Setelah mendapatkan tiket pesawat murah, kini saatnya mencari tahu lebih banyak serba-serbi penerbangan secara lebih mendalam. Mulai dari mengetahui barang-barang yang dilarang masuk ke kabin pesawat, cara melewati pemeriksaan, hingga cara check in. Bagi kamu yang menyukai hal praktis disarankan melakukan check in online.

tiket pesawat ke bali

Melalui metode ini kamu tidak perlu lagi check in melalui counter lagi. Sudah pasti hemat waktu dan energi. Dalam artikel berikut, Pergi.com telah mengulas langkah-langkah check in online dari berbagai maskapai di Indonesia. Buat kalian yang penasaran, buruan scroll biar tahu informasi lengkapnya ya:

Keuntungan Check In Online

Umumnya, maskapai di Indonesia sudah banyak yang menyediakan fasilitas check in online melalui website masing-masing maskapai. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika memilih check in online dibandingkan check in di counter bandara.

1. Hemat Waktu

Check in online memungkinkan kamu melakukan check in dari mana saja asal terhubung dengan internet. Sesuai kebijakan masing-masing maskapai, kamu bisa check in online hingga 14 hari sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena kamu yang tak perlu buru-buru ke bandara untuk melakukan check in.

2. Menghindari Antrian

Jika check in secara online maka boarding pass akan langsung dikirim ke email dan kamu bisa langsung mencetaknya, Itu berarti penumpang bisa ‘say goodbye‘ sama antrian di depan counter check in yang kadang super mengantri. Boarding pass ini tinggal dibawa ke gate keberangkatan untuk ditunjukkan ke petugas sebelum memasuki pesawat.

3. Lebih Mudah Beli Add-On

Beberapa maskapai memiliki add-on yang bisa dibeli saat online check in. Misalnya saja membeli tempat duduk favorit, asuransi perjalanan hingga makanan di dalam pesawat. Selain lebih mudah, pemesanan add-on saat check in online biasanya juga mendapatkan diskon spesial lho!

Check in Online Maskapai Indonesia

Keuntungan check in online sudah diketahui sekarang giliran untuk lihat bagaimana aturan check in online dari berbagai maskapai di Indonesia.

1. Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia menyediakan fasilitas check in online melalui website maupun mobile. Aturan check in online Garuda Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Web check in hanya dilakukan melalui website Garuda Indonesia
  • Web check in Garuda Indonesia bisa dilakukan dari 24 jam hingga 4 jam sebelum jam keberangkatan
  • Khusus untuk keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) untuk penerbangan domestik, waktu check in online adalah 24 jam hingga 2 jam sebelum waktu keberangkatan.
  • Check in online tidak berlaku bagi penumpang dibawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk, penumpang yang membutuhkan bantuan khusus, seperti ibu hamil, penumpang dengan disabilitas, penumpang dibawah 12 tahun yang terbang sendiri dan sebagainya, penumpang group boking yang lebih dari 9 orang dan penumpang dengan tiket ID staff

2. AirAsia

airasia airlines

diskon 1 juta pergi.com

Maskapai berbiaya rendah asal Malaysia, check in online AirAsia juga memiliki peraturan tersendiri.

  • Web check in bisa dilakukan 14 hari hingga 1 jam sebelum waktu keberangkatan
  • Check in online tidak dibenarkan bagi penumpang hamil, bepergian dengan bayi, penumpang berkebutuhan khusus, penumpang yang sakit, penumpang yang berusia dibawah 16 tahun dan bepergian sendiri, serta penumpang yang group booking dengan lebih dari 9 orang.

3. Citilink

citilink airlines

Maskapai anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink juga menyediakan fasilitas web check in untuk memudahkan para calon penumpangnya.

  • Web check in hanya dilakukan melalui website Citilink
  • Bisa dilakukan mulai 14 hari hingga 5 jam sebelum waktu keberangkatan

Lion Air

maskapai lion air

Maskapai berbiaya rendah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, Lion Air juga memberikan layanan online check in untuk memudahkan para calon penumpangnya dalam melakukan check in.

  • Web check in hanya dilakukan melalui website Lion Air
  • Hanya bisa dilakukan 24 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan
  • Bisa terjadi gagal booking dikarenakan tingginya traffic check in dikarenakan singkatnya waktu check in yang tersedia, namun kamu bisa terus mencoba hingga check in berhasi

5. Batik Air

maskapai batik air

Maskapai full service Batik Air dari Lion Group ini juga menawarkan fasilitas check in online untuk para penumpangnya.

  • Web check in hanya dilakukan melalui website Batik Air
  • Sama seperti Lion Air, waktu check in online Batik Air hanya 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan

6. Sriwijaya Air dan NAM Air

sriwijaya air

Maskapai yang tergabung dalam Sriwijaya Air Group ini juga memiliki ketentuan untuk check in online.

  • Web check in hanya dilakukan melalui website Sriwijaya Air group
  • Waktu check in adalah dari 24 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan