Tekonologi yang berkembang pesat telah banyak membantu kehidupan manusia. Kini, bepergian ke luar negeri pun menjadi semakin mudah dan cepat. Mencari informasi soal negara tujuan pun tidak lagi sulit. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Luar Negeri untuk membantu kamu selama berada di luar negeri, yaitu aplikasi Safe Travel Kemlu.

Apa Itu Aplikasi Safe Travel dari Kemlu?

Aplikasi Safe Travel Kemlu

Sumber: Instagram krisdiandro


Aplikasi Safe Travel adalah sebuah platform yang dibuat oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan dapat diunduh di Android maupun iOS. Kemlu merilis aplikasi ini pada April 2018 lalu untuk membantu warga negara Indonesia (WNI) saat bepergian di luar negeri.

Ide pembuatan Safe Travel Kemlu muncul setelah gempa dahsyat mengguncang Nepal pada tahun 2015. Kala itu, Kemlu merasa kecolongan karena tidak bisa mengetahui berapa banyak WNI yang berada di Nepal maupun yang kemungkinan menjadi korban. Nah, aplikasi Safe Travel Kemlu ini diharapkan dapat mencegah masalah seperti itu terulang kembali.

Aplikasi Safe Travel telah dikembangkan sejak Januari 2017. Dari aplikasi tersebut, Kemlu dapat mengetahui sebaran, lokasi, dan identitas WNI di luar negeri secara aktual. Untuk itu, Kemlu RI telah mengintegrasikan database WNI dari Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

Selain Aplikasi Safe Travel, Kementerian Luar Negeri juga meluncurkan inovasi terbaru dalam upaya melindungi WNI di luar negeri, yaitu situs www.peduliwni.kemlu.go.id. Situs peduli WNI ini lebih mengedepankan keamanan sehingga tidak dibuat mobile version-nya. Sementara itu, aplikasi Safe Travel Kemlu dibuat dengan nuansa yang lebih menyenangkan disertai berbagai informasi dan fitur menarik.

Panduan Lainnya :  Save the Date: Mega Travel Fair 2018

Melalui inovasi ini, Kemlu berharap WNI yang sedang berada di luar negeri tidak akan merasa ‘sendiri’. Kementerian Luar Negeri akan selalu mendampingi dalam memberi pelayanan dan perlindungan bagi WNI.

Dilansir dari kemlu.go.id, data Kementerian Luar Negeri menunjukkan sebanyak 2.978.446 WNI berada di luar negeri. Dari jumlah tersebut, mayoritas sebesar 2.825.939 merupakan pekerja migran, sisanya terdiri atas pelajar dan Anak Buah Kapal (ABK).

Sementara itu, tercatat 18 juta WNI berpergian ke luar negeri untuk keperluan wisata, termasuk wisata religi (haji dan umrah). Apakah kamu salah satu orang yang beruntung tersebut?

Apa Saja Keuntungan Aplikasi Safe Travel Kemlu untuk WNI?

Aplikasi Safe Travel Kemlu

Sumber: Instagram safetravel.kemlu


1. Semua Informasi dalam Satu Genggagaman di Aplikasi Safe Travel Kemlu

Setiap negara memiliki peraturan yang berbeda-beda. Meski kita bisa mencari peraturan tentang suatu negara dari Google, rata-rata informasi tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris. Mungkin untuk sebagian orang, hal ini bukanlah sebuah masalah. Namun untuk sebagian lagi, kendala bahasa bisa menjadi masalah.

Nah, dengan adanya aplikasi Safe Travel dari Kemlu ini, kamu bisa menggali informasi lengkap secara mudah dalam satu aplikasi. Fitur dalam aplikasi Safe Travel Kemlu diharapkan membantu WNI dalam mengenal negara tujuannya lebih baik lagi. Berikut fitur Safe Travel Kemlu yang bisa WNI nikmati:

  • Status negara (berupa tingkat keamanan dan kerawanan yang ditandai dengan indikator warna)
  • Akses Pelayanan Perwakilan RI
  • Daftar 130 Perwakilan RI (menyediakan informasi alamat, nomor telepon, faksimili, email, dan hotline Perwakilan RI, baik Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, ataupun bila terdapat Konsulat RI)
  • Keimigrasian (menjelaskan soal paspor dan visa)
  • Informasi Hukum dan Kebiasaan Setempat
  • Mata Uang Setempat
  • Asuransi dan Kesehatan
  • Telekomunikasi
  • Informasi Tempat Ibadah
  • Fasilitas Kesehatan
  • Informasi Cuaca dan Destinasi Lokal
  • Informasi Kuliner Halal
  • Infografis Unik yang menghibur dan bisa menjadi bacaan saat perjalanan menuju negara tujuan
  • Informasi lain yang dibutuhkan traveler, seperti jenis steker atau colokan listrik maupun voltase yang digunakan di negara tujuan
Panduan Lainnya :  16 Tips Liburan Saat Puasa yang Sering Dilupakan Traveler

2. Tombol Darurat untuk Keadaan Genting

Aplikasi Safe Travel Kemlu juga menyediakan fitur yang sangat penting untuk WNI saat liburan di luar negeri, yaitu Tombol Darurat atau Panic Button. Jika kamu merasa sedang berada di keadaan darurat, gunakanlah fitur ini untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan RI terdekat, dan mengirim lokasi kejadian.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, WNI bisa segera mendapatkan pertolongan saat kondisi darurat. Kita pun bisa saling mengirim pesan kepada sesama pengguna Safe Travel dan mengetahui lokasi perwakilan KJRI terdekat.

3. Fitur Indonesian Nearby untuk Berkenalan dengan WNI Lain

Fitur dalam aplikasi Safe Travel ini menyediakan informasi mengenai WNI yang berada dekat lokasi kamu saat di luar negeri. Melalui fitur Indonesian Nearby, para WNI dapat berkenalan, mengobrol, dan menjalin pertemanan untuk memperkuat komunitas WNI di luar negeri. Keren banget, kan?

Panduan Lainnya :  Syarat, Biaya, dan Cara Membuat Paspor Anak 2019

4. Bisa Dapat Reward Menarik dengan Points dan Badges

Pengguna aplikasi Safe Travel bisa mendapatkan points dan badges (lencana) sejak melakukan check-in. Akan ada reward bagi pengguna yang mendapat poin dan lencana tertentu. Penasaran apa reward yang diberikan? Buruan download aplikasi buataan Kemlu ini!

5. Eksis di Media Sosial

Pengguna aplikasi Safe Travel Kemlu dapat mem-posting foto selfie dengan melakukan check-in. Foto bisa langsung diunggah di media sosial seperti Facebook. Bisa tetap eksis deh di dunia maya. Yuk buruan unduh aplikasinya di Google Play atau Apple Store demi perjalanan yang aman, asik, dan nyaman saat di luar negeri.

Itulah semua hal yang harus kamu ketahui soal aplikasi Safe Travel Kemlu. Yuk share dan subscribe untuk mendapatkan update soal tips dan panduan traveling. Jangan lupa pesan tiket pesawat ke luar negeri di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!