Tak sekedar menjadi kota transit untuk menyeberang ke Bali dan pulau-pulau lain di wilayah timur Indonesia, Banyuwangi juga memiliki banyak lokasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Bagi kamu yang belum pernah menjelajahi alam Banyuwangi, berikut ini ada 7 destinasi wisata Banyuwangi yang bisa jadi referensi pergi liburan selanjutnya.

diskon tiket pesawat

Green Bay

green bay banyuwangi

Sumber : backpackerindonesia.com


Lupakan Halong Bay di Vietnam atau Phi Phi Island-nya Thailand karena Indonesia juga punya spot wisata yang tak kalah menariknya, yaitu Green Bay atau Teluk Hijau di Banyuwangi! Terletak kurang lebih 90 km dari pusat Kota Banyuwangi, Teluk Hijau menawarkan pemandangan yang begitu indah!

Green Bay ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri dan termasuk salah satu pantai yang masih perawan. Memiliki pasir putih, ombak yang tenang dan pemandangan batu karang yang memukau, dijamin kamu betah lama-lama berada di pantai ini.

Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah banyuwangi

Sumber : hargaanda.blogspot.com


Pantai ini merupakan salah satu andalan wisata Banyuwangi yang harus dikunjungi. Di sini, kita bisa menikmati pemandangan sunset yang begitu memukau. Selain itu, di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang menambah eksotis pantai ini.

Ombak di pantai ini lumayan besar sehingga sering dijadikan tempat berselancar. Oh ya, berbagai event selancar tingkat dunia juga sering diadakan di pantai ini lho!

Kawah Ijen

kawah ijen banyuwangi

Sumber : sewajeepbromo.co.id


Untuk yang suka hiking, boleh mampir ke Kawah Ijen untuk menikmati salah satu fenomena alam terbaik yang ada di negeri ini, blue fire! Sebagai informasi, blue fire yang ada di Kawah Ijen merupakan satu dari dua lokasi di dunia di mana kita bisa menikmati fenomena alam ini. Selain blue fire yang bisa dinikmati di malam hari, Kawah Ijen juga menyajikan pemandangan menarik yang sayang untuk dilewatkan.

diskon tiket sriwijaya

Taman Nasional Baluran

taman baluran banyuwangi

Sumber : akcayatour.com


Ingin merasakan pemandangan padang savana seperti yang ada di Afrika? Jangan lupa mampir ke Taman Nasional Baluran ya! Di sini kita bisa melihat berbagai hewan berkeliaran secara bebas di padang savana yang terlihat begitu menawan.

Di Taman Nasional Baluran kita juga bisa melihat pohon khas Baluran yang terlihat mirip pohon pinang yang berbuah seumur sekali sebanyak 1 ton lalu mati. Pokoknya, ada banyak pemandangan menarik yang bisa dinikmati di replika Afrika di ujung Pulau Jawa ini!

Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung banyuwangi

Bagi yang menyukai pantai cantik dengan pemandangan indah, jangan lupa mampir ke Pantai Plengkung ya! Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai G-Land. Ombak di pantai ini sangat besar dan unik sehingga dijuluki The Seven Giant Waves Wonder karena gulungan ombak yang ada di pantai ini memiliki 7 lapisan dengan ketinggian 6 meter!

Ombak di pantai ini dikatakan kedua terbaik di dunia setelah Hawaii lho! Jadi tak heran jika banyak peselancar yang berselancar ria dia pantai ini. Jika tidak bisa selancar, pantai ini menawarkan pemandangan indah yang dijamin tak akan membosankan

Pantai Blimbingsari

pantai blimbingsari banyuwangi

Sumber : banyuwangibagus.com


Jika tak ingin berpetualang begitu jauh dari pusat Kota Banyuwangi, kita bisa sekali berkunjung ke Pantai Blimbingsari yang letaknya tidak jauh dari Bandara Blimbingsari. Di sini kita bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang indah sekaligus menikmati kuliner seafood segar hasil tangkapan nelayan sekitar.

Pantai Boom

pantai boom banyuwangi

Sumber : tempo.co

Pantai yang satu ini mudah sekali dicapai dari pusat Kota Banyuwangi. Kita bisa naik sepeda atau sekedar jalan santai dari Alun-alun Blambangan. Pantai ini memiliki pasir hitam dengan latar belakang Pulau Bali dari kejauhan.

See, ada banyak sekali destinasi wisata Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi bukan. Pasti tertarik kan?