Kabupaten Wonogiri yang berada di Jawa Tengah memang tidak sepopuler Bandung maupun Bali, namun keindahan wisata di Wonogiri, terutama pantainya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Bali dan daerah lain di Indonesia. Kabupaten Wonogiri yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki banyak pantai cantik yang bisa kamu kunjungi.

Sebagian besar kawasan wisata pantai di Wonogiri masih belum memiliki infrstruktur yang memadai dikarenakan kurangnya penataan dan promosi pemerintah daerah. Namun, bukan berarti pantai-pantai cantik ini tidak bisa dikunjungi lho! Berikut ada 5 pantai indah di Wonogiri yang harus kamu kunjungi.

diskont tiket sriwijaya air

Pantai Nampu

Pantai nampu wonogiri

image source : instagram @yuvanda71-min

Berada di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Pantai Nampu memiliki pasir putih dan susunan batu karang yang indah. Pantai Nampu ini termasuk salah satu wisata andalan di Wonogiri meski belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini terletak sekitar 70 km dari pusat Kota Wonogiri.

Akses menuju pantai ini sudah tergolong baik, meski belum ada angkutan umum yang menuju kesana. Jalan menuju Pantai Nampu sudah diaspal, namun dibeberapa bagian ada yang rusak dan belum diperbaiki. Tersedia juga papan penunjuk arah untuk membantu wisatawan menuju pantai ini. Sesampainya di pantai ini, kamu harus menuruni bukit terlebih dahulu melalui anak tangga yang sudah disediakan untuk bisa sampai ke kawasan bibir pantai ini.

Pantai Banyutowo

pantai banyutowo wonogiri

image source : instagram @kgpaakj

Berada di Kecamatan Paranggupito, Pantai Banyutowo juga menawarkan keindahan pantai yang mempesona. Ada hal unik yang bisa kamu temui di pantai ini yaitu pertemuan antara air tawar yang berasal dari sungai dengan air asin. Pemandangan unik ini juga yang menjadi asal muasal nama pantai ini, yaitu ‘Banyuwoto’ yang dalam bahasa Jawa berarti air tawar. Pantai Banyuwoto jug amemiliki batu karang indah yang bisa jadi latar untuk berfoto.

Pantai Sembukan

pantai sembukan wonogiri

image source : instagram @pratama_y

Berada di Desa Sembukan, kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, pantai Sembukan masuk ke dalam daftar pantai indah di Wonogiri yang harus kamu kunjungi. Pantai ini memiliki suasana tenang, pasir puth yang halus serta ombak yang tidak begitu besar sehingga memungkinkan jika kamu ingin bermain air atau memancing.

diskont tiket pesawat ke luar negeri

Menurut cerita, konon pantai ini merupakan gerbang ke-13 Kerajaan Ratu Pantai Selatan sehingga sering dijadikan tempat untuk bermeditasi maupun ngalap berkah oleh penduduk di sekitar pantai dan juga wisatawan dari luar daerah.

Pada malam satu syura, pantai ini juga ramai oleh wisatawan yang ingin melihat upacara Labuhan Ageng yang dilakukan di pantai ini. Terlepas benar atau tidaknya cerita mistis pantai ini namun Pantai Sembukan menawarkan keindahan pemandangan pantai yang dijamin buat kamu betah berlama-lama disini.

Pantai Mangetan / Pantai Dadapan

pantai mangetan wonogiri

image source : instagram @sadullah_hasan

Terletak tapal batas antara Kabupaten Wonogiri (Provinsi Jawa tengah) dengan Kabupaten Gunungkidul (Provinsi DIY), Pantai Mangetan atau yang sering juga dikenal dengan nama Pantai Dadapan merupakan pantai paling barat Wonogiri yang masih alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, lokasi pantai cantik ini berada dekat dengan Pantai Sembukan.

Pantai ini memiliki garis pantai yang terbilang sempit dibandingkan pantai lain di Wonogiri, namun pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena bebeatuan karang yang mengapit pantai ditambah lagi pasir putih dan air laut yang bernih berwarna kebiruan semakin menambah indah pemandangan pantai ini.

Pantai Puyangan

image source : instagram @raden_raditiya

Berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Pantai Puyangan merupakan pantai tersembunyi di Wonogiri yang keindahannya sangat mempesona. Berada tak jauh dari Pantai Nampu, akses menuju pantai ini masih seadanya dan kamu harus bertanya ke masyarakat sekitar atau petugas parkir di Pantai Nampu mengenai lokasi pantai ini.

Kamu bisa berjalan kaki dari Pantai Nampu untuk menuju pantai ini selama kurang lebih 15 menit. Pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang dan diapit oleh dua tebing yang eksotis. Pasir putih dan air laut yang jernih ditambah ombak yang lumayan besar membuat pantai ini semakin menawan. Bagi kamu yang ingin main ke pantai ini, jangan lupa bawa bekal makan dan minum secukupnya yak arena di sekitar pantai ini tidak ada warung untuk membeli makanan. Tapi ingat juga untuk tidak meninggalkan sampah di kawasan pantai yang masih perawan ini ya!

So, bagi kamu yang ingin liburan ke Semarang atau Yogyakarta, boleh juga mampir ke Wonogiri dan kunjungi pantai-pantai cantik yang ada di kota ini ya!

Tinggalkan Pendapatmu