Tak semua penerbangan dapat mengantarmu langsung menuju kota atau negara tujuan. Ada kalanya harus transit beda pesawat atau maskapai untuk mencapai destinasi tertentu. Hal ini tentu akan sedikit membingungkan, terutama jika kamu tidak mengerti tips dan cara transit pesawat.

Sebelum membahas tips dan cara transit pesawat satu atau beda maskapai lebih dalam, kita pahami konsep penerbangan transit terlebih dahulu. Transit adalah berhenti sementara untuk berganti pesawat (atau melanjutkan pesawat yang sama, tapi dengan mayoritas penumpang yang berbeda) untuk menuju ke tempat tujuan. Dengan demikian, penumpang harus singgah di suatu bandara di tengah-tengah penerbangan menuju lokasi tujuan.

Transit pesawat sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu penerbangan transit satu maskapai dan penerbangan transit beda maskapai. Perhatikan penjelasan tips dan cara transit pesawat satu atau beda maskapai 2019 di bawah ini.

1. Penerbangan Transit Pesawat Satu Maskapai

Transit pesawat satu maskapai adalah keadaan ketika penumpang menggunakan penerbangan transit, namun masih dalam satu maskapai atau grup yang sama. Misalnya, A memesan penerbangan menuju Singapura, namun harus transit di Kuala Lumpur terlebih dahulu. Meskipun harus transit, maskapai yang digunakan A merupakan maskapai yang sama, yaitu Malindo Air. Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

Tips dan Cara Transit Pesawat Satu atau Beda Maskapai

Cara Transit Pesawat Satu Maskapai


Penerbangan transit pesawat satu maskapai dibagi menjadi tiga prosedur atau cara:

1. Transit tapi tidak turun pesawat. Penumpang diminta untuk tetap di dalam pesawat sambil menunggu penumpang turun dan penumpang tambahan naik dari bandara tersebut sehingga kamu tidak perlu turun dari pesawat
2. Penumpang diminta turun dari pesawat, tapi tetap menggunakan pesawat yang sama dan tidak perlu lapor ke petugas transit. Penumpang hanya diminta turun dan langsung diarahkan ke ruang tunggu. Beberapa menit kemudian, akan diminta naik kembali
3. Penumpang diminta turun dari pesawat dan diminta membawa barang bawaan. Kemudian penumpang diminta lapor ke petugas transit agar diberi boarding pass (tiket masuk pesawat) yang baru karena penumpang akan terbang menggunakan pesawat yang lainnya (ganti pesawat)

Panduan Lainnya :  Jatah dan Ketentuan Bagasi Maskapai Indonesia

Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis penerbangan transit mana yang harus kita lakukan? Jangan khawatir, cukup dengarkan petunjuk dari awak kabin. Biasanya pramugari akan mengumumkan melalui pengeras suara, apakah penumpang penerbangan transit harus turun atau tetap berada di dalam pesawat.

Cara Transit Pesawat Satu Maskapai

Tips dan Cara Transit Pesawat Satu atau Beda Maskapai

Sumber: Unsplash


Cara transit pesawat satu maskapai bisa saja membuat kamu kebingungan. Inilah prosedur dan tata cara transit pesawat satu maskapai yang harus kamu ketahui.

1. Pastikan lapor kepada petugas check-in di bandara pertama bahwa kamu mengambil penerbangan transit. Tujuannya agar bagasi yang kamu bawa tidak diturunkan di bandara transit, jadi kamu tidak perlu melakukan check-in ulang.
2. Untuk mencapai bandara tujuan akhir, penumpang akan menggunakan 2 lembar tiket (misalnya Jakarta-Kuala Lumpur-Singapura). Apabila hanya menunjukkan 1 tiket saja (misalnya Jakarta-Kuala Lumpur) kepada petugas check in, tentu penerbangan kamu tidak akan dibuat “connect” oleh petugas. Kalau sudah dibuat connect, kamu akan mendapatkan dua lembar tiket boarding pass untuk naik ke pesawat.
3. Saat tiba di bandara transit, dengarkan pengumuman dari pramugari melalui pengeras suara. Ini sangat penting supaya kamu tahu apakah harus turun pesawat dengan membawa bagasi kabin lalu melapor ke petugas transit atau tetap dalam pesawat.
4. Jika diinstruksikan untuk turun dan membawa bagasi kabin karena diminta untuk ganti pesawat, pastikan kamu menyiapkan tiket boarding pass untuk ditukar dengan boarding pass yang baru kepada petugas maskapai. Penukaran ini dilakukan di counter transit. Tanya petugas bandara jika kamu kesulitan menemukan counter transit.
5. Setelah menukar boarding pass lama, bisa langsung masuk ke ruang tunggu. Artinya, kamu tak perlu keluar pintu bandara. Perhatikan nomor gate yang harus kamu masuki. Nomor tersebut tertera pada boarding pass kamu tentunya.
6. Tunggu panggilan petugas dari pengeras suara untuk masuk ke pesawat.

Panduan Lainnya :  Perhatikan! Ini 10 Aturan Membawa Power Bank dalam Pesawat

Catatan: pada saat turun dari pesawat, bisa jadi penumpang transit tida perlu menukarkan boarding pass transit di counter, tetapi langsung kepada petugas yang berjaga di bawah pesawat. Petugas akan berteriak “penumpang transit” berkali-kali agar penumpang transit pesawat tidak perlu masuk ke gedung bandara dan cukup menukarkan boarding pass kepadanya. Ini dilakukan apabila jadwal terbang selanjutnya sudah mepet.

2. Penerbangan Transit Pesawat Beda Maskapai

Penerbangan transit beda maskapai adalah saat penumpang membeli tiket pesawat menuju suatu tempat dengan menggunakan beberapa maskapai berbeda. Misalnya B memesan penerbangan transit menuju London. Pertama ia naik Garuda Indonesia menuju Singapura terlebih dahulu. Setelah itu, penerbangan transit dilanjutkan dengan naik maskapai British Airways menuju London.

Tips dan Cara Transit Pesawat Satu atau Beda Maskapai

Cara Transit Pesawat Beda Maskapai


Penerbangan transit beda maskapai memang cukup menguras energi. Penumpang tak hanya diharuskan turun pesawat atau berganti pesawat saja, tapi juga harus mengambil bagasi dan melakukan check-in ulang dari awal dengan masuk dari pintu keberangkatan. Jangan sampai bagasi hilang karena tidak memindahkan bagasi ke penerbangan selanjutnya.

Cara Transit Pesawat Beda Maskapai

Tips dan Cara Transit Pesawat Satu atau Beda Maskapai

Sumber: Unsplash


Penumpang yang memilih penerbangan transit beda maskapai wajib memperhatikan cara dan prosedur transit pesawat di bawah ini.

1. Tips cara transit pesawat beda maskapai, perhatikan informasi waktu yang diberikan untuk berpindah di tiket milikmu. Ada penerbangan transit yang menyediakan waktu sangat sempit (1-2 jam), namun ada juga yang durasi transitnya lebih dari 12 jam.
2. Kalau durasi transit cukup singkat (misalnya kurang dari 90 menit), mintalah tempat duduk dekat pintu keluar pada waktu check-in. Jadi, kamu tak perlu menunggu terlalu lama untuk keluar dari pesawat ketika sampai di bandara transit.
3. Dengarkan pengumuman mengenai proses transit pesawat beda maskapai dari awak kabin. Biasanya pengumuman baru diberitahukan saat penumpang sudah turun dan akan menuju gate selanjutnya. Bagaimana kalau tidak ada pengumuman apapun? Jangan malu bertanya pada petugas.
4. Siapkan semua dokumen untuk penerbangan selanjutnya, seperti tiket pesawat, paspor, dan visa. Taruh di tempat yang aman dan mudah dijangkau.
5. Ketika pesawat sudah mendarat di bandara transit dan kamu sudah keluar pesawat, silakan langsung menuju boarding gate. Jangan terlalu terpaku pada nomor gate yang tertera pada boarding pass milikmu karena sering kali berubah. Cari informasi gate penerbangan dengan melihat monitor yang menampilkan informasi keberangkatan.
6. Saat turun pesawat, jangan lupa bawa bagasi kabin dan ambil bagasi tercatat di tempat mengambil bagasi. Setelah itu, check-in kembali untuk memasukkan bagasi ke pesawat selanjutnya. Baca juga biaya kelebihan bagasi maskapai Indonesia untuk referensimu.
7. Segera menuju boarding gate pesawat selanjutnya untuk berjaga-jaga. Sering kali, untuk menuju terminal berbeda membutuhkan waktu cukup lama.
8. Tunggu panggilan hingga kamu diminta untuk naik pesawat berikutnya.

Panduan Lainnya :  Awas, Hindari 5 Kesalahan Booking Tiket Pesawat Ini

Bagaimana Kalau Ketinggalan Pesawat Penerbangan Transit?

Tips dan Cara Transit Pesawat Satu atau Beda Maskapai

Sumber: Unsplash


Ini adalah mimpi buruk bagi setiap traveler. Bila terlanjur ketinggalan pesawat, jangan panik. Segera hubungi maskapai yang kamu gunakan. Kalau ingin lebih cepat, datangi kantor maskapai yang ada di bandara tersebut. Supaya lebih jelas, baca juga solusi terbaik ketinggalan pesawat dari Pergi.com.

Itulah tips dan tata cara transit pesawat satu atau beda maskapai yang harus kamu ketahui. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke luar negeri di Pergi.com. Pergi yuk!