Siapa sih yang tak kenal dengan Yogyakarta atau Jogja? Daerah istimewa ini merupakan salah satu destinasi liburan favorit di Indonesia. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan luar negeri pun senang jalan-jalan ke Jogja. Nah sepulang liburan dari Jogja, tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Inilah 18 daftar lengkap oleh-oleh Jogja yang wajib kamu beli untuk orang-orang tercinta.

Rekomendasi Oleh-Oleh Makanan dari Jogja

1. Bakpia Pathuk, Si Mungil yang Lezat

Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!

Sumber: Instagram mamiicaca1234


Belum ke Jogja namanya kalau pulang tidak bawa oleh-oleh bakpia. Kue yang terbuat dari campuran kacang hijau, gula, kemudian dibungkus dengan tepung ini sangat disukai oleh para pelancong. Tak hanya enak, cara makannya pun praktis. Inovasi pun terus dilakukan untuk membuat oleh-oleh Jogja ini semakin diminati kalangan milenial.

Tidak hanya rasa kacang hijau, kini bakpia sudah ada yang rasa cokelat, durian, keju, red velvet, hingga green tea. Perkembangan ini sangat pesat jika mengingat dulunya kue yang dipengaruhi budaya China ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas di sebuah desa bernama Pathuk pada awal abad ke-20.

Setidaknya ada empat merek bakpia yang selalu menjadi incaran wisatawan hingga saat ini. Di antaranya Bakpia 25, Merlino, Citra Premium, dan Kurnia Sari. Manakah yang biasanya kamu beli untuk oleh-oleh?

2. Inovasi Kekinian: Bakpia Kukus Tugu Jogja

Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!

Sumber: Instagram alfinkenyang


Jika kamu bosan dengan bakpia biasa, cobalah beli oleh-oleh Bakpia Kukus Tugu Jogja. Perbedaannya dengan bakpia pathuk adalah teksturnya lebih lembut di bagian luar maupun dalam. Bakpia kekinian ini sedang naik daun karena keunikannya. Satu kotak isi 10 harganya mulai dari Rp25.000. Varian rasanya cukup banyak, ada kacang hijau, kacang merah, keju, dan cokelat.

3. Gudeg Kalengan, Makanan Khas Jogja yang Unik

Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!

Sumber: Instagram gudeg_kalengan


Kuliner khas apa yang paling identik dengan Yogyakarta? Ya, gudeg! Olahan nangka muda yang dimasak dengan santan dan disajikan bersama sambal goreng krecek ini sangat mudah ditemukan di Kota Pelajar. Rasanya yang khas membuat gudeg selalu dicari oleh wisatawan. Oleh karena itu, jangan sampai terlewatkan membeli oleh-oleh gudeg dari Yogyakarta.

Kini, gudeg tidak hanya dijual dalam bentuk besek atau kendil. Kuliner Yogyakarta ini semakin mudah dibawa pulang karena tersedia dalam bentuk kalengan. Masa kedaluwarsanya juga cukup lama, yakni mencapai satu tahun tanpa mengurangi cita rasanya. Jadi, enggak perlu khawatir lagi gudeg yang kamu bawa basi dalam perjalanan.

4. Walang Goreng, Camilan Unik dari Gunungkidul

Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!

Sumber: Instagram camilan_gunungkidul


Panduan Lainnya :  Bukan Cuma Pantai, 10 Air Terjun Lombok Ini Juga Sama Indahnya!

Oleh-oleh Jogja ini bisa dibilang cukup ekstrem. Bagaimana tidak, walang goreng khas Gunungkidul ini merupakan camilan belalang goreng. Tak ada salahnya mencicipi dan membawa pulang walang goreng sebagai oleh-oleh Jogja. Pasti seru menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman.

Jangan takut, walang goreng rasanya enak kok. Oleh-oleh ini juga bisa dijadikan sebagai lauk lezat yang kaya kandungan protein. Ada tiga pilihan rasa yang bisa kamu pilih, yaitu gurih, pedas, dan bacem. Harganya beragam, namun rata-rata Rp30.000 untuk satu toples.

5. Keripik Welut, Olahan Belut yang Lezat

Oleh-Oleh Yogyakarta yang Murah dan Wajib Dibeli

Sumber: Instagram belut_keripik


Yogyakarta terkenal dengan kebudayaannya yang kental. Jika kamu tertarik belajar kebudayaan Jogja lebih dalam, datang saja ke 10 desa wisata terbaik di Jogja. Nah ketika mau pulang, jangan lupa belanja keripik welut.

Mampirlah ke Pusat Kuliner Belut Godean, Sleman yang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota. Di sini, kamu bisa menemukan puluhan penjual keripik welut (belut) yang renyah dan lezat. Harganya sekitar Rp70.00/kg, tergantung ukuran dan campuran tepungnya. Pusat kuliner ini juga menjual olahan belut lainnya, seperti mangut welut, pepes welut, sego welut, hingga sambal penyet welut. Yummy!

6. Geplak, Bola Warna-warni yang Manis

Oleh-Oleh Yogyakarta yang Murah dan Wajib Dibeli

Sumber: Instagram triwinar76


Ada banyak pilihan camilan manis khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang, salah satunya adalah geplak. Makanan khas wisata Bantul ini adalah kue warna-warni yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah atau gula pasir. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas membuat makanan ini disukai oleh masyarakat.

Geplak biasanya dikemas di wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Awalnya, geplak hanya dibuat dalam dua warna, yaitu putih dan cokelat. Untuk warna putih biasanya menggunakan gula tebu, sedangkan yang berwarna cokelat terbuat dari gula jawa. Seiring perkembangan zaman, muncul kreasi baru dari segi warna hingga rasa. Kini geplak ada yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Rasanya juga macam-macam, ada jahe, stroberi, sampai durian.

7. Yangko, Mocinya Jogja

Oleh-Oleh Yogyakarta yang Murah dan Wajib Dibeli

Sumber: Instagram dapoersikoko


Yangko adalah makanan tradisional warna-warni yang terbuat dari tepung ketan dan dibalut tepung di bagian luarnya. Bentuknya kotak dan rasanya cenderung manis dan sangat khas. Bisa dibilang, yangko adalah mocinya Jogja karena memiliki tekstur yang lembek dan kenyal. Sudah pernah mencoba belum? Jangan lupa beli oleh-oleh ini saat liburan ke Jogja, ya.

8. Legitnya Salak Pondoh di Sleman

Oleh-Oleh Yogyakarta yang Murah dan Wajib Dibeli

Sumber: Instagram yenty_li3


Bukan hanya camilan saja, oleh-oleh Jogja lainnya adalah buah salak pondoh. Sleman, khususnya di lereng Gunung Merapi, telah lama dikenal sebagai tempat budi daya salak pondoh. Uniknya lagi, kamu boleh memetik buah salak sendiri untuk dibawa pulang atau dimakan langsung. Rasanya manis dan segar, cocok dijadikan sebagai oleh-oleh Jogja.

Panduan Lainnya :  Lagi Hits, Inilah 10 Desa Wisata Terbaik di Yogyakarta

9. Jogja Scrummy, Oleh-Oleh Kekinian yang Laris Manis

Oleh-Oleh Makanan dari Jogja yang wajib Dibeli

Sumber: Instagram jogjascrummy


Beberapa tahun belakangan ini, ada banyak artis yang terjun dalam dunia kuliner dan oleh-oleh. Salah satu yang berkembang di Jogja adalah Jogja Scrummy. Kuliner milik Dude Herlino ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Produknya sendiri merupakan paduan brownis kukus dan puff pastry berlapis krim dengan bentuk persegi panjang.

Buat yang penasaran, silakan coba sendiri untuk membuktikan kelezatannya. Ada rasa cokelat, keju, mangga, srikaya, hingga karamel yang bisa kamu pilih.

10. Cokelat Monggo, Cokelat Asli Indonesia

Oleh-Oleh Makanan dari Jogja yang wajib Dibeli

Sumber: Instagram cokelatmonggojogja


Suka cokelat? Jangan lupa boyong Cokelat Monggo untuk oleh-oleh. Monggo menggunakan cokelat asli Indonesia dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kualitasnya tak kalah dengan cokelat lezat khas Belgia. Produk ini dibuat oleh sekelompok warga lokal dan ekspatriat asal Belgia. Ide ini muncul karena minimnya cokelat batangan berkualitas di Indonesia.

Cokelat yang lahir pada tahun 2005 ini memiliki banyak varian rasa, seperti susu, karamel, stroberi, durian, mangga, hingga rasa cabai merah! Wow, unik sekali ya. Kelebihan oleh-oleh Jogja ini adalah menggunakan premium dark chocolate hingga 69 persen. Jangan lupa mampir ke Kotagede jika ingin mengunjungi pabrik utamanya.

11. Tasuba, Alternatif Oleh-Oleh dari Jogja

Oleh-Oleh Makanan dari Jogja yang wajib Dibeli

Sumber: Instagram lathifahedib


Mungkin masih jarang yang membeli tasuba sebagai oleh-oleh dari Jogja. Tasuba alias tahu bakso lebih identik dengan Semarang, namun kamu masih bisa menemukannya di Yogyakarta. Camilan lezat ini bisa bertahan hingga 6 bulan meski tanpa pengawet sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan. Harganya sekitar Rp32.000 dengan isi 5-10 buah. Berminat mencoba?

12. Mamahke Jogja Milik Zaskia Adya Mecca

Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!

Sumber: Instagram mamahkejogja


Jika Dude Herlino punya Jogja Scrummy, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo punya Mamahke Jogja. Komposisi, bentuk, serta teksturnya sebenarnya hampir sama dengan Jogja Scrummy. Namun, varian rasa yang ditawarkan lebih kekinian, seperti green tea, cokelat pisang, cokelat keju, tiramisu, red velvet, dan kacang hijau. Harganya sekitar Rp50.000/kotak.

Rekomendasi Suvenir Unik Khas Jogja

13. Borong Berbagai Pilihan Batik Jogja

Oleh-Oleh Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram aafarras


Selain makanan, kamu juga bisa membeli suvenir barang sebagai oleh-oleh. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah belanja batik selama liburan di Yogyakarta. Rekomendasi tempat membeli batik di Jogja sangat banyak. Mulai dari Pasar Beringharjo, Malioboro, Kampung Batik Giriloyo, dan Kampung Batik Ngasem. Tak hanya dalam bentuk kain, kamu juga bisa membeli batik yang sudah menjadi kemeja, dres, celana, daster, hingga tas. Dijamin enggak puas beli satu saja!

Panduan Lainnya :  Wisata Kuliner ke 9 Tempat Makan Legendaris di Bali Yuk!

14. Suvenir dan Pernak-pernik Malioboro

Oleh-Oleh Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram wulan_nur_anugrah29


Malioboro, tempat yang satu ini merupakan destinasi yang wajib kamu datangi saat liburan ke Jogja. Banyak sekali toko dan penjual yang menawarkan berbagai pilihan suvenir dan pernak-pernik di sini. Surga banget untuk kamu yang suka belanja. Ada tas, baju, batik, kalung, cincin, gelang, mainan kayu, hingga cendera mata lainnya.

Suvenir di Malioboro sangat cocok diborong untuk dibagikan ke saudara, teman, hingga keluarga. Dijamin ga bikin kantong jebol karena harganya murah!

15. Barang Antik di Pasar Beringharjo

Oleh-Oleh Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram galihakartiko


Selain Malioboro, kamu bisa melipir sedikit untuk membeli barang antik di Pasar Beringharjo. Pasar ini menjual koin lama, porselen, patung-patung dewa, perabotan zaman dulu, hingga arca. Bahkan kamu bisa menemukan setrika uap dan benda-benda unik lainnya di sini. Harganya juga bersahabat. Jangan lupa ditawar dulu sebelum diboyong pulang, ya.

16. Gerabah Kasongan, Kerajinan Tanah Liat yang Antik

Oleh-Oleh Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram nicole.i.j.g


Jika kamu suka barang antik, jangan lupa beli gerabah kasongan sebagai cendera mata dari Jogja. Guci, patung, vas bunga, teko, hingga kerajinan tanah liat lainnya bisa kamu temui dengan mudah di Jalan Raya Kasongan (Desa Wisata Kasongan). Pengunjung juga bisa sekalian melihat proses pembuatan gerabah secara langsung di sini. Seru, bukan?

17. Suvenir Perak Kota Gede

Oleh-Oleh Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram restuticatu


Jika wilayah Kasongan dikenal dengan seni gerabah, Kotagede populer karena kerajinan seni peraknya. Kemampuan mengukir, mengolah, dan menempa perak sudah dikuasai penduduk Kotagede secara turun temurun. Kamu bisa membeli beragam kerajinan dan suvenir perak di sini, seperti kalung, anting, cincin, bahkan miniatur patung dari perak. Kualitasnya pun sangat baik, bahkan sudah diekspor ke mancanegara.

Harganya sendiri bervariasi, tergantung motif, ukuran, serta tingkat kerumitan pembuatannya. Berminat membelinya untuk kekasih tercinta?

18. Kaos Dagadu yang Ikonik

Oleh-Oleh Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram pandjikiansantang


Aduh, masa mau pulang enggak beli kaos Dagadu dulu sih? Kaos merek Dagadu ini memang harum namanya di kalangan wisatawan. Berbagai pilihan kaos dengan gambar dan slogan yang unik bisa kamu beli di sini. Sangat cocok dijadikan sebagai kenang-kenangan dari Jogja. Selain kaos, ada juga gantungan, sandal, dan stiker.

Itulah 18 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu beli dan kamu bawa pulang. Dijamin enak, murah, dan unik-unik banget deh. jadi semakin tak sabar ya untuk pergi liburan ke Jogja? Yuk, segera pesan tiket pesawat ke Jogja di Pergi.com. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!