Penumpang pesawat harus melewati pemeriksaan bandara sebelum diizinkan terbang. Hal ini merupakan standar keamanan penerbangan yang diterapkan di setiap negara. Alat pemindai dan metal detector akan digunakan petugas bandara untuk memeriksa barang bawaan penumpang.

Proses melewati pemeriksaan bandara ini bisa berlangsung cepat, bisa juga tidak. Hal ini bisa membuang waktu, apalagi jika kamu ingin buru-buru check-in agar tak ketinggalan pesawat. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa melewati pemeriksaan di bandara dengan cepat dan efektif? Inilah 10 tips melewati pemeriksaan bandara secara efektif yang bisa kamu terapkan.

1. Kemas Barang Bawaan dengan Cara Ini

Tips Efektif Melewati Pemeriksaan Bandara

Sumber: Pixabay


Tips melewati pemeriksaan bandara secara efektif yang pertama adalah mengemas bawaan dengan tepat. Caranya dengan mengelompokkan barang bawaan sesuai jenis. Pisahkan setiap kelompok barang di bagian tas yang berbeda. Hal ini akan memudahkan petugas saat memeriksa barang bawaanmu. Pemeriksaan di bandara pun semakin cepat dan efektif, deh!

Jangan lupa, cukup bawa barang penting dan dibutuhkan saja saat traveling. Lumayan untuk menghemat ruang dan biaya bagasi maskapai.

2. Datanglah di Waktu Berikut

Tips Efektif Melewati Pemeriksaan Bandara

Sumber: Pixabay


Supaya pemeriksaan bandara bisa berjalan lancar dan cepat, datanglah lebih awal. Waktu luang ini bisa kamu gunakan untuk mengecek barang bagasi serta mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

3. Pilih Antrean yang Seperti Ini

tips-efektif-melewati-pemeriksaan-bandara

Sumber: Pexels


Baca Juga :   [INFOGRAFIS] Smart Money Traveler: Cara Traveling Murah Tanpa Budget Besar

Saat akan melewati pemeriksaan bandara, calon penumpang akan mengantre di depan alat pemindai. Biasanya, setiap bandara dilengkapi dengan jumlah metal detector yang banyak.

Pilih area pemeriksaan yang tidak banyak jumlah antreannya dan tidak banyak anak-anak. Pilih juga antrean yang orangnya tidak membawa bagasi terlalu banyak. Lakukan ini supaya kamu tidak perlu mengantre terlalu lama karena orang di depan belum siap atau memiliki terlalu banyak barang yang harus diletakkan di mesin pemindai.

4. Siapkan Dokumen Penting untuk Melewati Pemeriksaan Bandara

Cara Mengurus Paspor Beda Domisili

Sumber: Instagram seventhcreation


Tips melewati pemeriksaan bandara secara cepat lainnya adalah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Setiap penumpang yang ingin melakukan penerbangan wajib menunjukkan identitas diri, paspor, serta boarding pass. Siapkan dokumen tersebut di satu tempat yang mudah dikeluarkan. Pemeriksaan bandara pun bisa semakin cepat dan efektif dengan cara ini.

5. Lepas Barang-Barang Ini Saat Melewati Metal Detector

tips-efektif-melewati-pemeriksaan-bandara

Sumber: Pxhere


Apabila kamu memakai jaket atau tali pinggang, ada baiknya lepaskan terlebih dahulu kedua item tersebut sebelum melewati metal detector. Letakkan jaket maupun tali pinggang di baki sebelum melewati pemeriksaan di bandara. Perhiasan, telepon seluler, dan anting juga sebaiknya dilepas saat ingin melewati metal detector.

Kamu bisa kembali memakainya kembali jika sudah berada di boarding room. Daripada harus diperiksa petugas dan melewati alat pemindai dua kali, lebih baik lepaskan benda-benda tersebut sebelum melewati pemeriksaan bandara.

Baca Juga :   Mau Tiket Pesawat Murah? Ikuti 6 Cara Ini

6. Tips Melewati Pemeriksaan Bandara: Pakai Tas kecil

tips-efektif-melewati-pemeriksaan-bandara

Sumber: Pexels


Saat ke bandara, ada baiknya kamu menyimpan tiket, paspor, dan dokumen penting lainnya di satu tas kecil. Simpan juga smartphone dan aksesori di dalam tas tersebut agar tak menghambat proses melewati pemeriksaan barang di bandara.

Jangan coba-coba mengantongi smartphone saat melewati metal detector karena kamu pasti akan disuruh meletakkan smartphone di keranjang kecil yang tersedia dan melewati metal detector sekali lagi. Hal ini tentu akan membuang waktu. Letakkan saja semua barang penting di tas kecil maka kamu bisa melewati metal detector dengan cepat.

7. Jangan Membungkus Paket

Tips Efektif Melewati Pemeriksaan Bandara

Sumber: Pixabay


Jika petugas ingin memeriksa paket yang kamu bawa, mereka akan membuka bungkus paket tersebut. Penumpang mau tak mau harus menerima tindakan un-wrapping package tersebut dengan hati lapang. Untuk itu, lebih baik gunakan tas kecil atau goodie bag untuk membungkus paket. Merapikan kembali paket yang telah dibuka petugas bisa membuat waktu berhargamu terbuang percuma.

8. Simpan Barang Terlarang di Bagasi

tips-efektif-melewati-pemeriksaan-bandara

Sumber: Pexels


Barang terlarang yang dimaksud adalah barang-barang yang tidak boleh dibawa ke bagasi kabin, seperti gunting, pisau, dan benda tajam lainnya.

Selain itu, jangan membawa benda cair di atas berat yang diperbolehkan, yaitu 100 ml.

Baca Juga :   Tips dan Trik Pergi Traveling Meski Gaji Kecil, Buktikan!

Jika mesin pemindai menemukan barang terlarang dalam tas kamu, petugas biasanya akan membongkar tas atau paling tidak menyita barang tersebut. Proses ini tentu akan menyita waktu! Ada baiknya barang-barang tersebut diletakkan saja di bagasi daripada dibawa ke kabin.

9. Siapkan Semua Keperluan Anak dalam Satu Wadah

Tips Efektif Melewati Pemeriksaan Bandara

Sumber: Pixabay


Sebelum memasuki metal detector, keluarkan bayi kamu dari strollers. Gendong bayimu saat melewati metal detector. Biarkan strollers dan gendongan bayi masuk ke mesin X-ray bersama dengan barang lain. Jika bisa, lipat dorongan bayi sebelum melewati metal detector.

Pisahkan semua keperluan bayi atau anak dalam satu wadah khusus semenjak dari rumah. Ini untuk memudahkanmu saat melewati pemeriksaan bandara. Jangan sampai waktumu terbuang percuma karena lupa memisahkan barang anak dari bagasi tercatat. Bisa-bisa, antrean pemeriksaan bagasi menjadi terhambat karena kamu.

10. Jangan Bertingkah Mencurigakan

Tips Efektif Melewati Pemeriksaan Bandara

Sumber: Pixabay


Bersikaplah biasa dan sopan. Hindari bercanda terlalu berlebihan, berkata tidak pantas, atau membuat ancaman. Sikap-sikap seperti itu bisa membuatmu menjadi lebih lama saat melewati pemeriksaan bandara. Tips melewati pemeriksaan bandara ini wajib dilakukan supaya kamu tidak terlibat masalah.

Itulah tips melewati pemeriksaan bandara secara efektif dan cepat yang wajib kamu ketahui. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke luar negeri di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!