Kini, membeli tiket pesawat sangat mudah dan cepat karena bisa dilakukan siapa dan di mana saja secara online. Walaupun begitu, kesalahan mengisi data masih saja sering terjadi. Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah salah gender di tiket pesawat.

Salah gender di tiket pesawat biasanya terjadi karena kurang hati-hati atau terlalu terburu-buru saat memesan tiket pesawat online. Bahkan tak hanya salah gender, banyak juga kasus salah mengisi nama sehingga berbeda dengan KTP dan paspor.

Untuk kasus kesalahan ringan seperti salah gender di tiket pesawat, ada kalanya petugas bandara masih memberikan toleransi dan kelonggaran, terutama untuk rute domestik. Namun untuk rute internasional, salah gender sangat riskan dan ada kemungkinan akan ditahan di imigrasi karena perbedaan data.

Meskipun untuk rute domestik kasus salah gender di tiket pesawat masih bisa ditoleransi, memperbaiki salah gender di tiket pesawat tetap harus dilakukan agar perasaan lebih tenang. Daripada untung-untung buah manggis, segera lakukan perbaikan jika kamu sadar telah salah mengisi kolom gender di tiket pesawat. Daripada ternyata tidak diizinkan terbang dan tiket hangus, kan?

Baca Juga :   5 Tips Aman Beli Tiket Pesawat Online

Solusi terbaik adalah segera melakukan pengubahan data dengan menghubungi maskapai yang digunakan. Perbaikan data gender yang salah tersebut bisa dilakukan dengan ketentuan dan biaya tertentu.

Cara memperbaiki salah gender di tiket pesawat adalah langsung menghubungi call center maskapai terkait dan biasanya dikonfirmasi oleh agen travel yang digunakan. Bisa juga dengan menghubungi maskapai lewat media sosial atau mengunjungi langsung kantor maskapai. Customer service maskapai akan membantumu mengubah data dan mengirim tiket yang sudah diperbaiki melalui email atau berupa tiket fisik.

Cara Memperbaiki Salah Gender di Tiket Pesawat

Sumber: Instagram karlaesthetic


Berikut adalah informasi call center dan media sosial berbagai maskapai di Indonesia untuk memperbaiki salah gender di tiket pesawat. Sebelumnya, jangan lupa siapkan nama lengkap dan nomor pembelian tiket atau kode booking, ya.

1. Lion Air

Untuk memperbaiki salah gender di tiket pesawat Lion Air, silakan hubungi salah satu kontak berikut:

Call Center Lion Air: 0804 177 8899
Twitter: @lionairgroup

Baca Juga :   Aturan Bea Masuk Oleh-Oleh dari Luar Negeri

2. Garuda Indonesia

Untuk memperbaiki salah gender di tiket pesawat Garuda Indonesia, kamu bisa langsung datang ke kantor penjualan tiket Garuda Indonesia terdekat. Bisa juga dengan menghubungi salah satu kontak berikut:

Call Center Garuda Indonesia: 0804 180 7807
Twitter: @IndonesiaGaruda

3. Citilink

Silakan hubungi layanan pelanggan Citilink untuk mengubah salah gender pada tiket pesawat kamu.

Call Center Citilink: 0804 108 0808
Twitter: @Citilink

4. AirAsia

Untuk memperbaiki salah gender di tiket pesawat AirAsia, siapkan nomor booking tiket dan hubungi salah satu kontak berikut:

Call Center AirAsia: (021) 29270999
Twitter: @airasia_indo

5. Batik Air

Perbaiki kesalahan gender pada tiket pesawat Batik Air dengan menghubungi layanan pelanggan di salah satu kontak berikut:

Call Center Batik Air: (021) 63798000
Twitter: @BatikAirINA

6. Sriwijaya Air

Hubungi call center Sriwijaya Air untuk memperbaiki salah gender di tiket pesawat.

Call Center Sriwijaya Air: 0804 177 7777 & (021) 29279777
Twitter: @SriwijayaAir

7. NAM Air

Apabila ingin memperbaiki salah gender di tiket pesawat NAM Air, hubungi layanan pelanggan berikut ini.

Baca Juga :   Suka Nunda Traveling? Siap-Siap Kehilangan 5 Keuntungan Ini

Call Center NAM Air: (021) 29279777 & 0804 1777 777
Twitter: @SriwijayaAir

8. Wings Air

Perbaiki kesalahan gender di tiket pesawat Wings Air dengan menghubungi kontak berikut.

Call Center Wings Air: (021) 6379 8000 atau 0804 177 8899
Twitter: @lionairgroup

Harap diingat, sebagian besar maskapai Indonesia memberlakukan biaya tambahan untuk melakukan pengubahan gender atau nama. Jadi, jangan kaget kalau kamu diminta sejumlah biaya ketika ingin mengoreksi kesalahan gender di tiket pesawat, ya!

Tips Agar Tidak Salah Mengisi Kolom Gender di Tiket Pesawat

1. Selalu cek ketika melakukan pemesanan tiket. Kalau perlu, minta bantuan orang lain untuk membantu cek
2. Jangan pesan tiket terburu-buru supaya tidak melakukan kesalahan pengisian data

Itulah cara mengubah salah gender di tiket pesawat. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Tinggalkan komentar jika kamu punya pertanyaan, pengalaman, maupun pendapat soal artikel ini. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke destinasi impianmu di Pergi.com, ya. Pergi yuk!