Japanese cherry blossom atau bunga sakura telah lama dikagumi oleh semua orang di dunia. Saat musim semi tiba, jutaan orang akan berbondong-bondong datang ke Jepang hanya untuk melihat keindahan bunga sakura. Selain cantik, sakura juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan simbol sebuah harapan.

Tak hanya turis asing yang ingin melihat festival bunga sakura, tapi juga penduduk asli Jepang sendiri. Mereka sangat menantikan jadwal musim sakura Jepang tahun 2019. Pada saat sakura mekar, mereka akan berpiknik sambil menggelar tikar di bawah pohon sakura. Tradisi ini dinamakan “hanami” dan telah lama dilakukan secara turun temurun.

Perhatikan 2 Hal Ini Sebelum Melihat Sakura di Jepang

Jadwal Musim Sakura Jepang 2019

Sumber: Instagram 83_0531


Apabila kamu memiliki rencana untuk melihat musim sakura Jepang di tahun 2019 ini, ada dua hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, di mana tempat terbaik melihat bunga sakura. Kedua, kapan waktu terbaik melihat sakura di Jepang. Jangan sampai kamu datang hanya untuk melihat pohon sakura yang telah gundul. Perhatikan pula bahwa Jepang telah memberlakukan Sayonara Tax.

Harap diingat, bunga sakura hanya mekar dalam waktu singkat. Kurang lebih membutuhkan 1 minggu untuk mekar penuh dan akan gugur setelah 1 minggu kemudian. Namun, semua itu masih tergantung dengan kondisi cuaca. Jika berangin atau hujan, sakura bisa lebih cepat rontok alias gugur. Selain itu, tak semua sakura di Jepang kompak mekar di waktu yang bersamaan.

Semua tempat untuk melihat sakura di Jepang memiliki kelebihan masing-masing. Kamu tinggal menentukan destinasi mana yang paling disukai. Atau bisa juga berkeliling dari satu destinasi ke destinasi lain menggunakan kereta maupun transportasi lainnya.

Ketika sudah memutuskan tempat wisata yang menurutmu paling bagus untuk melihat musim sakura Jepang, saatnya mencari tahu waktu terbaik untuk melihat sakura di daerah tersebut. Nah agar perjalanan liburan ke Jepang menjadi lebih mudah, lihat penjelasan jadwal lengkap musim bunga sakura Jepang tahun 2019 di bawah ini!

Kapan Bunga Sakura Mulai Mekar di Jepang?

Jadwal Musim Sakura Jepang 2019

Sumber: Instagram jami800114-min


Waktu terbaik melihat sakura di Jepang berbeda-beda tergantung wilayahnya. Apabila musim dingin mulai berakhir di suatu tempat, mekarnya bunga sakura bisa lebih cepat dibandingkan wilayah lain. Mekarnya bunga cantik ini biasanya dimulai dari wilayah Jepang bagian selatan kemudian menjalar sampai ke daerah utara.

Baca Juga :   10 Tempat Belanja Murah Seoul yang Wajib Dikunjungi

Dari yang sudah-sudah, Pulau Okinawa selalu menjadi daerah pertama di mana sakura mulai mekar. Pengaruh angin, suhu, serta hujan dapat menyebabkan bunga sakura muncul lebih awal atau lebih lambat dari tahun sebelumnya. Cuaca juga dapat mempengaruhi lama tidaknya musim mekar sakura di Jepang.

Umumnya musim sakura dimulai sejak akhir Maret sampai dengan awal April. Namun, banyak juga sakura yang mulai mekar pada awal Januari di beberapa daerah di Jepang. Tapi dalam beberapa tahun ke belakang, musim sakura Jepang semakin panjang sampai dengan bulan Mei di wilayah utara Jepang.

Bunga sakura pertama yang muncul disebut sebagai “kaika”. Puncaknya disebut “mankai”, yaitu pada saat sebagian besar pohon telah dipenuhi bunga yang mekar. Puncak mekar sakura terjadi dalam waktu sekitar satu minggu semenjak bunga pertama mulai mekar.

Jadwal Sakura Mekar di Berbagai Kota di Jepang

Perkiraan jadwal musim sakura Jepang didapatkan berdasarkan perhitungan data tahun-tahun sebelumnya yang dikumpulkan oleh Japan Weather Association. Jadwal musim sakura Jepang 2019 diperkirakan akan lebih cepat dibandingkan tahun lalu, baik di bagian tengah maupun selatan Jepang. Segera siapkan atau buat paspor agar bisa liburan ke Jepang.

Jadwal Lengkap Musim Sakura Jepang 2019-11

Sumber: Japan Meteorological Corporation


Untuk lebih lengkapnya, inilah jadwal sakura mekar di Jepang berdasarkan pengumuman dari Japan Meteorological Corporation yang dikeluarkan pada 7 Februari 2019.

Jadwal Lengkap Musim Sakura Jepang 2019

Jadwal Lengkap Musim Sakura Jepang 2019


Bunga sakura akan mulai mekar di wilayah Kochi, Fukuoka, dan Hiroshima pada pertengahan sampai akhir maret. Suhu tahun ini naik lebih awal sebagai pertanda musim semi telah tiba. Setelah itu, bunga sakura akan mekar sampai awal Mei di Hokaido.

Awal mula sakura mekar sedikit lebih cepat dibandingkan rata-rata tahun sebelumnya. Misalnya di Prefektur Hokaido, tepatnya di Kota Sapporo, estimasi bunga sakura mulai mekar pada tanggal 4 Mei 2019. Sehari lebih cepat dibandingkan rata-rata tahun sebelumnya, yaitu 3 Mei.

Jadwal musim sakura datang lebih cepat dia Prefektur Nagano dan Hiroshima, yakni selisihnya 5 hari dari tahun sebelumnya. Di Nagano, bunga sakura mulai mekar pada tanggal 8 April, sedangkan biasanya baru mekar pada tanggal 13 April. Bunga sakura mulai mekar di Hiroshima pada 22 Maret, sedangkan rata-rata tahun sebelumnya baru mekar pada 27 Maret.

Baca Juga :   14 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Tempat Terbaik Melihat Musim Sakura Jepang 2019

Di mana tempat terbaik untuk menikmati sakura Jepang 2019? Lihatlah dalam gambar di bawah ini.

WAKTU DAN TEMPAT TERBAIK MELIHAT BUNGA SAKURA 2019

Sumber: Japan Rail Pass


Berdasarkan jrailpass.com, ada 10 destinasi terbaik untuk melihat bunga sakura, yaitu Fukuoka, Hiroshima, Tokyo, Okayama, Yamanashi, Nara, Osaka, Nagano, Fukushima, dan Aomori.

1. Fukuoka, Nishi Park (22 Maret-30 Maret)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram zhaoliuliu1982


Fukuoka terletak di pesisir utara Pulau Kyushu. Di kota ini terdapat banyak istana klasik, pantai, dan pusat perbelanjaan. Lokasi terbaik untuk menyaksikan pemandangan bunga sakura di Fukuoka adalah Nishi Park, Atago Shrine, Kastil Fukuoka, dan Uminonakamichi Seaside Park. Sakura akan mulai berbunga pada tanggal 22 Maret, lalu akan mekar penuh pada 30 Maret.

2. Hiroshima, Peace Memorial Park (23 Maret-14 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram juniwise


Sakura mulai berbunga pada tanggal 23 Maret dan akan mekar penuh pada tanggal 14 April di Hiroshima. Kunjungilah Hiroshima Peace Memorial Park untuk memandangi keindahan bunga sakura. Tempat bersejarah bagi bangsa Jepang ini dibangun untuk mengenang dan menghormati korban bom Hiroshima. Kamu bisa menemukan museum, monumen, taman yang hijau, dan reruntuhan bangunan dari masa silam di sini.

3. Tokyo, Shinjuku Gyoen (24 Maret-31 Maret)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram jude_off_duty


Ada banyak lokasi di Tokyo yang bisa digunakan untuk menikmati hanami, seperti Shinjuku Gyoen, Yoyogi Park, Meguro, Aoyama Cemetry, dan Ueno Park. Sakura di Tokyo akan mulai berbunga pada tanggal 24 Maret dan mekar penuh pada 31 Maret.

4. Okayama, Okayama Korakuen (25 Maret-2 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram rachelenjoylife


Datangilah Okayama Korakuen untuk melihat sakura terbaik di Okayama. Korakuen merupakan satu dari tiga taman terbaik di Jepang, lengkap dengan hamparan rumput hijau luas, bunga-bunga indah, arsitektur tradisional, dan ikan koi besar. Sakura mulai berbunga dari tanggal 25 Maret dan akan mekar penuh pada 2 April.

5. Yamanashi, Chureito Pagoda (26 Maret-3 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram et.and.me


Chureito Pagoda adalah pagoda lima lantai yang menjadi spot favorit untuk memfoto Gunung Fuji. Tempat wisata di Yamanashi ini menjanjikan pemandangan spektakuler. Kamu akan mendapatkan foto yang keren, lengkap dengan Gunung Fuji, pagoda yang indah, serta sakura yang bermekaran. Di Yamanashi, sakura akan mulai berbunga pada tanggal 26 Maret dan mekar penuh pada 3 April.

Baca Juga :   Liburan di Bali Saat Nyepi? Coba 7 Kegiatan Seru Ini

6. Nara, Mount Yoshino (27 Maret-3 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram alexander_seiji


Gunung Yoshino di selatan Kota Nara terkenal dengan pemandangan sakura yang sangat indah. Kamu bisa menikmati lebih dari 30 ribu pohon sakura di sini. Sakura akan mulai berbunga pada tanggal 27 Maret. Kemudian akan mekar penuh pada 3 April.

7. Osaka, Expo ’70 Commemorative Park (27 Maret-3 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram maiso.n7


Sama dengan kawasan Nara, di Osaka sakura juga akan mulai berbunga pada tanggal 27 Maret dan mekar penuh pada 3 April. Untuk melihat sakura di Osaka, datangilah Expo ’70 Commemorative Park. Taman di Suita ini berada di utara Osaka. Memiliki luas 264 hektar, Expo ’70 Park memiliki patung ikonik yang disebut ‘Taiyo-no-zou’ dengan bentuk patung matahari.

8. Nagano, Takato Castle Park (9 April-14 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram hayakarikun


Nagano merupakan sebuah kota di Jepang yang memiliki banyak sejarah. Musim bunga sakura di Nagano akan dimulai dari tanggal 9 April dan mulai mekar penuh pada 14 April. Tempat wisata yang direkomendasikan adalah Takato Castle Park. Bunga sakura di kastil ini adalah jenis sakura yang sangat unik dan terkenal di seluruh Jepang.

9. Fukushima, Miharu Takizakura (23 April-26 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram libase123


Musim bunga sakura Jepang di wilayah Fukshima tidak akan berlangsung lama. Pohon akan mulai berbunga pada tanggal 23 April dan Mekar penuh pada 26 April. Tempat terbaik melihat sakura di Fukushima adalah Miharu Takizakura. Di sini terdapat pohon sakura berumur lebih dari 1000 tahun dari jenis sakura merah dahan bergantung.

10. Aomori, Hirosaki Castle Park (24 April-30 April)

Tempat Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sumber: Instagram ciramisu


Pohon sakura akan mulai berbunga pada tanggal 24 April di kawasan Aomori. Pada tanggal 30 April, bunga akan mulai mekar penuh. Datangilah Horosaki Castle Park, salah satu satu tempat terbaik di Jepang untuk melihat bunga sakura. Di tempat ini terdapat sekitar 2.500 pohon sakura!

Pesan Tiket ke Jepang

Itulah perkiraan jadwal musim sakura Jepang 2019 beserta tempat terbaik untuk melihat sakura. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Tinggalkan komentar jika kamu punya pertanyaan, pengalaman, maupun pendapat soal artikel ini. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Jepang di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!