Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan yang tertulis pada lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila. Ya, semboyan ini muncul karena keberagaman bangsa kita yang begitu majemuk dan unik. Wisata Indonesia di setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari budaya, kuliner, bahasa, adat, dan tradisi.

Selain dikaruniai keberagaman budaya, Indonesia juga diberkahi bentang alam yang luar biasa indah. Dengan lebih dari 17.000 pulau, negara kita pantas disebut sebagai surga wisata tropis yang memikat. Turis asing pun sampai berlomba-lomba datang menjelajahi eloknya alam kita.

Lewat karya dari 12 ilustrator Indonesia di bawah ini, kita akan kembali diingatkan untuk bersyukur karena lahir dan tinggal di Bumi pertiwi. Penasaran? Inilah 12 wisata populer Indonesia yang dirangkum untuk projek kalender 2019 Wonderful Indonesia. Dijamin bikin kamu semakin tak sabar keliling Indonesia!

1. Bali dengan Unsur Magisnya

Wisata Populer Bali Sumber Instagram ykhaamelz

Sumber: Instagram ykhaamelz


Pulau Dewata tak habis-habisnya menarik minat wisatawan untuk berlibur. Selain karena keindahan alamnya, kentalnya budaya di Bali juga ikut berperan dalam menambah jumlah pengunjung setiap tahunnya. Di mana lagi kamu bisa melihat sesajen bertebaran di mana-mana? Atau prosesi berbagai perayaan yang kuat unsur spiritualnya.

Tak hanya wisata budaya yang bisa kamu dapatkan di Bali, wisata kekinian juga menjamur dan mudah ditemui. Berbagai macam pesta dan event pun sering digelar di pulau ini. Keindahan pantainya juga tak perlu diragukan lagi. Jadi jangan heran jika Bali selalu menjadi tujuan untuk melepas penat dari berbagai rutinitas.

2. Bandung yang Bikin Rindu

Wisata Populer Bandung Sumber Instagram alvinxki-min

Sumber: Instagram alvinxki


Siapa di sini yang sering merasa galau dan sendu saat berapa di Bandung? Ya, suasana Bandung yang rata-rata masih sejuk dan dingin memang bisa membuat hati merasa tenang. Bangunan tua yang penuh dengan sejarah berjejer rapi di tepi jalan Bandung. Orang-orangnya yang ramah membuat wisatawan semakin nyaman berada di sini.

Baca Juga :   7 Spot Wisata Bantul, Yogyakarta. Instagrammable Banget!

Warga Kota Kembang juga terkenal kreatif dan inovatif. Banyak sekali tempat makan dan tempat wisata hits di Bandung yang bisa dijadikan weekend escape. Semuanya berlomba-lomba menyuguhkan menu kuliner yang unik serta interior yang menarik.

3. Panorama Istimewa di Danau Toba

Wisata Populer Danau Toba Sumber Instagram fetradanu

Sumber: Instagram fetradanu


Danau Toba adalah salah satu keajaiban alam paling spektakuler di dunia. Berhias Pulau Samosir yang terletak di tengahnya, danau ini juga berperan sebagai pusat budaya Suku Batak. Ia juga menjadi ‘rumah’ bagi penduduk asli Sumatera Utara. Mempunyai panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Perpaduan permukaan air yang luas nan tenang ditambah jejeran perbukitan hijau menghasilkan panorama yang istimewa. Belum lengkap rasanya jika tidak naik perahu untuk menikmati keindahan Danau Toba. Kamu bisa menyewa perahu di pinggiran Parapat atau naik dari pelabuhan Ajibata. Saking luasnya, kamu akan merasa sedang mengarungi lautan!

4. Ribuan Pulau di Kepulauan Riau

Wisata Populer Kepulauan Riau Sumber Instagram ariel_victor

Sumber: Instagram ariel_victor


Tahukah kamu jika Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah Utara? Jumlah pulaunya juga cukup banyak, yakni 2.408 yang terdiri dari pulau besar dan dan kecil. Sekitar 95% wilayahnya merupakan lautan dan hanya sekitar 5% berupa daratan, lho.

Nama Riau diduga berasal kata “riuh” yang berarti ramai. Konon, dulu daerah ini merupakan pusat perdagangan dan keramaian. Kunjungi wisata populer Kepulauan Riau seperti Pulau Beralas Pasir, Kampung Vietnam di Pulau Galang, dan Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva. Untuk wisata kulinernya, kamu akan banyak menemukan rumah makan Padang karena lokasinya berdekatan dengan Sumatera Barat.

5. Beristirahat di Surga Laut, Wakatobi

Wisata Populer Wakatobi Sumber Instagram mbeembee

Sumber: Instagram mbeembee


Wakatobi merupakan surganya ikan berwarna-warni, penyu, dan hewan laut lainnya. Memiliki predikat sebagai Taman Nasional, Wakatobi juga dikenal sebagai tempat menyelam yang fantastis. Terumbu karangnya juga sangat spesial, ditambah dengan beragam koleksi fauna yang akan memanjakan indera penglihatanmu. Tak salah jika Wakatobi disebut surga laut yang indah.

Baca Juga :   7 Wisata Banyuwangi yang Seru untuk Dikunjungi!

6. Tana Toraja, Menyambut Perpisahan dengan Perayaan

Wisata Populer Tana Toraja Sumber Instagram lapangantigatiga

Sumber: Instagram lapangantigatiga


Dikelilingi pengunungan yang menjulang, Tana Toraja terkenal dengan upacara pemakamannya yang mewah. Masyarakat Toraja percaya bahwa sebuah akhir juga merupakan awal yang baru. Mereka memiliki aturan, ritual, tradisi, dan kepercayaan yang cukup ketat.

Untuk menuju Tana Toraja, diperlukan waktu kurang lebih 8 jam dari Kota Makassar melalui jalur darat. Biasanya, para wisatawan mengunjungi wisata populer ini sekitar bulan Desember karena banyak digelar berbagai festival upacara adat, pertunjukan budaya, serta tur wisata.

7. Wisata Alam dan Budaya Lombok

Wisata Populer Lombok Sumber Instagram sarkodit

Sumber: Instagram sarkodit


Wisata Indonesia di Lombok ini dilengkapi dengan maha karya Tuhan yang menakjubkan. Jika kamu mencari wisata alam dan budaya sekaligus, Lombok adalah pilihan yang tepat. Pantai yang memukau, sawah yang membentang luas, perbukitan yang menakjubkan, hingga desa adat akan membuat pengalaman liburanmu menjadi tak terlupakan.

Bulan November hingga April adalah waktu yang pas datang ke sini jika kamu adalah seorang peselancar. Apabila kamu pemburu foto siluet sunset, mampirlah di bulan Juli dan Agustus. Dan jika kamu ingin mencoba beragam kuliner unik di Lombok, datanglah pada bulan puasa.

8. Yogyakarta, Istimewa dan Sakral

Wisata Populer Yogyakarta Sumber Instagram harimerdeka

Sumber: Instagram harimerdeka


Yogyakarta adalah kota yang istimewa dan sakral. Tidak hanya menyenangkan dengan berbagai festival yang meriah, kota ini juga memiliki filosofi mendalam yang diturunkan dari nenek moyang. Banyak sekali tempat menarik di sini, mulai dari Candi Prambanan, Malioboro, Candi Ratu Boko, Pantai Indrayanti, dan lainnya.

9. Raja Ampat, Sekeping Surga Indonesia

Wisata Populer Raja Ampat Sumber Instagram duniafrans

Sumber: Instagram duniafrans


Banyak sekali surga bertebaran di bumi Indonesia, salah satunya adalah Raja Ampat. Saking indahnya wisata Indonesia yang populer ini, semua inderamu akan dimanja dan dihipnotis dengan rasa syukur. Tak heran jika perairan Kepulauan Raja Ampat disebut sebagai salah satu perairan terbaik untuk menyelam di seluruh dunia. Flora dan faunanya juga sangat lengkap.

Baca Juga :   7 Destinasi Kids Friendly di Kota Batu Malang

10. Terbenam dalam Kekaguman di Banyuwangi

Wisata Populer Banyuwangi Sumber Instagram maskrib

Sumber: Instagram maskrib


Kamu akan terbenam dalam kekaguman saat menyaksikan keindahan api biru dengan pemandangan yang memikat di Kawah Ijen Banyuwangi. Tempat wisata Banyuwangi lainnya juga tak kalah indahnya, seperti Green Bay, Pantai Pulau Merah, Waduk Bajulmati, Taman Nasional Meru Betiri, Jawatan Benculuk, Taman Nasional Baluran, dan Gunung Merapi.

Ingin mengintip tradisi asli Masyarakat Banyuwangi? Berkunjunglah ke Desa Wisata Osing Kemiren yang masih menjaga tradisi luhur dari zaman Kerajaan Majapahit. Di sana kamu bisa melihat rumah kuno khas Suku Osing, pertunjukan kesenian, dan mencicipi makanan tradisional Banyuwangi.

11. Saksi Hidup di Taman Nasional Komodo

Wisata Populer Taman Nasional Komodo Sumber Instagram bellansori

Sumber: Instagram bellansori


Komodo adalah sebuah keajaiban, di mana sejarah meninggalkan kenangan dengan saksi hidup yang nyata. Kadal terberat dan terbesar di dunia ini telah hidup sejak lama, di tengah-tengah alam yang tenang dan memikat. Pulai ini dinamakan Komodo oleh orang Belanda yang menemukannya pada tahun 1910.

Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau, di antaranya tiga pulau besar yang meliputi Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Dengan gugusan pulau dan keaneragaman hayati yang dimilikinya, tak heran kalau tempat ini menjadi tempat favorit para wisatawan.

12. Betah di Hiruk-pikuk Jakarta

Wisata Populer Jakarta Sumber Instagram astro_ruby

Sumber: Instagram astro.ruby


Tak lengkap membahas wisata Indonesia jika tidak menyebut Jakarta. Kota dengan segudang kesibukan ini adalah tempat di mana hiruk-pikuk seakan tak lelah untuk terus hidup. Dipenuhi gedung pencakar langit, asap knalpot, dan keresahan penghuninya, Jakarta sedikit banyak menggambarkan keberagaman di negara kita. Sebuah peleburan dari berbagai jenis manusia.

Banyak bongkahan sejarah yang bisa kamu pelajari di kota metropolitan ini. Kunjungilah kawasan wisata Kota Tua, Monumen Nasional, Lapangan Banteng, Museum Nasional Indonesia, dan berbagai museum yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Apakah 12 ilustrasi di atas membuatmu ingin segera pergi menjelajahi indahnya Indonesia dan melihatnya secara langsung di tahun 2019 ini?