Liburan saat puasa banyak dipilih orang karena menyuguhkan suasana dan pengalaman unik yang berbeda. Setiap daerah memiliki tradisi dan nuansa Ramadan khas masing-masing. Itulah yang dikejar oleh pencinta traveler. Pengalaman sahur di negeri orang, buka puasa bersama warga sekitar, berburu kuliner lokal untuk buka puasa, tentu sangat menyenangkan.

Meski begitu, traveling saat puasa memiliki persiapan yang tak sama seperti wisata di waktu biasa. Supaya ibadah tetap jalan dan bisa liburan tanpa hambatan, ikuti tips liburan saat puasa yang sering dilupakan traveler di bawah ini, yuk!

1. Pilih Destinasi Wisata yang Memiliki Hal Ini

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Instagram dududada_photo


Tips liburan saat puasa yang pertama adalah memilih destinasi muslim friendly. Mengapa demikian? Alasannya adalah untuk memudahkanmu mencari menu berbuka puasa yang halal. Selain itu, suasana Ramadan juga akan lebih terasa di sana sehingga pengalaman puasamu bisa lebih bekesan. Destinasi muslim friendly juga memudahkanmu menemukan tempat ibadah.

2. Perhatikan Waktu Sahur dan Berbuka di Destinasi Liburan

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram sarah_jbll


Cari tahu berapa lama waktu puasa di destinasi liburan puasa terbaik pilihanmu. Terutama jika kamu ingin liburan puasa di luar negeri. Ini penting supaya kamu bisa menyiapkan mental sekaligus menyesuaikan itinerary dengan kondisi lapangan.

Tak semua negara punya waktu sahur dan berbuka yang sama. Untuk itu, jangan lupa unduh aplikasi pengingat jadwal salat, sahur, dan buka puasa.

3. Kunjungi Lokasi Wisata Semampunya

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Pixabay


Puasa bukan halangan untuk melakukan aktivitas. Tapi, bukan berarti kamu bisa melakukan kegiatan yang sama seperti ketika sedang tidak puasa. Tips liburan saat puasa agar berjalan lancar adalah jangan memaksakan diri, semua tetap ada batasannya. Kurangi jumlah destinasi yang akan kamu datangi. Jangan rakus mengunjungi semuanya, supaya tenaga kamu tidak habis.

Tips supaya tidak lelah jalan-jalan saat puasa adalah pilihlah jadwal mengunjungi lokasi wisata saat sore hari. Sekalian ngabuburit!

Baca Juga :   Mau Tiket Pesawat Murah? Ikuti 6 Cara Ini

4. Pastikan Tempat Wisata yang Kamu Datangi Memiliki Fasilitas Ibadah

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Instagram vitamincaffeine


Puasa Ramadan hukumnya wajib dan salat adalah tiang agama. Oleh karena itu, jangan sampai meninggalkan salat meskipun sedang liburan. Browsing fasilitas ibadah di tempat wisata yang akan kamu datangi. Pastikan ada musala atau masjid terdekat supaya kamu tidak kerepotan mencari saat sudah sampai di sana.

Bagaimana kalau tempat wisata yang dikunjungi tidak ada fasilitas ibadahnya? Tidak perlu khawatir, cari saja tempat yang bersih untuk salat. Jangan lupa bawa perlengkapan salat ke mana pun kamu pergi.

5. Hindari Melakukan Aktivitas Ini Ketika Liburan Puasa

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber Instagram mega_indahh


Meski olahraga baik untuk tubuh, jangan memaksakan dirimu saat liburan puasa. Aktivitas liburan seperti naik gunung, berselancar, atau bermain arung jeram sebaiknya dihindari. Aktivitas yang terlalu berat dikhawatirkan membuat ibadah puasamu terganggu karena tenaga terkuras habis.

Lakukanlah aktivitas traveling yang ringan dan santai, seperti jalan-jalan ke museum, tempat bersejarah, kebun binatang, masjid raya, dan lain sebagainya.

6. Bawa Perlengkapan Penting Ini

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Instagram tokonove11


Seperti yang sudah dibahas di atas, membawa perlengkapan ibadah sendiri sangat penting dilakukan saat wisata di tempat liburan. Ini untuk memudahkanmu melakukan ibadah. Selain itu, perlengkapan salat sendiri lebih bersih dan higienis. Supaya tidak berat, bawalah perlengkapan ibadah dengan bahan ringan dan berukuran kecil, contohnya mukena berbahan parasut dan sajadah kain.

Keuntungan lain membawa perlengkapan ibadah sendiri adalah kamu tak perlu mengantre untuk bergantian menggunakan alat salat. Bisa-bisa habis waktu kamu hanya untuk antre!

7. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Unsplash


Tips liburan saat puasa ini seringkali dilupakan traveler karena antusiasme yang berlebihan. Ingat, kamu bepergian untuk wisata, bukan pindahan rumah. Tentukan prioritas dan cukup bawa barang penting untuk traveling saja.

Baca Juga :   20 Tips Liburan Membawa Anak atau Bayi Naik Pesawat

Pilihlah baju yang nyaman dan tidak mudah lecek dengan bahan yang ringan. Pastikan pakaian yang kamu bawa menyerap keringat.

8. Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Unsplash


Tips liburan saat puasa ini sangat penting supaya kamu tidak lemas saat seharian berpuasa. Konsumsilah makanan dengan nutrisi yang baik. Konsumsi juga vitamin untuk menjaga staminamu selama liburan di bulan Ramadan. Kalau sehat dan bugar, bepergian ke sana ke mari pun tidak masalah.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur tidak sulit kok untuk ditemukan. Contohnya apel, telur, kacang-kacangan, nasi merah, oatmeal, olahan ikan, daging ayam, buah-buahan dan sayur, serta kurma.

9. Minum Air Putih Sebanyak…

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Unsplash


Selama puasa, tubuh tidak akan menerima asupan cairan. Hindari mengkonsumsi minuman dengan bahan pengawet, lebih baik minum air putih yang banyak. Supaya tidak dehidrasi, dianjurkan meminum 4 gelas air putih saat berbuka dan 4 gelas lagi saat sahur.

10. Kunjungi Tempat Wisata Malam Hari, Seru!

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Unsplash


Kalau terlalu lelah berkeliling tempat wisata saat siang hari, kamu masih bisa kok melakukannya setelah berbuka puasa. Justru saat Ramadan, banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi saat malam hari.

Ada festival kuliner, pasar malam, serta bazar dadakan yang bisa kamu kunjungi setelah salat Tarawih. Dalam kesempatan ini, kamu bisa sekalian berburu kuliner lokal khas Ramadan di daerah tersebut.

11. Istirahat yang Cukup, Jangan Begadang

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Unsplash


Liburan saat puasa membutuhkan energi yang cukup banyak. Jadi, pastikan kamu mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari. Selain supaya tidak lemas, tidur cukup juga membantu menjaga daya tahan tubuhmu. Hindari bermain smartphone terlalu lama sebelum tidur, ya. Istirahat supaya besok segar!

12. Dianjurkan Berkenalan dengan Sesama Muslim, Soalnya…

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram k__zee


Ada kalanya solo traveling memang menyenangkan dan menenangkan. Tapi, tak ada salahnya berkenalan dengan sesama muslim traveler lainnya untuk menambah pengalaman dan wawasan baru. Kamu bisa mencari komunitas muslim lokal yang ada di destinasi liburanmu. Kamu bisa sekalian berbagi informasi soal restoran halal atau tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di daerah tersebut.

Baca Juga :   Tips dan Panduan Liburan ke Korea Selatan 2019 Lengkap!

13. Wajib: Kunjungi Tempat Wisata Religi

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Saat Ramadan

Sumber: Instagram abdulsalamalamri


Luangkan waktumu untuk mengunjungi wisata religi di destinasi liburanmu. Sambil berwisata, kamu bisa sekalian menambah wawasan baru soal agama. Kegiatan yang bisa kamu lakukan misalnya berziarah ke makam para wali atau mengunjungi masjid dengan desain unik.

Eits, tapi jangan salah. Mengunjungi tempat ibadah agama lain saat liburan puasa juga tidak apa-apa. Selain belajar soal toleransi, kamu juga bisa sekalian memaknai kehidupan dengan sudut pandang yang berbeda.

14. Buka Puasa Bersama Warga Lokal

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Instagram yayanirawan


Sudah jauh-jauh datang ke tempat asing untuk berlibur, masa kamu tidak mau berkenalan dengan warga lokal? Cara termudah untuk bertemu dengan warga lokal adalah mendatangi masjid terdekat untuk menikmati takjil dan berbuka puasa bersama. Di sini, kamu bisa bertemu dengan orang baru sambil berbagi cerita dengan mereka.

15. Lelah? Istirahat Dulu

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Unsplash


Kenapa? Tentu saja supaya kamu tidak terjadi hal yang tak diinginkan saat berwisata. Jangan memaksakan tubuhmu. Jika merasa sudah lelah dan pusing, sempatkan untuk beristirahat sejenak sebelum memulai kembali petualanganmu.

16. Utamakan Kenyamanan

Tips Liburan Saat Puasa untuk Traveling Menyenangkan

Sumber: Pixabay


Liburan di waktu biasa dengan saat puasa tentu saja berbeda. Tidak ada salahnya sedikit memanjakan dirimu saat liburan puasa. Pilihlah akomodasi dan transportasi yang nyaman. Jika biasanya kamu menghemat biaya liburan dengan naik kendaraan umum, sesekali boleh kok menyewa mobil. Mobil bisa melindungi kamu dari sengatan matahari dan membuatmu tidak terlalu lelah.

Pilih juga tempat menginap yang nyaman supaya kamu bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Itulah tips liburan saat puasa yang sering dilupakan traveler. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke destinasi liburanmu di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!