“Buat apa traveling? Buang-buang uang saja!”

Pernah gak kamu dengar pernyataan tersebut? Mungkin jawabannya pernah. Harus diakui kalau masih banyak orang menganggap traveling adalah kegiatan mahal yang tidak terlalu penting dilakukan. Padahal traveling memberi banyak hal positif yang bisa jadi tidak bisa dirasakan secara langsung.

diskont tiket sriwijaya air

Nah kali ini Pergi.com bakal kasih tahu kamu 5 alasan kenapa traveling itu hal yang wajib dilakukan:

1. Mengasah Kemampuan Tersembunyi

travel map

Selama traveling, apalagi jika kamu memilih backpackeran, tanpa kamu sadari kemampuan untuk surviving sekaligus beradaptasi di tempat baru akan muncul. Insting survival dalam diri kamu pasti akan kelihatan ketika kamu melakukan perjalanan di tempat asing, misalnya bagaimana cara menuju ke hotel dari bandara, bagaimana cara terbaik untuk bisa mengunjungi satu tempat, dimana tempat makan yang murah meriah dan masih banyak lainnya. Traveling akan mengajarkan kamu untuk mengasah hal-hal yang selama ini mungkin tidak kamu sadari ada dalam diri, tapi bisa muncul ketika situasi tak seperti yang sering kamu hadapi.

2. Membuka Wawasan

Traveling ke tempat baru, bertemu orang-orang baru dan melihat banyak hal yang kadang bertentangan dengan apa yang ada di sekitarmu tentu menjadi semacam eye opening moment. Kamu bisa melihat keberagaman di tempat yang kamu kunjungi dan ambil hal-hal yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan. Pengetahuan dan wawasan kamu pun akan bertambah seiring meningkatnya pemahaman dan pengalaman dari mengunjungi tempat yang berbeda.

3. Melatih Diri Keluar Dari Zona Nyaman

Saat traveling, kamu akan dihadapkan dengan berbagai kemungkinan yang menuntut kamu keluar dari zona nyaman yang selama ini mungkin sudah terlalu nyaman. Saat mengunjungi tempat baru, kamu diharuskan untuk beradaptasi dan mengikuti ritme kehidupan di tempat yang kamu kunjungi. Kamu juga diharuskan untuk mengatasi berbagai masalah dengan cepat agar liburan tak berantakan. Hal-hal seperti ini akan membawa kamu jauh dari zona nyaman yang akan mengajarkan kamu cara mengembangkan diri agar bisa survive dari berbagai hal

4. Mengenal Diri Sendiri

Momen traveling bisa jadi waktu yang tepat untuk melihat karakter asli diri sendiri. Traveling bisa menunjukkan jika kamu adalah pribadi yang mandiri, mampu membuat keputusan dengan cepat dan kuat ketika harus berhadapan dengan hal-hal yang bertentangan dengan yang dialami sehari-hari. Hal ini akan memberikan kamu pemahaman diri yang lebih baik lagi.

5. Refresh Diri

Traveling merupakan salah satu cara paling ampuh untuk merefresh diri dari beban pekerjaan maupun hal-hal yang ada di sekitarmu. Mengambil cuti kerja dan pergi liburan dapat membuat tubuh dan pikiran kamu segar lagi dan siap melakukan lebih banyak hal ketika kembali. Tubuh dan pikiran juga perlu istirahat lho! Meski hanya sebentar, traveling bisa menjadi cara ampuh usir stres maupun rasa lelah yang membuat kamu tidak produktif.

Masih mencari-cari alasan kenapa kamu wajib traveling? Traveling tidak perlu mahal kok! Dengan menabung dan mencari alternatif liburan murah tentu keinginan untuk traveling bisa terwujud.

Tinggalkan Pendapatmu