Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang disebut-sebut sebagai surga karena keindahannya. Salah satunya adalah Belitung, sebuah pulau cantik yang sangat cocok dikunjungi untuk kabur sejenak dari segala rutinitas. Liburan ke Belitung menjadi begitu istimewa karena panorama alamnya yang unik dan begitu mengagumkan.

Buat Teman Pergi yang sedang berencana liburan ke Belitung, cari tahu dulu yuk informasi terbaru tentang Belitung. Mulai dari cara menuju ke sana, transportasi selama di sana, serta waktu terbaik liburan ke Pulau Belitung di tahun 2019.

1. Cara Menuju ke Belitung

Cara, Transportasi, dan Waktu Terbaik Liburan ke Belitung Terbaru

Sumber: Unsplash


Ada beberapa alternatif dan cara menuju Belitung yang bisa kamu pilih. Cara ke Belitung yang paling disukai tentu saja naik pesawat terbang karena dianggap lebih mudah dan praktis. Belilah tiket pesawat ke Tanjung Pandan di Pergi.com karena ada banyak promo menarik yang bisa Teman Pergi pilih.

Penerbangan dari Jakarta ke Tanjung Pandan (Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin) memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan penerbangan langsung. Pilihan maskapai yang bisa Teman Pergi naiki menuju Belitung juga beragam, mulai dari Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, hingga Garuda Indonesia. Ketahui biaya kelebihan bagasi maskapai Indonesia untuk pertimbangan kamu.

Panduan Lainnya :  Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok untuk Pertama Kali!

2. Panduan Transportasi di Pulau Belitung 2019

Cara, Transportasi, dan Waktu Terbaik Liburan ke Belitung Terbaru

Sumber: Flickr


Transportasi di Belitung tidak ribet kok, apalagi pulau ini juga tidak terlalu luas. Berikut adalah rincian moda transportasi di Belitung yang bisa kamu gunakan.

a. Taksi di Belitung

Buat kamu yang mageran dan termasuk anak sultan, pilihan paling nyaman tentu saja menggunakan taksi untuk bepergian ke berbagai destinasi menarik di Belitung. Layanan taksi resmi di Pulau Belitung yang menggunakan argo adalah Street Taxi Belitung. Jika ingin dijemput di bandara, kamu bisa reservasi terlebih dahulu dengan memberitahukan jadwal kedatangan. Teman Pergi juga bisa naik taksi bandara, namun biayanya jauh lebih mahal.

b. Panduan Naik Angkot di Belitung

Belitung merupakan destinasi favorit untuk liburan akhir tahun di Indonesia. Kalau mau ongkos transportasimu selama di Belitung lebih hemat dan murah, kamu bisa menggunakan angkot. Namun, angkutan umum di Belitung jumlahnya belum sebanyak di Pulau Jawa.

c. Sewa Motor Selama Liburan di Belitung

Supaya lebih praktis, kamu dapat menyewa motor yang banyak disediakan di sekitar area wisata dan penginapan.

d. Ojek Online atau Mobil Sewaan

Kamu juga bisa memesan transportasi melalui ojek online yang mulai banyak di Belitung. Di Belitung juga banyak yang menyediakan jasa penyewaan mobil pribadi.

Panduan Lainnya :  Terkuak! Strategi Cara Dapat Tiket Pesawat Murah

e. Bus Antarkota

Pulau Belitung juga punya bus antarkota yang menghubungkan Kota Tanjung Pandan dengan kota lainnya, seperti Kota Manggar. Bus ini berangkat dari Tanjung Pandan ke Manggar melewati Kota Kelapa Kampit. Ada juga bus yang melewati Kota Dendang. Alternatif transportasi ini bisa kamu manfaatkan jika tidak hanya berniat jalan-jalan di Tanjung Pandan saja.

3. Waktu Terbaik untuk Liburan di Belitung

Cara, Transportasi, dan Waktu Terbaik Liburan ke Belitung Terbaru

Sumber: Unsplash


Sebelum memutuskan untuk traveling ke pulau ini, kamu harus tahu waktu terbaik untuk liburan ke Belitung. Menurut data, wisatawan yang liburan di Belitung kebanyakan datang dari domestik, bukan mancanegara. Alasannya simpel saja, karena destinasi wisata Belitung sangat menarik untuk dikunjungi dan lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Pulau Jawa.

Liburan ke Belitung umumnya berfungsi sebagai weekend getaway yang seru. Jadi, pengunjung di sini akan ramai menjelang akhir pekan. Tapi, ceritanya akan berbeda kalau sedang liburan sekolah. Lalu, sebenarnya kapan ya waktu terbaik untuk menikmati keindahan Belitung? Inilah penjelasannya.

a. April–Oktober (Musim Kemarau)

Di rentang bulan April sampai Oktober, kondisi Pulau Belitung cukup berangin karena sedang musim kemarau. Pada periode ini, kamu bisa puas melihat dan menjelajah pulau-pulau kecil yang sangat indah di Belitung. Jangan lupa siapkan perlengkapan yang wajib dibawa saat traveling, seperti obat-obatan supaya tidak mudah mabuk laut atau masuk angin.

Panduan Lainnya :  4 Wisata Bogor untuk Liburan Singkat Bareng Keluarga

b. November–Maret (Musim Hujan)

November hingga Maret, kondisi angin di Belitung jauh lebih ramah. Namun, curah hujan pada periode ini cukup tinggi sehingga dapat mengganggu aktivitas liburanmu di Belitung. Biasanya hujan akan turun pada sore hari. Bawalah semprotan atau lotion anti serangga supaya kamu tidak digigit nyamuk selama liburan ke Belitung.

c. Hindari Liburan di Belitung pada Bulan Juni/Juli karena…

Juni dan Juli adalah waktunya liburan sekolah. Jadi dalam periode ini, Belitung akan cukup ramai dikunjungi wisatawan. Jika kamu tak masalah dengan padatnya turis, silakan liburan ke sini pada bulan Juni atau Juli.

Sekarang kamu sudah tahu cara, transportasi, serta waktu terbaik Liburan Belitung. Semakin tak sabar bukan untuk segera liburan di pulau cantik ini? Buruan pesan tiket pesawat ke Belitung sekarang juga di Pergi.com! Cek juga inspirasi traveling lainnya di blog kami supaya liburanmu semakin terencana. Pergi yuk!

Pesan Tiket ke Belitung