Berbeda dengan Amerika dan 75 negara lainnya yang merayakan Hari Ibu setiap hari Minggu di pekan kedua bulan Mei, Indonesia merayakan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember. Perayaan ini untuk menghargai peran dan jasa seorang ibu pada keluarganya.

Biasanya cara merayakannya dengan cara membebastugaskankan ibu dari hal yang ‘dianggap’ merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Pokoknya, di hari tersebut ibu bisa bersantai sejenak dan menerima perhatian lebih dari keluarga.

diskont tiket sriwijaya air

Tak ada salahnya memberikan treatment spesial untuk ibu, mertua, maupun istri di Hari Ibu tahun ini. Misalnya, mengajaknya berlibur ke salah satu rekomendasi tempat wisata keluarga berikut! Dijamin, mereka pasti sangat bahagia.

1. Menikmati Indahnya Kota Batu, Malang

wisata-keluarga-hari-ibu-malang by Instagram ratih_meyrina-min

Sumber: Instagram ratih_meyrina


Kota Batu, Malang bisa jadi pilihan wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi, banyak destinasi favorit yang ramah anak sehingga bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Tempat wisata keluarga ramah anak di Kota Batu misalnya Taman Kelinci Pujon. Di sini terdapat rumah hobbit unik serta fasilitas lainnya seperti taman kelinci, Kampoeng Cafe, pondok susu olahan, homestay, serta taman kelinci. Bahkan, tempat ini memiliki latar Gunung Kawi dan Gunung Arjuno yang sangat indah. Wisata ramah anak lainnya di Kota Batu adalah Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular.

Jika tak mengajak anak kecil dalam perjalananmu, kamu bisa mendatangi Coban Talun, sebuah wisata alam yang super instagramable. Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, yakni hanya Rp10.000. Jangan lupa kunjungi juga Paralayang Area, Omah Kayu, Coban Putri, Coban Rais, Goa Pinus Gunung Banyak, dan Taman Langit yang tak kalah indahnya.

2. Menambah Kehangatan Keluarga di Yogyakarta

wisata-keluarga-hari-ibu-yogyakarta by Instagram william_louis-min

Sumber: Instagram william_louis


Yogyakarta tampaknya masih menjadi pilihan utama sebagai rekomendasi tempat wisata keluarga. Selain pilihan wisatanya yang banyak dan murah, keindahan Yogyakarta juga sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Tempat wisata Yogyakarta yang wajib dikunjungi misalnya Umbul Ponggok Klaten, Pantai Pok Tunggal, Goa Kalisuci, dan Candi Prambanan.

Jika mencari wisata Yogyakarta murah meriah, kamu bisa mendatangi Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Baron, Pantai Kukup, Wisata Kalibiru Kulon Progo, Candi Ijo, Jurang Tambelan, Pantai Krakal, atau Hutan Pinus Mangunan. Tiket masuk semua tempat wisata tersebut sangat terjangkau, rata-rata Rp5000.

Untuk kamu yang tak punya banyak waktu dan hanya ingin berjalan-jalan di sekitar Stasiun Yogya, kamu bisa mendatangi Taman Sari, Malioboro, Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Titik Kilometer O Jogja, Taman Pintar, dan Taman Budaya Yogyakarta. Pada malam harinya, kamu bisa melipir menikmati keindahan Alun-Alun Kidul, Taman Pelangi Monjali, Bukit Bintang Patuk, dan mengunjungi kafe lucu di Jalan Prawirotaman.

3. Liburan Singkat di Bandung

wisata-keluarga-hari-ibu-bandung by Instagram fahmiilhamw-min

Sumber: Instagram fahmiilhamw


Jika tak ingin bepergian terlalu jauh, kamu bisa mengajak keluarga liburan ke Bandung. Selain penuh dengan kuliner lezat, udaranya yang sejuk juga akan membuat liburanmu semakin nyaman. Stok foto kerenmu juga dijamin akan menumpuk saking banyaknya spot foto instagrambale di Kota Kembang ini.

Di Bandung, kamu wajib mendatangi wisata keluarga Farmhouse Susu Lembang, Kampung Korea (Little Seoul Bandung), Dusun Bambu Family Leisure Park, Trans Studio Bandung, Orchid Forest Cikole, Ranca Upas, dan Rabbit Town. Untuk wisata alamnya, kamu bisa mengunjungi Bukit Senyum, Kawah Putih Ciwidey, Green Kenyot Cikahuripan, Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, dan Taman Lembah Dewata.

diskon tiket pesawat ke luar negeri

4. Mengagumi Lombok Bersama Keluarga

wisata lombok Sumber Instagram ferdinandrau-min

Sumber: Instagram ferdinandrau


Kota Lombok atau yang lebih dikenal dengan Pulau Lombok terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok menawarkan panorama laut yang sangat luar biasa. Jika ke sini, kamu harus mengunjungi Gunung Rinjani yang sangat eksotis. Jika tak sanggup naik gunung, kamu bisa mengunjungi Pantai Kuta Lombok, Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Tanjung Bloam, Gili Nanggu, Pantai Pink, Bukit Malimbu, Air Terjun Mangku Sakti, dan Gunung Tunak.

Jika membawa anak kecil, wisata keluarga alternatif yang bisa kamu kunjungi adalah Rumah Adat Dusun Sade, Taman Narmada, Rinjani Lodge, dan Sumber Air Panas Aik Kalak.

Selain mengunjungi Indonesia, 3 wisata luar negeri di bawah ini juga bisa menjadi alternatif wisata keluarga untuk merayakan Hari Ibu yang spesial.

1. Malaysia

wisata malaysia Sumber Instagram karittg-min

Sumber: Instagram karittg


Negara tetangga yang satu ini memiliki beragam tempat wisata keluarga menarik. Letaknya pun tak jauh dan kamu tidak akan mengalami kendala bahasa. Saat berlibur ke Malaysia, pastikan kamu mengunjungi wisata ramah anak seperti Taman Burung Kuala Lumpur, Aquaria KLCC, Legoland, Hello Kitty Town, Penang Toy Museum, Museum 3D Langkawi, Menara petronas, atau Petrosains.

Untuk rekomendasi wisata lainnya, kunjungilah Batu Caves. Wisata gratis di Malaysia ini merupakan tempat ibadah umat Hindu Tamil yang terletak di dalam gua bukit batu kapur kawasan Gombak, Selangor. Di sini, terdapat patung Dewa Murugan tertinggi di dunia (42,7 meter) yang berlapis emas. Jangan lupa mengenakan pakaian yang sopan jika ke sini. Kamu juga bisa mendatangi Gedung Sultan Abdul Samad, Bukit Bintang, dan Kuil Sri Maha Mariamman bersama keluarga.

2. Singapura

wisata-keluarga-hari-ibu-malaysia by Lina Meisen Photography-min

Sumber: Lina Meisen Photography


Banyak wisatawan dunia menjadikan Singapura sebagai tempat tujuan wisata mereka. Saat ke sini, kamu harus mengunjungi Gardens by The Bay. Taman raksasa seluas 100 hektar ini berada tepat di belakang Marina Bay Sands. Selain itu, kunjungi juga Clarke Quay, Chinese and Japanese Gardens, Orchard Road, Merlion Park, Universal Studios Singapore, Chinatown, Singapore Flyer, Museum Madame Tussauds, Little India, Bugis Street, dan Trick Eye.

Masih banyak tempat wisata Singapura yang menarik. Pastikan kamu sudah merencanakan destinasi wisata yang ingin dikunjungi jauh-jauh hari agar bisa mendatangi banyak tempat sekaligus.

3. Hong Kong

wisata hongkong disneyland Sumber Instagram hkdisneyland-min

Sumber: Instagram hkdisneyland


Kebahagiaan si kecil juga merupakan kebahagiaan ibu. Untuk merayakan Hari Ibu tahun ini, pilihlah Hong Kong sebagai destinasi wisata kali ini. Di sini, kamu bisa mengajak anak bermain di Hong Kong Disneyland. Anak-anak akan senang sekali bertemu dengan tokoh Disney favorit mereka. Wisata keluarga Hong Kong ramah anak lainnya adalah Noah’s Ark Hong Kong, Peak Tram, Tai O, Jumbo Kingdom, Madame Tussauds Hong Kong, Ngong Ping 360, dan The Peak.

Itulah 4 destinasi wisata Indonesia dan 3 tempat wisata mancanegara yang bisa dikunjungi bersama keluarga di Hari Ibu. Mana lokasi favorit yang akan kamu pilih tahun ini? Pesan tiket pesawat di Pergi.com, yuk!

Tinggalkan Pendapatmu