Setiap maskapai Indonesia memiliki kebijakan masing-masing, mulai dari cara check-in, cara ganti nama di tiket pesawat, pemberian bagasi gratis, hingga biaya kelebihan bagasi. Namun, ada kalanya penumpang tidak mengetahui secara pasti apa saja kebijakan dari maskapai yang ia naiki.

Untuk menambah pengetahuanmu, kali ini Pergi.com akan membahas biaya kelebihan bagasi Maskapai Garuda Indonesia. Yuk kita simak bersama ulasan di bawah ini.

Kategori Bagasi Garuda Indonesia

kelebihan-bagasi

Sumber: viewimgxs


Sebelum membahas biaya kelebihan bagasi, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu dua kategori bagasi pada maskapai Garuda Indonesia (GA). Kategori tersebut adalah bagasi terdaftar dan bagasi tidak terdaftar (kabin).

Bagasi terdaftar adalah barang/benda yang ditimbang dan dibawa ke bagasi atau kompartemen kargo pesawat sehingga tidak dapat diakses penumpang selama penerbangan. Sementara bagasi tidak terdaftar adalah barang bawaan yang boleh diletakkan di dalam kabin. Untuk kapasitas barang bawaan kabin adalah 7 kg.

garuda special fare

Ketentuan Bagasi Garuda Indonesia

Bagasi bebas biaya (jatah bagasi) yang diberikan Garuda Indonesia pada penumpangnya dibedakan berdasar penerbangan domestik dan internasional.

1. Jatah Bagasi Penerbangan Domestik

Untuk jatah bagasi penerbangan domestik berkisar antara 10 – 40 kg, kisaran beratnya pun dibedakan sesuai dengan jenis kelasnya. Ketentuan lengkap bisa dilihat dalam tabel berikut.

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Penumpang Kelas Satu dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi, mendapatkan bagasi gratis sebesar 40 kg.

Sedangkan penumpang bayi tanpa kursi Kelas Satu akan mendapatkan 20 kg.

Sementara untuk Kelas Bisnis, penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi mendapatkan bagasi seberat 30 kg.

Untuk Kelas Ekonomi mendapatkan 20 kg. Sedangkan untuk penumpang bayi tanpa kursi Kelas Bisnis dan Ekonomi mendapatkan bagasi seberat 10 kg.

Anggota GarudaMiles (grup atau individu) akan mendapatkan keuntungan jumlah bagasi yang lebih banyak. Ketentuannya dibagi sesuai dengan jenis kartu yang dipegang.

Pemegang kartu silver mendapatkan bagasi tambahan seberat 5 kg, kartu gold bagasi tambahannya seberat 15 kg, dan kartu platinum seberat 20 kg.

Keuntungan bagasi yang lebih banyak juga akan didapatkan oleh anggota program Frequent Flyer SkyTeam. Untuk anggota SkyTeam Elite akan mendapatkan tambahan bagasi 10 kg + 1 pc, sedangkan SkyTeam Elite Plus mendapatkan tambahan 20 kg + 1 pc.

2. Jatah Bagasi Penerbangan Internasional

Penumpang rute pesawat internasional jelas akan mendapatkan berat bagasi yang lebih banyak dibanding wilayah domestik. Ketentuannya sebagai berikut.

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Penumpang dewasa Kelas Satu mendapatkan bagasi gratis seberat 50 kg. Pengecualian khusus penerbangan asal Jeddah atau Medina, akan mendapatkan bagasi tambahan 5 liter air zam-zam. Penerbangan antara Jepang ke semua tujuan juga akan mendapatkan bagasi gratis lebih banyak, yakni 64 kg.

Untuk Kelas Bisnis, penumpang dewasa Garuda Indonesia akan mendapatkan jatah bagasi seberat 40 kg. Pengecualiannya: penumpang asal Jeddah atau Medina mendapatkan tambahan 5 liter air zam zam. Antara Jepang boleh membawa bagasi 64 kg, sedangkan antara US boleh membawa 2 pcs dengan ketentuan tiap potongnya tak lebih dari 32 kg (total 64 kg).

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Untuk Kelas Ekonomi, penumpang dewasa akan diberi bagasi seberat 30 kg. Untuk pengecualian tambahan bagasi hampir sama dengan kelas satu dan kelas bisnis, namun jumlahnya tak lebih dari 46 kg.

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Untuk penumpang anak-anak dan bayi dengan kursi Kelas Satu, jatah bagasinya adalah 50 kg. Untuk Kelas Bisnis, anak-anak dan bayi mendapatkan jatah 40 kg, sedangkan Kelas Ekonomi mendapatkan 30 kg.

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Bagaimana dengan penumpang bayi tanpa kursi Garuda Indonesia? Tetap akan mendapatkan bagasi, yaitu 10 kg untuk Kelas Ekonomi dan Bisnis. Namun khusus untuk penerbangan antara US ke semua negara tujuan, jatah bagasinya adalah 1 piece yang beratnya tak boleh dari 10 kg.

Tambahan informasi, Garuda Indonesia tidak menerima hewan untuk dibawa ke kabin penumpang. Hewan peliharaan akan dianggap sebagai bagasi dan disimpan di kompartemen dek bawah, kecuali untuk mamalia hidup.

Garuda Indonesia tidak akan menerima mamalia hidup, termasuk anjing dan kucing, sebagai bagasi terdaftar, kecuali untuk hewan pelayan.

Biaya Kelebihan Bagasi Garuda

Nah, sekarang kita masuk dalam poin utama pembahasan kali ini. Namun sebelumnya patut diingat, semua referensi biaya kelebihan bagasi di bawah ini hanya berlaku jika dioperasikan oleh pesawat Garuda Indonesia saja.

Jika dioperasikan oleh operator lain, biaya kelebihannya merujuk pada operator bersangkutan.

1. Biaya Kelebihan Bagasi Rute Domestik

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia rute domestik adalah 1,5% (per kg) dari harga tiket untuk penerbangan sekali jalan. Jadi misalkan harga tiket pesawat kamu adalah Rp1.000.000 dan bagasimu over 5 kg, maka biaya kelebihan bagasinya adalah Rp75.000.

1. Biaya Kelebihan Bagasi Rute Internasional

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Berbeda dengan rute domestik, biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia untuk sektor internasional sedikit lebih rumit dan disesuaikan dengan wilayah dan dibagi menjadi lima zona. Biaya kelebihan bagasi dari Indonesia ke luar negeri zona 1 (Malaysia, Singapura, Thailand), tarif per kg-nya adalah Rp180.000.

Untuk zona 2 (Hong Kong, China, Korea Selatan, Jepang), tarif kelebihan bagasi per kg-nya adalah Rp220.000. Tarif kelebihan bagasi zona 3 untuk wilayah Saudi Arabia adalah Rp230.000 per kg-nya.

Tarif kelebihan bagasi zona 4 dan zona 5, yaitu untuk negara Australia, India, Belanda, dan Inggris Raya, biaya kelebihan bagasinya adalah Rp380.000 per kg.

Jika kelebihan bagasi dari Indonesia menuju luar negeri dikenakan tarif dalam Rupiah, kelebihan bagasi dari luar negeri ke Indonesia dikenakan tarif dalam USD.

Tarif kelebihan bagasi dari luar negeri ke Indonesia juga dibagi menjadi lima zona. Untuk zona 1 (Malaysia, Singapura, Thailand), biayanya adalah 13 dolar.  Zona 2 (Hong Kong, China, Korea Selatan, Jepang) dikenakan biaya 16 dolar.

Untuk zona 3 (Saudi Arabia), biaya kelebihan bagasi per kg-nya adalah 17 dolar. Sedangkan untuk zona 4 (Australia dan India) dan 5 (Belanda dan Inggris Raya), biayanya 28 dolar.

biaya-kelebihan-bagasi-GA

Untuk biaya kelebihan bagasi untuk konsep jumlah potong, setiap penumpang akan dikenakan biaya sebesar 150 dolar.

Bagasi Tambahan Garuda (Pre-paid Baggage)

Wah, ternyata lumayan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk kelebihan bagasi. Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok membayar kelebihan bagasi sejak awal dengan harga lebih murah. Dengan prepaid extra bagasi, kamu bisa lebih hemat 15%.

Untuk bagasi tambahan ini bisa dibeli di Kantor Penjualan Garuda Indonesia, website, atau mobile app Garuda Indonesia maksimum 24 jam sebelum berangkat. Khusus untuk pembelian melalui website atau mobile app Garuda Indonesia, pembelian bagasi tambahan harus dilakukan bersamaan dengan pembelian tiket pesawat.

garuda special fare

Prepaid bagasi Garuda Indonesia tersedia dalam delapan paket, yaitu 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, 35 kg, dan 40 kg. Satu penumpang per-sektor hanya diperkenankan untuk membeli satu paket saja. Kebijakan ini berlaku untuk tiket Garuda Indonesia dengan rute domestik dan Internasional. Tidak berlaku untuk penerbangan interline tiket (codeshare) dengan maskapai lain.

Untuk tarif lengkapnya kamu bisa lihat dalam bentuk PDF: Tarif lengkap prepaid bagasi Garuda.

Semoga informasi mengenai bagasi Garuda Indonesia di atas menjawab semua pertanyaan. Jangan lupa beritahu temanmu agar mereka juga selalu up-to-date.

Tinggalkan Pendapatmu