Tidak terasa, sebentar lagi liburan Imlek akan segera tiba. Bisa nih dimanfaatkan untuk berlibur ke luar negeri. Apalagi saat Imlek akan ada banyak perayaan dan pertunjukan seru di berbagai destinasi.

Supaya kamu tidak bingung mau liburan ke mana, Pergi.com sudah merangkum 10 destinasi liburan Imlek 2019 terbaik yang ada di luar negeri. Harus masuk travel bucket list kamu pokoknya!

1. Singapura

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram barbequestingray


Di Singapura, kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek 2019 sudah dimulai sejak 3 minggu sebelumnya. Di berbagai penjuru akan diadakan Spring Festival atau Festival Musim Semi dengan berbagai ornamen Imlek yang meriah. Indah dan Instagramable banget!

Istana Presiden Singapura juga akan dibuka untuk umum tanpa biaya masuk pada pukul 08.30 hingga 18.00. Kamu bisa melihat pertunjukan barongsai langsung dari kediaman resmi Presiden Singapura. Selain itu, masih banyak tempat wisata gratis Singapura yang bisa dikunjungi.

Pusat perayaan Imlek di Singapura tentu saja berada di kawasan Chinatown. Di sini, kamu bisa melihat pertunjukan barongsai ditambah pasar malam yang ramai. Kamu bisa membeli aneka buah-buahan, bunga, makanan, dan berbagai pernak-pernik untuk perayaan Imlek.

Datangi juga Marina Bay Floating Platform dan Esplanade Waterfront Promenade untuk melihat dekorasi bertema Imlek dan lampion berukuran raksasa serta pertunjukan opera. Di sana juga terdapat Festival Sungai Hongbao yang menampilkan makanan khas China.

Di dekat Marina Bay Waterfront akan diadakan Chingay Parade (15-16 Februari) yang menampilkan karnaval pada saat Cap Go Meh. Pengunjung akan disuguhkan parade atraksi akrobat, sulap, tari-tarian, serta kereta hias yang cantik.

Pesan Tiket ke Singapura

2. Beijing, China

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram visit_beijing


Sama seperti di Singapura, Beijing juga mengadakan Festival Musim Semi selama 2 minggu penuh sebelum Imlek. Kemudian Imlek akan dimeriahkan dengan atraksi akrobat, peking opera, acara minum teh, hingga pertunjukan barongsai yang menggugah mata. Destinasi liburan Imlek 2019 ini memang selalu meriah karena kota ini merupakan pusat perayaan Imlek di China.

Seperti perayaan tahun baru pada umumnya, malam Tahun Baru Imlek juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api. Lonceng besar juga akan dibunyikan sebagai tanda pergantian tahun. Suasana semakin meriah dengan adanya bazar-bazar di penjuru kota.

Umumnya, pertunjukan barongsai dan liong akan ramai diadakan di kuil dan taman. Temple of Heaven (Tian Tan) dan Summer Palace (Yihe Yuan) merupakan destinasi Imlek yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan saat Imlek.

Panduan Lainnya :  Kalender 2019 Indonesia dan Rekomendasi Liburannya

Pesan Tiket ke Beijing

3. Taipei, Taiwan

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram pagepan33


Merayakan Imlek di Taipei sayang banget untuk dilewatkan, karena sekitar tanggal 1 Februari hingga 14 Februari, akan muncul Pasar Produk Tahun Baru Dihua di Dihua Street. Di sana ada ratusan stan dan pedagang kaki lima yang menyediakan pernak-pernik keperluan Imlek. Kamu juga bisa belanja kado unik sekalian mencicipi aneka kuliner lokal.

Saat liburan Imlek, Taipei juga akan dipenuhi dengan beragam event budaya dan parade yang seru. Sepenjuru kota akan dihiasi dengan pajangan berukuran raksasa juga lampion berwarna-warni.

Pesan Tiket ke Taipei

4. Hong Kong

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram pixel_eyes


Destinasi liburan Imlek 2019 ini dijamin akan memuaskan tiap traveler. Kamu bisa melihat parade di Tsim Sha Tsui yang menampilkan para performer lokal hingga internasional. Hong Kong Disneyland dan Ocean Park juga menyediakan persembahan spesial di momen Tahun Baru Imlek.

Jangan lewatkan juga pertunjukan kembang api yang megah di Pelabuhan Victoria. Siapkan kamera untuk mengabadikan indahnya kembang api di antara pemandangan gedung-gedung pencakar langit Hong Kong yang megah.

Jika ingin mendapatkan foto dengan nuansa oriental, datangilah Kuil Che Kung dan Desa Lim Tsuen, Tai Po. Di Kuil Che Kung kamu bisa menemukan dekorasi roda keberuntungan. Sedangkan Desa Lim Tsuen terkenal dengan pohon keberuntungan yang dinamakan Lam Tsuen Wishing Trees.

Pesan Tiket ke Hong Kong

5. Yokohama, Jepang

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram aykfilm


Masyarakat Jepang tak lagi merayakan Tahun Baru Imlek karena sudah mengikuti kalender Barat. Namun, bukan berarti Jepang tak memiliki perayaan Imlek, ya. Justru liburan Imlek di sini sangat menyenangkan karena ada 3 Chinatown terbesar dan terpopuler di Jepang, yakni Nagasaki, Kobe, dan Yokohama. Yang menjadi rekomendasi kali ini adalah Yokohama karena lokasinya paling dekat dengan Tokyo.

Kemeriahan Imlek di Yokohama benar-benar terasa dengan adanya pertunjukan liong dan barongsai. Menariknya lagi, performer akan menggunakan baju-baju ala kekaisaran zaman dulu. Lampion di sini juga tak biasa karena dibentuk menjadi naga yang meliuk-liuk liar di sepanjang jalan.

Panduan Lainnya :  Tips dan Panduan Liburan ke Korea Selatan 2019 Lengkap!

Pesan Tiket ke Haneda

6. Paris, Perancis

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram megane_bbb


Siapa bilang destinasi liburan Imlek 2019 hanya berada di sekitar kawasan Asia? Eropa juga punya perayaan Imlek yang seru, lho. Salah satunya adalah kota romantis Paris di Perancis. Parade barongsai dan liong berwarna-warni akan diadakan di beberapa distrik. Ada pula pameran serta konser spesial yang bisa dilihat tanpa biaya masuk.

Imlek di Paris berpusat di 13th Arrondissement alias Distrik ke-13 yang merupakan quartier chinois atau pecinan-nya Paris. Parade bukan satu-satunya cara etnis Tionghoa di Paris untuk merayakan Imlek. Sebelumnya juga digelar berbagai macam lomba, pameran foto, sampai panggung musik untuk memeriahkan suasana tahun baru.

Saat parade barongsai, orang-orang akan berkumpul di pinggir jalan. Bahkan, ada yang sampai naik pagar untuk melihat parade lebih jelas. Chinatown di Paris didekorasi dengan nuansa merah dan emas. Begitu pula Menara Eiffel yang akan bermandikan cahaya lampu berwarna merah saat perayaan Imlek.

Pesan Tiket ke Paris

7. London, Inggris

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram navin_v_v


Tak disangka, London berhasil menarik 700 ribu wisatawan saat Imlek 2018. Perayaan Imlek di London diwarnai dengan naga-naga barongsai berukuran besar, kostum-kostum mencolok khas Imlek, pertunjukan budaya, parade warna-warni, hingga makanan tradisional China. Tak heran jika London dijadikan sebagai kota perayaam Imlek terbesar di luar Asia.

Parade perayaan Imlek biasanya akan dimulai dari Charing Cross Road kemudian menuju Shaftesbury Avenue. Dilanjutkan dengan pertunjukan panggung yang diadakan di Trafalgar Square.

Pesan Tiket ke London

8. San Francisco, AS

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram naturegalca


Kota terpadat di California ini merayakan Imlek dengan meriah setiap tahunnya. Tahun Baru Imlek mulai dirayakan di San Francisco sejak awal abad ke-18 ketika para imigran Tiongkok berdatangan. Di kota ini memang banyak warga keturunan Tionghoa.

Jalanan di San Francisco akan dihiasi dengan lampion berwarna merah, bunga, permen, serta buah-buahan menjelang Imlek. Pameran pasar bunga dan pameran komunitas Tionghoa juga akan diselenggarakan di kota ini sebelum Imlek.

Salah satu perayaan yang paling ditunggu-tunggu adalah parade Tahun Baru Imlek di San Francisco. Parade ini menampilkan sejumlah atraksi seperti liong, barongsai raksasa, parade kostum dari murid sekolah dasar, marching band, dan akrobat. Tak lupa, kembang api untuk melengkapi suasana tahun baru.

Panduan Lainnya :  Cara Mengurus Paspor Beda Domisili, Ini Syaratnya!

Di penghujung acara, diadakan parade yang menggabungkan tema China dengan marching band Amerika. Parade ini akan dimulai sejak sore hingga malam hari. Uniknya lagi, Destinasi liburan Imlek ini juga akan mengadakan kontes kecantikan Miss Chinatown. Para wanita akan berlomba-lomba untuk mendapatkan gelar Miss Chinatown USA. Unik, kan?

Pesan Tiket ke San Francisco

9. New York, AS

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram vi5uals.jpg


New York selalu mengadakan sebuah perayaan dengan apik, tak terkecuali saat Imlek. Di destinasi liburan Imlek ini, kamu bisa melihat parade seru, mencicipi makanan enak, serta pertunjukan ekstrem yang menegangkan. Parade di New York tidak hanya ada satu, tapi bisa ada tiga parade sekaligus yang dirayakan beberapa hari.

Pesta kembang api menandai dimulainya Imlek di Manhattan. Para pemain barongsai, penari, dan pemain musik akan turun ke jalan-jalan di Chinatown. Chinatown New York dan Little Italy akan menggelar parade, pesta kembang api, festival budaya, serta menyuguhkan jajanan lezat yang minta dicicipi.

Jika ingin tahu lebih banyak soal budaya Tiongkok, kunjungilah Museum of Chinese di Amerika. Biasanya di sana akan mengadakan banyak event, termasuk tur ke Chinatown. Sementara itu jika ingin melihat pergelaran musik klasik dan oriental, kamu bisa mengunjungi New York Philharmonic.

Pesan Tiket ke New York

10. Vancouver, Kanada

Destinasi Liburan Imlek Terbaik

Sumber: Instagram lunarfestivalbc


Destinasi liburan Imlek di Kanada paling terasa di Vancouver dan Toronto karena banyak dihuni oleh keturunan Tionghoa. Vancouver juga menjadi tuan rumah bagi Festival Musim Semi. Parade akan diadakan sepanjang jalan Chinatown.

Biasanya parade diisi dengan arak-arakan, konser musik tradisional, tarian, pertunjukan kostum tradional, pesta kembang api, bazar makanan, serta pameran seni. Saat perayaan ini, jalanan tertentu akan ditutup supaya acara berjalan lancar.

Apabila ingin melihat pameran yang bertema China, kunjungilah Dr. Sun Yat-Sen Classical Chinese Garden. Untuk mecicipi makanan khas China, kamu bisa mengunjungi Richmond yang banyak restoran China-nya.

Itulah 10 destinasi liburan Imlek terbaik yang harus kamu kunjungi. Yuk share, subscribe, dan komen di blog Pergi.com supaya kamu tak perlu bingung lagi mencari tips dan inspirasi liburan. Jangan lupa pesan tiket pesawat untuk liburan Imlek di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!