Tahun ini, liburan Nyepi di Bali akan diselenggarakan pada 7 Maret 2019. Nyepi diadakan sehari penuh, yaitu mulai dari jam 6 pagi (7 Maret) hingga jam 6 pagi keesokan harinya (8 Maret). Saat Nyepi, umat Hindu akan menghentikan seluruh kegiatan dan aktivitas, termasuk akses tempat wisata dan jalan.

Meskipun begitu, liburan di Bali saat Nyepi ternyata tak pernah sepi pengunjung, lho. Perayaan ini masih menarik minat wisatawan karena banyak acara sebelum dan sesudah Nyepi yang bisa dinikmati. Saat Nyepi pun wisatawan masih boleh melakukan kegiatan seperti biasa, asalkan tidak keluar penginapan atau hotel. Pokoknya yang penting tidak mengganggu jalannya perayaan Nyepi.

Supaya liburan di Bali tetap menyenangkan, lakukan tujuh kegiatan seru ini yuk saat perayaan Nyepi!

1. Menikmati Prosesi Upacara Melasti yang Magis

Liburan Nyepi di Bali

Sumber: Instagram theydoet, thebaliphotography, dan athallathalla


Ini dia rangkaian perayaan Nyepi di Bali yang bisa kamu nikmati. Upacara Melasti biasanya dilakukan tiga atau dua hari menjelang liburan Nyepi di Bali. Melasti sendiri adalah upacara penyucian diri dengan menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan untuk menyambut Hari Raya Nyepi.

Upacara ini dilakukan di pinggir pantai dengan tujuan menyucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut. Menurut kepercayaan Hindu, sumber air seperti laut dan danau dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta).

Selain melakukan sembahyang, umat Hindu Bali juga akan membersihkan dan menyucikan benda sakral mirik pura. Benda-benda tersebut akan diarak keliling desa. Seluruh peserta akan menggunakan pakaian adat yang umumnya berwarna putih sambil membawa sesajian.

Panduan Lainnya :  7 Tempat Favorit Liburan Akhir Tahun di Indonesia, Keren!

Pantai di Bali yang sering dijadikan pusat upacara antara lain Pantai Candidasa, Pantai Paseban, Pantai Sanur di Selatan Bali, dan Pantai Klotok di Utara Bali. Meskipun sakral, wisatawan tetap bisa melihat prosesi Upacara Melasti ini asal tidak mengganggu jalannya acara. Seru banget, bisa menambah pengalaman dan pengetahuan baru mengenai Bali!

2. Melihat Pawai Ogoh-Ogoh untuk Mengusir Kejahatan

Liburan Nyepi di Bali

Sumber: Instagram ogohogohbali dan karmayogi._


Sehari sebelum liburan Nyepi di Bali, umat Hindu akan menyelenggarakan upacara ngrupuk atau pengrupukan. Ngrupuk dilakukan dengan menyebar nasi tawur, mengobori rumah dan seluruh pekarangan, menyemburi rumah dan pekarangan dengan mesiu, serta memukul benda apa saja (biasanya kentongan) hingga ramai.

Tujuannya untuk mengusir Buta Kala dari lingkungan rumah, pekarangan, dan lingkungan sekitar. Buta Kala adalah simbol bentuk kejahatan. Khusus di Bali, pengrupukan dimeriahkan dengan Pawai Ogoh-Ogoh yang merupakan perwujudan Buta Kala yang akan diarak keliling desa. Setelah acara, Buta Kala akan dibakar untuk mengusir kejahatan.

Rekomendasi tempat untuk melihat Pawai Ogoh-Ogoh Bali adalah daerah Kuta dan Ubud. Kamu bisa melihat rombongan ogoh-ogoh yang sangat menarik di sini.

3. Kesempatan Langka: Melihat Ribuan Bintang di Bali

Liburan Nyepi di Bali

Sumber: Instagram andresfreire87, thetravellingbeautyqueen, dan bobbeh13


Setelah upacara menyambut Tahun Baru Hindu selesai, saatnya merayakan Hari Raya Nyepi di Bali. Pada hari tersebut, Bali seakan mati dan berhenti. Tidak ada kesibukan seperti biasa karena umat Hindu melaksanakan “Catur Brata”.

Penyepian terdiri dari amati geni (tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Ada juga yang melakukan tapa, brata, yoga, dan semadi.

Panduan Lainnya :  Pantai Tanjung Pasir, Wisata Tangerang yang Indah

Saat perayaan nyepi, jalanan akan kosong dan sepi karena seluruh kendaraan tak ada yang beroperasi. Begitu pula dengan kegiatan industrial. Alam seakan menyambut gembira perayaan ini karena udara di Bali akan terasa sangat sejuk dan bersih tanpa polusi udara. Dijamin bikin betah!

Keuntungan liburan di Bali saat Nyepi adalah bisa melihat langit malam Bali yang sangat bersih. Kamu bisa menikmati bintang tanpa bantuan alat apapun. Indah dan menenangkan hati tentunya.

4. Menggunakan Fasilitas Penginapan atau Hotel Sepuasnya

Liburan Nyepi di Bali

Sumber: Instagram take__me__anywhere_, samaberesort, dan ritzcarltonbali


Meskipun umat Hindu Bali merayakan Nyepi, wisatawan masih boleh beraktivitas di dalam penginapan. Yang penting, jangan terlalu berisik atau menimbulkan keributan. Kita harus menjaga sikap agar tidak mengganggu ketenangan ibadah Nyepi.

Liburan di Bali saat Nyepi bisa diisi dengan menggunakan fasilitas hotel, seperti kolam renang, jacuzzi, gym, dan lainnya. Kamu juga bisa sekalian mencicipi kuliner legendaris Bali yang lezat di dalam hotel.

Keuntungannya liburan di Bali saat Nyepi adalah fasilitas hotel akan lebih sepi sehingga kamu bisa menikmatinya dengan leluasa. Selain lebih nyaman, penginapan menjadi lebih privat karena tidak ada aktivitas keluar masuk. Berasa seperti hotel milik pribadi!

5. Spa Bersama Orang Tersayang

Liburan Nyepi di Bali

Sumber: Instagram s_alinenok, igawinda, dan prekasntk18__


Fasilitas di penginapan atau hotel umumnya tetap dibuka meskipun di Bali sedang merayakan Nyepi. Tak perlu khawatir bosan meskipun hanya bisa beraktivitas di hotel. Kamu bisa melakukan banyak hal, seperti spa atau massage bersama orang-orang yang kamu sayangi.

Panduan Lainnya :  Kalender 2019 Indonesia dan Rekomendasi Liburannya

6. Maraton Film dengan Nyaman

Liburan Nyepi di Bali

Sumber: Instagram auraisblog, martynaszalacka, dan infinitycityhotel


Tenang saja, sambungan listrik dan internet akan tetap ada meskipun umat Hindu Bali sedang merayakan Nyepi. Kamu bisa menikmati fasilitas tv kabel dan internet hotel setelah puas berenang dan spa. Liburan di Bali saat Nyepi dijamin tetap asik!

7. Tak Terlupakan: Tradisi Unik Omed-omedan Setelah Nyepi

Liburan Nyepi di Bali

Sumber: Instagram meikatisna, putusukmana, dan denpasarfestival


Setelah Hari Raya Nyepi selesai, ada perayaan unik yang bisa kamu lihat di Bali. Pengalaman melihat tradisi ini dijamin akan selalu melekat di benakmu.

Omed-omedan adalah upacara tahunan yang diadakan oleh pemuda-pemudi Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar. Omed-omedan diadakan setelah Hari Raya Nyepi, yakni pada hari ngembak geni untuk menyambut tahun baru saka. Tradisi ini berasal dari bahasa Bali yang artinya tarik-tarikan.

Tidak diketahui pasti asal mula diadakannya upacara ini, namun sudah dilakukan secara turun temurun. Pesertanya pemuda pemudi berumur 17-30 tahun dan belum menikah. Prosesi dimulai dengan sembahyang bersama untuk memohon keselamatan. Setelah itu, peserta akan dibagi menjadi dua kelompok sesuai jenis kelamin.

Peserta akan diarak dan saling berhadapan di jalan utama desa. Setelah aba-aba, pemuda dan pemudi yang berada di baris paling depan akan saling berpelukan, tarik-menarik, bahkan berciuman sambil disiram air. Tradisi yang berlangsung sampai pukul 17.00 waktu setempat ini memiliki tujuan memperkuat rasa asah, asih, dan asuh antar warga.

Itulah tujuh kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama liburan di Bali saat Nyepi. Yuk share, subscribe, dan tinggalkan komentar di artikel ini. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Bali di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!