Ingin liburan lebih jauh mengunjungi banyak negara di tahun 2017 ini? Yuk manfaatkan banyak long weekend di 2017 untuk mengambil cuti kerja dan liburan ke luar negeri! Selain tiket pesawat dan akomodasi, biaya pembuatan visa menjadi salah satu pos pengeluaran saat liburan yang lumayan. Namun dengan adanya peraturan bebas visa bagi wisatawan Indonesia ke negara-negara tertentu, kamu bisa menjelajahi banyak negara cuma bermodalkan paspor dan tiket pesawat murah lho! Berikut ini ada 35 negara bebas visa bagi wisatawan asal Indonesia yang bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya.

1. ASEAN

bagan
Bagan, Myanmar
Negara-negara di Asia Tenggara menjadi tujuan liburan yang paling favorit dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Kamu bisa bebas liburan di negara-negara ASEAN tanpa harus mengurus visa. Negara anggota ASEAN yang menggratiskan visa bagi wisatawan Indonesia adalah Singapura (30 hari), Malaysia (30 hari), Myanmar (14 hari), Laos (30 hari), Filipina (30 hari), Thailand (30 hari), Brunei Darussalam (14 hari), Vietnam (30 hari) dan Kamboja (30 hari)

2. Asia

Maldives
Maldives
Terletak di benua Asia, namun ternyata masih sedikit negara yang memberikan fasilitas gratis visa bagi wisatawan Indonesia. Namun jangan khawatir, masih ada kok negara di kawasan Asia yang memberi visa gratis bagi turis asal Indonesia! Seperti Jepang (khusus pengguna e-paspor bebas visa maksimal 15 hari kunjungan), Hong Kong (30 hari), Macau (30 hari), Turki (30 hari), Bahrain (30 hari namun harus mengurus e-visa), Armenia (120 hari) dan Maldives (30 hari).

3. Amerika

Machu Picchu
Machu Picchu, Peru
Bagi yang ingin menjelajah benua Amerika tanpa visa, ada beberapa negara di kawasan Amerika Selatan yang menggratiskan visa bagi turis Indonesia, yaitu Peru (183 hari), Chile (90 hari), Haiti (3 bulan), Ekuador (90 hari), Kolombia (90 hari) dan Republik Dominika (21 hari).

4. Afrika

Maroko
Maroko
Meski belum banyak negara-negara di Afrika yang memberi visa gratis bagi turis Indonesia, namun bukan berarti kamu tidak bisa liburan jauh hingga ke Afrika lho! Negara-negara yang menggratiskan visa bagi WNI adalah Maroko (30 hari), Gambia (30 hari), Burundi (30 hari), Guinea-Bissau (90 hari) dan Madagaskar (30 hari)

5. Oseania

Mikronesia
Mikronesia
Negara-negara kecil di Samudera Pasifik juga banyak lho yang memebrikan visa gratis bagi pelancong asal Indonesia! Contohnya saja Kepulauan Fiji (4 bulan), Bermuda (6 bulan), Cook Island (31 hari), Mikronesia (30 hari), Samoa (60 hari), Saint Vincent and the Grenadines (1 bulan), Niue (30 hari) dan Seychelles (30 hari).

See, ada banyak negara yang bisa kamu jelajahi dengan bermodalkan paspor bukan! Buat liburan kamu ke negara yang menggratiskan visa bagi wisatawan Indonesia diatas lebih hemat lagi dengan mencari hotel murah dan juga tiket pesawat murah. Mulai rencanakan liburan kamu mulai sekarang dan beli tiket pesawat dan hotel ke negara impian kamu di Pergi.com ya! Ada diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp 500.000 lho! Lumayan untuk menghemat biaya liburan! Pergi yuk!