Siapa bilang liburan saat musim hujan enggak asik? Meski harus ekstra hati-hati, ada banyak tempat wisata yang justru terlihat jauh lebih indah saat musim hujan. Salah satunya adalah wisata hutan pinus!

Selain mendapatkan panorama yang mengagumkan, kamu juga bisa semakin bersyukur dengan keindahan alam Indonesia. Dengan rasa syukur tersebut, kita akan semakin menghargai alam dan menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup bersama. Apalagi tak lama lagi, tepatnya tanggal 10 Januari nanti, kita akan memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon dan Hari Lingkungan Hidup Indonesia.

Yuk rayakan dengan menjaga alam sambil menikmati keindahan 10 destinasi wisata hutan pinus di bawah ini!

1. Memandang Imogiri dari Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri Sumber Instagram saiffuul & abinurabi

Sumber: Instagram saiffuul & abinurabi


Tak salah jika kawasan Dlingo disebut sebagai surga untuk para pemburu foto. Di setiap sudut Dlingo banyak bertebaran wisata menarik yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Hutan Pinus Asri atau yang lebih dikenal sebagai Hutan Pinus Mangunan.

Tempat nge-hits di Yogyakarta ini menawarkan panorama alam yang mengagumkan dengan latar belakang hutan dan dataran rendah Imogiri. Cuaca yang sejuk serta hamparan cakrawala hutan pinus yang hijau juga akan memanjakan matamu.

Gardu pandang di sini memang tak dibuat secara artistik dengan bentuk macam-macam, namun konstruksinya kuat karena menggunakan kayu. Sangat aman dan nyaman untuk pengunjung berfoto. Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah saat pagi hari karena pemandangannya jauh lebih indah.

Lokasi: Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 06.00–17.00 WIB

Pesan Tiket ke Yogyakarta

2. Top Selfie Pinusan Kragilan yang Instagramable

Hutan Pinus Kragilan Sumber Instagram iyas_ic & hobbyhf

Sumber: Instagram iyas_ic & hobbyhf


Menyemat embel-embel “Top Selfie”, destinasi wisata ini pastinya memiliki pemandangan yang menakjubkan. Hutan Pinus Kragilan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas foto para wisatawan. Misalnya ayunan (mountain swing), hammock, dan gardu pandang yang tinggi. Dijamin banyak foto instagramable yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke sini.

Tempat wisata alam ini terletak di lereng bukit sehingga tidak terlihat dari pinggir jalan raya. Pastikan kondisi kendaraan sedang prima karena medan jalannya cukup banyak tikungan dan tanjakan. Sebaiknya kunjungi wisata hutan pinus ini di pagi hari saat udaranya masih sejuk dan segar.

Lokasi: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah 56193
Jam Buka: 07.00–17.00 WIB

3. Hamparan Perbukitan Hijau di Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo Sumber Instagram asmasyarief & hutanpinuskalilo

Sumber: Instagram asmasyarief & hutanpinuskalilo


Hutan Pinus Kalilo mulai dibuka untuk umum pada awal 2017 lalu. Sebenarnya hutan yang biasa dimanfaatkan getahnya ini milik Perhutani. Namun dengan adanya inisiatif dari Karang Taruna setempat, wisata hutan pinus ini pun dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik. Di sini kamu bisa melihat panorama hutan pinus yang memikat mata sekaligus udara yang sejuk.

Hati-hati jika ingin berfoto di pinggir jurang, ya. Lebih baik berfoto di tempat yang telah disediakan, seperti rumah pohon dan gardu pandang. Dari ketinggian, kamu bisa melihat hamparan perbukitan hijau yang menenangkan.

Lokasi: Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54175
Jam Buka: 05.30–17.00 WIB

4. Hutan Pinus Limpakuwus yang Masih Alami

Hutan Pinus Limpakuwus Sumber Instagram ngapakbackpacker & sigit_phiyo

Sumber: Instagram ngapakbackpacker & sigit_phiyo


Destinasi wisata Hutan Pinus Limpakuwus terbilang masih alami dan minim sentuhan manusia. Tempatnya sendiri tidak terlalu dirawat, hanya ada beberapa kursi dari kayu ditemani jejeran pinus yang teduh dan menjulang tinggi.

Walaupun belum dikelola secara maksimal, wisata ini sangat cocok untuk menenangkan diri di tengah-tengah alam yang asri. Bebas dari hiruk-pikuk yang bikin stres! Apalagi ada hamparan bunga matahari kecil yang elok untuk menambah keanggunan hasil fotomu.

Objek wisata ini berdekatan dengan peternakan sapi. Jadi, kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan di mana ada hamparan padang rumput, sapi yang digembalakan dengan bebas, dan hutan pinus yang sejuk. Jangan lupa untuk membawa minum dan memakai pakaian yang nyaman jika ke sini.

Lokasi: Desa, Dusun III, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183
Jam Buka: 08.00–22.00 WIB

5. Piknik Santai di Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar Sumber Instagram rezafirdauseja & aryodash

Sumber: Instagram rezafirdauseja & aryodash


Tempat wisata ini merupakan surga bagi para pemburu foto. Selain lokasinya tak jauh dari Jakarta, pemandangannya yang cantik bisa membuat pikiranmu menjadi jernih. Tak heran jika banyak pasangan memilih melakukan sesi foto pre-wedding atau menikah di sini.

Sebaiknya jangan pergi ke Gunung Pancar sendirian, ajaklah pasangan, teman, atau keluarga untuk berlibur dan piknik bersama. Selain berfoto, kamu juga bisa bermain sepeda, berkemah, atau berendam di pemandian air panas. Jangan khawatir kelaparan, di sini banyak warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman hangat untukmu.

Lokasi: Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam Buka: 24 jam

6. Hutan Pinus Semeru yang Menawan

Hutan Pinus Semeru Sumber Instagram cahkw_ & itusipanji

Sumber: Instagram cahkw_ & itusipanji


Tak berlebihan jika Kabupaten Malang memiliki tagline wisata The Heart of East Java. Soalnya, banyak tempat wisata keluarga yang menawan hati di sini, salah satunya adalah Hutan Pinus Semeru (HPS). Pepohonan pinus hijau dan udara segar akan menyambutmu saat datang ke sini. Tidak heran, karena lokasi HPS berada di lereng Gunung Semeru.

Tempat ini semakin instagramable karena banyaknya payung warna-warni dan hammock yang digantung di antara pohon pinus. Kamu juga bisa berfoto di rumah pohon setinggi 2 meter yang disewakan.

Jalanan menuju ke sini masih berupa tanah. Jadi, perlu ekstra waspada jika liburan di musim hujan karena jalan menjadi becek. Sementara saat musim kemarau, medan jalannya lebih berdebu.

Lokasi: Area Sawah/Kebun, Sumberputih, Wajak, Malang, Jawa Timur 65173
Jam Buka: 24 jam

Pesan Tiket ke Malang

7. Hutan Pinus Pengger yang Ngehits di Bantul

Hutan Pinus Pengger Sumber Instagram masmeya & bimasatriya7

Sumber: Instagram masmeya & bimasatriya7


Tidak hanya menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus udara yang segar, kamu bisa mendapatkan foto keren di sini. Soalnya, ada jasa fotografer yang bisa kamu sewa untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan! Tak heran jika lokasi wisata ngehits di Bantul ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Di malam hari, kamu bisa melihat hamparan lampu Kota Yogyakarta yang berkerlap-kerlip bagaikan bintang dari atas. Kamu juga bisa berkemah seru di spot wisata ini. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, seperti musala, toilet, tempat makan, gazebo, dan tempat parkir.

Lokasi: Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam Buka: 06.30–23.00

Pesan Tiket ke Yogyakarta

8. Hutan Pinus Rahong untuk si Petualang

Hutan Pinus Rahong Sumber Instagram awangesti & firdausahoy

Sumber: Instagram awangesti & firdausahoy


Selain memiliki pemandangan yang keren, Hutan Pinus Rahong dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang memadai. Kamu bisa arung jeram, berkemah, flying fox, paintball, sampai off road riding di tengah hutan pinus yang asri. Asik banget kan berpetualang di sini!

Setelah lelah menikmati aktivitas ekstrem, kamu bisa berjalan-jalan santai di perkebunan teh yang dekat dengan objek wisata ini. Cocok banget untuk tempat liburan komunitas, kegiatan kantor, maupun keluarga.

Lokasi: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378
Jam Buka: 06.30–18.00

Pesan Tiket ke Bandung

9. Konser Musik di Hutan Pinus Bissoloro

Hutan Pinus Bissoloro Sumber Instagram tamarameylanibarree & alfrdhhh95

Sumber: Instagram tamarameylanibarree & alfrdhhh95


Siapa bilang wisata hutan pinus hanya ada di Jawa? Di Gowa, Sulawesi Selatan juga ada Hutan Pinus Bissoloro yang punya banyak pesona. Suasananya yang sejuk membuat banyak pengunjung senang berkemah di sini. Ada juga yang sekadar menikmati ketenangan sambil memasang hammock. Destinasi ini juga sering dijadikan tempat untuk pre-wedding sampai lokasi konser musik tahunan, lho!

Datanglah pada pagi atau senja hari untuk mendapatkan hasil foto yang menakjubkan. Karena berstatus sebagai hutan lindung, jangan sampai membuang sampah sembarangan kalau ke sini. Jagalah lingkungan ke mana pun kamu pergi, ya!

Lokasi: Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Tiket ke Makassar

10. Spot Kekinian di Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo Sumber Instagram yulia_aprellianam & indrynvs

Sumber: Instagram yulia_aprellianam & indrynvs


Jalan menuju lokasi wisata ini sudah mulus dan lebar sehingga mudah dilalui. Sepanjang perjalanan, kamu tidak akan merasa bosan karena akan disuguhkan pemandangan persawahan berundak dan hutan jati yang indah. Fasilitas yang disediakan di sini juga cukup lengkap.

Tempat wisata milik perhutani ini berada di bawah kaki gunung Wilis. Kebayang kan bagaimana segarnya udara dan indahnya pemandangan yang bisa kamu dapatkan di Hutan Pinus Nongko Ijo? Pohon-pohon pinusnya juga tinggi dan rindang. Maklum, sudah ditanam sejak tahun 1981, lho!

Ajaklah keluarga atau sahabat untuk berburu foto instagramable di sini. Jalan-jalan sendirian untuk melepas penat juga asik, kok!

Lokasi: Kare, Madiun, Jawa Timur 63182
Jam Buka: 07.00–17.00

Itulah 10 wisata hutan pinus yang harus kamu kunjungi. Jadilah wisatawan yang disiplin dan bertanggung jawab ke mana pun kamu pergi. Jangan buang sampah sembarangan apalagi merusak lingkungan, ya! Yuk segera pesan tiket pesawat ke destinasi impianmu di Pergi.com. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!