Citilink adalah salah satu maskapai Indonesia yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah. Meskipun merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia, ternyata Citilink memiliki ketentuan dan peraturannya sendiri, lho.

Misalnya, penumpang Citilink dihimbau untuk check-in 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Soalnya, kios/counter check-in dan pencatatan bagasi Citilink akan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan. Setelah batas waktu ini, penumpang tidak akan dilayani.

Supaya kamu lebih memahami peraturan Citilink, kali ini Pergi.com akan membahas mengenai syarat dan ketentuan bagasi Citilink lengkap yang wajib kamu ketahui. Yuk disimak!

Ketentuan Bagasi Gratis Citilink

Bagasi Citilink

Sumber: Pixabay


1. Bagasi Kabin Citilink

Bagasi kabin Citilink untuk rute domestik dan internasional adalah seberat 7 kg. Bawaan bisa berupa satu tas atau koper ukuran kabin (carry-on baggage) dan satu tas laptop atau satu tas tangan (hand luggage). Dimensi bawaan tersebut tidak boleh melebihi ukuran panjang 56 cm x lebar 36 cm x tinggi 23 cm.

Apabila terbang bersama balita, kamu boleh membawa makanan balita ke dalam kabin. Balita yang memesan kursi juga dibolehkan untuk membawa kursi mobil balita yang telah disetujui ke kabin. Namun, sebelumnya harus menghubungi Citilink Reservations agar item tersebut bisa dicantumkan dalam pemesanan.

Penumpang yang membawa alat musik ke kabin dengan ukuran melebihi dimensi bagasi kabin (dengan ketentuan masih berada dalam batas 20 kg), maka harus membeli tempat duduk untuk peralatan musik itu. Dimensi maksimal dari alat musik tidak boleh melebihi ketinggian 100 cm, lebar 50 cm, dan kedalaman 40 cm. Selain itu, tidak ada fasilitas bagasi terkait dengan pembelian tempat duduk ekstra.

Benda-benda yang tidak bisa dimasukkan dalam kompartemen kargo (seperti alat musik yang lembut dan sejenisnya), hanya boleh diangkut di dalam kompartemen kabin jika sebelumnya telah diinformasikan terlebih dahulu kepada pihak maskapai Citilink. Pengangkutan benda-benda ini dikenakan biaya terpisah.

Bagaimana dengan aturan benda cair di kabin pesawat Citilink? Pastikan cairan dalam setiap botol yang kamu bawa memiliki isi maksimum 100 ml. Semuanya juga harus bisa dimasukkan dalam 1 liter tas plastik transparan yang dapat ditutup.

2. Bagasi Check-in Citilink

Maskapai Citilink memberikan jatah bagasi tercatat gratis saat check-in sebesar 20 kg untuk rute domestik (dewasa dan anak-anak di atas 2 tahun). Untuk penerbangan internasional, penumpang mendapatkan bagasi gratis seberat 10 kg. Tidak ada fasilitas bagasi untuk bayi yang tidak menempati tempat duduk, kecuali terkait kereta bayi yang akan diangkut secara gratis. Jika bayi membeli tempat duduk, jatah bagasi tercatatnya adalah 10 kg.

Panduan Lainnya :  3 Waktu Terbaik untuk Beli Tiket Pesawat

Demi keselamatan penerbangan, Citilink tidak menerima bawaan yang melebihi 32 kg (per piece) dengan dimensi gabungan lebih dari ketinggian 81 cm, lebar 119 cm, dan kedalaman 119 cm. Jika penumpang membawa alat olahraga atau bawaan lain berukuran besar, bisa terdaftar sebagai bagasi Citilink gratis selama masih ada ruangan yang tersedia. Namun, panjang maksimal bawaan ini tergantung pada jenis pesawatnya.

Untuk rute Jakarta, Denpasar, dan Makassar, panjang maksimumnya adalah 1,58 meter. Sedangkan untuk rute Medan dan Balikpapan, panjang maksimumnya 2,77 meter. Apabila perjalanan kamu terdiri dari beberapa penerbangan, maka batas maksimum yang berlaku adalah yang terkecil.

Penumpang Citilink tidak boleh menggunakan jatah bagasi tercatat milik penumpang lain, kecuali penumpang tersebut terdaftar terbang dalam perjalanan yang sama. Tapi jika salah satu penumpang tidak jadi terbang, berat bagasi tercatat miliknya tidak bisa digunakan penumpang lain.

Bagasi yang Dilarang Citilink

Barang yang Dilarang Maskapai Citilink Sumber Unsplash

Sumber: Unsplash


Setiap maskapai memiliki ketentuan bagasi yang dilarang untuk diangkut saat penerbangan demi keselamatan perjalanan. Berikut bawaan bagasi yang dilarang oleh Maskapai Citilink.

  • Barang yang tidak dikemas di dalam koper atau wadah yang sesuai
  • Barang-barang yang mungkin membahayakan pesawat atau orang-orang atau harta benda di atas pesawat udara, seperti: bahan peledak; amunisi; gas terkompresi; bahan yang bersifat korosif; bahan-bahan pengoksidasi; radioaktif atau magnet; cairan yang mudah terbakar; gel atau bahan-bahan yang mudah terbakar; beracun; zat-zat yang menusuk hidung atau menimbulkan perih; cairan (selain cairan yang terdapat pada bagasi kabin milik penumpang untuk kegunaan selama perjalanan); atau barang-barang yang ditetapkan dalam Instruksi-Instruksi Teknis International Civil Organisation (ICAO) untuk Pengangkutan Barang-Barang Berbahaya secara Aman melalui udara dan Peraturan-Peraturan yang berhubungan dengan Barang Berbahaya dari Air Transport Association (IATA); dan Peraturan-Peraturan Pengangkut (informasi lebih lanjut tersedia berdasarkan permintaan)
  • Pengangkutan barang-barang yang dilarang menurut hukum, peraturan, atau perintah yang berlaku dari negara atau negara bagian yang akan diterbangi dari, ke, atau di atasnya
  • Barang-barang yang menurut pendapat maskapai tidak sesuai untuk diangkut karena beratnya, bentuknya, ukurannya, atau sifatnya. Misalnya barang-barang pecah belah atau yang tidak tahan lama
  • Hewan hidup atau mati
  • Jenazah manusia/hewan
  • Hidangan laut segar maupun yang beku atau daging lainnya. Barang-barang tersebut dapat diangkut ke atas pesawat udara sebagai Bagasi Kabin hanya apabila Citilink setuju bahwa barang tersebut telah dikemas dengan baik. Secara ketat, hanya styrofoam atau kotak pendingin yang dibolehkan untuk didaftarkan setelah isinya diperiksa oleh otoritas terkait. Apabila penumpang menolak pemeriksaan, maskapai memiliki hak untuk menolak pengangkutan bagasi
  • Senjata seperti senjata api antik, pedang, pisau, atau barang-barang sejenisnya. Barang-barang tersebut diperbolehkan sebagai Bagasi Tercatat atas kebijakan mutlak maskapai untuk alasan tertentu. Barang-barang ini tidak dapat diangkut ke dalam kabin dengan alasan apa pun
  • Senjata api dan amunisi yang digunakan selain untuk tujuan berburu dan olahraga dilarang untuk diangkut sebagai bagasi. Senjata jenis ini dapat diterima sebagai Bagasi Tercatat sesuai dengan Peraturan-Peraturan Pengangkut. Senjata api harus dalam keadaan kosong dengan penjepit keamanan terpasang dan dikemas dengan baik. Pengangkutan amunisi tunduk pada peraturan-peraturan ICAO dan IATA
Panduan Lainnya :  Ini Dia Info Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi AirAsia!

Ekstra Bagasi dan Biaya Kelebihan Bagasi Citilink

Sebelum terbang, sebenarnya kita sudah bisa mengira-ngira jika barang yang dibawa melebihi jatah bagasi gratis yang disediakan oleh maskapai. Maka dari itu, ada baiknya terlebih dahulu membeli ekstra bagasi sejak awal. Membeli ekstra bagasi di awal akan jauh lebih murah dibandingkan membayar kelebihan bagasi saat check-in.

1. Biaya Prepaid Ekstra Bagasi Citilink

Berikut detail ketentuan pembelian ekstra bagasi Citilink melalui website (rute domestik). Beli duluan bisa lebih hemat hingga 40%, lho.

Biaya Prepaid Bagasi Citilink

Biaya Prepaid Bagasi Citilink


Harga pembelian ekstra bagasi Citilink dibedakan sesuai dengan lama terbang dan jumlah berat bagasi yang diinginkan. Berat bagasi tambahan tersedia dalam 5 paket, yaitu 5 kg, 10 kg, 20 kg, 30 kg, dan 40 kg. Semakin lama terbang, semakin mahal pula biaya ekstra bagasi Citilink.

Ekstra bagasi Citilink untuk penerbangan kurang dari 59 menit, biaya bagasi per 5 kg-nya adalah Rp40.000. Untuk berat 10 kg, biayanya adalah Rp80.000. Sementara ekstra bagasi 20 kg biayanya Rp200.000, 30 kg harganya Rp440.000, dan bagasi 40 kg harganya Rp528.000.

Untuk penerbangan 1 s/d 1 jam 29 menit, biaya ekstra bagasinya per 5 kg adalah Rp55.000. Untuk 10 kg biayanya Rp110.000, 20 kg biayanya Rp275.000, 30 kg biayanya Rp605.000, dan untuk 40 kg biayanya Rp726.000. Info lengkap biaya ekstra bagasi rute domestik lainnya, kamu bisa melihatnya dalam tabel di atas.

Panduan Lainnya :  Pertama Kali Naik Pesawat? Ini Panduan Lengkapnya!

Sementara itu untuk rute internasional, Citilink mengenakan biaya penambahan kapasitas bagasi sebesar Rp150.000/10 kg.

2. Biaya Kelebihan Bagasi Citilink

Berikut detail biaya kelebihan bagasi Citilink yang dibayar di konter check-in (rute domestik).

Biaya Kelebihan Bagasi Citilink

Biaya Kelebihan Bagasi Citilink


Yup benar, biaya kelebihan bagasi yang dibayar di konter check-in lebih mahal dibandingkan beli tambahan bagasi di awal karena dihitung per kg. Bagasi lebih untuk penerbangan kurang dari 59 menit adalah Rp20.000 kg. Dalam kata lain, jika kelebihan bagasinya 5 kg, biayanya adalah Rp100.000. Lebih mahal Rp60.000 dibandingkan membeli bagasi di awal yang hanya Rp40.000 per 5 kg.

Untuk penerbangan selama 1-1 jam 29 menit, biayanya adalah Rp25.000 per kg. Sedangkan kelebihan bagasi untuk 1,5 jam-1 jam 59 menit penerbangan, harganya Rp35.000 per kg. Bisa disimpulkan bahwa penambahan biaya sebesar Rp5.000-Rp10.000 dikenakan untuk setiap penggolongan lama penerbangan. Yang paling mahal adalah bagasi lebih untuk ≥ 06.00 jam penerbangan, yaitu Rp80.000 per kg.

Untuk detail lengkap biaya kelebihan bagasi lainnya, kamu bisa langsung melihatnya dalam tabel, ya. Lalu bagaimana dengan penerbangan internasional Citilink? Setiap penumpang akan dikenakan biaya Rp35.000 per kg untuk kelebihan bagasinya.

3. Biaya Bagasi Barang Lain

Barang-barang lain yang diterima sebagai bagasi yang dititipkan, memiliki harga tersendiri. Berikut ketentuannya.

Biaya Bagasi Barang Lain

Biaya Bagasi Barang Lain


Penumpang yang ingin membawa senjata api/perangkat keamanan yang dikategorikan sebagai jenis Security Items, wajib membayar seharga Rp100.000 per item.

Apabila penumpang domestik ingin menitipkan alat olahraga dengan ukuran cukup besar, biayanya dihitung berdasarkan 3 paket. Alat olahraga seberat 10 kg biayanya Rp100.000, 20 kg Rp200.000, dan 30 kg Rp300.000. Sementara untuk penerbangan internasional, harganya lebih mahal Rp50.000. Alat musik yang dititipkan sebagai bagasi, harganya sama dengan kelebihan bagasi biasa.

Bagaimana caranya mendapatkan harga yang lebih murah? Bergabunglah sebagai Sport Member CitiSport karena kamu hanya perlu membayar Rp250.000 per tahun dan Rp150.000 saat perpanjangan member untuk Biaya Bagasi Barang Lain. Jauh lebih hemat, bukan?

Merasa informasi bagasi Citilink di atas bermanfaat? Yuk subscribe blog Pergi.com supaya kamu tak perlu bingung lagi mencari tips dan inspirasi liburan. Buktikan kalau kamu adalah Teman Pergi paling asik!