‘Surga wisata’ mungkin inilah dua kata yang menggambarkan berbagai spot liburan di Indonesia. Mulai dari Aceh sampai Papua terdapat ribuan destinasi dengan beragam aktivitas yang bisa dilakukan salah satunya adalah wisata budaya. Jika kamu tertarik dengan wisata jenis ini maka berkunjung ke Sumatera Barat dapat jadi pilihan yang tepat.

Di Provinsi tersebut ada cukup banyak tempat wisata budaya yang menarik buat dijelajahi. Selain bikin makin kenal sejarah, aktivitas ini juga buat kamu pulang dengan foto-foto keren untuk postingan di feed Instagram. Tapi pertanyaannya, di mana saja ya spot wisata budaya Sumatera Barat yang recommended di datangi?

Khusus untuk kamu, Pergi.com sudah merangkum 5 rekomendasi tempat wisata budaya dari di Sumatera Barat berikut ini:

1. Melihat dari dekat kehidupan Suku Mentawai

Instagram @mentawai.ecotourism

Perpaduan wisata budaya serta alam bisa jadi paket menarik untukmu yang tertarik mengunjungi Suku Mentawai. Suku yang tinggal di Pulau Siberut ini menawarkan pengalaman tak biasa untuk para pengunjungnya. Terletak 155 kilometer dari Kota Padang, wisatawan dapat memilih Bandara Internasional Minangkabau sebagai gerbang awal memulai petualangan.

Baca Juga :   Ke Malaysia? Jangan Lupa Kunjungi 10 Wisata Gratis Ini

Rata-rata waktu yang dibutuhkan perjalanan darat ke Pulau Siberut sekitar 10 jam. Umumnya wisata budaya ke Suku Mentawai diorganisir oleh travel organizer. Sesampainya di sana kamu akan diajak melakoni banyak kegiatan ala Suku Mentawai. Mulai dari menangkap ikan, berburu binatang, membuat panah racun, sampai menyaksikan tarian Suku Mentawai Sikerai yang memiliki unsur magis. Selain bisa mengenal kehidupan suku pedalaman, wisatawan juga diajak menikmati alam Mentawai yang terkenal indah.

2. Menenun ke Desa Pandai Sikek

Di samping kulinernya yang lezat, Sumatera Barat juga terkenal dengan kerajinan kain tenunnya. Salah satu pusat pembuatan kain tenun tersebut terletak di Desa Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar yang jika ditempuh kendaraan memakan waktu 1 jam dari Kota Padang. Di daerah tersebut wisatawan dapat melihat secara langsung proses penenunan kain. Pengunjung juga bisa bertanya kepada penenun mengenai sejarah kerajinan tersebut yang kabarnya sudah ada sejak abad ke-14.

3. Hunting foto di Istana Pagaruyung Batusangkar

Instagram @sujanasurya

Ingin pulang dengan oleh-oleh foto di tempat ikonik Sumatera Barat? Jika ya, maka spot bernama Istana Pagaruyung Batusangkar ini harus masuk ke list destinasimu. Istana yang bangunannya membentuk Rumah Gadang tersebut dulunya menjadi kediaman Kerajaan Pagaruyung salah kerajaan di Pulau Sumatera.

Baca Juga :   Telaga Biru Cisoka, "Surga" Pecinta Foto di Tangerang

Menurut sejarah, Istana Pagaruyung memiliki kaitan erat dengan Kerajaan Majapahit. Istana cantik itu dibangun sekitar abad ke-17. Umumnya turis datang untuk melihat secara langsung bangunan bersejarah sembari mengambil foto dengan latar belakang Istana Pagaruyung.

4. ‘Sungkem’ ke Desa Tertua Nagari Pariangan

Instagram @kapikaluih

Tahukah kamu kalau Desa Nagari Pariangan pernah masuk ke dalam daftar World’s 16 Most Picturesque Villages di sebuah majalah pariwisata internasional? Ya keindahan desa yang di dominasi areal persawahan itu membuatnya muncul dalam daftar desa tercantik level dunia. Tak heran jika desa yang berjarak 95 KM dari Kota Padang tersebut direkomendasikan masuk bucket list para wisatawan.

Tidak hanya cantik, Desa Nagari Pariangan juga mempunyai sejarah tersendiri. Desa ini dipercaya sebagai desa asal leluhur masyarakat warga lokal. Konon katanya nenek moyang mereka berasal dari puncak gunung di wilayah tersebut.

Mengunjungi kecantikan Desa Pariangan sambil menelusuri sejarah yang ada di sana akan jadi pengalaman seru bagi pecinta wisata budaya. Karenanya Pergi.com sarankan menjadikan spot ini ke daftar destinasi tujuan jika sedang berlibur ke Sumatera Barat.

Baca Juga :   Jika 12 Wisata Populer Indonesia Dibuat Ilustrasi, Magis!

5. Jembatan Siti Nurbaya yang Legendaris

Instagram @kotoreyhan

Kalau Palembang punya Jembatan Ampera maka di Padang ada Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan yang namanya diambil dari cerita karangan Marah Rusli tersebut menawarkan pemandangan cantik Sungai Batang Arau. Di bawahnya pengunjung dapat melihat kapal kayu yang berlalu lalang dan sebagian bersandar. Menikmati matahari terbenam di Jembatan Siti Nurbaya sembari mengingat kisah cintanya yang legendaris pasti akan memberi pengalaman berbeda untuk kamu penyuka wisata budaya.

Pastinya masih banyak lagi spot wisata budaya yang bisa dieksplorasi saat berlibur ke Sumatera Barat. Buat kamu yang tahu tempat seru lainnya jangan ragu buat share di kolom komentar ya. Mengunjungi kelima spot wisata budaya Sumatera Barat di atas bakal terasa lebih seru karena di bulan ini tepatnya tanggal 5-14 September akan diselenggarakan Tour de Singkarak. Festival balap sepeda tahunan tersebut dicanangkan bakal melewati berbagai tempat wisata unggulan Sumatera Barat. Yuk rencanakan liburan ke sana dan temukan penerbangan ke Padang di Pergi.com