Tak dipungkiri jika pesona drama dari Korea Selatan selalu membuat banyak orang jatuh hati. Kepopuleran drama Korea juga tak perlu diragukan lagi. Tak hanya karena aktor maupun artis yang terlibat di dalamnya, namun tempat syuting drama tersebut juga ikutan populer dan menjadi salah satu destinasi tujuan ketika berlibur ke Korea Selatan. Apakah kamu termasuk penggemar K-drama? Ada banyak lho lokasi syuting drama Korea yang bisa kamu kunjungi! Berikut ini ada 8 lokasi syuting drama populer Korea yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Korea Selatan; mulai dari jaman f4-nya Boys Over Flower sampai yang teranyar Goblin.

1. N Seoul Tower

n-seoul-tower
Sumber: http://www.korea.net/NewsFocus/Travel/view?articleId=120763
N Seoul Tower yang dulunya dikenal sebagai Nam San Tower ini merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Seoul. Kamu bisa menggunakan cable car untuk tiba di tower ini dan naik hingga lantai teratas untuk menikmati pemandangan spektakuler kota Seoul dari ketinggian. Di sini juga terdapat lokasi love lock yang sangat populer lho! N Seoul Tower ini sangat terkenal di kalangan turis dan juga sering dijadikan lokasi syuting berbagai drama dan reality show populer di Korea, misalnya Boys Over Flowers, My Love From Another Star dan juga Running Man.

Alamat: 105, Namsangongwon-gil, Yongsan-gu, Seou
Jam operasional: Minggu-Jumat dari jam 10.00 – 23.00 waktu setempat dan Sabtu dari jam 10.00 – 24.00 (observatory deck)
Subway terdekat: Anguk Station Exit 2. Jalan sekitar 5 -10 menit atau Myeong-dong Station Exit 2, Lalu naik Namsan Circular Shuttle Bus No. 05
Cable car: Berangkat dari Myeong-dong Station Exit 3, jalan sekitar 15 menit mengikuti jalan yang berada tepat di samping Pacific Hotel. Buka pukul 10.00 – 23.00 setiap hari dengan tarif 8.500 won untuk tiket dewasa PP, 6.000 won untuk tiket dewasa sekali jalan. Dan 5.500 won untuk tiket anak-anak PP serta 3.500 won untuk tiket anak-anak sekali jalan.

2. Korean Folk Village

korean-folk-village
Sumber: Instagram @ v_viki99
Berada di daerah Yongin, Provinsi Gyeonggi, Korean Folk Village sering dijadikan lokasi syuting untuk banyak drama korea populer, seperti Dae Jang Geum, Sungkyunkwan Scandal dan Moon Embracing The Sun. Tempat ini memiliki banyak bangunan rumah tradisional seperti di masa Joseon (1392-1910). Ada juga family park di Korean Folk Village yang selalu ramai dikunjungi masyarakat sekitar maupun wisatawan asing. Disini biasanya juga banyak dilakukan pertunjukan kesenian tradisional yang memperkenalkan kebudayaan Korea kepada pengunjung,seperti pertunjukan bela diri, upacara pernikahan tradisional, Jultagi dan masih banyak lainnya.

Alamat: 90 Minsokchon-ro, Giheung-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do
Jam operasional: 09.30 – 18.30 waktu setempat
Subway terdekat: Suwon Station Exit 5
Tiket masuk: 15.000 won (untuk dewasa), 12.000 won (untuk remaja) dan 10.000 won(untuk anak-anak)

3. Nami Island

nami-island
Sumber: Instagram @ khairulimam_h
Nami island merupakan salah satu tujuan wisata populer di Korea Selatan. Pulau yang berbentuk bulan separuh ini berada di Provinsi Gangwon dan populer dijadikan tempat syuting drama Korea Winter Sonata yang menjadi salah satu drama korea terpopuler sepanjang masa. Tak hanya berfoto dengan patung pemain Winter Sonata, pulau ini memiliki pemandangan yang cantik apalagi saat musim gugur dimana warna daun berubah menjadi kemerahan. Ada banyak sekali spot fot cantik di pulau ini.

Alamat: 1, Namisum-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do
Jam operasional: 07.30 – 21.45 waktu setempat
Tiket masuk: 10.000 won
Akses terdekat: Menyeberang naik fery menuju Nami Island dari Gapyeong Naru

4. Petite France

petite-france
Sumber: Instagram @ platooontour
Petit France merupakan area wisata yang bernuansa Perancis, mulai dari bangunan hingga asitekturnya. Petit France ini merupakan theme park yang didedikasikan untuk tokoh Little Prince. Terdapat hall khusus yang didedikasikan untuk Antoine de Saint-Exupery sang penulis novel Le Petit Priince. Lokasi ini sering menjadi lokasi syuting drama hingga reality show terkenal di Korea. Misalnya seperti Beethoven Virus, Secret Garden, My Love From dan Running Man.

Alamat: 1063, Hoban-ro, Cheongpyeong-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do
Jam operasional: 09.00 – 18.00 waktu setempat
Tiket masuk: 8.000 won
Subway terdekat: Cheongpyeong Station Exit 2, lalu naik bus ‘Gapyeong Tourist Shuttle Bus’ menuju Petite France

5. Taebaek Hanbo Coal Mine

taebaek
Sumber: http://blog.funtastickorea.com/filming-sites-of-descendants-of-the-sun/
Yang satu ini langsung hits ketika drama Descendant of the sun ditayangkan. Terletak di Provinsi Gangwon, Taebaek Hanbo merupakan area bekas pertambangan batu bara yang disulap menjadi lokasi syuting. Setelah drama ini selesai syuting, bangunan yang dipakai untuk syuting pun dihancurkan. Namun, Korea Tourism Organization memutuskan untuk membangun kembali set Descendant of the sun sebagai theme park bagi wisatawan yang menyukai drama ini.

Alamat: 140-8, Tong-dong, Taebaek-si, Gangwon-do, Korea(강원도 태백시 통동 140-8번지)
Akses terdekat: Terminal Bus Antarkota Taebaek, dilanjutkan naik taksi menuju tambang ini

6. dal.komm Coffee

dal-komm-coffee
Sumber: http://www.thehive.asia/2016/11/dalkomm-coffee-is-coming-to-singapore.html
Kafe yang satu ini juga menjadi lokasi syuting drama hits Descendant of The Sun. Berada di Songdo central park, kafe ini hits dikalangan wisatawan yang menyukai drama ini. Tak hanya menyajikan kopi dan menu yang bervariasi, di kafe ini juga terdapat poster dan papan informasi dimana Kang Mo Yeon (Song Hye Go) dan Big Boss (Song Jong Ki) duduk dalam adegan di drama ini. Selain untuk nongkrong, kafe ini selalu ramai didatangi wisatawan yang ingin foto-foto!

Alamat: 1st floor, 160, Central-ro, Yeonsu-gu, Incheon, Korea

7. Bukchon Hanok Village

bukcheon-hanok-village
Sumber: Instagram @ matthollman
Bukchon Hanok Village merupakan kawasan pemukiman dimana rumahnya masih menggunakan ‘Hanok’ atau rumah tradisional Korea. Wisatawan bisa menginap di sini atau sekedar berfoto-foto dengan latar belakang pemandnagan yang unik dan fotogenik. Hanok Village ini juga sering menjadi lokasi syuting drama dan variety show di Korea, misalnya yang paling happening adalah drama Personal Taste (Lee Min Ho).

Alamat: 37, Gyedong-gil, Jongno-gu, Seoul
Subway terdekat: Anguk Station Exit 1 atau 2, lalu jalan lurus sekitar 300m untuk menuju Bukchon Hanok Village

8. Jumunjin Breakwater

jumunjin-breakwater
Sumber:http://korea.iyaa.com/article/2017/01/15-lokasi-syuting-drama-tvn-goblin-3578162.html
Yang satu ini menjadi lokasi syuting drama yang sedang hits belakangan ini, yaitu Goblin (Gong Yoo, Kim Go Eun). Meski drama ini baru saja berakhir, namun antusian fans terhadap drama ini sampai menyebabkan lokasi syuting drama ini ramai dikunjungi. Salah satu yang paling memorable dari adegan di drama Goblin adalah di episode pertama saat Eun Tak (Kim Go Eun) pertama kali memanggil Dokkaebi (goblin) di Jumunjin Breakwater. Kini, Jumunjin Breakwater ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto ala adegan di Goblin tersebut. Bahkan tersedia property yang bisa dipakai pengunjung agar terlihat persis seperti adegan di drama; yaitu buket bunga dan syal berwarna merah.

Alamat: 1609, Haean-ro, Jumunjin-eup, Gangneung-si, Gangwon-do

Sudah siap untuk liburan ke Korea Selatan? Jangan lupa beli tiket pesawat ke Seoul di Pergi.com dan dapatkan diskon spesial Imlek dengan potongan hingga Rp 288.000 untuk tiket pesawatmu! Dan jangan lupa masukkan lokasi syuting drama Korea dalam itinerary kamu ya. Pergi yuk!