Ada informasi terbaru dari dunia penerbangan Indonesia. Mulai 1 Juli 2019, seluruh penerbangan domestik dari dan ke Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung akan dipindahkan ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka. Kenapa pindah ke Kertajati, ya?

Alasan Dipindahkan ke Bandara Kertajati

1 Juli Penerbangan Domestik dari Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati

Sumber: Instagram potret_hehe


Bandar Udara Internasional Kertajati atau Bandar Udara Majalengka adalah andara baru yang melayani lintas udara Jawa Barat. Sejak diresmikan pada 24 Mei 2018 lalu, bandara Kertajati tergolong sepi. Menurut CNN, jumlah penumpang Bandara Husein Sastranegara rata-rata mencapai 9 ribu per hari. Bahkan, bisa menyentuh 10 ribu-11 ribu pada akhir pekan. Sementara di Bandara Kertajati, cuma 35 ribu penumpang sepanjang tahun lalu.

Angka tersebut tentu sangat kecil mengingat luas Bandara Kertajati sebesar 837 hektare dengan landasan pacu sepanjang 3 ribu meter. Sedangkan Bandara Husein Sastranegara hanya seluas 145 hektare dengan landasan pacu sepanjang 2.250 meter. Itu pun pengelola bandara harus menebang gunung. Padahal, di wilayah sekitar juga terdapat lapangan tembak milik TNI.

Baca Juga :   Bagasi Hilang Saat Terbang? Ini Cara Lapor & Kompensasinya

Menanggapi hal itu, PT Angkasa Pura II (Persero) pun memutuskan penerbangan domestik Bandara Husein Sastranegara Bandung dipindahkan ke Bandara Kertajati Majalengka.

Maskapai Penerbangan Domestik yang Pindah ke Bandara Kertajati

1 Juli Penerbangan Domestik dari Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati

Sumber: Instagram dsyahril165


Setidaknya, ada 56 penerbangan, meliputi 13 rute domestik yang akan lalu lalang di Bandara Kertajati. Maskapai penerbangan domestik yang akan pindah tersebut antara lain Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink, dan Lion Air. Penerbangan tersebut terdiri dari 28 take-off dan 28 landing.

Pindah ke Kertajati tersebut tentu dilakukan secara bertahap. Tenggat terakhir pesawat jet rute domestik beroperasi di Husein Sastranegara adalah 30 Juni 2019. Dengan kata lain, mulai 1 Juli 2019 semua penerbangan sudah dipindahkan. Berikut daftar maskapai yang mulai bulan depan mengoperasikan penerbangan domestik di Kertajati, sekaligus rute yang dilayani.

1. Garuda Indonesia: Surabaya dan Denpasar
2. Citilink: Denpasar, Pekanbaru, Kualanamu, Palembang, Surabaya
3. Lion Air: Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Kualanamu, Batam, Surabaya, Lombok, Pontianak, dan Ujung Pandang
4. AirAsia: Denpasar
5. Xpress Air: Palembang dan Padang
6. NAM Air: Surabaya

Baca Juga :   [INFOGRAFIS] Smart Money Traveler: Cara Traveling Murah Tanpa Budget Besar

PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Husein Sastranegara dan Kertajati telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah memperpanjang jam operasional Kertajati. Mulai 19 Juni 2019, Direktorat Perhubungan Jenderal Udara Kementerian Perhubungan telah menyetujui perpanjangan jam operasional Kertajati dari 06.00-19.00 WIB menjadi 06.00-21.00 WIB.

Jadi, untuk kamu yang selama ini langganan menggunakan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, harus siap pindah ke Bandara Kertajati. Bagaimana menurutmu dengan kebijakan ini? Yuk, berikan pendapat kamu di kolom komentar. Jangan lupa subscribe blog Pergi.com untuk mendapatkan info terbaru soal penerbangan Indonesia.