yang harus kamu kunjungi. Yuk share, subscribe, dan komen di blog Pergi.com supaya kamu tak perlu bingung lagi mencari tips dan inspirasi liburan. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Malaysia di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!