Semua orang pasti menginginkan yang terbaik, termasuk soal maskapai penerbangan. Siapa sih yang tidak ingin–setidaknya sekali seumur hidup–naik pesawat dari maskapai terbaik dunia? Tahun ini, World Airline Awards dari Skytrax, sebuah penghargaan bergengsi di dunia penerbangan, kembali mengumumkan deretan maskapai terbaik dunia 2019.

Jika tahun lalu maskapai Garuda Indonesia sempat masuk dalam daftar 10 maskapai terbaik dunia, tahun ini tampaknya harus berbesar hati. Maskapai nasional Indonesia tersebut harus rela turun peringkat dari posisi ke-9 menjadi posisi ke-12. Posisi Garuda Indonesia digantikan oleh maskapai asal Australia, Qantas Airways, yang melejit langsung dari posisi ke-8 menjadi posisi ke-11.

Posisi pertama sendiri disandang oleh maskapai Qatar Airways. Maskapai asal Qatar ini juga mendapat sembilan penghargaan bergengsi lainnya, seperti Kelas Bisnis Terbaik, Kursi Kelas Bisnis Terbaik, Kru Kabin Terbaik di Timur Tengah, dan Maskapai Terbaik di Timur Tengah.

Panduan Lainnya :  [INFOGRAFIS] Smart Money Traveler: Cara Traveling Murah Tanpa Budget Besar

Menurut Edward Plaisted, penghargaan dari Skytrax sendiri diberikan berdasarkan hasil survei 100 persen independen dari pelanggan maskapai dunia. Penghargaan Skytrax adalah yang paling bergengsi dalam bisnis penerbangan. Perayaannya di gelar di Paris Air Show di Le Bourget, Prancis.

Top 30: Maskapai Terbaik Dunia 2019 Versi Skytrax

Maskapai Terbaik Tahun 2019

Sumber: Unsplash Ross Parmly


Siapa saja maskapai yang menyabet top 30 maskapai terbaik di dunia? Inilah daftarnya sebagai referensi armada penerbangan yang akan kamu pilih di liburan selanjutnya. Mumpung ada 77 negara bebas visa untuk paspor WNI!

1. Qatar Airways (Qatar)
2. Singapore Airlines (Singapura)
3. ANA All Nippon Airways (Jepang)
4. Cathay Pacific (Hong Kong)
5. Emirates (Uni Emirat Arab)
6. EVA Air (Taiwan)
7. Hainan Airlines (China)
8. Qantas Airways (Australia)
9. Lufthansa (Jerman)
10. Thai Airways (Thailand)
11. Japan Airlines (Jepang)
12. Garuda Indonesia (Indonesia)
13. Swiss International Air Lines (Swiss)
14. China Southern Airlines (China)
15. Austrian Airlines (Austria)
16. Air New Zealand (Selandia Baru)
17. Bangkok Airways (Thailand)
18. KLM Royal Dutch Airlines (Belanda)
19. British Airways (Britania Raya)
20. AirAsia (Malaysia)
21. Virgin Atlantic (Inggris)
22. Aeroflot (Rusia)
23. Air France (Perancis)
24. Hong Kong Airlines (Hong Kong)
25. Virgin Australia (Australia)
26. Iberia Airlines (Spanyol)
27. Turkish Airlines (Turki)
28. Asiana Airlines (Korea Selatan)
29. Etihad Airways (Uni Emirat Arab)
30. Philippine Airlines (Filipina)

Panduan Lainnya :  Perhatikan! Ini 10 Aturan Membawa Power Bank dalam Pesawat

Meskipun turun tiga peringkat dari versi penghargaan Skytrax tahun 2018, Garuda Indonesia tetap menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Maskapai Garuda tetap mendapatkan dua penghargaan lain, yaitu Staf Penerbangan Terbaik di Indonesia dan Kru Kabin Terbaik di Indonesia. Semoga di tahun 2020, Garuda Indonesia bisa menerima penghargaan yang jauh lebih banyak dan baik.

Itulah daftar maskapai terbaik dunia tahun 2019 yang wajib kamu ketahui. Yuk share, subscribe, dan komen di blog Pergi.com supaya kamu tak perlu bingung lagi mencari tips dan inspirasi liburan. Jangan lupa pesan tiket pesawat keliling dunia di Pergi.com, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promonya. Pergi yuk!