Dengan banyaknya tiket pesawat murah, kini semua orang bisa menikmati perjalanan dengan pesawat terbang. Dengan banyaknya opsi tiket promo, semakin banyak orang yang ingin liburan ke banyak destinasi wisata di Indonesia hingga ke luar negeri.

Jika akan naik pesawat pertama kalinya, tentunya kamu akan menemukan banyak hal yang membingungkan ketika berada di bandara hingga tiba di tujuan. Salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap traveller adalah cara check-in di konter maskapai yang tersedia.

Berikut ini ada panduan lengkap cara check-in di bandara.

1. Siapkan E-Tiket

Sesampainya di bandara, hal yang paling penting adalah menyiapkan tiket pesawat sekaligus tanda pengenal seperti KTP. Di beberapa bandara, untuk masuk ke ruang check-in, kamu harus menunjukkan tiket pesawat dan juga tanda pengenal.

Tetapi ada juga yang tidak mengharuskan menunjukkan dokumen penting perjalanan tersebut sebelum check-in, misalnya di Bandara Kualanamu di Medan. Jika kamu membeli tiket pesawat melalui online booking di agen travel online seperti Pergi.com, kamu akan dikirimi e-tiket yang bisa dicetak maupun ditunjukkan saat berada di konter check-in.

2. Bawa Bagasi Seperlunya

Saat travelling dengan pesawat terbang, bawa barang seperlunya saja. Karena selain jumlah bagasi yang dibatasi, kamu akan melewati pemeriksaan melalui metal detector 2 – 3 kali. Jika membawa terlalu banyak barang, hal ini akan menyulitkanmu melewati pemeriksaan metal detector.

Kerepotan akan bertambah jika kamu memakai aksesoris, seperti ikat pinggang di mana barang-barang seperti ini juga wajib melewati metal detector. Petugas akan memintamu meletakkan aksesoris dan seluruh barang ke dalam keranjang untuk selanjutnya diperiksa ke dalam alat pemeriksaan. Pastikan seleksi barang bawaan sebelum berangkat.

3. Ketahui Maskapai yang Digunakan

Di beberapa bandara, setiap maskapai memiliki konter check-in tersendiri, bahkan di Bandara Soekarno-Hatta setiap maskapai berada di terminal yang berbeda-beda, sehingga kamu harus tahu betul maskapai apa yang digunakan dan di mana posisi konter check-in maskapai tersebut.

Kamu bisa mencari infonya lewat internet, atau bertanya ke petugas yang banyak terdapat di bandara. Jika kamu sudah tahu di mana harus check-in, bergegaslah menuju konter check-in.

4. Check-in

Setelah menemukan konter check-in maskapai yang kamu gunakan, siapkan tiket pesawat dan juga KTP lalu berikan ke petugas check-in yang ada. Jangan lupa pula meletakkan tas atau koper bagasi di tempat penimbangan yang biasanya ada di dekat konter check-in. Nanti petugas akan memberikan label khusus yang menjadi bukti nomor bagasi kamu.

Simpan bukti label ini dengan baik karena saat tiba di tempat tujuan biasanya akan ada petugas yang akan mengecek label di koper kamu dan juga label yang diberi saat check-in. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan boarding pass yang berisi informasi nomor tempat duduk kamu beserta informasi gerbang (gate) keberangkatan kamu.

Itulah cara check-in pesawat untuk referensimu. Semoga bermanfaat.