Thailand merupakan salah satu tempat wisata favorit di Asia Tenggara. Thailand, khususnya Bangkok, juga dikenal sebagai tempat belanja murah dan tempat hunting kuliner enak. Setelah puas belanja baju murah di Bangkok untuk diri sendiri, kamu juga wajib membeli suvenir dan oleh-oleh khas Bangkok, Thailand untuk orang-orang tercinta di tanah air.

Ada beberapa suvenir dan oleh-oleh khas Thailand yang wajib kamu beli selama liburan di Negeri Gajah Putih. Yuk, langsung saja kita simak bersama oleh-oleh apa saja yang menarik di Thailand!

Oleh-Oleh Makanan dan Snack Khas Bangkok, Thailand

1. MAMA Tom Yum, Merek Mi Instan Favorit di Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram osyaberiheya


Inilah oleh-oleh khas Bangkok yang wajib kamu bawa pulang sebagai suvenir. Jangan lupa baca juga panduan liburan ke Bangkok jika baru pertama kali ke Thailand.

Jika di Indonesia merek mi instan yang paling populer adalah Indomie, di Thailand mi instan merek MAMA adalah yang paling disukai. Varian mi instan yang paling banyak dibeli adalah rasa Tom Yum. Kemasan mi instan MAMA cukup kecil sehingga praktis untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bangkok, Thailand.

2. Pad Thai Instan yang Mudah Dibuat

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram anakmieinstan


Tak hanya mi instan MAMA, makanan lokal Thailand pad thai juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Bangkok. Pad thai sendiri adalah instan rice noodle yang bisa dibeli di restoran, supermarket, maupun toko pinggir jalan.

Cara membuat oleh-oleh khas Thailand ini juga sangat mudah. Tinggal ditambah air panas dan bisa langsung dinikmati, deh! Apalagi di dalam kemasannya tersedia garpu plastik yang memudahkanmu menyantap pad thai di mana saja.

3. Bento Squid Seafood Snack, Pedasnya Nagih!

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram bambiollashop


Cumi-cumi bento merupakan snack populer di Thailand dengan rasa pedas yang bikin ketagihan. Baunya cukup tajam, jadi jangan kaget ya saat membuka kemasan Bento Squid Seafood Snack ini tercium aroma yang cukup kuat.

4. Kacang Koh-Kae Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram kohkaethailand 2


Setiap negara punya camilan khasnya masing-masing. Kacang ini merupakan camilan ikonik Thailand yang memiliki beragam rasa, seperti krim kelapa, BBQ, dll.

5. Keripik Durian untuk Pencinta Durian

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram deliciousimportfood


Makan buah durian? Sudah biasa. Tapi makan keripik durian sudah pernah belum? Keripik durian Thailand sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh, terutama untuk keluarga atau kenalan yang suka durian. Kamu bisa membelinya di minimarket atau toko oleh-oleh dengan harga sekitar 65-100 Baht (Rp30.000-Rp45.000).

6. Permen Susu Royal Chitralada yang Manis

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram drpaulforonda


Bokek karena kalap belanja di Bangkok? Tenang, kamu masih bisa kok kasih oleh-oleh snack Thailand untuk banyak orang dengan membeli permen susu Royal Chitralada. Suvenir dari Bangkok ini tersedia dalam dua rasa, yaitu cokelat dan susu original. Wajib beli!

Baca Juga :   18 Street Food Pulau Jeju yang Wajib Dicoba, Nagih!

7. Thai Tea Instan yang Segar

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram bykanina_


Thai tea sudah menjadi salah satu minuman paling populer di Indonesia. Makanya, jangan lupa beli oleh-oleh teh susu thai instan saat ingin pulang ke Indonesia. Dijamin segar, apalagi jika dinikmati saat cuaca panas. Salah satu merek thai tea instan paling populer di Thailand adalah Nestea. Minuman ini sudah dinyatakan halal, jadi kamu tak perlu khawatir.

Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Bangkok, Thailand ini di minimarket terdekat atau di tempat membeli oleh-oleh. Harganya sekitar 99 Baht atau sekitar Rp44.000 dengan isi 12 bungkus.

8. Manisan Buah Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram bed_cover_unique


Selain keripik durian, bawa juga manisan Thailand sebagai oleh-oleh. Bahan dasar manisan buah adalah buah-buahan organik. Ada dua jenis manisan Thailand, yaitu manisan kering dan acar. Harganya sekitar 45-100 Baht (Rp20.000-Rp45.000). Oleh-oleh khas Thailand ini bisa kamu beli di Chatuchak Weekend Market, Platinum Fashion Mall, atau pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Thailand.

9. Beras Melati yang Harum

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram farmyaiyim


Jika dibandingkan dengan beras jenis lain, beras melati khas Thailand memiliki tekstur yang lebih lengket karena mengandung amilopektin yang cukup tinggi. Sudah pernah coba belum?

Bulirnya lebih panjang dan memiliki aroma melati dan pandan yang sangat khas sehingga dinobatkan sebagai salah satu beras terwangi di seluruh dunia. Jadi, jangan lupa membeli beras melati ketika liburan di Thailand, ya.

10. Taro, Camilan Unik Thailand Berbahan Dasar Ikan

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram makmakvn


Taro di Thailand berbeda dengan merek Taro di Indonesia. Camilan khas Thailand ini berbahan dasar ikan dan bernutrisi tinggi. Rasanya juga enak dan tidak lengket di tangan saat dimakan. Jika ingin lebih renyah, kamu bisa memanaskannya terlebih dahulu di microwave.

Oleh-Oleh Barang Khas Bangkok, Thailand yang Wajib Kamu Beli

11. Kaos Thailand, Oleh-Oleh Wajib Saat Liburan ke Luar Negeri

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram muslimahstyle_sidoarjo


Kalau jalan-jalan ke luar negeri, kaos bertuliskan nama negara atau daerah yang kamu kunjungi wajib banget dibeli. Nah, saat liburan ke Thailand juga wajib beli oleh-oleh kaos yang bertuliskan “I Love Thailand” atau “I Love Bangkok”. Bisa juga membeli kaos khas Thailand dengan gambar gajah.

Kaos Thailand umumnya terbuat dari cotton combed 20s/30s dengan berbagai motif dan ukuran. Ada yang untuk anak-anak hingga orang dewasa. Kaos untuk oleh-oleh ini bisa dibeli di pusat perbelanjaan seperti Platinum Fashion Mall atau Pratunam Market. Kaos untuk anak-anak harganya sekitar 80 Baht (Rp36.000) dan untuk orang dewasa 110 Baht (Rp50.000).

12. Celana Muay Thai Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram kaos_ufc_murah


Baca Juga :   7 Fakta Sayonara Tax Jepang yang Perlu Diketahui!

Celana boxing atau Celana Muay Thai juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Bangkok Thailand. Celana ini sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari atau untuk latihan Muay Thai. Motifnya yang ramai sangat khas Thailand. Harganya sekitar 300 Baht atau sekitar 135 ribu rupiah. Kamu bisa membelinya di Platinum Fashion Mall, MBK, atau Chatuchak Market.

13. Tas Gajah Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram galericifa_by.paulina


Oleh-oleh dari Bangkok, Thailand lainnya adalah tas bergambar gajah. Harganya sekitar 100 Baht atau 45 ribu rupiah. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di Chatuchak Market.

14. Gantungan Kunci Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram lilykittyshop


Oleh-oleh barang khas Bangkok di atas terlalu mahal untukmu? Tenang saja, kamu bisa kok membelikan suvenir murah khas Thailand seperti gantungan kunci. Gantungan kunci khas Thailand ini dijual dalam berbagai bentuk, yang paling populer adalah gajah, Grand Palace, dan Wat Arun.

Harga gantungan kunci khas Thailand cukup bervariasi. Semakin rumit bentuknya, harganya pun semakin mahal. Kalau borong banyak, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

15. Magnet Thailand, Alternatif Oleh-Oleh Murah

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram patung_house


Magnet adalah alternatif oleh-oleh khas Bangkok, Thailand dengan harga murah. Sama seperti gantungan kunci, magnet juga bisa kamu beli dalam bentuk atau ikon khas Thailand seperti gajah atau tempat wisata favorit Thailand. Suvenir yang satu ini juga bisa ditawar jika kamu membeli dalam jumlah banyak.

16. Miniatur Tuk Tuk, Transportasi Umum Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram disneystudiosid


Tuk tuk adalah transportasi umum khas Thailand yang biasa digunakan wisatawan untuk menjelajahi kota. Bentuknya mirip bajaj karena sama-sama memiliki 3 roda, namun ukurannya lebih besar. Miniatur tuk tuk sangat mudah ditemukan, dengan bermacam ukuran dan warna. Bisa banget dijadikan pajangan dan kenang-kenangan bahwa kamu pernah ke Thailand.

17. Miniatur Patung Gajah Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram inmyplace.btq


Selain miniatur tuk tuk, miniatur patung gajah juga oleh-oleh khas Bangkok, Thailand yang paling populer. Gajah merupakan hewan yang dikeramatkan oleh masyarakat Thailand. Spesies gajah berkulit putih menandakan bahwa gajah tersebut merupakan milik kerajaan. Biasanya, miniatur patung gajah Thailand dijual di dalam kotak.

18. Porselen Benjarong, Pajangan Keramik Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram thailand_jp


Bila kamu suka mengoleksi barang-barang keramik, porselen benjarong wajib kamu beli sebagai suvenir dan oleh-oleh khas Bangkok, Thailand. Dulu porselen benjarong hanya digunakan di rumah keluarga kerajaan dan kalangan elit, namun kini bisa digunakan siapa saja.

Sebuah porselen benjarong biasanya memiliki 3-8 warna sehingga terlihat cantik dan meriah. Bentuknya bisa berupa piring, gelas, tatakan gelas, vas bunga, dll. Oleh-oleh khas Thailand yang eksklusif, deh!

19. Kain Sutra Thailand yang Lembut

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram whanpavarisa


Baca Juga :   5 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Paling Menarik

Salah satu daftar suvenir khas Thailand yang jadi incaran wisatawan adalah kain sutra. Kain sutra Thailand memiliki corak dan warna yang cerah. Selain kain, kamu juga bisa membeli produk berbahan dasar sutra seperti kemeja, dompet, jaket, syal, selendang, hingga piyama.

Rekomendasi tempat untuk membeli kain sutra Thailand yang paling bagus dan dijamin asli adalah Chatuchak Market, Jim Thompson House, Amarin Plaza, dan Mahboonkrong Mall. Per meter kain sutra Thailand dihargai 300 Baht atau 135 ribu rupiah.

20. Sabun Beras dari Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram mylittlestock


Selain surganya belanja pakaian dan kain, Thailand juga terkenal dengan berbagai produk kecantikan. Salah satu produk kecantikan Thailand yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh adalah sabun beras. Sabun ini dibuat dari campuran beras dan susu. Baunya harum banget dan memiliki banyak khasiat, seperti membuat kulit menjadi halus dan cerah.

21. Hiasan Sabun Thai yang Cantik

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Flickr Chris Davey


Siapa sih yang menyangka kalau dekorasi cantik ini adalah sabun? Suvenir Thailand ini memang diukir dari sabun dan digunakan untuk cuci tangan. Kalau enggak tega memakainya, kamu bisa membelinya untuk pajangan dan pewangi ruangan.

22. Pajangan Dinding Payet Khas Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram wolipoliku


Di Thailand, payet tak hanya digunakan pada pakaian, tapi juga dijadikan sebagai bahan dasar pajangan dinding. Pajangan dinding berpayet ini memiliki bermacam motif, tapi yang paling favorit adalah bentuk gajah putih yang merupakan ikon khas Thailand. Supaya awet, kamu bisa memajang suvenir ini dalam pigura.

23. Lingerie Disaya Kualitas Premium

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram boudoirbydisaya


Thailand memiliki seorang desainer ternama yang mendunia bernama Disaya. Pada awal kariernya, Disaya menciptakan lingerie berlabel “Boudoir by Disaya” dengan bahan berkualitas premium. Lingerie Disaya bahkan pernah dipakai selebriti dunia seperti Jennifer Lopez. Meskipun cukup mahal, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh eksklusif khas Thailand untuk orang tercinta.

Suvenir dan Oleh-Oleh Obat-obatan Khas Thailand

24. Balsem Herbal Thailand

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram shopatmutch


Ya, kamu tidak salah baca. Balsem herbal merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Bangkok, Thailand yang wajib kamu beli. Balsem dari Thailand terbuat dari bahan alami dan berbagai komponen tumbuhan ramah lingkungan. Balsem ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah otot dan sendi. Suvenir unik ini sangat cocok untuk kamu berikan pada orang tua.

25. Obat Anti-Batuk Takabb

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram love_pattaya


Selain balsem, suvenir obat-obatan dari Thailand yang wajib kamu beli adalah obat anti-batuk Takabb. Obat batuk lokal ini terkenal sangat manjur. Tak ada salahnya membeli untuk membuktikan khasiatnya!

26. Siang Pure Oil

Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand

Sumber: Instagram be_benhurrific


Siang Pure Oil terkenal sebagai minyak ajaib yang bisa digunakan untuk gigitan nyamuk, sakit nyeri otot, sakit kepala, hidung mampet, dan sakit perut. Siang pure oil juga terkenal bisa menyembuhkan dalam waktu singkat.

Itulah suvenir dan oleh-oleh khas Bangkok, Thailand yang wajib kamu beli. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Thailand di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!