Saat membeli tiket pesawat secara online, bisa saja terjadi kesalahan saat memasukkan data penumpang seperti nomor KTP, paspor hingga yang paling krusial adalah salah memasukkan nama penumpang. Cara ganti nama tiket pesawat bisa memakan waktu dan terkadang dikenakan biaya tambahan.

Agar kamu tidak sampai salah memasukkan data saat booking tiket pesawat, berikut ini ada panduan mengisi nama penumpang dan cara ganti nama di tiket pesawat yang bisa jadi referensi kamu.

diskont tiket sriwijaya air

Panduan Mengisi Nama Penumpang Pesawat

Jika membeli tiket pesawat sendiri secara online, berarti kamu harus memasukkan data penumpang secara manual. Berbeda ketika memesan tiket lewat travel agen offline yang akan membantu kamu mengisi data penumpang. Berikut ini ada panduan mengisi nama penumpang saat booking tiket pesawat online.

  • Jika nama kamu hanya terdiri dari satu suku kata, misalnya Budi, maka untuk pengisian kolom nama depan diisi Budi, nama tengah biarkan saja kosong dan untuk nama belakang juga diisi Budi
  • Jika nama kamu terdiri dari dua suku kata, misalnya Budi Saputra, maka untuk pengisian kolom nama depan diisi Budi, nama tengah biarkan saja kosong dan untuk nama belakang diisi dengan Saputra
  • Jika nama kamu terdiri dari tiga suku kata, misalnya Budi Gunawan Saputra, maka untuk pengisian kolom nama depan diisi Budi, nama tengah diisi Gunawan dan untuk nama belakang diisi dengan Saputra
  • Jika tiket sudah dibayar dan e-tiket sudah dikirimkan ke email kamu, maka nama penumpang sudah tidak bisa diganti lagi.

Toleransi Kesalahan Penulisan Nama Penumpang

Namun, maskapai penerbangan biasanya masih memberi toleransi pada kesalahan ringan saat memasukkan nama penumpang untuk rute domestik. Jika kamu memesan tiket penerbangan internasional, kesalahan nama akan sangat riskan mengingat nama penumpang harus sama dengan yang ada di paspor dan juga visa. Jika berbeda, sudah pasti kamu tidak akan bisa berangkat. Berikut ini batas toleransi kesalahan penulisan nama penumpang yang masih ditolerir kebanyakan maskapai.

  • Kesalahan penulisan nama hanya satu huruf. Misalnya nama yang tercetak di tiket adalah Risca sementara yang tercetak di tanda pengenal adalah Riska.
  • Kesalahan saat memilih titel, misalnya di tiket tertulis Mr. tapi seharusnya Ms.

Kesalahan diatas masih bisa ditolerir maskapai, namun sebisa mungkin kamu harus teliti ketika memasukkan data penumpang saat membeli tiket pesawat. Hal ini untuk kebaikan diri sendiri karena data penumpang dijadikan manifest bagi maskapai. Dan misalnya terjadi kecelakaan, maka pihak maskapai akan mendata para penumpang berdasarkan data yang dimasukkan saat booking tiket. Hal ini penting agar kamu bisa mengklaim asuransi jika terjadi apa-apa selama penerbangan.

Cara Ganti Nama di Tiket Pesawat

Jika nama yang tertera di tiket pesawat kamu ada yang salah, kamu bisa menghubungi maskapai masing-masing untuk melakukan perubahan nama. Namun perubahan ini hanya untuk kesalahan kecil saat pengisian data penumpang seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jika kamu ingin mengganti nama menjadi nama orang lain, ada maskapai yang mengizinkan ada juga yang tidak. Berikut cara ganti nama di maskapai Indonesia yang bisa jadi referensi kamu.

1. AirAsia

airasia airlines

Dikutip dari website resmi AirAsia, per tanggal 25 Juli 2014 penggantian nama untuk tiket yang sudah dibeli tidak lagi bisa dilakukan untuk seluruh destinasi. Namun, jika kamu ingin memperbaiki nama di tiket pesawat tanpa merubah ke nama orang lain, berikut peraturan ubah nama AirAsia.

  • Pembetulan hingga tiga huruf untuk kesalahan ketik;
  • Penambahan/penghapusan nama Inggris untuk penumpang asal Cina;
  • Pengubahan gelar dan jenis kelamin; dan
  • Pengubahan letak – pertukaran letak nama depan dan nama belakang diperkenankan;

Untuk memproses perbaikan nama di tiket, kamu harus menyiapkan nomor referensi pembelian tiket, salinan dokumen dengan nama akurat di dalamnya, lalu lakukan salah satu dari pilihan berikut:

2. Garuda Indonesia

Silahkan hubungi Call Center Garuda Indonesia di 0804 1807 807

3. Lion Air

Silahkan hubungi Call Center Lion Air di nomor : 0804-1-77-88-99

4. Citilink

  • Silahkan hubungi Call-Center Citilink
  • Biaya ubah nama: Rp 200.000 per penumpang per penerbangan satu arah

5. Batik Air

maskapai batik air

Silahkan hubungi Call Center Batik Air di nomor 021-63798000

6. Wings Air

Silahkan hubungi Call Center Wings Air di 0804-1-77-88-99

7. Sriwijaya Air

sriwijaya air

  • Perubahan nama dikenakan apabila perubahan lebih dari 3 huruf
  • Merubah nama adalah Rp 200.000 / USD20 /MYR100 dengan melampirkan ID yang baru
  • Koreksi gender tidak dikenakan biaya
  • Perubahan nama untuk infant gratis
  • Sebelum ticketing, dibolehkan koreksi nama (maksimal 3 huruf), ganti nama tidak diperbolehkan
  • Perubahan nama tidak diperkenankan untuk ticket return/multi segment yang sudah digunakan sebagian

Tinggalkan Pendapatmu