Tempat wisata di Laos sangat cocok dikunjungi untuk liburan 2019. Destinasi wisata di Asia Tenggara ini memiliki banyak objek wisata dan warisan budaya yang penuh pesona. Meskipun tidak memiliki pantai, banyak wisata candi serta bangunan yang menakjubkan di Laos. Belum lagi keindahan alamnya yang begitu memikat hati.

Sayangnya, masih banyak wisatawan yang belum tahu keindahan tempat wisata di Laos. Padahal, banyak tempat menarik di Laos yang bisa kamu eksplor untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Laos juga memiliki iklim tropis yang hangat sehingga kamu bisa mengunjungi negara ini kapan pun. Apalagi Laos adalah negara bebas visa.

Supaya Liburan di Laos semakin menyenangkan, catat 20 rekomendasi tempat wisata di Laos paling populer berikut ini. Siap-siap enggak mau pulang!

Tempat Wisata Terbaik di Vientiane

Sebagai ibu Kota Laos, Vientiane punya banyak tempat wisata menarik dengan fasilitas yang memadai. Kota ini sangat dicintai wisatawan karena penuh dengan beragam jenis wisata yang menawan. Wisata kulinernya juga top dan bikin betah. Inilah tempat wisata di Vientiane yang wajib kamu datangi saat liburan di Laos.

1. Buddha Park, Taman yang Penuh dengan Patung Buddha dan Hindu

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram dayraleroyal


Kalau liburan di Vientiane, wajib banget datang ke sini. Tempat wisata di Laos ini dibangun oleh Luang Pu Bunleae Sulilat pada tahun 1958. Buddha Park atau dalam bahasa Laos disebut Wat Xieng Khuan memang sedikit jauh dari pusat Kota Vientiane. Letaknya dekat dari perbatasan darat antara Laos dan Thailand atau Friendship Bridge. Tiket masuknya tergolong murah, yaitu 8000 kip (Rp13.000).

Di destinasi wisata Laos ini, pengunjung akan disuguhkan sekitar 200 patung dan ukiran yang terbuat dari batu. Semuanya kental dengan nuansa Buddha dan Hindu. Karya paling terkenal adalah Sleeping Buddha setinggi 50 m dan Giant Pumpkin. Giant Pumpkin menggambarkan tiga tempat di alam semesta, yaitu neraka, bumi, dan surga. Setelah lelah mengelilingi Buddha Park, kamu bisa beristirahat di tepi Sungai Mekong yang indah.

2. Pha That Luang, Stupa Suci dari Emas

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram jpreem


Vientiane memiliki tempat wisata suci berupa stupa emas Pha That Luang yang merupakan lambang Negara Laos. Tahukah kamu jika destinasi ini menyimpan misteri? Konon, stupa yang terbuat dari emas tersebut memiliki rongga di dalamnya dan menyimpan benda keramat. Benda tersebut diyakini merupakan sebuah patung Buddha yang terbuat dari batu dan logam mulia.

Bangunannya sendiri berada dalam kompleks yang terdiri dari banyak wihara. Sebenarnya Pha That Luang tidak boleh dimasuki sembarangan orang. Wisatawan hanya boleh masuk sampai gerbang pertama. Tapi jangan khawatir, candi tetap dapat terlihat jelas dari luar. Sebaiknya datang ke sini saat siang hari agar warna keemasan Pha That Luang dapat bersinar indah di fotomu. Biaya masuknya sekitar 5000 kip (Rp8.100).

3. Vat that Khao, Patung Buddha Tidur

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram mcgjenjen


Vat that Khao berada dalam satu lokasi yang sama dengan Pha That Luang. Di destinasi wisata Laos ini kamu bisa melihat patung Buddha tidur menyamping yang megah dan besar. Bentuknya sangat unik dan klasik. Jika ingin berfoto dengan latar belakang patung Buddha yang lengkap, kamu harus mau sedikit mundur jauh. Sebaiknya datang ke sini siang hari saat cuaca cerah.

4. Setthathirath

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram oslaf


Setthathirath atau Xaysettha adalah salah satu pemimpin besar dalam sejarah Laos. Kamu bisa melihat patung atau monumennya di dalam kawasan Pha That Luang. Patungnya sendiri berwarna hitam dan memakai pakaian kuning. Begitu kontras dengan latar belakang stupa berwarna emas dan langit biru. Destinasi wisata Laos ini dikelilingi dengan banyak bangunan dan stupa yang indah.

5. Patuxai, Gerbang ala Paris di Laos

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram daretodream.travel


Panduan Lainnya :  Aplikasi Safe Travel Kemlu, Apa Fungsi & Keuntungannya?

Jika Paris memiliki landmark Arc de Triomphe de l’Etoile, Laos memiliki monumen bernama Patuxai. Lambang dari Kota Vientiane ini merupakan simbol perjuangan Laos setelah bebas dari belenggu penjajahan Perancis selama lebih dari satu abad. Dekorasi berbentuk gerbang megah ini menggabungkan unsur desain Laos dan Eropa.

Dibangun pada 1962, Patuxai sebenarnya belum rampung karena kondisi ekonomi Laos yang tak stabil. Meski begitu, hingga kini destinasi wisata Laos ini tetap menjadi favorit karena berada di tengah Kota Vientiane. Wisatawan bisa naik ke atas Patuxai untuk melihat seluruh pemandangan kota. Terdiri dari tujuh lantai, biaya untuk naik ke atas Patuxai sekitar 3000 kip (Rp5.000).

6. Mekong Riverside Park,

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram lagunawestblue


Tidak lengkap rasanya liburan ke Laos jika tidak berkunjung ke Sungai Mekong. Mekong Riverside Park sendiri adalah sebuah taman yang luas di samping Sungai Mekong. Di sini kamu bisa menikmati matahari terbenam dan suasana malam yang romantis. Tempat wisata di Laos ini banyak digunakan untuk bersantai, joging, bermain skateboard, bersepeda, hingga senam.

Taman Mekong tertata dengan baik. Di sekitar taman terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak, alat olahraga, dan podium untuk acara tertentu. Di akhir pekan, banyak yang berolahraga di sini, semacam car free day di Indonesia gitu deh. Sehabis dari sini, kamu bisa langsung melipir ke pasar malam untuk membeli jajanan atau oleh-oleh khas Laos.

7. Vientiane Night Market, Tempat Belanja di Tepi Sungai Mekong

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram matedz


Vientiane Night Market berada di sepanjang Sungai Mekong. Kiosnya beratap merah dan menjual berbagai kerajinan tangan, pakaian, dan elektronik. Kios di wisata belanja Laos ini baru buka setelah matahari terbenam dan paling ramai pada pukul 8 malam. Di sini kamu bisa membeli berbagai oleh-oleh dari Laos seperti lukisan Buddha, kemeja dengan logo Beer Lao, dan lain-lain.

Penjual kebanyakan bisa berbahasa Inggris karena banyak turis yang berkunjung ke sini. Jangan lupa menawar barang yang akan dibeli untuk mendapatkan harga terbaik. Selain belanja, kamu juga bisa bersantai di taman sekitar atau tepi Sungai Mekong. Sangat worthed untuk dikunjungi meskipun kamu tak berniat belanja sekalipun.

8. Vientiane City Pillar Shrine, Kuil Kecil yang Indah

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Facebook Fatima Jahan


Vientiane City Pillar Shrine merupakan sebuah kuil kecil yang indah dan menawan. Bangunannya sendiri baru selesai dibangun pada tahun 2012. Letaknya dekat Desa Phaiwat di Distrik Sisattanak. Tempat wisata di Laos ini terdiri dari 473 pilar dan dibangun untuk melestarikan peninggalan kuno dan sisa-sisa artefak Kota Vientiane. Pengunjung bisa menikmati wisata religi dan sejarah di sini. Meskipun kecil, arsitekturnya bikin kagum. Biaya masuknya juga gratis.

9. Wat Si Saket, Kuil Tua yang Bentuknya Masih Asli

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram 6002inspire


Wat Si Saket merupakan biara Buddha dari abad 19 yang dibangun di pusat Kota Vientiane. Tempat ini adalah kuil paling tua yang bentuknya masih seperti aslinya. Kini sudah menjadi rumah bagi 10.000 patung Buddha yang mengelilingi kuil. Tempat wisata ini buka dua kali sehari, yaitu pukul 8 pagi hingga siang dan kembali buka pada pukul 1 hingga pukul 4 sore. Biaya masuknya sekitar 5.000 kip (Rp8.100).

10. Wat Mixay, Kuil yang Laos Banget

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram blackbolt84


Ketika sampai di Wat Mixay, kamu akan melihat bangunan kecil yang berwarna emas. Meskipun begitu, arsitektur dan desainnya begitu unik dan mencolok dengan warna-warna yang terang. Gerbangnya juga berwarna cerah dan berdiri tegak untuk menyambut pengunjung yang datang. Kamu akan benar-benar merasa sedang di Laos saat di sini. Surganya foto di Laos karena banyak spot instagenic!

11. The Presidential Palace, Tempat Tinggal Presiden Laos

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram traveltamkrasae


Panduan Lainnya :  5 Wisata Balon Udara di Asia Tenggara

Ketika liburan di Vientiane, jangan lupa berkunjung ke sini. Lokasinya dekat sekali dengan berbagai destinasi wisata. Kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk mencapai Sungai Mekong. Banyak wisatawan berfoto di depan istana karena memang tidak diperbolehkan masuk. Bangunannya sangat megah dan mewah. Bisa jadi spot foto yang unik selama liburan di Laos.

12. Phou Khao Khouay National Park, Taman Nasional Vientiane

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram mikeyvanderwilsh


Phou Khao Khouay National Park merupakan taman nasional yang sangat luas. Namun sayangnya, tempat ini jarang dikunjungi karena terletak sekitar 40 km dari pusat kota. Taman yang memiliki arti “Gunung Tanduk Kerba” ini padahal punya pemandangan yang sangat indah. Keunggulannya terletak pada keanekaragaman flora dan faunanya, hutan pinus yang sejuk, sungai, dan air terjun yang indah. Berminat ke sini?

Destinasi Wisata di Luang Prabang yang Harus Kamu Kunjungi

Setelah puas jalan-jalan di Kota Vientiane, saatnya beranjak ke Luang Prabang. Karena keindahannya, kota ini menjadi destinasi favorit untuk honeymoon bagi wisatawan Eropa. Ada apa saja ya di tempat wisata Laos Ini? Yuk, kita simak.

13. Kuang Si Falls, Air Terjun Berwarna Turqoise

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram therealpatric


Kuang Si Falls adalah tempat wisata yang harus kunjungi selama berada di Luang Prabang. Air terjunnya sangat indah dengan air jernih berwarna hijau turquoise. Dikelilingi hutan yang lebat, Kuang Si Falls benar-benar disukai para wisatawan karena sangat instagenic. Di tengah-tengah air terjun terdapat jembatan yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto lebih dekat.

Air terjun berundak yang menakjubkan ini dijamin tak akan membuatmu bosan. Di sini kamu bisa berenang di air yang jernih layaknya kolam renang. Untuk menuju tempat wisata ini, kamu harus mendaki selama 15-20 menit. Dengan biaya masuk 20.000 kip (Rp32.500), air terjun di Laos ini buka pukul 8 pagi hingga setengah 6 sore.

14. Kuang Si Falls Butterfly Park, Banyak Kupu-Kupu Cantik

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram sl_authentictravels


Tak hanya melihat air terjun, sempatkan juga datang ke Kuang Si Falls Butterfly Park. Terletak 300 m sebelum pintu masuk Kuang Si Waterfall, di sini kamu bisa belajar dan melihat keindahan kupu-kupu beraneka warna. Tempat ini adalah proyek dari dua orang Belanda yang dimulai pada Januari 2014.

Taman ini dijadikan sebagai pusat penelitian yang mempelajari soal kupu-kupu, tanaman inang, dan pelestarian karena masalah lingkungan di Laos. Tempat ini terbuka untuk umum dan banyak didatangi sekolah-sekolah untuk meningkatkan kesadaran tentang alam. Sebelum lanjut mendaki menuju Kuang Si Falls, kamu bisa istirahat sebentar di kafe kecil sambil menikmati kopi yang nikmat.

15. Bertemu Gajah di Tad Sae Waterfall

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram camilanpereira


Berjarak 12 mil dari Luang Prabang, air terjun Laos ini sangat cantik saat musim hujan. Debit airnya memang tidak tersebar merata sehingga sering kering saat musim kemarau. Destinasi wisata ini tidak terlalu ramai seperti Kuang Si Falls sehingga sangat cocok jika kamu ingin menenangkan diri. Jangan lupa bawa baju ganti agar bisa berenang sambil menikmati pemandangan yang indah.

Selama beberapa tahun, Tad Sae telah menjadi tempat di mana kamu bisa bertemu dan melihat gajah. Banyak tur yang tersedia, muali dari agen perjalanan, perusahaan wisata, bahkan orang lokal.

16. Mount Phousi, Gunung Suci di Luang Prabang

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram clairestepleton


Belum lengkap berkunjung ke Luang Prabang tanpa menyambangi Mount Phousi. Untuk menikmati pemandangan yang epik, wisatawan harus menaiki 300 anak tangga menuju puncak. Pengorbanan tersebut akan terbayar lunas saat sampai di puncak. Kamu akan disajikan dengan panorama gunung sambung-menyambung, hutan yang hijau, ditambah sungai biru yang damai.

Gunung ini dianggap suci oleh masyarakat lokal. Luang Prabang yang dilindungi UNESCO adalah jantung spiritual Laos, sementara Gunung Phousi adalah jantung dari Luang Prabang itu sendiri. Banyak kuil-kuil kecil tersebar di pegunungan ini. Para rahib berpakaian safron berkeliaran di sepanjang jalan. Pastikan datang ke sini saat matahari terbit atau saat matahari terbenam.

Panduan Lainnya :  8 Pantai Bali Tersembunyi yang Paling Indah, Yuk ke Sini!

Wisata di Kota Luang Namtha yang Menarik Hati

Tempat wisata di Luang Namtha menawarkan keindahan alam dan taman yang menarik dan asyik. Inilah beberapa rekomendasi wisata yang patut kamu kunjungi!

17. Forest Retreat Laos (Eco Tourism Specialist)

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram mangelavsworld


Tempat wisata Laos ini adalah perusahaan wisata pendakian yang fokus membawa pelanggannya melewati tempat-tempat indah. Jalur pendakiannya melalui Nam Ha National Protected Area, kemudian menuju Lembah Luang Namtha dan sekitarnya. Tur selesai saat menjelajahi Laos Utara.

Dengan memesan tur pendakian ini, kamu bisa sekaligus mendukung komunitas lokal dan lingkungan di Laos Utara. Selain itu, perekonomian warga lokal pun sangat terbantu dengan adanya tur ini. Sebuah perjalanan yang penuh dengan makna.

Tempat Wisata di Kota Champasak

Champasak merupakan kota yang berada di Provinsi Champasak. Inilah dua tempat wisata di Champasak yang harus kamu kunjungi selama liburan di Laos.

18. Wat Phou atau Vat Phou, Reruntuhan Kuno Kota Champasak

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram __andy.k


Wat Phou yang memiliki arti “kuil gunung” dibangun pada akhir abad ke-10 hingga awal abad ke-11. Usianya bahkan jauh lebih tua dibandingkan Angkor Wat yang dibangun pada abad ke-12. Meski kini telah menjadi reruntuhan kuno, penampilannya yang magis banyak menarik minat wisata untuk edukasi sejarah. Di sini juga kamu bisa menikmati wisata religi karena pada abad ke-13 telah diubah menjadi biara Buddha. Bahkan hingga hari ini, Wat Phou masih menjadi tempat pemujaan bagi umat Buddha setempat dan didedikasikan untuk Siwa, salah satu Dewa Hindu Trimurti.

Wat Phou terletak di kaki gunung Phu Kao, menghadap ke daratan menuju sungai Mekong. Pada zaman Khmer kuno, gunung itu bernama Lingaparvata yang memiliki arti “Gunung Linga”. Disebut demikian karena pilar di atasnya menyerupai lingga, representasi Dewa Siwa Hindu. Tempat wisata Laos ini buka dari pukul 8 pagi dan tutup jam 6 sore.

19. Wat Muang Kang Temple, Kuil Aktif Tertua di Champasak

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram manski.muetze


Wat Muang Kang Temple adalah kuil aktif tertua di Kota Champasak, Laos. Bisa dibilang, kuil ini yang paling menarik di Laos bagian selatan. Saat pertama masuk, kamu akan disambut dengan Ubosot (aula penahbisan) bergaya Thailand yang menjulang tinggi, dengan atap dan cincin pilar berwarna merah. Bangunannya menggabungkan elemen-elemen dari Arsitektur Laos, Cina, Vietnam, dan Perancis-kolonial.

Meski sudah ada beberapa bagian yang rusak, tempat wisata di Laos ini masih sangat indah dan berdiri megah. Posisinya berada di tepi Sungai Mekong sehingga membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Destinasi Wisata yang Menarik di Kota Nong Khiaw

Kota Nong Khiaw tak kalah menarik untuk dikunjungi, terutama jika kamu adalah petualang sejati.

20. Nong Khiaw Viewpoint, Pemandangan Menakjubkan dari Puncak

Rekomendasi Tempat Wisata di Laos Paling Populer

Sumber: Instagram kasparboss


Nong Khiaw Viewpoint atau yang lebih dikenal Phadeng Peak oleh penduduk lokal terletak di kota Nong Khiaw, sebuah desa kecil yang sunyi di daerah pegunungan Laos. Untuk menuju ke sini, kamu membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Luang Prabang. Transportasi umumnya kurang bagus, jadi sebaiknya sewa taksi atau sopir menuju destinasi wisata ini. Jalur pendakiannya sangat indah dan tidak terlalu berat saat musim kemarau. Namun ketika musim hujan, jalanan menuju puncak akan berlumpur sehingga membutuhkan tenaga ekstra.

Pemandangan dari atas sangatlah menakjubkan! Awan berarak di atas desa yang begitu hijau dan indah, membuatmu merasa seperti di alam mimpi. Belum lagi pegunungan yang mengelilingi tempatmu berdiri. Wajib ke sini jika kamu senang naik gunung dan menyukai tantangan.

Promo Tiket ke Laos

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata di Laos yang wajib kamu kunjungi. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Laos di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!