Masalah pencurian bagasi memang bukan hal baru di dunia penerbangan Indonesia. Seiring dengan terungkapnya banyak kasus pencurian bagasi di bandara, keamanan di bandara dan pelayanan kepada penumpang pun semakin ditingkatkan.

Meski demikian, kamu harus tetap waspada terhadap kemungkinan pencurian bagasi di bandara. Yuk simak lima tips menghindari pencurian bagasi di bandara berikut ini.

promo lion air

1. Buat Check List Barang Bawaan

Tips Menghindari Pencurian Bagasi Sumber Pixabay

Sumber: Pixabay


Saking semangatnya liburan, kadang ada saja orang yang kalap membawa barang bawaan. Padahal, bisa dipastikan ujung-ujungnya tak semua barang yang dibawa diperlukan saat bepergian. Saat menyusun barang bawaan di koper, ada baiknya kamu membuat check list barang apa saja yang perlu dibawa. Tentukan prioritas barang penting apa saja yang wajib dibawa saat traveling.

Hal ini bisa mencegah kamu membawa terlalu banyak barang yang tidak penting selama liburan. Mencatat barang bawaan juga akan memudahkanmu mengingat jika ada barang bawaan yang hilang selama berada di bagasi.

Baca Juga :   Ketahui! Ini Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia

2. Bungkus Koper

Tips Menghindari Pencurian Bagasi Sumber Pixabay1

Sumber: Pixabay


Selain gembok, ada cara lain melindungi barang bawaan kita dari pencuri, yaitu dengan membungkus tas atau koper dengan plastic warp. Meski tidak menjamin tas atau koper terhindar dari pencuri, namun dengan dibungkus plastik, tas atau koper akan jadi lebih sulit dibuka.

3. Gunakan gembok berstandar TSA

Tips Menghindari Pencurian Bagasi Sumber Pixabay1

Sumber: Pixabay


promo bank mega

Gembok memiliki peran penting untuk mencegah seseorang membobol kopermu di bandara. Untuk itu, jangan sekali-kali menggunakan gembok mainan yang terkadang memang cocok dengan kopermu.

Percayalah, gembok seperti itu akan sangat mudah dibongkar. Investasikan sedikit uangmu untuk membeli gembok khusus berstandar TSA (Transportation Security Administration). Pilih gembok dengan ukuran yang sesuai dengan resleting koper kamu.

Untuk mencegah lupa nomor kombinasi gembok, simpan kunci beserta catatan nomornya di dompet atau tempat aman lainnya. Khusus untuk koper berjenis hard case, gunakan tali pengikat koper yang juga berstandar TSA.

Baca Juga :   Nama di Tiket Pesawat Beda dengan KTP, Apa Sanksinya?

4. Hindari Penerbangan Transit

Tips Menghindari Pencurian Bagasi Sumber Pixabay1

Sumber: Pixabay


Ada juga kasus bagasi hilang saat penerbangan transit. Hal ini karena saat transit, bagasi kamu juga harus dipindah ke pesawat lain dengan proses yang rumit dan lumayan panjang. Mekanisme pengaturan bagasi untuk penumpang transit seperti ini yang memungkinkan bagasi tertinggal hingga hilang.

5. Pakai Asuransi Perjalanan

Tips Menghindari Pencurian Bagasi Sumber Pixabay1

Sumber: Pixabay


Jika kamu membawa banyak barang berharga di dalam bagasi, ada baiknya lengkapi perjalanan kamu dengan asuransi perjalanan sehingga kamu bisa mendapat kompensasi jika koper rusak atau jika ada barang berharga yang hilang saat penerbangan.

Yang terpenting adalah selalu menjaga barang bawaan. Jika ada barang berharga seperti perhiasan atau uang dalam jumlah banyak, ada baiknya bawa ke dalam bagasi kabin agar lebih aman. Pencurian bagasi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jangan sampai kamu jadi korban berikutnya, ya!

Baca Juga :   Cara Check-in Online Maskapai Indonesia
promo ke luar negeri

Sekian tips menghindari pencurian bagasi dari Pergi.com. Bermanfaat bukan? Yuk berikan pendapat tentang artikel ini. Ceritakan juga pengalamanmu di kolom komentar jika pernah kehilangan bagasi saat pergi berlibur ke destinasi favoritmu. Kita tunggu!