Pernah punya keinginan wisata ke Taiwan semenjak melihat kegantengan anggota F4 dalam drama Meteor Garden? Tenang, kamu tak sendirian. Hingga sekarang, negara dengan ibukota Taipei ini masih digandrungi wisatawan Indonesia karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Sebelum liburan ke Taiwan, wajib hukumnya mencari tahu panduan wisata ke Taiwan supaya liburan semakin asik.

Taiwan sangat modern sehingga sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Kamu akan disuguhkan hamparan gedung tinggi dengan kuliner khas Taiwan yang terkenal lezat. Semuanya ditambah dengan keindahan pegunungan dan pemandangan alam cantik yang bertebaran di seluruh penjuru negara ini.

Simak yuk panduan wisata ke Taiwan paling lengkap untuk first time traveler. Mulai dari info penting, transportasi, destinasi terbaik, hingga kuliner yang wajib kamu coba di Taiwan!

13 Info Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Wisata ke Taiwan

Panduan Wisata ke Taiwan Paling Lengkap

Sumber: Pexels


1. Kartu Penting untuk Wisata di Taiwan

Panduan wisata ke Taiwan yang harus kamu ketahui adalah memiliki EasyCard. EasyCard adalah kartu pintar yang bisa digunakan untuk layanan MRT Taipei, membayar bis, taksi, feri, dan layanan YouBike. Kartu ini juga bisa dipakai untuk membayar parkir umum dan belanja di supermarket berlogo EasyCard. Di mana beli kartu EasyCard Taiwan? Ada di setiap stasiun metro di Taipei.

2. Taiwan Tidak Menerima Mata Uang Ini

Taiwan tidak menerima USD, dolar Kanada, Euro, atau mata uang asing lainnya sebagai alat pembayaran. Jadi, kamu harus menukarnya menjadi mata uang Dolar Baru Taiwan (TWD). Jangan menukarkan uang di airport karena rate nilainya kurang baik. Tukarkan uang dengan nilai terbaik di authorised money changer atau di bank terdekat.

Patut diketahui, bank di Taiwan baru buka pukul 9 pagi dan kita wajib membawa paspor saat menukar uang. Jangan menukar rupiah menjadi TWD di Taiwan karena nilainya akan sangat turun. Jika kesulitan menukar rupiah menjadi TWD di Indonesia, lebih baik tukarkan rupiah menjadi USD. Kemudian saat sampai di Taiwan, tukar USD tersebut menjadi TWD.

Bisa juga membawa kartu debit/kredit berlogo Visa, Mastercard, Cirrus, atau Maestro untuk menarik uang di luar negeri. Mesin ATM cukup mudah ditemukan di Taiwan. Ambil langsung dalam jumlah banyak karena setiap penarikan akan dikenakan biaya tertentu.

Memang bisa menggunakan EasyCard di beberapa toko, supermarket, restoran, atau tempat belanja. Namun, sebagian besar bisnis lokal hanya menerima uang tunai. Jadi, bawalah uang tunai yang cukup selama wisata di Taiwan.

3. Bawa Adaptor Jenis Ini

Colokan listrik di Taiwan sama dengan yang digunakan di Amerika Serikat, yaitu 110V. Untuk itu, siapkan universal travel adaptor agar bisa charging berbagai gadget yang kamu bawa. Enggak mau kan mati gaya cuma karena tak bisa nge-charge?

4. Jangan Memberi Tip!

Ternyata, memberi tip bukan suatu kebiasaan di Taiwan. Kamu tidak perlu memberi tip setelah menggunakan suatu jasa karena bisa membuat seseorang merasa tersinggung. Umumnya hotel dan restoran kelas atas telah menambahkan 10% untuk biaya pelayanan.

5. Taiwan Merupakan Negara yang Aman. Tapi…

Menurut data, Taiwan merupakan salah satu negara yang aman untuk wisata. Berjalan di malam hari pun aman untuk seorang perempuan karena di negara ini banyak pasar dan restoran yang buka 24 jam. Meski begitu, kamu harus tetap hati-hati dan waspada, ya.

6. Nyasar di Taiwan, Apa yang Harus Dilakukan?

Kalau nyasar atau tidak tahu harus naik kendaraan apa, telepon saja nomor 0800-024-111. Kamu bisa menelepon layanan tersebut selama 24 jam tanpa biaya. Pakailah bahasa China, Jepang, atau Inggris. Jika darurat, segera telepon 119.

7. Pelajari Kosakata Penting dalam Bahasa Mandarin

Kosakata Penting Bahasa Mandarin

Kosakata Penting Bahasa Mandarin


Beberapa penduduk lokal Taiwan mungkin bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, tetap penting untuk mempelajari beberapa kosakata penting bahasa Mandarin.

8. Sim Internasional, Perlu atau Tidak?

Jika ingin menyewa mobil selama wisata di taiwan, tentu saja harus memiliki SIM internasional yang berlaku selama 30 hari pertama. Kamu bisa mendapatkannya di American Automobile Association atau The Motor Vehicles Offices yang terletak di Taipei. Jika masa berlaku habis, kamu bisa mengajukan permohonan perpanjangan.

9. Cara Cari Hotel Murah di Taiwan

Hotel di Taiwan jauh lebih mahal di Hari Sabtu. Untuk mengakalinya, sign up newsletter di website hotel untuk mendapatkan info promo dan diskon. Kalau ingin lebih murah, carilah motel. Meskipun kebanyakan motel di Taiwan adalah (uhuk) love motel, tetap lebih baik daripada tidak dapat tempat menginap sama sekali. Bisa juga cek Airbnb.

10. Tips Sebelum Mencoba Kuliner Taiwan

Kuliner lokal Taiwan jauh lebih murah dibandingkan makanan barat seperti sandwich, pizza, atau pasta. Tapi kalau tetap ingin makan makanan barat selama di Taiwan, carilah restoran yang menyajikan sarapan atau brunch. Mereka biasanya menyajikan omelet, hamburger, atau sandwich dengan harga yang lebih bersahabat.

Panduan Lainnya :  12 Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan (Luar Negeri)

Tapi, sayang banget kalau tidak mencoba kuliner khas Taiwan yang terkenal lezat! Para koki di Taiwan terkenal sebagai pemasak yang handal, lho. Meski rasanya enak, tak semuanya halal. Mungkin ada beberapa menu yang kelihatannya tak mengandung babi, namun kebanyakan koki memakai minyak babi sebagai penyedap. Untuk itu, sebaiknya tanya dulu sebelum pesan makanan.

Kalau punya alergi makanan, jangan lupa sampaikan pada pelayan atau tulis dan tunjukkan pada pelayan. Jangan sampai panduan wisata ke Taiwan gagal total hanya karena kamu salah makan.

11. Sedia Tisu Basah! Ini Alasannya

Kebanyakan tempat wisata di Taiwan menerapkan sistem toilet kering. Untuk itu, jangan lupa selalu bawa tisu basah di dalam tas. Toilet dengan semprotan air biasanya tersedia di tempat wisata ramah muslim.

12. Bagaimana Etika Naik Transportasi Umum di Taiwan?

Penduduk Taiwan memiliki budaya mengantre. Oleh karena itu saat naik MRT, akan ada tanda yang menunjukkan di mana harus berdiri dan mengantre untuk masuk. Dilarang membawa makanan, minuman, dan mengunyah permen karet saat naik angkutan umum. Kalau melanggar, bisa-bisa kamu kena denda.

13. Wisata Halal untuk Muslim di Taiwan

Jangan khawatir, jalan-jalan ke Taiwan tergolong ramah kok untuk muslim. Pemerintah Taiwan telah menambahkan beragam fasilitas untuk umat muslim, seperti musala, tempat wudu, dan petunjuk arah kiblat. Bahkan, Asosiasi Muslim Tionghoa telah membuat aplikasi bernama Halal.TW. Kamu bisa menemukan beragam informasi mengenai restoran halal, musala, masjid, dan sebagainya dalam aplikasi tersebut.

Panduan Wisata: 7 Jenis Transportasi di Taiwan

1. Taiwan High Speed Rail yang Super Cepat

Panduan wisata ke Taiwan tak akan lengkap jika tidak membahas soal jenis-jenis transportasi umum di Taiwan. Transportasi pertama yang paling banyak digunakan adalah Taiwan High Speed Rail (THSR). Tak jauh beda dengan Shinkansen Jepang, THSR juga kereta cepat yang menghubungkan berbagai kota di Taiwan bagian barat.

Jalur THSR membentang dari dari Keelung ke Kaohsiung dan berjarak 345 km dengan waktu tempuh 1,5 jam sekali berangkat. THSR beroperasi dari pukul 6 pagi hingga 12 malam. Wisatawan sebaiknya memiliki THSR Tourist Pass jika ingin menaiki kereta cepat ini. Harga tiket THSR Taiwan tergantung jarak yang ditempuh.

2. Kereta Api Cepat dan Kereta Api Biasa, Apa Bedanya?

Selain THSR, Taiwan juga memiliki kereta api konvensional yang dibagi menjadi dua, yaitu kereta api cepat dan kereta api biasa. Kereta api cepat hanya melewati jalur barat yang merupakan pusat keramaian Taiwan. Sedangkan untuk rute kereta api biasa, melewati hampir seluruh wilayah di Taiwan.

Kereta api cepat di Taiwan beroperasi setiap hari selama 24 jam dan hanya melayani perjalanan jauh. Untuk perjalanan pendek, kamu bisa menggunakan kereta api biasa. Fasilitas kereta biasa tidak jauh berbeda dengan kereta api cepat, hanya durasi waktu tempuhnya saja yang lebih lama. Agar lebih mudah, unduhlah aplikasi jadwal kereta Taiwan di Google Play.

3. Naik MRT atau Taipei Metro di Taiwan

Hampir semua kota besar di dunia memiliki MRT, Indonesia pun sebentar lagi akan memilikinya. Di Taipei, MRT menjadi sarana transportasi utama bagi warga lokal dan wisatawan asing. Taipei Metro memiliki 5 jalur utama dan 2 jalur tambahan. Jalur-jalur tersebut melewati lokasi-lokasi penting di Taipei seperti universitas dan museum nasional.

Jadwal MRT Taiwan datang beberapa menit sekali dengan durasi antar kedatangan sekitar 2-15 menit sekali. Kamu bisa memilih jenis tiket MRT sesuai kebutuhan, seperti single ticket, group tickets, hingga paket-paket tiket yang akan memudahkanmu mengunjungi lokasi wisata di Taiwan.

4. Tipe dan Jenis Bus di Taiwan, Ada yang Khusus Pariwisata

Ada tiga jenis bus di Taiwan, yaitu intercity bus, bus pariwisata, dan double decker bus. Kalau daftar lokasi wisata yang ingin kamu kunjungi ada di beberapa kota, gunakanlah intercity bus. Bus antar kota ini beroperasi selama 24 jam. Pilihlah bus dengan izin resmi seperti Ubus atau Kuo-Kuang.

Bus pariwisata dan double decker bus merupakan fasilitas transportasi yang diberikan pemerintah Taiwan untuk wisatawan asing. Selain mengantar penumpang ke tempat tujuan, dua bus ini memiliki jadwal khusus untuk membawa wisatawan berkeliling ke tempat-tempat wisata di Taiwan.

5. Taksi: Pilihan Tepat untuk Kamu yang…

Buat kalian yang mageran, taksi bisa jadi pilihan tarnsportasi yang tepat. Taksi di Taiwan umumnya berwarna kuning dan memiliki tarif taksi yang berbeda di setiap daerah. Kebanyakan sopir taksi di Taiwan belum bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Jadi, selalu sediakan nama tempat wisata dalam bahasa Mandarin di ponsel atau kertas untuk ditunjukkan pada sopir.

Panduan Lainnya :  20 Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

6. Bisa Sewa Mobil atau Motor di Taiwan?

Tak hanya transportasi umum, kamu juga bisa menyewa mobil atau motor di Taiwan. Menyewa kendaraan tentu lebih bebas dan lebih mudah saat mengunjungi tempat wisata. Kamu bisa langsung datang ke tempat penyewaan mobil di bandara-bandara besar atau stasiun. Tentunya, kamu harus memiliki SIM internasional kalau mau menyewa mobil tanpa sopir. Durasi sewanya minimal 1 hari.

7. Sepeda untuk Kalian Pencinta Lingkungan

Selain sewa mobil dan motor, di Taiwan juga banyak yang menyewakan sepeda. Pasti asik mengelilingi kota di Taiwan sambil naik sepeda.

Inilah 12 Tempat Wisata Terbaik di Taiwan yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Xingtian Temple yang Megah

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram lulu_8499


Xingtian Temple atau Kuil Xingtian cukup terkenal sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Taiwan. Dibangun tahun 1968 untuk mengenang kaisar yang dianggap sebagai penyelamat, bangunan dengan arsitektur China ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Alamat: No. 109號, Section 2, Minquan East Road, Zhongshan District, Taipei City, Republik Tiongkok 10491
Jam Buka: 04.00–22.30

2. Taipei Story House yang Instagramable!

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram uni_o524


Taipei Story House adalah salah satu spot Instagramable di Taiwan. Tempat ini dulunya dikenal dengan nama Yuanshan Mansion. Sebelumnya rumah ini digunakan sebagai tempat menginap untuk para pedagang kaya. Memang bagus banget sih ya bangunannya.

Alamat: No. 181-1, Section 3, Zhongshan N Rd, Zhongshan District, Taipei City, Republik Tiongkok 10491
Jam buka: Selasa–Minggu 10.00–17.30

3. Sun Yat-sen Memorial Hall

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram lianparayno


Dibangun untuk mengenang Bapak Bangsa Taiwan, arsitektur Sun Yat-sen Memorial Hall sangat khas dan berwibawa. Di sekitar gedung terdapat taman bunga warna-warni yang memanjakan mata. Di sini kamu juga bisa belajar berbagai informasi mengenai Sun Yat Sen.

Alamat: No. 505號, Section 4, Ren’ai Road, Xinyi District, Taipei City, Republik Tiongkok 110
Jam buka: 09.00–18.00

4. Sun Lake Moon

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram shannontay


Danau terbesar di Taiwan ini merupakan tempat wisata favorit yang menawarkan keindahan gunung-gunung yang menjulang tinggi ditemani danau biru yang tenang. Waktu terbaik datang ke Sun Lake Moon adalah saat matahari terbit dan matahari terbenam. Kalau ke sini, harus mencoba mengarungi danau dengan perahu atau menelusuri jalan setapak sampai ke puncak bukit.

Alamat: Yuchi, Nantou

5. Dajia Riverside Park

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram zhiiyong95


Jalan-jalan ke sekitar Dajia Riverside Park sangat menyenangkan jika bersama keluarga. Di sini kamu bisa menikmati keindahan sungai, jembatan, dan taman yang tertata rapi. Areanya sangat luas dengan berbagai fasilitas.

Alamat: 104, Republik Tiongkok, Kota Taipei, Distrik Zhongshan
Jam buka: 24 jam

6. Taipei 101

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram paintitcerulean


Taipei 101 adalah ikon dan kebanggaan negara Taiwan dan merupakan gedung kedua tertinggi di dunia. Gedung pencakar langit ini memiliki arsitektur yang megah dan bentuk yang khas. Saat tahun baru, menara setinggi 508 meter ini akan menggelar pertunjukan kembang api yang sangat keren.

Alamat: No. 7, Section 5, Xinyi Road, Xinyi District, Taipei City, Republik Tiongkok 111
Jam buka: 11.00–21.30

7. Taman Nasional Yangmingshan

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram mikeplana


Siapa bilang Taiwan hanya sekadar kota modern? Taiwan pun memiliki wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti Taman Nasional Yangmingshan. Tempat ini merupakan salah satu dari sembilan taman nasional di Taiwan.

Wisata di Taiwan ini memiliki mata air panas, endapan belerang, fumarol, jalur pendakian, padang rumput, lembah, dan gunung berapi tidak aktif tertinggi di Taiwan. Bahkan kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura Taiwan di sini.

Alamat: Jhuzihhu Rd, Beitou District, Taipei 112, Taiwan

8. National Palace Museum

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram rjacobocolis


Bangunan National Palace Museum menyerupai istana yang megah dan sangat cocok dikunjungi jika kamu senang belajar sejarah dan berburu foto! Di sini kamu bisa menemukan artefak dan berbagai koleksi dari dinasti Song, Yuan, Ming, dan Qing.

Alamat: No. 221, Sec 2, Zhi Shan Rd, Shilin District, Taipei City, Republik Tiongkok 111
Jam buka: 08.30–18.30 (Jumat & Sabtu 08.30–21.00)

9. Shi Fen Waterfall

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram wai.so.serious


Rasa takjub akan menyergapmu saat datang ke sini. Bagaimana tidak? Air terjun di Taiwan ini sangat indah dengan air jenih berwarna kehijauan. Udara di sini juga sangat sejuk meski tidak jauh dari pusat kota karena banyak pepohonan. Wisata ini dekat dengan Shi Fen Old Street yang bisa jadi latar foto menarik untuk Instagram kamu. Auto likes!

Alamat: 226, Republik Tiongkok, New Taipei City, Pingxi District, 乾坑10號
Jam buka: 09.00–17.30

Panduan Lainnya :  8 Tempat Belanja Murah di Singapura 2019, Borong Oleh-Oleh!

10. Taroko National Park

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram irin.kinn


Taroko National Park adalah paket lengkap untuk para pencinta alam dan petualangan. Di sini kamu bisa melihat indahnya goa, tebing, air terjun, pagoda, sungai jernih berwarna biru, jembatan cantik, dan air panas. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, salah satunya adalah trekking. Datanglah pagi-pagi supaya bisa menyaksikan indahnya matahari terbit.

Alamat: 972, Republik Tiongkok, Hualien County, Xiulin Township, 富世291號
Jam buka: 08.30–17.00

11. Jiufen

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram forevervanny


Juifen adalah pemukiman di kawasan pegunungan Taiwan yang memiliki udara sejuk. Yang paling menarik, di sini banyak kuliner lezat khas Taiwan yang bisa kamu coba!

12. Alishan National Scenic Area

Tempat Wisata Terbaik di Taiwan

Sumber: Instagram chrisraccoon0607


Pemandangan di Alishan National Scenic Area memang patut diacungi jempol. Saat musim gugur, daun-daun akan berubah warna dan menciptakan panorama yang magis. Tempatnya sejuk dan tenang sehingga cocok untuk melepas penat. Di sini kamu bisa merasakan naik kereta api tua menembus hutan dan kabut yang indah.

Hutan di sini juga sangat terawat. Pencinta alam pasti enggak mau pulang kalau sudah ke sini. Kalau ingin mendaki, pastikan membawa semua perlengkapan dan memakai pakaian yang tebal.

Alamat: 605, Taiwan, Chiayi County, Alishan Township, 59號
Jam buka: 24 jam

Street Food Khas Taiwan yang Wajib Dicoba

1. Bubble Tea (Boba) yang Terkenal di Seluruh Dunia

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram marchi_fu


Bubble tea atau boba tea atau pearl milk tea adalah street food khas Taiwan yang digemari di seluruh dunia. Diciptakan pertama kali oleh Chun Shui Tang di sebuah kedai teh di Taichung, bubble tea adalah minuman susu, teh, dan bola-bola tapioka kenyal yang umumnya berwarna hitam.

Bubble tea yang wajib kamu coba selama di Taiwan misalnya Chun Shui Tang 春水堂, 50 Lan 50嵐, Share Tea 歇腳亭, Ten Ren 天仁茗茶, dan Chen San Ding 陳三薡.

Harga: ± 75 TWD (small) dan 140 TWD (large)

2. Burger Khas Taiwan: Gua Bao (Cua Pao) (Non-Halal)

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram yansai.asian.food


Burger khas Taiwan ini berupa roti kukus berwarna putih yang memiliki tekstur lembut seperti bakpao. Isinya bisa dari daging babi, kacang, dan sayur-sayuran. Rasanya asam, asin, dan manis.

Harga: ± 65 TWD

3. Xiao Long Bao (Non-Halal) yang Meledak Saat Digigit

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram chubbychinesegirleats


Xaio Long Bao adalah sejenis baozi yang berasal dari Shanghai. Namun, Xaio Long Bao khas Taiwan telah disempurnakan. Bentuknya seperti pangsit berisi kaldu yang akan meledak saat digigit. Isi paling populer adalah daging babi, namun juga ada isi telur kepiting, ayam, atau jamur truffle.

Harga: ± 170 TWD (5 pcs)

4. Mochi Khas Taiwan, Kenyal-Kenyal Enak

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram __anna0611


Mochi memang lebih identik dengan Jepang, namun Taiwan juga punya mochi khasnya sendiri. Mochi dari Taiwan memiliki isi dan tekstur yang lebih padat. Ukurannya mungil dan biasanya dibalur bubuk kacang, bji wijen hitam, gula pasir, atau campuran ketiganya.

5. Stinky Tofu, Super Bau Tapi Enak!

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram emiwong_


Belum lengkap wisata ke Taiwan kalau belum mencoba stinky tofu. Tahu yang difermentasikan ini baunya memang tidak enak. Jika baru pertama kali mencoba, disarankan memesan yang digoreng karena yang rebus baunya lebih menyengat. Tapi jangan salah, street food khas Taiwan ini punya banyak manfaat untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan kulit dan lambung.

Harga: ± 70 TWD

6. Stuffed Chicken Wings

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram_hli_


Terlihat gendut? Memang, karena sayap ayam ini diisi dengan nasi goreng. Sayap ayam akan dipisahkan dari tulangnya kemudian diisi dengan nasi goreng lalu digoreng atau dibuat BBQ. Kebanyakan orang lebih menyukai versi BBQ karena rasanya lebih enak.

Harga: ± 60 TWD

7. Tanghulu

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram pingu1219


Di Taiwan, kamu bisa melihat street food ini di mana-mana. Jajanan Taiwan ini berasal dari China. Tanghulu adalah buah yang ditusuk kemudian dicelupkan pada sirup gula sampai mengeras. Biasanya buah yang digunakan adalah stroberi, tomat ceri, dan potongan plum kering.

Harga: ± 20 TWD

8. Tower Ice Cream

Street Food Populer di Taiwan

Sumber: Instagram peenutbuttersandwich


Penyuka es krim wajib mencoba street food ala Taiwan yang satu ini. Bentuknya memanjang ke atas dengan tekstur es krim yang lembut. Rasa favorit tower ice cream ini adalah taro dan mangga. Keren nih buat difoto!

Harga: ± 35 TWD

Promo Tiket ke Taiwan

Itulah panduan wisata ke Taiwan lengkap yang wajib kamu ketahui. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Taiwan di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!