Banyak yang beranggapan bahwa penerbangan panjang tak akan jauh berbeda dengan penerbangan pendek karena sama-sama beli tiket, duduk manis di dalam pesawat, dan mendarat di bandara tujuan. Padahal, sebenarnya ada banyak yang harus disiapkan sebelum penerbangan panjang. Salah satunya adalah tips memilih maskapai untuk penerbangan panjang!

Oleh karena akan menghabiskan waktu berjam-jam di atas pesawat, kamu harus memilih pesawat yang memberikan kenyamanan dan service yang baik. Selain memperhatikan harga tiket pesawat untuk rute yang diinginkan, berikut tiga tips memilih maskapai untuk penerbangan panjang yang bisa dijadikan referensi.

1. Pilihan Makanan di Pesawat

memilih-pesawat-penerbangan-panjang

Sumber: Malaysia Airlines


Terbang dalam waktu lama bisa membuat tubuh cepat lelah dan merasa lapar. Apalagi kalau ini adalah pertama kalinya kamu naik pesawat. Oleh karena itu, maskapai yang menawarkan in-flight meals harus masuk dalam opsi pilihan maskapai yang akan kamu gunakan. Selain itu, terbang dengan perut kosong bisa membuat kamu mabuk udara. Apalagi jika harus terbang selama berjam-jam.

Panduan Lainnya :  Nama di Tiket Pesawat Beda dengan KTP, Apa Sanksinya?

Hampir semua maskapai yang melayani penerbangan jarak jauh menawarkan makanan gratis di pesawat untuk penumpangnya. Meski ada juga maskapai yang mengharuskan penumpang memesan makanan sebelum terbang. Namun, maskapai dengan in-flight meals harus jadi prioritas dalam tips memilih maskapai. Selain itu, perhatikan juga menu yang akan disajikan ketika terbang.

Biasanya website maskapai bersangkutan akan memuat informasi tentang menu makanan apa yang disajikan selama penerbangan untuk rute yang diinginkan. Jika punya pertanyaan spesifik soal makanan yang akan disajikan, misalnya jika kamu alergi terhadap bahan makanan tertentu, kamu bisa menelpon call centre maskapai bersangkutan, ya!

2. Hiburan Selama Penerbangan Panjang

memilih-pesawat-penerbangan-panjang

Sumber: Instagram thaiairways


Dalam penerbangan pendek yang berdurasi 2 jam saja, banyak penumpang pesawat yang sudah merasa bosan jika tak ada hiburan di pesawat. Apalagi untuk penerbangan panjang yang durasi penerbangan akan diatas 4 jam lebih. Tentu akan sangat bosan jika tidak ada hiburan selama penerbangan.

Panduan Lainnya :  Cara Check-in Online Maskapai Indonesia

Maka dari itu, pilihlah maskapai yang memiliki in-flight entertainment sesuai dengan kebutuhan. Misalnya bisa mendengarkan musik, menonton fim, hingga in-flight magazine yang menarik.

Kamu bisa membandingkan fasilitas hiburan di dalam pesawat yang satu dan lainnya dengan melihat website masing-masing maskapai. Namun jika kamu tipe traveler yang langsung tidur ketika berada di dalam kabin, tentu opsi hiburan di pesawat tidak terlalu penting. Jadi kembali lagi pada preferensi kamu masing-masing, ya!

3. Fasilitas dalam Pesawat Penerbangan Panjang

memilih-pesawat-penerbangan-panjang

Sumber: Pixabay


Kamu juga harus aware dengan fasilitas di dalam pesawat yang akan dinaiki agar nyaman saat terbang. Namun, masalah kenyamanan memang tergolong relatif karena ada banyak hal yang menunjang kenyamanan seseorang saat terbang. Misalnya bahan pembuat kursi pesawat (apakah kulit atau kain), berapa jarak ruang antar kursi, berapa toilet di dalamnya, dan sebagainya.

Panduan Lainnya :  10 Barang Penting yang Wajib Dibawa Saat Traveling!

Jika kamu merasa oke-oke saja untuk fasilitas standar di dalam kabin, cari tahu juga mengenai bagaimana tingkat pelayanan para kru kabin maskapai bersangkutan sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan maskapai tersebut.

Itulah tips memilih maskapai untuk penerbangan panjang yang harus kamu ketahui. Yuk segera pesan tiket pesawat ke destinasi impianmu di Pergi.com. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!