Terletak di bagian selatan Pulau Sumatera, Lampung memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya. Tak hanya memiliki pantai-pantai cantik berpasir putih dengan keindahan bawah laut yang memukau, Lampung juga memiliki banyak pulau cantik yang tak kalah dari berbagai gili di Lombok lho! Tidak percaya? Berikut ini ada 8 pulau cantik di Lampung yang bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya.

1. Pulau Pahawang

pulau-pahawang
Sumber: Instagram @ zuchdiariantoni
Pulau yang satu ini sudah terkenal keindahannya tak hanya bagi wisatawan dalam negeri, tetapi turis mancanegara juga sudah ramai berkunjung ke pulau ini. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Ketapang untuk menuju pulau cantik ini. Pulau cantik ini berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Pulau pahawang dibagi dua yaitu Pahawang Besar yang memiliki lumayan banyak penduduk lokal dan Pahawang kecil yang cenderung lebih sepi dan hanya ada satu cottage milik orang asing. Pulau Pahawang tak hanya memiliki pemandangan indah, pantai berpasir putih dan air sebening kaca, tetapi keindahan bawah lautnya juara banget! Tak salah jika sekitar Pulau pahawang menjadi lokasi snorkeling terfavorit di Lampung. Sayang sekali jika sudah sampai ke pulau ini tapi tidak snorkeling!

2. Pulau Tangkil

pulau-tangkil
Sumber: Instagram @ ekoapriyadi
Pulau tanpa penghuni ini tak kalah cantiknya dari Pulau Pahawang. Terletak di seberang Pantai Mutun, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pasawaran, Pulau tangkil bisa ditempuh dengan naik kapal selama 10 menit dari Pantai Mutun dengan tarif pulang pergi hanya Rp 10.000! Terletak tak begitu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, pulau yang satu selalu ramai pengunjung lho! Ada banyak fasilitas pendukung yang bisa kamu temukan di pulau cantik ini, seperti penyewaan kano, alat-alat snorkeling hingga jetski! Karena termasuk pulau tak berpenghuni suasana di pulau ini masih asri dan sangat indah!

3. Pulau Tegal

pulau-tegal
Sumber: Instagram @ rino_albertus
Pulau yang berada di wilayah Teluk Lampung ini awalnya dijadikan tempat penelitian mahasiswa FMIPA Biologi dari Universitas Lampung karena keanekaragaman biota laut di pulau ini juara banget! Di pulau ini kamu bisa menemukan keindahan bawah laut yang memukau dan keren sekali! Ada banyak biota laut yang bisa kamu temukan di pulau ini, seperti berbagai terumbu karang yang tumbuh dengan sehat dan cantiknya, anemone laut, clown fish, ular laut hingga penyu hijau! Kini, Pulau Tegal sudah semakin banyak didatangi wisatawan yang ingin liburan seru ke pulau cantik layaknya pulau pribadi yang memiliki keindahan yang luar biasa. Untuk menuju Pulau tegal, kamu bisa menyeberang dengan kapal dari Pelabuhan Ringgung, Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin atau sekitar 45 menit dari pusat Kota Bandar Lampung.

4. Pulau Kelagian

pulau-kelagian
Sumber: Instagram @ yuwansyahathalib
Pulau yang satu ini lokasinya juga tak begitu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung yaitu hanya sekitar 25 km. Sama seperti Pulau Pahawang, Pulau Kelagian juga terbagi atas Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. Pulau Kelagian Besar tepat berada di seberang Pelabuhan Ketapang dengan waktu tempuh penyeberangan sekitar 30 menit. Pulau ini sering disebut Pulau mariner karena sering dijadikan tempat latihan militer oleh TNI Angkatan Laut. Di pulau ini kamu bsia bermain air sampai puas di pantai-pantai cantik dengan gradasi warna air laut yang dijamin bisa buat kamu tidak mau pulang! Tak jauh dari Kelagian Besar kamu bisa menemukan Pulau Kelagian Kecil yang ukurannya tentu lebih kecil, namun keindahannya sungguh luar biasa! Pasir pantaninya berwarna putih dan sangat halus seperti bedak bayi. Belum lagi warna air lautnya yang begitu cantik! Selain main air, kamu juga bisa diving maupun snorkeling di kedua Pulau Kelagian ini.

5. Pulau Tanjung Putus

pulau-tanjung-putus
Sumber: Instagram @ _aaaallll
Dikatakan Tanjung Putus karena jika dilihat dari peta, bentuk pulau ini seperti tanjung yang terpisah Terletak sekitar 35 km dari pusat Kota Bandar Lampung, kamu bisa menyeberang dari Pelabuhan Ketapang untuk sampai ke pulau ini. Lokasinya tidak berjauhan dari Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian. Dulunya di tahun 80an, pulau ini pernah disewa perusahaan Jepang untuk tempat budidaya mutiara mengingat perairannya yang sangat bersih dan terjaga. Jadi jangan heran jika saat kamu berkunjung ke pulau ini ada banyak ikan jinak yang seakan menyambut kedatangan kamu. Keragaman biota laut di pulau ini lebih tinggi dibandingkan yang ada di Pulau pahawang dan Kelagian. Jadi kebayang kan kalau kamu snorkeling disini bisa lihat berapa macam biota laut?

6. Pulau Kubur

pulau-kubur
Sumber: Instagram @ masteguh78
Meski namanya sedikit seram, namun Pulau Kubur memiliki view super killer yang dijamin buat kamu betah berlama-lama di pulau yang luasnya hanya sekitar 5 hektare ini. Dinamakan Pulau Kubur karena banyak masyarakat yang datang ke pulau ini untuk menyebarkan abu jenazah ke lautan. Pulau ini berada di seberang Pantai Puri Gading atau Tirtayasa dan bisa dijangkau dengan menggunakan perahu selama kira-kira 10 menit pelayaran. Pulau Kubur ini merupakan pulau karang dengan dua bagian seru untuk dijelajahi. Salah satu bagiannya memiliki pantai sedangkan yang satunya memiliki tebing karang yang menjulang ke arah pesisir Pantai Pulau Lampung. Di pulau ini tak ada penghuninya dan paling cocok bagi kamu yang suka memancing. Selain itu kamu juga bisa bersantai di pinggir pantai sambil melihat berbagai hewan laut yang terperangkap di bebatuan karang yang ada di pulau ini.

7. Pulau Condong

pulau-condong
Sumber: Instagram @ tikapspdn
Pulau yang memiliki nama lengkap Pulau Condong Sulah ini memiliki pemandnagan super cantik yang membuat kamu merasa tengah berada di pulau pribadi! Air lautnya yang super bersih dan bening pasirnya yang putih serta keindahan bawah laut yang memukau merupakan paket engkap yang ditawarkan pulau ini. Pulau ini memiliki batu karang yang lumayan terjal dan pepohonan rimbun khas pantai, seperti waru, ketapang dan merbau. Kawasan pulau ini sering dijadikan tempat menyelam maupun rock climbing. Selain itu kamu juga bisa snorkeling sampai capek di pulau ini.

8. Pulau Anak Krakatau

pulau-anak-krakatau
Sumber: Instagram @ dianeviyy
Island hopping di Lampung tak lengkap tanpa mengunjungi Pulau Anak Krakatau yang ada di antara Pulau Sertung dan Pulau Rakata Kecil. Pulau ini pernah hilang tapi muncul kembali bersamaan dengan letusan Gunung Anak Krakatau. Titik tertinggi pulau ini terus meningkat karena aktivitas vulkanik gunung api ini terus berlanjut hingga sekarang. Meski demikian, Pulau Anak Krakatau masih aman untuk dikunjungi tetapi harus meminta ijiin khusus dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung. Dari pulau ini kamu bisa menikmati pemandangan langsung ke arah Gunung Anak Krakatau yang berdiri megah di tengah lautan. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut pulau ini.

Sudah siap menjelajah Lampung? Jangan lupa masukkan pulau – pulau cantik di Lampung di atas dalam rencana perjalanan kamu ya! Lokasi pulau yang berdekatan memungkinkan kamu island hopping dalam waktu satu hari lho! Beli tiket pesawat ke Lampung sekarang juga di Pergi.com dan nikmati diskon hingga Rp 500.000 untuk liburan seru di Lampung. Pergi yuk!