Kapan ya waktu terbaik Labuan Bajo? Wisata Indonesia yang satu ini memang begitu mengagumkan. Terletak di pantai barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, kota kecil ini telah menjelma menjadi destinasi wisata populer di Indonesia. Selain memiliki pulau, pantai, dan taman laut yang indah, wisata Labuan Bajo semakin istimewa karena merupakan habitat komodo.

Siapa sih yang tidak tahu komodo? Spesies kadal terbesar di dunia ini hanya mampu bertahan hidup di pulau-pulau Indonesia, seperti Komodo, Flores, Gili Motang, Padar, dan Rinca. Buat kamu yang berencana liburan ke sini, wajib mengetahui dan mencari waktu terbaik ke Labuan Bajo agar liburan semakin sempurna.

Mengetahui waktu terbaik ke Labuan Bajo juga akan membuatmu mendapatkan pengalaman liburan terbaik. Syukur-syukur bisa menghemat biaya liburan dengan tiket pesawat murah ke Labuan Bajo. Yuk, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum wisata ke Labuan Bajo.

1. Januari-Maret, Waktu Terbaik Melihat Festival di Labuan Bajo

Waktu Terbaik Wisata Labuan Bajo - Festival Komodo

Sumber: Instagram lelly_cornelia


Waktu terbaik untuk melihat aneka festival seru di Labuan Bajo adalah pada bulan Januari-Maret. Pada bulan Januari atau Februari, biasanya diadakan Festival Reba di Labuan Bajo. Festival Reba merupakan pesta adat masyarakat Langa yang digelar di Kabupaten Ngada.

Panduan Lainnya :  18 Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!

Perhelatan besar ini diadakan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Festival ini juga untuk menunjukkan rasa hormat kepada leluhur supaya diberkati dengan kekayaan dan panen yang baik. Puncak Reba biasanya berlangsung selama tiga hari penuh dan diisi berbagai upacara dan kegiatan ritual.

Acara dimulai dengan mengumpulkan berbagai jenis hasil panen, seperti tanaman pangan dan hewan ternak. Lalu dilanjutkan dengan menerima tamu, menari, membaca mitos asli, dan memuji akar ubi. Perayaan Reba diadakan di hampir semua desa dari Suku Ngada pada awal Desember hingga Februari. Datanglah di rentang waktu Januari hingga Maret jika kamu ingin melihat Festival Reba di Labuan Bajo.

Waktu Terbaik Wisata Labuan Bajo - Festival Komodo

Sumber: Instagram idayrost


Selain Reba, ada juga Festival Komodo di bulan Maret. Festival Komodo digelar di Kabupaten Manggarai Barat. Salah satu atraksi paling menarik dalam perhelatan ini adalah parade Patung Komodo dan Tari Caci yang merupakan simbol kedewasaan lelaki Flores. Festival ini semakin seru karena penyelenggara juga menggelar lomba fotografi, voli pantai, lomba perahu dayung, pertunjukan kecantikan komodo, lokakarya, pameran kerajinan tangan, dan pertunjukan seni musik. Meriah!

2. April-Mei, Pemandangan Sempurna di Labuan Bajo

Waktu Terbaik Wisata Labuan Bajo

Sumber: Instagram olineenilo


Panduan Lainnya :  Wisata Romantis dengan Harga Tiket Pesawat 1 Jutaan!

Bulan April merupakan waktu terbaik Labuan Bajo untuk melihat keindahan laut. Langitnya cerah, perbukitan hijau nan subur, serta laut biru menyajikan pemandangan yang sempurna untuk melepas penat. Banyak wisatawan wisata ke Labuan Bajo pada waktu-waktu ini karena alam sangat bersahabat. Kamu bisa diving hingga naik perahu untuk menjelajahi indahnya laut Labuan Bajo dengan tenang.

Di bulan Mei, vegetasi di Labuan Bajo akan mulai menguning. Enaknya lagi, cuaca sangat cerah dan bersih. Bahkan, hamparan pasir di bawah laut bisa terlihat dari permukaan. Asyik sekali rasanya jalan-jalan di sekitaran pantai indah di Labuan Bajo. Amazing banget, deh!

Ketika bulan Juni tiba, kamu bisa menonton pertunjukan tinju tradisional di Labuan Bajo. Orang menyebutnya tinju Sagi atau Etu. Meski berbentuk pertandingan, tidak ada hadiah yang diperebutkan pada tinju ini. Masyarakat Labuan Bajo mengadakannya sebagai ungkapan syukur atas segala berkat yang diberikan leluhur sepanjang tahun.

3. Juli-September, Musim Kawin Komodo

Waktu Terbaik Wisata Melihat Komodo di Labuan Bajo

Sumber: Unsplash


Mau tahu waktu terbaik Labuan Bajo untuk melihat komodo? Datanglah pada bulan Juli-September. Rentang bulan tersebut merupakan musimnya komodo kawin. Jadi, hewan langka ini sangat mudah ditemukan di sekitar Taman Nasional Loh Liang.

Panduan Lainnya :  Cara Mengatasi Telinga Berdengung di Pesawat

Anda ingin berjumpa dengan komodo? Bulan Juli dan Agustus merupakan waktu yang tepat untuk pergi ke Labuan Bajo. Di periode tersebut, komodo sedang melakukan perkawinan. Jadi, hewan ini sangat mudah ditemukan di sekitar Taman Nasional Loh Liang.

4. Oktober-Desember, Waktu Terbaik Menyaksikan Aneka Jenis Ikan

Waktu Terbaik Wisata Labuan Bajo

Sumber: Instagram jhonhenriano


Waktu terbaik Labuan Bajo untuk diving dan melihat keindahan melihat kehidupan bawah laut adalah bulan Oktober. Cuaca pada bulan tersebut tergolong cerah, gelombang laut sedang tenang-tenangnya, serta udaranya sejuk. Pemandangan bawah lautnya tak perlu ditanya lagi, sangat luar biasa! Berbagai jenis ikan seakan menari di antara terumbu karang yang cantik. Jadi, kamu bisa puas diving atau snorkeling.

Memasuki bulan Desember, cuaca mulai berubah di Labuan Bajo. Hujan sering turun pada malam hari. Ikan-ikan juga mulai malu-malu untuk muncul ke permukaan. Namun, kamu masih bisa menyiasatinya dengan melakukan diving atau snorkeling pada siang hari.

Itulah waktu terbaik Labuan Bajo yang wajib kamu ketahui. Yuk segera pesan tiket pesawat ke Labuan Bajo untuk menikmati keindahan alam Indonesia Timur yang menakjubkan. Jangan lupa subscribe dan komen blog Pergi.com untuk mendapatkan informasi terbaru soal traveling. Cari, Pesan, Pergi Traveling yuk!

Pesan Tiket ke Labuan Bajo