Liburan ke Singapura memang jadi pilihan menarik terutama bagi traveler asal Indonesia. Karena selain banyaknya spot wisata, mencari tiket murah ke Singapura juga terbilang mudah. Tapi meski tiket pesawat murah ke Singapura gampang dijumpai biaya hidup di negara ini termasuk mahal.

Menurut Worldwide Cost of Living oleh Economist Intelligence Unit di tahun 2018 Singapura masuk dalam jajaran negara dengan biaya mudah tertinggi bersama dengan Paris dan Swiss. Tapi meski terkenal dengan harga yang serba mahal traveler tetap bisa menghemat budget liburan dengan tips travelling pintar dari Pergi.com berikut ini:

1. Beli kartu EZ-Link

EZ-Link card merupakan kartu sakti yang sebaiknya kamu beli ketika berada di Singapura. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar bus dan juga MRT yang merupakan transportasi umum yang terpercaya, aman dan juga murah di Singapura. Selain itu, ketika kamu tap kartu ini di bus maupun stasiun MRT, ongkos yang dibayar jauh lebih murah dibandingkan membeli tiket harian dari mesin GMT di stasiun MRT atau membayar bus dengan uang cash.

Panduan Lainnya :  10 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak & Legendaris 2019

Dan yang kerennya, kartu ini berlaku selama 5 tahun sejak diaktifkan, jadi bisa kamu gunakan berkali-kali saat datang ke Singapura di lain waktu. Harga kartu ini adalah SGD 12 yang terdiri dari SGD 5 untuk harga kartu dan SGD 7 deposit yang bisa dipakai. Kartu ini bisa dibeli di stasiun MRT Changi, Orchard dan Bugis. Bisa juga dibeli di gerai 7-Eleven.

2. Refill tumblr

Terdengar sepele, tapi ada baiknya kamu bawa botol minum kosong dari rumah karena harga air mineral di Singapura itu mahal. Harga satu botol air mineral ukuran 600ml bisa mencapai SGD 2 (sekitar Rp 19.000)!

Dengan membawa tumblr kamu bisa mengisi ulang air yang disediakan oleh pihak hostel. Di beberapa pusat wisata traveler juga dapat mengisi botol minum mereka dari keran yang disediakan pihak pemerintah.

3. Makan di Hawker

Biaya makan di Singapura juga termasuk tinggi jika dikonversikan ke Rupiah. Untuk mengakalinya, kamu bisa makan di hawker center yang tersebar di banyak lokasi di Singapura. Hawker ini seperti food court yang terdiri dari banyak stall makanan dengan menu yang berbeda dan harga yang bersahabat.

Panduan Lainnya :  7 Pantai Lampung yang Keindahannya Menyamai Bali

Selain murah dan porsinya banyak, makan di hawker juga memungkinkan kamu melihat kehidupan warga Singapura yang sebenarnya. Ada banyak hawker center yang terdapat di Singapura misalnya Changi Village Hawker, Golden Mile Hawker yang dekat dari Arab Street, Tekka Hawker di kawasan Little India dan masih banyak lainnya.

4. Beli SIM Card lokal

Disarankan juga untuk membeli sim card lokal Singapura untuk dipakai internetan sekaligus telpon gratis ke Indonesia. Harga sim card ini adalah SGD 15 dan kamu bisa mendapatkan free data hingga ratusan gigabyte dan juga free international call yang bisa dipakai untuk menelpon orang tua di rumah. Hal ini jauh lebih nyaman dan murah ketimbang beli paket roaming dari provider lokal Indonesia.

5. Belanja di Supermarket Pinggir Kota

Untuk menghemat biaya jajan, kamu bisa belanja cemilan maupun minuman di supermarket yang terletak di pinggir kota. Jika kamu misalnya berbelanja di supermarket yang ada di daerah Bugis atau Orchard yang merupakan daerah wisata, harga barang-barangnya lumayan mahal.

Panduan Lainnya :  12 Tempat Wisata Alam Tersembunyi Lombok Terbaru 2019

Namun jika kamu bersedia bergeser sedikit saja hingga menuju pinggir kota atau paling tidak area pemukiman di Singapura, seperti Bishan atau Yishun, harga barang yang dijual di supermarket maupun restoran / kafe jauh lebih murah daripada di inti kota. Misalnya, air mineral di supermarket yang ada di Arab Street dijual seharga SGD 1.8 untuk botol kecil, namun air mineral di supermarket di Bishan dijual seharga SGD 2.4 untuk botol besar. See?

Bagi kamu yang akan liburan ke Singapura dalam waktu dekat, jangan lupa untuk melakukan tips-tips diatas ya! Dijamin liburan ke Singapura kamu jauh lebih murah namun tetap menyenangkan.