Tempat wisata Pulau Jeju sangat diminati wisatawan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Keindahannya memang tak perlu diragukan lagi. Banyak drama atau tayangan televisi Korea yang menjadikan Pulau Jeju sebagai lokasi syuting sehingga membuat namanya semakin terkenal. Apalagi wisata Pulau Jeju 2019 tak memerlukan visa alias bebas visa!

Jalan-jalan ke Pulau Jeju Korea Selatan tak akan lengkap jika tidak mencicipi berbagai street food atau makanan kaki lima yang menggugah selera. Kunjungilah pasar tradisional untuk mencicipi berbagai kuliner khas Jeju, misalnya Tapdong Market, Seogwipo Maeil Olle Market, Dongmun Market, dan Donam Market. Inilah 18 daftar street food Pulau Jeju yang wajib kamu coba. Dijamin enak dan murah!

1. Antre Lama Demi Manong Chicken

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram gwenwhoo


Sebelum berangkat ke Pulau Jeju, kamu wajib mengetahui panduan liburan ke Korea Selatan pertama kali. Jika ingin mencoba Manong Chicken, kamu harus buru-buru memesannya. Kenapa? Karena antreannya gila banget! Street food Pulau Jeju ini memang populer sehingga selalu dibanjiri pembeli. Kamu akan diberikan nomor antrean beserta perkiraan waktu pengambilannya. Setelah itu, kamu bisa menunggu sambil membeli camilan lain.

Mungkin kamu akan merasa sedikit bingung dengan rasanya karena tidak terbiasa. Namun setelah terbiasa, dijamin ketagihan karena rasanya gurih dan enak. Setiap porsi akan dilengkapi dengan bumbu tambahan chicken sauce dan chicken salt. Yang bikin tambah ngiler, Manong Chicken diberi taburan bawang putih. Kulitnya krispi banget, tapi tak berminyak.

Harga: 16.000 won

2. Jeju Hallabong Ice Cream, Segar!

Street Food Pulau Jeju

Facebook: Korea Tourism Organization


Selain matcha, ada rasa baru dari Korea yang akan bikin kamu tergila-gila, yaitu hallabong. Hallabong adalah jeruk yang mulai ditanam di Jeju sejak 1998. Rasanya mirip jeruk mandarin dan cocok digabungkan dengan berbagai bahan makanan. Selama berlibur di Pulau Jeju, kamu wajib mencoba Jeju Hallabong Ice Cream. Rasanya manis dan segar, cocok untuk dinikmati saat siang hari.

Harga: 3.000 won

3. Kemasan Hallabong Drink yang Lucu

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram sillysillya_foodie


Tak hanya diolah menjadi es krim, jeruk hallabong juga dibuat jus yang sangat enak dan segar. Orange juice ini punya banyak manfaat, seperti memperkuat daya tahan tubuh, mencerahkan warna kulit, dan sebagai antioksidan. Kamu bisa membeli jus ini di cafe maupun di pasar tradisional seperti Seogwipo Maeil Olle Market.

Panduan Lainnya :  18 Kafe di Singapura Paling Unik dan Instagramable!

Jus hallabong dijual dalam kemasan botol, namun ada juga yang menjual eceran dalam botol berbentuk hewan lucu dan bisa dibawa pulang! Bikin enggak sabar kan ingin liburan ke Pulau Jeju? Ayok buruan buat e-paspor supaya traveling semakin mudah.

Harga: botol biasa 3.000 won, botol lucu 6.000 won (botol 5.000 + jus 1.000)

4. Hallabong Cake yang Imut

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram littlepengu_in


Satu lagi olahan jeruk hallabong yang bisa kamu coba, yaitu Hallabong Cake. Dibentuk seperti jeruk, rasanya asam dan manis. Dalam 1 porsi, isinya juga lumayan banyak. Tekstur isinya mirip nanas dan cocok dinikmati sambil minum jus hallabong.

Harga: 3.000 won

5. Crab Gratin, Enggak Nyesel Beli!

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram stellalala_yj


Kamu wajib mencoba street food Pulau Jeju yang satu ini. Jajanan Korea ini dimasak dengan cara dipanggang. Disajikan langsung di atas cangkang kepiting, seporsi crab gratin terdapat daging kepiting yang dilengkapi dengan udang, keju, jagung, dan makaroni. Setiap gerai akan menyediakan mustard, tomato sauce, dan sweet chili yang bisa diracik sendiri oleh pembeli. Yummy!

Harga: 3.000 won

6. Hotteok/Hoddeok, Pancakenya Korea

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram matthewkim_0530


Hotteok adalah pancake Korea yang terbuat dari tepung terigu, air, susu, gula, dan ragi. Isinya macam-macam, namun yang paling populer adalah kayu manis dan kacang tanah. Street food Pulau Jeju ini banyak dijual saat musim dingin, paling enak dimakan saat masih hangat. Teskturnya tipis dan renyah dengan rasa yang manis.

Harga: 1.500 won/pcs

7. Pulppang/Pulbbang untuk Pencinta Kacang Merah

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram monge486


Pulppang/pulbbang adalah camilan manis yang berisi kacang merah. Rasanya enak dan harganya murah. Jangan tertukar, pulppang berbeda bungeoppang. Bungeoppang adalah jajanan berbentuk ikan bertekstur krispi dengan isi kacang merah dan berasal dari Jepang.

Harga: variatif, rata-rata 1.000-2.000 won/7 pcs

8. Eomuk/Fish Cake Bikin Nagih

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram scarlett.kim2


Street food Pulau Jeju ini sudah banyak dijual di Indonesia, salah satunya di Lotte Mart. Eomuk/fish cake terbuat dari ikan berdaging putih yang ditumbuk (cod, pollock, flounder, kakap) dan dilengkapi dengan semangkuk sup. Biasanya dijual di tenda pinggir jalan. Rasanya bikin nagih dan enggak cukup satu. Harus cobain!

Panduan Lainnya :  Tempat dan Waktu Terbaik: Jadwal Musim Sakura di Korea 2019

Harga: 500 won/pcs

9. Tteokbokki, Pedas Gurih

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram ssinaa_a


Mungkin kamu sudah tak asing dengan street food Pulau Jeju yang satu ini. Terbuat dari tepung beras dan biasanya berbentuk panjang, jajanan Korea ini bisa ditemukan di mana-mana. Di Korea pun makanan ini sangat disukai, terutama saat musim dingin. Rasanya pedas dan gurih. Biasanya tteokbokki dilengkapi dengan saus merah cerah yang menggoda. Wajib coba jika belum pernah makan.

Harga: 3.000 won

10. Baked Sweet Potato (Gun Goguma)

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram kim_871112


Buat yang suka nonton serial tv Korea We Got Married, pasti sudah paham dengan street food Pulau Jeju ini. Dalam acara tersebut, ‘YongSeo Couple’ terutama Seohyun sangat suka dengan goguma alias ubi jalar. Baked sweet potatoes akan dibungkus dengan aluminium foil dan dipanggang di atas bara api.

Rasanya lebih manis dibandingkan dikukus atau direbus. Makannya harus pelan-pelan dan sabar, karena panas banget. Termasuk jajanan sehat Korea yang enak!

Harga: 700 won/pcs

11. Roasted Chestnuts (Gun Bam)

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram gbh0823


Roasted chestnut tak hanya disukai di Korea, tapi juga diseluruh dunia. Street food Pulau Jeju ini biasanya dijual di gerobak kecil dan disajikan dalam kantung kertas. Kamu bisa menemukannya di pasar tradisional atau pinggir jalan yang ramai. Meskipun kulitnya keras (biasanya sudah dikupas), rasanya manis dan yummy banget.

Harga: 4.000 won

12. Wang Mandu (Non-Halal)

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram moooon_yj


Mandu adalah sejenis pangsit yang terbuat dari tepung dan diisi dengan daging, sayuran, jamur, serta tahu. Pada Seollal atau tahun baru imlek, keluarga di Korea akan berkumpul untuk membuat pangsit ini. Bentuk mandu sangat beragam, bisa setengah bulat, persegi, dan lonjong. Wang mandu sendiri berarti mandu raja alias berukuran besar. Cara memasaknya bisa direbus dalam sup kaldu yang panas, dikukus, digoreng, atau dinikmati dalam kuah kaldu dingin.

Harga: 1.500 won/pcs

13. Grilled Mackerel

Street Food Pulau Jeju Grilled Mackarel

Sumber: Instagram _dancersoo


Selama liburan di Pulau Jeju, kamu wajib mencoba grilled mackarel alias makarel panggang. Makarel di Korea terkenal enak karena kesegarannya. Biasanya ikan makarel akan dipanggang utuh sampai berwarna kecokelatan dan memiliki aroma asap. Rasanya asin gurih dan tulangnya bahkan bisa dimakan. Sangat cocok dinikmati bersama nasi panas. Ngiler!

Panduan Lainnya :  16 Tips Liburan Saat Puasa yang Sering Dilupakan Traveler

Harga: variatif, 10.000-18.000 won

14. Boiled Pork Hock (Non-Halal)

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram dong_hyuk.bang


Boiled Pork Hocks merupakan makanan tradisional Jeju berbahan dasar babi lokal kualitas premium. Kaki babi akan direbus pelan-pelan dengan air, kecap, bawang putih, jahe, serta anggur beras. Tak jarang, street food Pulau Jeju ini ditambah kayu manis dan daun bawang. Teksturnya kenyal seperti agar-agar dengan rasa gurih yang kuat. Porsinya cukup besar, jadi bisa dimakan bareng-bareng.

Harga: variatif, 20.000-30.000 won

15. Cream Corn di Pulau Jeju

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram smalljuzi


Street food Pulau Jeju yang satu ini lumayan populer dan bikin kenyang. Cream corn adalah jajanan jagung yang dilengkapi dengan mentega dan mayones. Terkadang disajikan di atas hot plate supaya tetap panas. Tambahkan keju mozarella agar rasanya lebih nendang!

Harga: ±3.000 won

16. Gogi-Guksu/Pork Noodles (Non-Halal)

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram pf_dobby_hur


Makanan tradisional di Pulau Jeju ini ada karena kondisi tanah yang buruk sehingga tidak bisa ditanami beras. Akibatnya, penduduk harus beradaptasi dengan mi gandum. Akhirnya terciptalah pork noodles ini. Bentuknya mi-nya panjang dan tipis dengan tekstur yang kenyal. Topping-nya irisan babi hitam yang lembut dan gurih, wortel, rumput laut, daun bawang, dan cabai. Kuahnya terbuat dari tulang babi hitam yang direbus selama 12 jam. Sungguh makanan yang kaya rasa dan lezat!

Harga: 7.000 won

17. Chestnut Bread, Teman Minum Kopi

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram vincent_van_coffee


Chesnut bread adalah roti panggang yang sering dijumpai di Korea. Teksturnya lembut dan empuk ditaburi chestnut yang renyah. Rasa kacangnya manis dan sangat cocok dimakan untuk sarapan bersama kopi atau coklat hangat. Kamu bisa menemukannya di kafe atau toko roti pinggir jalan.

Harga: variatif, 5.000 won

18. Chilsung Cider Bikin Segar!

Street Food Pulau Jeju

Sumber: Instagram anna_7513


Jangan salah, minuman khas Korea ini bukan sari buah apel, melainkan minuman ringan berkarbonasi alias bersoda. Rasanya manis mirip soda lemon dan warnanya bening. Paling enak diminum dingin saat cuaca sedang panas-panasnya.

Harga: ±1.500 won

Promo Tiket ke Korea

Itulah 18 street food Pulau Jeju yang wajib kamu coba. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Tinggalkan komentar jika kamu punya pertanyaan, pengalaman, maupun pendapat soal liburan ke Korea. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Korea di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!