Pulau Penang di Malaysia adalah destinasi wisata yang cocok dikunjungi jika kamu suka makan enak. Isi foto dan kegiatanmu selama liburan di Penang pasti penuh dengan makanan menggiurkan, jajanan lezat, serta kafe instagramable. Tapi, bukan itu saja pesona Penang lho. Kamu pun bisa menikmati wisata sejarah dan budaya di kota yang penuh dengan bangunan kolonial serta mural unik ini.

Supaya tidak bingung mau melakukan apa saja, jangan lupa buat itinerary liburan di penang. Apalagi jika ini pertama kalinya kamu jalan-jalan ke Penang. Untuk memudahkanmu, contek saja panduan itinerary liburan Penang 3 hari 2 malam dari Pergi.com di bawah ini. Itinerary ini pasti akan membuat perjalananmu lebih mudah, teratur, dan tak terlupakan! Yuk, simak.

Day 1: Menjelajahi Kuliner dan Budaya Penang di George Town

Itinerary liburan Penang hari pertama, nih. Berangkatlah pada Jumat atau Sabtu pagi jika kamu memutuskan menghabiskan 3 hari 2 malam di Penang (supaya tidak perlu cuti lama-lama). Kamu akan sampai di Penang pada siang hari dengan penerbangan pagi (±2,5 jam perjalanan).

Di hari pertama itinerary liburan Penang 3 hari 2 malam ini, kita akan menjelajahi kekayaan budaya Penang di George Town. George Town adalah ibu kota negara bagian Pulau Pinang, Malaysia.

Ada beberapa jenis transportasi yang bisa kamu pilih untuk sampai di George Town. Bisa naik bus, GrabCar, maupun taksi bandara. Jarak dari Penang International Airport menuju George Town sekitar 19 km dengan waktu tempuh 0,5 hingga 1,5 jam. Misalkan naik bus, carilah bus yang tujuannya Jetti atau Komtar.

1. Mencoba Nasi Lemak Ali di Sri Weld Food Court, Enak!

Liburan ke Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram zie_yowzijian


Karena pas sampai Penang sudah siang, saatnya mencari makanan enak untuk memuaskan perut laparmu. Rekomendasi tempat makan di itinerary liburan Penang sangat banyak. Tapi untuk sekarang, mari kita kunjungi Sri Weld Food Court. Terletak di salah satu kawasan sibuk George Town, food court ini cukup besar dan makanannya enak-enak.

Di bagian depan, kamu bisa langsung melihat penjual nasi lemak yang ramai sekali. Namanya Kedai Nasi Lemak Ali, Beach Street. Nasi Lemak Ali memang salah satu yang terbaik di Penang. Nasinya dibungkus daun pisang dengan pilihan lauk yang beragam. Mulai dari telur rebus, ikan, cumi, udang, dan masih banyak lagi.

Selain nasi lemak, di sini juga banyak makanan khas Malay, India, Taiwan, Jepang, dan Thailand. Tempat penjual minuman hanya ada satu di bagian tengah. Buat pencinta daging sapi, hidangan seperti mi rebus, bakso, sampai sup sangat mudah ditemukan di sini. Harga makanannya juga termasuk murah dan terjangkau.

Alamat: 21, Lebuh Pantai, George Town, 10200 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Jam buka: 09.00–15.00 (Minggu tutup)

2. Kembali ke Masa Lalu di Penang Peranakan Mansion

Itinerary Liburan Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram adrian.pardede


Kalau kamu suka sejarah dan bangunan tua, Penang Peranakan Mansion adalah destinasi yang wajib kamu datangi di itinerary liburan Penang kali ini. Di sini kita bisa merasakan mewahnya kehidupan para Baba dan Nyonya Peranakan zaman dulu lewat koleksi barang antik dan dekorasi interior klasiknya. Enaknya lagi, destinasi ini menyediakan free tour di jam-jam tertentu.

Rumah megah ini dulunya merupakan kediaman dan kantor Kapitan China bernama Chung Keng Kwee. Ia adalah seorang penambang timah Hakka dan pemimpin organisasi rahasia Hai San di abad 19. Rumah yang dibangun pada tahun 1890-an ini memadukan panel kayu dengan ukiran gaya China, ubin gaya Inggris, dan ukiran besi gaya Skotlandia.

Butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengelilingi seluruh ruangan yang ada di mansion ini. Buat kamu yang suka foto, pasti puas berfoto di sini. Setiap sudutnya sangat instagenic. Kondisi rumah dan benda-benda peninggalannya pun masih terawat dengan baik. Rumah ini juga dilengkapi dengan kedai khas peranakan dengan menu spesialnya. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh di sini.

Baca Juga :   26 Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand yang Wajib Dibeli!

Alamat: 29, Church St, Georgetown, 10200 George Town, Penang, Malaysia
Jam buka: 09.30–17.00
Tiket masuk: 20 RM (dewasa)

3. Replika Makanan Lokal Malaysia di Penang Wonderfood Museum

Itinerary Liburan Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram mirazulaikha


Buat kamu yang penasaran tentang kuliner lokal legendaris di Malaysia, Penang Wonderfood Museum patut dikunjungi. Museum ini khusus menampilkan berbagai menu atau makanan tradisional Melayu, China, India, dan Peranakan. Setidaknya ada sekitar 100 jenis makanan tradisional, termasuk street food di sini.

Setiap replika yang disajikan sangat mirip dengan aslinya meskipun dibuat dari lilin. Kamu bisa menemukan replika makanan tradisional seperti es cendol, laksa, rujak, hingga laksa. Replika makanan kekinian juga disajikan di sini. Uniknya, ada beberapa replika yang ukurannya sangat besar, lho.

Saat mengunjungi museum ini, pengetahuan soal kuliner kamu dijamin akan bertambah. Kamu juga bisa tahu bahwa makanan Indonesia dan Malaysia hampir sama. Tapi, kuliner lokal Malaysia tak hanya malay food saja, ada juga chinese local food dan indian local food.

Alamat: 49, Lebuh Pantai, George Town, 10200 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Jam buka: 09.00–18.00
Tiket masuk: 25 RM (dewasa) & 15 RM (anak-anak)

4. Wisata Kuliner Malaysia di Gurney Drive Food Court

Liburan ke Penang 3D2N

Sumber: Instagram rachelcvlo


Gurney Drive Food Court atau Gurney Drive Hawker Centre adalah tempat makan yang lokasinya dekat pinggir laut. Tempat makan Penang ini juga dekat dengan Gurney Plaza dan Gurney Paragon. Pilihan makanannya cukup lengkap, mulai dari chinese food sampai malay food ada di sini. Jika kamu muslim, pastikan makanan yang kamu pesan halal ya.

Saking terkenalnya, Gurney Drive selalu dipenuhi oleh pengunjung. Makanan yang dijual juga murah dan enak-enak. Konon dengan 4-5 RM saja kamu sudah bisa mendapatkan seporsi makanan. Sebaiknya datang ke sini bareng teman, jadi kamu bisa membeli berbagai macam menu dan mencoba semuanya. Sharing is caring!

Alamat: 172, Solok Gurney 1, Pulau Tikus, 10250 Jelutong, Pulau Pinang, Malaysia
Jam buka: 16.30–23.00

Day 2: Keliling George Town dengan Santai

Kita sudah sampai di hari kedua itinerary liburan Penang 3 hari 2 malam. Masih banyak tempat wisata di Penang yang bisa kita kunjungi. Inilah rekomendasi wisata di George Town yang wajib kamu datangi di hari kedua di Penang.

1. Sarapan Lezat di Toh Soon Cafe

Itinerary Liburan Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram calvin_oky


Harus bangun pagi supaya itinerary liburan Penang hari kedua bisa kamu jalankan dengan baik. Mari kita mulai dengan sarapan pagi di Toh Soon Cafe. Jangan kira ini kafe yang mewah. Cuma warung biasa di dalam gang, kok. Tapi, antreannya luar biasa. Datanglah sebelum jam 8 jika ingin pesananmu segera dibuat oleh kedai berusia 50 tahunan ini.

Toh Soon Cafe menyediakan sarapan khas orang-orang Penang. Nasi lemak, karipap pusing (pastel tapi kulitnya remuk seperti croissant, isinya kentang dan ayam rempah), roti bakar, kopi, dan telur ada di sini. Menu yang kami rekomendasikan adalah secangkir kopi hitam dan roti panggang beraroma batu bara yang dihiasi telur setengah mateng. Nikmat!

Alamat: Lebuh Campbell, George Town, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Jam buka: 08.00–16.30 (minggu tutup)

2. Puas Foto Sambil Jalan-Jalan di George Town Heritage Walk

Liburan ke Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram penang_candidshot


Setelah sarapan, saatnya berkeliling untuk melihat indahnya Kota George Town. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengelilingi George Town karena mataharinya masih belum terlalu panas. Area ini penuh dengan tempat makan yang lucu dan instagramable.

Di area George Town Heritage Walk juga banyak mural-mural lucu yang bisa kamu pakai untuk berfoto. Sebaiknya lihat peta mural di George Town untuk memudahkanmu menemukan mural yang lokasinya tersebar di segala sudut.

Ada banyak cara untuk mengeksplor George Town. Jalan kaki, naik sepeda, atau naik becak, semaunya asik. Kalau jalan kaki, kamu bisa lebih banyak berhenti saat menemukan mural atau tempat yang lucu. Sedangkan kalau naik sepeda dan naik becak, kamu bisa mengeksplorasi daerah yang lebih jauh dan menemukan lebih banyak tempat menarik di Georgetown.

Baca Juga :   10 Tempat Honeymoon Paling Romantis di Asia Tenggara

Sambil berburu mural, mampirlah ke toko-toko yang menjual suvenir lucu dan menarik. Coba juga Es Cendol Pulut (isi ketan dan kacang merah) yang banyak dijual di pinggir jalan. Pokoknya daerah ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi saat liburan di Penang. Sekadar jalan random pun sangat menyenangkan.

3. Enaknya Makan di Nasi Kandar Pelita

Liburan ke Penang 3D2N

Sumber: Instagram ck_heoh


Setelah lelah berburu foto di George Town, saatnya mengisi energi dengan makan siang. Liburan di Penang tak akan lengkap tanpa mengunjungi Nasi Kandar pelita. Lokasinya strategis dan dekat dengan George Town. Makanan yang disajikan kebanyakan adalah indian food yang kaya akan rempah. Harganya cukup murah dan makanannya juga lezat.

Kamu wajib memesan dan mencoba nasi kandar saat di sini. Nasi kandar adalah nasi putih yang dimakan dengan berbagai jenis masakan kari. Ada berbagai macam menu yang bisa disantap sebagai pasangan nasi kandar. Favoritnya adalah kari sotong, ayam goreng madu, dan kari kepiting. Bisa ditambah dengan berbagai macam sayuran atau salad sesuai pilihan. Jangan lupa kerupuk, yummy!

Alamat: 146A, Jalan Macalister, George Town, 10400 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Jam buka: 24 jam

4. The Blue Mansion, Rumah Pengusaha Super Kaya yang Indah

Liburan ke Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram gurgle234


Mansion ini merupakan peninggalan dari Cheong Fatt Tze, seorang pengusaha dan politisi asal China yang terkenal di Asia Tenggara. Oleh karena itu, The Blue Mansion juga dikenal dengan nama Cheong Fatt Tze Mansion. Mansion ini adalah salah satu bangunan paling ikonik di Penang dan masuk dalam UNESCO World’s Heritage Site.

Luasnya kurang lebih sama seperti Penang Peranakan Mansion. Pengunjungnya sangat banyak dan hanya dibuka di jam-jam tertentu, yaitu jam 11 siang, 2 siang, dan setengah 4 sore. Meskipun begitu, akan ada tour guide gratis selama 45 menit yang akan menemanimu di sini. Datanglah sejam sebelum jam buka karena wisata di Penang ini ramai sekali pengunjungnya.

Alamat: 14, Leith St, Georgetown, 10200 George Town, Penang, Malaysia
Jam buka: 11.00, 14.00, 15.30
Tiket masuk: 16 RM (dewasa) & 8 RM (anak-anak)

5. Naik Menuju Puncak Kek Lo Si Temple

Itinerary Liburan Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram jacintits94


Kek Lok Si atau Kuil Kebahagiaan Agung disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kuil ini juga salah satu yang paling terkenal di Penang. Saking besarnya, kamu harus naik incline lift atau lift kereta kecil untuk menuju puncak kuil ini. Lift akan berhenti di 4 stasiun. Setiap stasiunnya terdapat ruang untuk ibadah.

Pakailah pakaian yang sopan saat ke sini karena kuil ini adalah tempat ibadah. Waktu yang dihabiskan untuk menikmati tempat wisata Penang ini sekitar 2-3 jam. Tapi pasti enggak berasa, soalnya tempatnya indah banget.

Daya tarik utama kuil ini adalah pagoda tujuh tingkat bernama Pagoda Rama VI. Pagoda ini terkenal dengan 10.000 patung Buddha pualam dan perunggu di dalamnya. Pengunjung dapat mendaki ke puncak pagoda menggunakan tangga. Setelah di puncak, kamu bisa memandang indahnya kota penang dari ketinggian. Wajib memasukkan destinasi ini dalam itinerary liburan Penang kamu, ya.

Alamat: 1000-L, Tingkat Lembah Ria 1, 11500 Ayer Itam, Pulau Pinang, Malaysia
Jam buka: 07.00-21.00
Tiket naik incline lift: 16 RM (PP) & 8 RM (sekali jalan)

6. Melihat Penang dari Atas di Penang Hill

Liburan ke Penang 3D2N

Sumber: Instagram luv_surf


Tak terasa hari sudah menjelang malam. Saatnya kita menuju Penang Hill atau Bukit Bendera untuk menghabiskan waktu di hari kedua ini. Jaraknya hanya sekitar 10 menit dari Kek Lok Si Temple menggunakan GrabCar.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Penang Hill adalah jam 5 sore sampai jam 7 malam. Di jam-jam ini, kita bisa melihat tiga pemandangan sekaligus, yaitu Penang di sore hari, matahari terbenam, dan pemandangan Pulau Pinang di malam hari. Spot foto terbaik di sini adalah Observatory Deck.

Baca Juga :   12 Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan (Luar Negeri)

Untuk naik ke puncak, kamu harus naik Penang Hill Train yang biayanya sudah termasuk tiket masuk. Di dalam Penang Hill terdapat banyak tempat wisata yang beragam. Ada wahana untuk anak-anak, spot foto, hingga kafe-kafe lucu. Sayangnya, wahana di sini tak semuanya gratis. Untuk makan malam, kamu bisa makan di berbagai restoran yang ada di sekitar Penang Hill.

Alamat: Jalan Stesen Bukit Bendera, Air Itam, Georgetown, Pulau Penang 11500, Malaysia
Jam buka: 06.30 – 23.00
Tiket masuk: 30 RM (dewasa) & 15 RM (anak-anak 4-12 tahun)

Day 3: Jalan-Jalan ke Pantai Sebelum Pulang ke Indonesia

Liburan Penang sudah hampir selesai. Hari ini saatnya kita pulang ke Indonesia. Supaya masih bisa jalan-jalan keliling Penang, sebaiknya ambil penerbangan sore atau malam hari, ya. Yuk, kita manfaatkan sisa waktu kita di Penang dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di bawah ini. Wajib bangun pagi! Minimal jam 8 sudah berangkat agar tidak kesorean.

1. Pantai Tersembunyi di Penang National Park

Itinerary Liburan Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram lswagner


Hari ini kita akan jalan-jalan di Penang National Park. Untuk menuju salah satu tempat favorit di Penang ini, kamu bisa naik bus nomor 101 jurusan Teluk Bahang dari Terminal Komtar. Kalau enggak mau repot, bisa naik taksi atau GrabCar.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Apalagi hutan kota ini punya pantai cantik lho di dalamnya. Tak perlu bayar untuk masuk ke sini, kamu hanya perlu menulis data diri. Pakailah sepatu dan outfit yang nyaman serta bawa air minum dan makanan saat ke sini.

Ada beberapa pantai di Penang National Park yang bisa kamu kunjungi, yaitu Monkey Beach dan Pantai Kerachut. Jika memilih jalan kaki menuju pantai, kamu harus trekking sekitar 2 jam melewati hutan. Medannya tidak terlalu berat, jadi kamu tak perlu khawatir. Kalau tak mau jalan, kamu bisa naik perahu dengan membeli tiketnya di pintu masuk. Biayanya sekitar 80 RM/perahu.

Pantainya sendiri cukup bersih dengan air laut berwarna biru dan pasir putih. Dari Monkey Beach, kamu bisa lanjut berjalan sekitar 15 menit menuju Rumah Api Muka Head. Tempat ini adalah puncak menara di mana kamu bisa melihat panorama Penang dan sekitarnya. Indah banget! Saat pulang, sebaiknya naik perahu saja supaya tidak kesorean.

Alamat: Pejabat Taman Negara P. Pinang, jalan Hassan Abbas, 11050 George Town, Penang, Malaysia
Jam Buka: 08.00–17.00

2. Nikmatnya Char Keow Teow di Bee Hwa Cafe

Liburan ke Penang 3 Hari 2 Malam

Sumber: Instagram lailatulbadariahtajulkhair


Sebelum itinerary liburan Penang 3 hari 2 malam kita akhiri, cari makan yang enak yuk. Pastikan kamu check-out hotel terlebih dahulu sebelum makan siang. Kali ini kita akan mencoba char keow teow di Bee Hwa cafe. Walaupun menyajikan masakan China, restoran di Penang ini dijamin halal.

Meskipun selalu ramai, makanan di sini sangat menggiurkan dan selalu direkomendasikan saat liburan di Penang. Menu yang kami rekomendasikan adalah Mee Udang dan Mee Curry. Isinya ada potongan bakso ikan, tahu, udang, taoge, cumi, kepiting, dan telur. Jenis minya juga bisa dipilih sesuai selera. Ada bihun, kwetiau, dan mi kuning. Enak dan murah!

Alamat: Alamat: 10, Lebuh Dickens, George Town, 10050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Jam buka: 07.00–15.00 (Minggu tutup)

3. Menuju Bandara Penang International Airport

Pastikan semua barang bawaanmu tidak ada yang ketinggalan. Jangan mepet-mepet juga saat ke bandara. Setidaknya kamu sudah di bandara 3-2 jam sebelumnya. Baca juga aturan transit pesawat jika kamu menggunakan penerbangan transit. Kini saatnya mengatakan, “bye bye Penang”!

Pesan Tiket ke Penang

Selesai sudah panduan itinerary liburan Penang 3 hari 2 malam dari Pergi.com. Makin enggak sabar kan untuk segera liburan di Penang? Buruan pesan tiket pesawat ke Penang di Pergi.com untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!