Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata! Yuk, manfaatkan momen ini untuk istirahat sejenak dari rutinitas harian. Salah satu hal yang harus disiapkan sebelum liburan adalah tiket pesawat.

Jika kamu belum booking tiket pesawat, ada hal-hal yang harus kamu hindari saat mencoba beli tiket pesawat online agar bisa dapatkan tiket dengan harga termurah. Berikut ini adalah lima kesalahan booking tiket pesawat yang harus kamu hindari.

1. Tidak Membandingkan Harga Tiket

kesalahan saat booking tiket pesawat Sumber Unsplash

Sumber: Unsplash


Harga tiket pesawat untuk rute yang sama bisa saja berbeda di setiap maskapai. Perbedaan harga ini terkadang bisa cukup signifikan sehingga kamu harus sering-sering membandingkan harga tiket pesawat dari maskapai yang berbeda-beda. Nah, harga maskapai tertentu tersebut bisa jadi juga berbeda di antara penyedia jasa travel online.

Kamu bisa membuka website masing-masing travel online dan melakukan pencarian tiket pesawat secara bersamaan. Kemudian, lihat maskapai dan travel online mana yang menawarkan harga terbaik untuk rute yang kamu inginkan. Meski agak ribet, tetapi hal ini bisa bantu cara dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik, lho!

2. Tidak Menggunakan Agen Travel Online

kesalahan saat booking tiket pesawat Sumber Pexels 1

Sumber: Pexels


Baca Juga :   Tips dan Cara Transit Pesawat Satu atau Beda Maskapai

Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak agen travel online yang menawarkan kemudahan pembelian tiket secara online. Dengan adanya surat edaran dari Menteri Perhubungan mengenai Peningkatan Pelayanan Publik di Bandar Udara Seluruh Indonesia, maka kini tidak ada konter penjualan tiket di bandara.

Meski masih ada kantor perwakilan maskapai yang menjual tiket pesawat, namun dengan menggunakan agen travel online akan jauh lebih maksimal dalam mencari tiket pesawat murah. Kamu bisa membandingkan secara langsung harga tiket dari berbagai maskapai dalam satu waktu.

3. Booking Tiket Terlalu Cepat atau Terlalu Lambat

Booking Tiket Pesawat Sumber Pexels 1

Sumber: Pexels


Memang sih ada pepatah mengatakan, lebih cepat lebih baik. Tapi, prinsip ini harus disesuaikan. Untuk beberapa kondisi, maskapai biasanya menurunkan harga tiket 2-3 minggu sebelum keberangkatan demi memenuhi kuota penumpang.

Akan tetapi, jangan sampai memesan tiket terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Bisa-bisa harga tiket melambung tinggi atau bahkan kamu kehabisan tiket.

Baca Juga :   GiveAway Puzzle Berhadiah 1 Juta Rupiah, Mau?

4. Booking di Hari yang Salah

Booking Tiket Pesawat Sumber Pexels 1

Sumber: Pexels


Berdasarkan beberapa penelitian dan data statistik, ternyata hari Kamis adalah hari termurah untuk membeli tiket baik perjalanan domestik maupun internasional. Coba saja cek kalau enggak percaya.

5. Tidak Memperhatikan Detail Penerbangan

kesalahan saat booking tiket pesawat Sumber Pexels

Sumber: Pexels


Inilah kesalahan booking tiket pesawat yang sering terjadi. Selain harga tiket, ada detail penerbangan lainnya yang harus kamu perhatikan. Misalnya seperti biaya pajak bandara, ketentuan biaya bagasi, hingga pemilihan kursi. Memang ada maskapai penerbangan yang memberi bagasi gratis dan menggabungkan airport tax ke tiket, namun ada juga yang tidak.

Jangan sampai kamu terlena dengan kata ‘tiket murah’, tetapi ternyata di ujungnya ada biaya tambahan lain yang harus kamu bayar sehingga membuat tiket pesawat semakin mahal. Intinya, jangan sampai kamu melakukan kesalahan booking tiket pesawat. Bisa-bisa uang melayang, tiket hangus, dan rencana liburan pun berantakan.

Baca Juga :   Special Fare Singapore Airlines 2019

Merasa tips menghindari kesalahan booking tiket pesawat di atas bermanfaat? Yuk share dan subscribe blog Pergi.com supaya kamu tak perlu bingung lagi mencari tips dan inspirasi liburan. Buktikan kalau kamu adalah Teman Pergi paling asik!