Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali pantai cantik yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Kita tak perlu jauh-jauh liburan hingga Boracay maupun Maldives untuk menikmati pantai berpasir putih dengan air laut bening dan berwarna biru. Indonesia juga punya banyak pantai-pantai seperti itu, lho.

Salah satu daerah di Indonesia yang jadi surganya pantai-pantai cantik adalah Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Pantai-pantai di Sumba masih banyak yang “perawan” alias belum ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, setiap pantai di Sumba memiliki keunikan tersendiri dan pemandangan yang pasti buat kita betah main seharian di pantai-pantai ini.

Say no more, berikut ini adalah 13 pantai di Sumba yang wajib dikunjungi jika berlibur ke pulau eksotis nan menawan ini.

1. Pantai Tarimbang

pantai tarimbang sumba

Sumber: instagram zindan_habsyi


Pantai Tarimbang merupakan salah satu must-visit ketika kita berada di Sumba. Pantai cantik yang berada di Kecamatan Tabundung, sebelah selatan Sumba Timur ini memiliki ombak yang besar sehingga sangat populer di kalangan surfers. Jika tidak bisa selancar, tak mengapa!

Kita bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan di pantai ini. Pasir putihnya yang lembut berbaur indah dengan air laut yang jernih dan berwarna kebiruan. Terdapat sebuah pohon yang semacam jadi ikon pantai ini. Wisatawan pun banyak yang berfoto di pohon ini.

2. Pantai Walakiri

pantai walakiri sumba

Sumber: instagram garisindonesia


Pantai Walakiri merupakan salah satu pantai ikonik di Sumba yang jadi tujuan utama wisatawan. Pantai yang terletak di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki kontur yang landai. Efeknya, kita bisa jalan-jalan hingga ke tengah pantai tanpa takut tenggelam. Keren kan!

Pantai di Sumba ini memiliki pohon mangrove keci yang jadi spot ikonik ketika berfoto. Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di Sumba untuk melihat sunset karena pemandangan yang disajikan benar-benar menyihir mata.

Panduan Lainnya :  7 Wisata Banyuwangi yang Seru untuk Dikunjungi!

3. Pantai Bwanna

pantai bwanna sumba

Sumber: instagram kapsore


Pantai Bwanna atau yang juga disebut dengan Pantai Banna ini juga jangan dilewatkan ketika kita liburan ke Sumba. Pantai yang berada di kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya ini memiliki tebing tinggi. Bagian tengahnya yang berlubang cocok banget menjadi spot foto paling hits ketika liburan ke pantai di Sumba ini.

Dibutuhkan perjuangan untuk bisa turun ke pantai Bwanna. Namun, akan sepadan dengan cantiknya pemandangan yang disuguhkan. Selain itu, pantai Bwanna juga masih belum terlalu ramai sehingga kita bisa menikmati waktu liburan di sini dengan santai dan tenang.

4. Pantai Pero

pantai pero sumba

Sumber: instagram ardynelly


Pantai Pero yang terletak di Pero Batang, Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya ini juga menawarkan keindahan pantai yang bakal buat betah berlama-lama. Pantai yang merupakan sebuah teluk ini memiliki landscape yang unik. Bagian hilir sungai tidak langsung menuju laut, tetapi dipisahkan daratan pantai berpasir putih yang terlihat seperti jembatan alami.

Di bagian tengah pantai ini ada banyak batu karang berukuran besar. Sangat instagrammable untuk dijadikan spot foto wisatawan yang main ke sini.

5. Pantai Londa Lima

pantai londa lima sumba

Sumber: instagram harridaryanto


Pantai Londa Lima juga harus masuk ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi ketika liburan ke Sumba. Pantai cantik yang terletak di Desa Kutta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik. Semua itu berpadu indah dengan air lautnya yang tenang.

Pohon-pohon rindang di tepi pantainya juga semakin menambah keindahan pantai ini. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu, pantai di Sumba ini jadi tempat wisata favorit wisatawan maupun warga lokal.

6. Pantai Puru Kambera

pantai puru kambera sumba

Sumber: instagram helthybale


Pantai Puru Kambera ini juga memiliki panorama indah yang bisa menyihir mata. Pasirnya yang putih bercampur sempurna dengan air laut yang bersih dan berwarna biru. Pantai yang berada di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Waingapu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Alasannya karena lokasinya yang tidak jauh dari Kota Waingapu.

Panduan Lainnya :  8 Tempat Wisata Maumere, Surga di Indonesia Timur!

Di dekat pantai ini juga ada padang savana yang jadi tempat hits foto-foto. Selain berburu foto keren, kita juga bisa berenang di pantai ini karena ombaknya yang lumayan tenang.

7. Pantai Mendorak

pantai mendorak sumba

Sumber: instagram elsadewi


Pantai Mendorak ini termasuk salah satu pantai tersembunyi dan perawan yang ada di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat. Pantainya yang berpasir putih lembut dan air lautnya yang bersih, bening serta berwarna biru begitu memanjakan mata.

Pantai yang memiliki batu karang berukuran besar di bagian tengah pantainya ini asyik untuk berjemur, berenang, selancar, hingga diving!

8. Pantai Kawona

pantai kawona sumba

Sumber: instagram elsadewi


Pantai Kawona ini jadi salah satu pantai wajib yang harus dikunjungi ketika berada di Sumba. Letaknya hanya berjarak sekitar 11 km dari Bandara Tambolaka. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu bersih dan air laut yang juga bening berwarna biru.

Pemandangan Pantai Kawona begitu indah ini jadi magnet besar bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumba. Pantai yang terletak di Desa Wee Londa, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya ini wajib masuk dalam itinerary.

9. Pantai Watu Parunu

pantai watu parunu sumba

Sumber: instagram baktiarsontani


Satu lagi pantai cantik yang punya tebing eksotis di bagian pantainya adalah Pantai Watu Parunu. Lokasinya terletak di Desa Lain Janji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini memiliki tebing batu cadas yang eksotis di bagian pantainya sungguh memanjakan mata.

Pantai ini sangat instagrammable. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera ketika mengunjungi pantai ini. Pantai Watu Parunu ini juga memiliki tebing yang memiliki lubang di tengahnya yang disebut gua batu. Meski tak sebesar yang ada di Pantai Bwanna, namun pantai ini tetap asyik untuk dikunjungi.

Panduan Lainnya :  Festival Pesona Bau Nyale 2019, Liburan Seru di Lombok!

10. Pantai Mananga Aba

pantai mananga aba sumba

Sumber: instagram alibuftei

Pantai Mananga Aba masuk ke dalam list pantai tersembunyi di Sumba yang harus kita kunjungi ketika liburan di pulau cantik ini. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih serta air laut yang jernih dan bergradasi warna biru. Ombaknya pun tergolong kecil, jadi bisa sepuasnya berenang dan snorkeling di pantai ini.

Pantai yang terletak di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya ini masih belum ramai dikunjungi. Jadi kamu bisa bersantai hingga puas di pantai ini.

11. Pantai Ratenggaro

pantai ratenggaro sumba

Sumber: instagram sitisarahel


Pantai yang satu ini bisa jadi pilihan wisata yang pas ketika di Sumba. Pantai cantik ini mengombinasikan indahnya pemandangan dengan situs kampung adat Ratenggaro yang dikenal dengan kubur-kubur batu tua yang unik dan bersejarah. Pantai yang berada di Kabupaten Kodi, Sumba ini menawarkan pemandangan yang begitu magis dan sayang dilewatkan ketika berlibur di Sumba.

12. Pantai Katundu

pantai katunggu sumba

Sumber: instagram ostrichlanduamah


Pantai Katundu ini termasuk pantai tersembunyi dan perawan di Sumba. Pantai ini masih sepi dari kunjungan wisatawan tapi bukan berarti pesona keindahannya biasa saja, lho! Pantai yang terletak di Desa Pramadita, Dusun Katundu, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki tebing-tebing batu tinggi nan kokoh yang menjulang di bagian pantainya.

Ada juga batuan dengan berbagai ukuran yang tersebar di pantainya semakin menambah keeksotisan pantai ini. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga cocok buat yang suka selancar. Namun ketika air surut juga bisa snorkeling dan diving di pantai ini lho!

13. Pantai Marosi

pantai marusi sumba

Sumber: instagram fera_ella_riwu


Pantai Marosi termasuk pantai yang mudah dijangkau karena akses menuju pantai ini sudah cukup bagus. Pantai yang berada di Kecamatan Lamboya, Sumba Barat ini memiliki ombak yang lumayan besar sehingga cocok untuk yang suka surfing.

Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu halus dan air laut yang bening. Ada juga batu karang yang menjorok ke laut yang semakin menambah keindahan pantai ini.

Itulah 7 pantai di Sumba yang sangat cantik dan wajib kamu kunjungi!