Tahukah kamu bahwa di Pulau Kalimantan terdapat tiga negara sekaligus? Negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia Timur, serta Brunei Darussalam. Brunei Darussalam adalah negara kecil di Asia Tenggara yang terkenal dengan kemakmuran dan kedisiplinan dalam menjalankan syariat Islam. Meskipun begitu, Brunei Darussalam merupakan tempat wisata yang bisa didatangi oleh siapa saja.

Negara berbentuk monarki ini punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sayang sekali jika kamu melewatkan kesempatan liburan tahun 2019 ini tanpa memasukkan Brunei Darussalam sebagai destinasi tujuanmu.

Pencinta wisata religi, wisata budaya, wisata alam, hingga wisata sejarah pasti senang liburan di Brunei. Yuk, kita lihat 14 tempat wisata Brunei Darussalam paling populer yang wajib dikunjungi tahun ini!

Tempat Wisata Religi di Brunei Darussalam

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Brunei Darussalam

Sumber: Instagram eelllizarr


Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah landmark Brunei yang berada di Bandar Sri Bengawan. Ciri khas masjid ini adalah kubahnya yang terbuat dari emas murni. Terletak di tepi Sungai Brunei di Kampong Ayer, tempat wisata Brunei Darussalam ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

Keindahannya memang tak perlu ditanyakan lagi. Saat malam, masjid akan diterangi lampu LED berwarna-warni yang gemerlap. Meskipun merupakan tempat ibadah untuk umat muslim, tempat ini boleh dikunjungi oleh siapapun, asalkan berpakaian sopan. Setelah beribadah dan puas menikmati pemandangan, kamu bisa melipir ke restoran maupun kafe yang berada di sekitar masjid.

2. Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Brunei Darussalam

Sumber: Instagram ladiihoney


Setelah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah jugsa salah satu ikon di Brunei Darussalam. Menariknya, kubah dan pagar Masjid Jame’Asr dilapisi oleh emas. Masjid ini luas dan megah, dilengkapi dengan taman hijau dan kolam yang cantik. Suasana dalam masjid juga tenang dan teduh. Sayangnya, pengunjung dilarang mengambil foto di dalam masjid, hanya boleh dari luar.

Siapa saja boleh datang ke sini. Namun wisatawan dilarang berkunjung pada jam beribadah, kecuali ingin salat juga. Non-muslim akan diminta mengenakan pakaian muslimah jika ingin masuk ke dalam. Biasanya diberikan jubah hitam agar bisa menikmati keindahan masjid.

Masjid “Jame’Asr Hassanil Bolkiah” juga dikenal dengan nama masjid “Kiarong” kerena berlokasi di Kampung Kiarong. Di bagian dalam masjid terdapat lampu gantung dari Kristal yang dilapisi emas pada sisi luarnya. Lampu Kristal tersebut didatangkan langsung dari Austria. Karena ukurannya sangat besar, bangunan masjid dapat dilihat dari pusat kota Gadong, bahkan dari lintasan jalan raya menuju ke Bandar Seri Begawan.

3. Teng Yun Temple

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram huzai.ika


Meskipun bersyariat Islam, Brunei Darussalam tetap memiliki keberagaman dan toleransi dengan agama yang lain. Tak hanya masjid, kamu juga bisa mengunjungi Teng Yun Temple. Lokasinya berada di pinggir jalan pusat kota Bandar Sri Bengawan. Bangunannya tidak terlalu luas, namun sangat bersih dan terawat.

Ten Yun Temple terlihat mencolok karena memiliki warna yang cerah. Arsitekturnya terlihat kuno karena berada di sekitar bangunan modern yang menjulang tinggi. Pengunjung bisa berdoa sekaligus menyalakan dupa dengan membayar sekitar 2 BND. Saat Tahun Baru Cina, tempat wisata Brunei Darussalam ini akan semakin ramai dengan pertunjukan barongsai dan lampion.

Baca Juga :   Tips dan Panduan Liburan ke Korea Selatan 2019 Lengkap!

Tempat Wisata Alam di Brunei Darussalam

4. Ulu Temburong National Park

Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Brunei Darussalam

Sumber: Instagram dennisallacross


Jika kamu cinta petualangan, wajib datang ke Ulu Temburong National Park. Di sini kamu bisa melihat beberapa air terjun yang indah ditemani semaraknya aneka flora dan fauna. Resort untuk menginap dan istirahat pun tersedia di sini.

Sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti rafting, kayak, camping, hingga night jungle walk. Ada paket tur yang ditawarkan oleh pengelola setempat apabila kamu ingin menjelajahi taman nasional ini dengan maksimal.

Sebaiknya datang ke taman nasional yang masih asri ini saat musim panas karena hujan akan mengganggu perjalanan kamu menuju Ulu Temburong. Letaknya terpisah dari daratan Brunei sehingga pengunjung harus menaiki kapal setempat untuk mencapai lokasi ini. Jangan lupa naik ke atas jembatan untuk melihat keindahan hutan hijau dari atas sambil berfoto ria!

5. Kampong Ayer

Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Brunei Darussalam

Sumber: Instagram potowander


Tempat wisata Brunei Darussalam ini sebenarnya hampir mirip dengan perkampungan nelayan di Indonesia. Bangunan di Kampong Ayer didirikan di atas air dan dianggap sebagai kebanggaan masyarakat Brunei karena masih mempertahankan budaya serta asal-usul leluhurnya.

Meski nampak seperti perkampungan biasa, struktur kampung ini sudah dipugar sedemikian rupa supaya kokoh berdiri. Harmonisasi antara budaya tradisional dengan unsur modern dapat kamu lihat secara gamblang di sini. Meski arsitektur bangunan masih tradisional, perabotannya sudah modern dan dilengkapi dengan modem, kabel tv, dan AC. Berbeda dengan kampung nelayan di Indonesia, bukan?

6. Tasek Lama Recreational Park

Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Brunei Darussalam

Sumber: Instagram abdhamidhar


Menjadi salah satu tempat wisata Brunei Darussalam yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing, Tasek Lama Recreational Park wajib masuk dalam bucket list kamu. Taman rekreasi ini terletak di Bandar Sri Bengawan dan berada di perkotaan sehingga mudah di akses.

Bila tak sempat mengunjungi Ulu Temburong National Park, taman ini bisa jadi alternatif andalan. Di sini terdapat air terjun yang sangat indah. Sehabis hujan, air terjun menjadi lebih indah karena airnya mengalir lebih deras. Saat musim kemarau, debit air lebih sedikit sehingga kurang bagus saat difoto. Jangan lupa bawa air minum sendiri saat ke sini karena ada beberapa rute yang sulit ditempuh.

7. Safari Sungai Brunei

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram gzulyusof


Tak hanya wisata religi dan sejarah, kamu juga bisa menikmati wisata alam di Brunei. Safari Sungai Brunei ini akan mengajak kamu untuk menjelajahi ekosistem sungai menggunakan perahu. Sepanjang safari, kamu akan disuguhkan pemandangan ekosistem bakau serta berbagai fauna yang hidup di dalamnya. Safari ini juga bisa dilakukan saat malam hari sehingga memberikan suasana baru yang lebih menantang.

Jika mau yang lebih wah, kamu bisa menyewa kapal pesiar untuk mengelilingi Sungai Brunei. Pas banget jika kamu jalan-jalan ke Brunei Darussalam bersama keluarga atau rombongan. Brunei River Cruise ini tersedia setiap minggu.

Selama 2 jam tur, pengunjung akan diajak menyusuri sungai sambil melihat hutan mangrove, museum, perkampungan air di Brunei, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa dinikmati sambil menghirup teh atau kopi yang disediakan.

8. Sumbiling Eco Village

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram n.fds


Alternatif wisata alam di Brunei selain Ulu Temburong adalah Sumbiling Eco Village. Tempat wisata Brunei Darussalam ini berupa ekosistem hutan hujan tropis dan rumah berbagai flora dan fauna yang eksotis. Sumbiling Eco Village sendiri adalah sebuah desa dan penginapan berbasis alam yang terletak di pedalaman Distrik Temburong.

Baca Juga :   26 Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand yang Wajib Dibeli!

Lokasinya berada dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Ulu Temburong. Di sini kamu bisa merasakan menginap di pedesaan yang dikelilingi hutan yang rindang, hulu Sungai Temburong, dan jeram berbatu. Penginapan dibangun dari bambu dan kayu supaya alam tetap terjaga kelestariannya.

Di Sumbiling Eco Village, pengunjung bisa merasakan sejuknya udara sambil tiduran di hammock yang nyaman. Bisa juga merasakan dinginnya air sungai sambil naik rakit bambu tradisional atau mengapung di atas ban karet. Saat malam, kamu bisa mendengar simfoni hutan yang merdu dari suara serangga, katak, dan satwa liar lainnya. Ikuti juga tur mengelilingi hutan yang sangat menantang!

Selama di Sumbiling Eco Village, kamu bisa merasakan kembali ke alam yang sebenarnya. Menangkap ikan dan udang di sungai, mengambil bahan makanan sendiri, mencicipi berbagai buah eksotis, serta memasak bersama di dapur tradisional. Pas banget untuk liburan bersama rombongan keluarga, teman, maupun pasangan.

9. Agro Technology Park

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram cnicni9x


Tempat wisata favorit di Brunei Darussalam ini sangat cocok didatangi bersama keluarga dan anak-anak. Karena suasananya sejuk dan asri, Agro Technology Park biasanya dijadikan tempat joging di pagi hari. Taman ini memanfaatkan teknologi rumah hijau yang masih jarang dijumpai di Brunei.

Taman di Brunei ini memamerkan berbagai jenis bunga dan tanaman obat. Setiap tanaman dilindungi pagar untuk mencegah tangan jahil pengunjung. Selain tanaman, ada juga beberapa jenis hewan yang dipamerkan, seperti rusa, burung unta, burung-burung eksotis, bahkan burung raksasa.

Taman ini memiliki banyak pohon sehingga kamu tak perlu khawatir kepanasan. Biaya masuknya gratis, namun sayangnya kendaraan umum jarang lewat di destinasi wisata Brunei ini. Sebaiknya sewa mobil jika mau ke sini.

Wisata Museum, istana, dan Monumen di Brunei Darussalam

10. Royal Regalia Museum

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram natabo


Kita semua tahu bahwa Brunei Darussalam berbentuk kerajaan dan dipimpin oleh sultan yang menjabat sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Ingin melihat harta-harta kerajaan milik sultan dari zaman dahulu hingga sekarang? Datangi saja Museum Kerajaan Regalia.

Tempat wisata Brunei Darussalam ini merupakan sebuah gedung megah yang terletak di tengah-tengah kota Bandar Sri Bengawan. Bangunannya mudah dikenali karena bagian depannya berbentuk kubah besar. Ketika masuk, kamu akan disambut AC yang sangat dingin. Nyaman banget untuk ngadem karena cuaca Brunei lumayan panas.

Museum ini memajang koleksi barang-barang milik sultan dan kerajaan secara lengkap. Semua koleksi ditata secara artistik dengan ornamen dan foto-foto yang disusun sesuai perkembangan cerita kehidupan sultan pada masa tertentu. Koleksi yang paling menarik adalah tahta raja yang terbuat murni dari emas. Kemudian ada kereta tempat perarakan sultan pada zaman dulu.

Untuk memasuki Museum Kerajaan Regalia, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Cukup mengisi buku tamu saja. Sayangnya, pengunjung dilarang memotret ketika berada di lantai 2. Barang bawaan juga harus ditaruh di dalam loker karena keamanan di museum ini sangat ketat. Nantinya, setiap pengunjung akan dipinjamkan sandal khusus untuk berkeliling di dalam ruangan.

Baca Juga :   8 Tempat Terbaik di Asia Tenggara untuk Merayakan Tahun Baru

11. Malay Technology Museum

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram to_wow


Setelah puas belajar sejarah Brunei Darussalam di Royal Regalia Museum, kali ini saatnya kita lanjut menjelajahi perkembangan sejarah masyarakat melayu di Malay Technology Museum. Terletak di Bandar Sri Bengawan, museum ini menyuguhkan gambaran kehidupan dan perkembangan budaya masyarakat Melayu di Brunei.

Penjelasan tersebut digambarkan lewat patung orang-orang Melayu lengkap dengan replika rumah tradisional, alat-alat tradisional, pakaian tradisional, dan perkampungan melayu. Museum ini menampilkan perkembangan dari abad ke-19 hingga zaman modern.

Sebaiknya naik taksi atau bawa kendaraan sendiri jika ingin ke sini. Soalnya, transportasi agak sulit karena kendaraan umum jarang lewat tempat wisata Brunei Darussalam ini. Destinasi wisata ini gratis dan aturannya tidak seketat Royal Regalia Museum.

12. Istana Nurul Iman

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram rumafaltado


Brunei Darussalam adalah sebuah negara yang kaya dan penuh dengan bangunan megah yang indah. Salah satunya adalah Istana Nurul Iman yang merupakan kediaman resmi Sultan Haji Hassanal Bolkiah sekaligus berfungsi sebagai Istana Negara. Nurul Iman memiliki arti cahaya keimanan, mencerminkan Brunei sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim.

Istana Brunei ini berdiri sejak tahun 1984 dan menelan dana hingga $1,4 juta. Dibangun di lahan seluas 200.000 m2, Istana Nurul Iman mengalahkan luas Istana Buckingham di Inggris. Tak heran jika istana ini dinobatkan sebagai istana terbesar di dunia versi Guinness World Records.

Berlokasi di Bukit Lumadin, Jalan Tutong di tepi Sungai Brunei, istana ini memiliki gaya arsitektur Islam-Melayu klasik. Sayangnya, keindahan destinasi wisata Brunei ini tak dapat dinikmati setiap saat. Istana hanya dibuka sekali dalam setahun, yaitu saat Hari Raya Idul Fitri selama 3 hari.

Meskipun begitu, kamu masih bisa melihat kemegahan istana dari luar pagar sambil mengambil beberapa foto tentunya!

13. One Billionth Barrel Monument

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram jessamarieeeeee


One Billionth Barrel Monument adalah sebuah monumen yang dibangun pada tahun 1991. Tebak dibangun untuk apa? Untuk memperingati satu miliar tong minyak yang telah diproduksi di ladang minyak lepas pantai Seria! Banyak banget kan, pantas saja jika Brunei menjadi negara yang kaya.

Monumen ini berada di dekat sumur pertama yang ditemukan di Seria Oil Field. Tempat wisata Brunei Darussalam ini sangat disukai warga lokal sebagai tempat melepas lelah sehabis bekerja. Datanglah pada sore hari supaya bisa melihat keindahan matahari terbenam di Laut Cina Selatan. Pemandangannya oke banget.

Wisata Kuliner di Brunei Darussalam

14. Gadong Night Market

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram b.jun_travel


Setelah puas melihat wisata religi, sejarah, dan alam di Brunei, kini saatnya mengisi perut dan mencicipi kuliner khas Brunei Darussalam. Gadong Night Market atau Pasar Gadong merupakan tempat belanja dan kuliner terkenal di Brunei. Di sini kamu bisa menemukan berbagai jajanan dan makanan lokal yang enak-enak.

Sebenarnya makanan Brunei tidak jauh berbeda dengan kuliner di Indonesia karena kita masih satu rumpun. Namun, wisata ke Brunei tak akan lengkap tanpa mencicipi street food yang dijual di Pasar Gadong.

Promo Tiket ke Brunei

Itulah 14 tempat wisata terfavorit di Brunei Darussalam yang wajib kamu kunjungi. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Jepang di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!